10 Rekomendasi Oleh-oleh dan Suvenir dari Turki

Facebooktwitterredditmail

Oleh-oleh dari Turki

Assalammualaikum sahabat ismi, kali ini aku mau melanjutkan cerita saat traveling ke Turki. Memang sudah cukup lama sih, sebelum pandemi melanda dunia. Wisata Turki kabarnya telah dibuka untuk mancanegara. Jadi bagi sahabat ismi yang mau jalan-jalan ke sana, pas banget bisa baca tulisan-tulisanku saat ke Turki. 

Oleh-oleh dari Turki

Kali ini, aku ingin memberikan rekomendasi oleh-oleh dari Turki. Beberapa ada yang bisa ditemukan di Indonesia, baik didatangkan langsung dari Turki, maupun dibuat oleh negara lain. Yuk, intip ada cendera mata apa saja?

  1. Turkish Delight

Turkish delight adalah manisan dari Turki. Turkish delight dibuat dari gel pati dan gula. Jenis tradisional dari Turkish delight sering dibumbui dengan air mawar, air bunga jeruk, lemon, atau getah damar wangi.

 Jenis premium dari Turkish Delight berisi kurma cincang, pistachio, hazelnut, atau walnut. Ada pula yang bagian atasnya dilumuri dengan kelapa dan topping lainnya. Rasa Turkish Delight sangat manis sehingga meningkatkan mood dan energi.

  1. Madu dan Cokelat

Beberapa kali mengunjungi toko suvenir di Turki, selalu ada aneka jenis madu. Bahkan di rest area pun madu selalu ada dalam berbagai kemasan. Mulai dari yang harganya mahal, sampai terjangkau. 

Madu dikemas dalam berbagai ukuran. Mulai dari 100 gram, 250 gram, 500 gram, sampai 1 kg. Sarang madu juga dijual di Turki.

Madu turki
Sarang madu ini disediakan di resto hotel saat sarapan
Sarang madu turki
Sarang madunya sudah disajikan di piring kecil. Jadi tamu hotel tinggal ambil saja

Yang menarik, di salah satu hotel, tersedia sarang madu saat sarapan. Jadi aku dan teman-teman rombongan tur bisa makan sarang madu sepuasanya. Rasanya manis, legit, dan caramelize.

Oleh-oleh cokelat memang biasa dibawa dari Eropa. Cokelat yang terkenal dari Belgia, dan Swiss. Meski demikian, cokelat dari Turki juga terkenal enak. Cokelat Turki ada yang seperti cokelat kiloan dari Arab, adapula yang dibungkus dengan kemasan cantik sepeti cokelat dari Belgia.

Ketika mampir ke minimarket di rest area, terdapat beberapa cokelat lokal batangan yang enak dan harganya terjangkau. Tak heran banyak yang membelinya untuk dijadikan oleh-oleh.

  1. Minyak Zaitun

Saat umroh, pembimbing umroh sempat menawarkan minyak zaitun dengan harga yang lebih affordable dibanding di toko oleh-oleh. Ternyata di Turki, minyak zaitun juga melimpah.

Travel and tour yang aku ikuti bahkan mampir ke salah satu toko khusus minyak zaitun. Tentu saja harganya luar biasa. Harga tersebut tergantung kualitas minyak zaitun yang dijual. Untuk minyak zaitun premium, tentu harganya lebih mahal.

  1. Perhiasan

Sejak zaman kekaisaran Utsmani/Ottoman, Turki terkenal dengan perhiasan emas, perak dan batu-batu mulianya. Aku dan rombongan juga diajak ke pusat pembuatan perhiasan.

Perhiasan Turki

Di sana, kami melihat cara membuat cincin, kalung, terutama bagaimana mereka mengolah bebatuan mentah hingga menjadi batu cantik untuk perhiasan.

Aneka jenis batu-batu mulia seperti safir, ruby, zamrud, amethyst, dan berlian dikreasikan sebagai perhiasan. Ada satu batu unik dari Turki, namanya zultanite. Batu ini langka dan cukup mahal. Harganya tergantung karat dan kualitasnya. 

Batu zultanite dari Turki

Keunikan batu zultanite adalah bisa berubah warna, tergantung banyaknya cahaya di sekitarnya. Perubahan warnanya bervariasi warnanya bervariasi antara hijau kekuningan, juga emas muda, dan merah muda keunguan.

Batu zultanite ditambang di pegunungan lbir di barat daya Turki pada ketinggian lebih dari 4000 kaki – 1200 meter. Tergantung pada sumber cahayanya, warnanya bervariasi antara hijau kekuningan, juga emas muda, dan merah muda keunguan. 

Sewaktu di toko perhiasan, aku tidak sanggup untuk membelinya karena harganya jutaan rupiah. Tetapi saat berkeliling grand bazar, aku menemukan cincin dengan batu zultanite dengan harga yang cukup terjangkau. 

Kalau sahabat ismi ingin membeli perhiasan Turki dengan harga yang lebih murah, cobalah untuk datang ke grand bazar. Tapi pastikan tidak membeli perhiasan palsu, dengan mempelajari terlebih dahulu perbedaan batu mulia asli dengan yang palsu.

  1. Karpet Turki

Siapa sih yang tidak mengenal karpet Turki? Karpet Turki bulunya halus, tebal, dan awet. Selain itu motifnya cantik, dan ukurannya bervariasi. Mengapa karpet Turki bisa awet? Alasannya adalah karena simpulnya ganda sehingga bisa awet hingga tiga generasi.

Karpet Turki
Melihat langsung karpet Turki yang dibuat dari tangan (handmade)

Zaman dulu, kalau ingin menikah, perempuan Turki wajib menenun karpet sendiri untuk dibawa ke rumah barunya. Tapi zana sekarang sudah jarang yang melakukan tradisi tersebut. Perempuan Turki tetap membawa karpet handmade, meskipun buatan neneknya.

6. Fashion dari Kulit

Kulit sapi menjadi primadona di Turki. Tentunya kulit-kulit tersebut sudah dijadikan berbagai fashion. Mulai dari jaket, tas, topi, hingga dompet. Aku sempat dibawa ke salah satu pusat kerajinan kulit. Di sana banyak pilihan berbagai jaket dari kulit.

Yang seru adalah, rombongan diajak untuk menyaksikkan fashion show. Mereka menghidangkan teh Turki, lalu membawa kami ke satu ruangan berbentuk persegi panjang. Di sekeliling ruangan tersebut terdapat kursi, dan di bagian tengahnya terdapat sebuah panggung mini untuk pertunjukkan fashion.

Oleh-oleh dari Turki
Fashion show di Populer Leather

Usai dijamu dengan teh, musik mengalun dan keluarlah model laki-laki dan perempuan mengenakan berbagai fashion berbahan kulit. Amazing! Rasanya seperti menonton pertunjukkan privat.

Jaket kulit dari Turki

Setelah itu, aku dan rombongan memasuki toko yang sangat besar. Kami berkeliling memilih barang apa yang mau dibawa pulang. Baik untuk dipakai sendiri maupun untuk oleh-oleh.

Sebagai informasi, saat ke grand bazar, ternyata ada juga toko yang menjual jaket kulit. Tentunya dengan harga yang lebih murah. 

  1. Bumbu Rempah

Makanan Turki terkenal dengan bumbunya yang kaya. Kalau sahabat ismi punya kesempatan untuk mengunjungi grand bazar di Istanbul, belilah aneka bumbu tersebut untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Safron Turki
Safron Turki yang bermanfaat untuk kesehatan

Aneka rempah yang tersedia tidak hanya untuk memasak. Ada pula yang bisa dijadikan obat. Selain aneka rempah, sahabat ismi juga bisa menemukan safron di grand bazar dan toko oleh-oleh.

8. Keramik Iznik Khas Turki

Tradisi membut keramik sudah ada sejak zaman kekaisaran Ottoman. Yang terkenal adalah keramik iznik yang terinspirasi dari ubin iznik.

Ubin iznik berwarna merah dan pirus (turqoise) dan biasanya ditemukan di masjid-masjid kekaisaran di daerah Turki. Meskipun zaman kekaisaran telah berlalu, tetapi tradisi membuat keramik iznik masih terus dilestarikan.

Oleh-oleh dari Turki keramik iznik
Di toko ini tidak hanya menjual keramik iznik, tapi juga keramik lainnya

Keramik-keramik iznik tersebut dibuat oleh tangan (handmade) dengan aneka motif. Sahabat ismi bisa menemukan keramik iznik terbentuk piringan, mangkok, hingga pot. Ukuran dan harganya bervariasi. Semua cantik-cantik deh. 

Jika sahabat ismi berminat dengan keramik iznik, pengemasannya harus diperhatikan ya, Karena merupakan barang pecah belah.

9. Tea Set Turki

Sahabat ismi pernah membaca tulisanku tentang teh khas Turki? Kalau iya, pasti pernah melihat cangkir langsing yang biasanya digunakan untuk menyajikan teh di Turki. Nah, tea set cantik tersebut bisa sahabat ismi temukan di toko oleh-oleh.

Aku sendiri membelinya di grand bazar, dengan harga 40 dolar atau saat itu sekitar 140 ribu rupiah. Tea set tersebut sudah dilengkapi dengan alas cangkir, dan sendok aduk. Lucu banget, kan, penampakannya?

10. Aksesori dengan Simbol Nazar

Pernah lihat simbol nazar dari Turki? Itu lho, gantungan yang bentuknya seperti mata . Simbol nazar biasanya berwarna biru tua dengan warna putih, biru muda, dan hitam di bagian mata.

Oleh-oleh dari Turki mata nazar
Simbol nazar atau devil eye

Sebutan lain dari nazar adalah gantungan jimat ‘devil eye’. Gantungan jimat ini diyakini berasal sejak 3300 SM dan telah dipakai secara luas di Turki.

Nese Yildiran, seorang profesor sejarah seni di Universitas Bahcesehir Istanbul, mengatakan warna biru seperti mata itu berhubungan dengan dewa langit Seljuk, Turki.

Orang Turki percaya jimat nazar bisa menolak bahaya dan bencana. Tetapi keyakinan akan devil eye ini tidak sesuai dengan hukum Islam, agama yang mayoritas dianut masyarakat Turki.

Oleh sebab itu, otoritas Agama Turki menetapkan fatwa haram atas jimat devil eye pada Jumat 23 Januari 2021. Cendera mata khas Turki itu kini menjadi simbol terlarang di Turki.

cendera mata simbol nazar
Cendera mata simbol nazar yang mudah ditemui di mana saja. Termasuk di toko suvenir kaki lima

Saat ke Turki pada tahun 2019, cendera mata aksesori simbol nazar dengan mudah aku temukan di semua toko oleh-oleh. Termasuk di penjual suvenir pinggir jalan. Mulai dari yang berbentuk gantungan kunci, gantungan mobil, magnet kulkas, gantungan gelang, kalung, dan sebagainya.

Oleh-oleh dari Turki
Toko suvenir barang bekas di Turki. Kalau jeli bisa dapat barang yang langka dengan harga miring

Itulah 10 oleh-oleh dari Turki yang bisa sahabat ismi beli ketika berkunjung ke Turki. Sebenarnya masih banyak pilihan oleh-oleh lainnya seperti pashmina Turki, sutra Turki, kosmetik Turki, dan sebagainya.

Oleh-oleh dari Turki Magnet kulkas
Aneka magnet kulkas, pajangan keramik, dan gantungan kunci juga jadi primadona oleh-oleh dari Turki

Oh ya, kalau ingin mengunjungi Turki, jangan lupa minum vitamin D dan multivitamin  karena butuh energi yang besar berkeliling satu kota ke kota lain di Turki. Apalagi kalau mengikuti jadwal tour and travel agent. Sepuluh hari di Turki, mengunjungi hampir tujuh kota, tentu butuh tubuh yang fit.

Selain itu, stamina sahabat ismi harus bagus agar bisa bertahan di cuaca Turki yang berbeda dengan Indonesia. Saat aku bepergian di akhir Maret, Turki sudah memasuki musim semi. Tapi anginnya masih sangat dingin. Sampai-sampai aku sering mual menahan dingin. Oleh karena itu, bawalah obat-obatan pribadi dan vitamin.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

Disclaimer: Semua foto adalah dokumentasi pribadi. Dilarang menggunakannya tanpa izin.

(Visited 98 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

16 thoughts on “10 Rekomendasi Oleh-oleh dan Suvenir dari Turki

  1. Farida Pane Reply

    turkish delight itu manis banget, ya.
    aku penasaran deh, sama zultanite.
    safron itu yang kayaknya harus diborong dari turki.

  2. Jihan Reply

    Sampai sekarang aku masih penasaran sama safronnya Turki itu mba. Kata orang2 mahal bangett yak tapi manfaatnya bagus banget untuk kulit dan kesehaatan <3

  3. Hani Reply

    Duuh, jadi pengen ke Turki deeh. Oleh-olehnya banyak banget pilihannya. Aku pengen banget ke Masjid Hagia Sophia tuh, lihat arsitekturnya. Plus jalan-jalannya dooong.
    Temenku pernah pamer jaket kulit tuh, bagus, tebel tapi lembut bangeeet….

  4. Erin Reply

    Wah, kalau ke Turki aku pasti beli cokelat, nih Mba. Soalnya favorite banget sama cokelat. Kalau beli karpet biaya ongkoanya mahal gak, ya. Btw, asyik banget bisa makan sarang madu untuk sarapan. Hotelnya keren, deh.

  5. Mei Daema Reply

    hua baca artikel mba jadi kangen banget balik lagi ke Turki ya mba, tapi luamyan ngobatin kangen jalan-jalan. aku tuh kalau jalan-jalan

  6. Meilia Wuryantati Reply

    Menarik banget yah oleh2 dari Turki. Aku penasaran sama simbol Nazar tuh kak. Dulu pernah dikasih sama kakak yg abis dari Turki ya coklat sama magnet kulkas hehehhe..lucu2

  7. Meilia Wuryantati Reply

    Menarik banget yah oleh2 dari Turki. Aku penasaran sama simbol Nazar tuh kak. Dulu pernah dikasih sama kakak yg abis dari Turki ya coklat sama magnet kulkas hehehhe..lucu2 😍

  8. Heizyi Reply

    Wah, kalau okeh-olehnya perhiasan. Mau aku mbak. Atau kalau keberatan, kastip deh hehehe

    Cantik-camtik soale permatanya. Pasti dibikinnya dari bebatuan berkualitas

  9. Nyi Penengah Dewanti Reply

    Aku minat ama karpetnya Kak hehehe banyak yang belanja karpet turki asli yang pada melancong ke sana ya. Nikita mirzani kapan tuh aku liat youtubenya dan ngobrol langsung ama penjual. Bagus banget dan harganya luar biasa

  10. Damar Aisyah Reply

    Beraneka jenis oleh-oleh dari Turki sangat menarik. Mulai dari manisan, madu, perhiasan dan karpet yang sangat terkenal, ditambah pertunjukkan fashion show yang berasa privat, berasa unik banget ya. Pengin banget nanti kalau bisa umroh mau mabil yang paket Turki begini. Biar sekalian jalannya. Amiin

  11. Fanny_dcatqueen Reply

    Aku ga sanggub makan Turkish delight mba, manisnya bikin ngilu :D. Pas ke Istanbul dulu sempet nyobain ini.

    Eh btw baru tahu devil’s eye jadi barang terlarang. Berarti kalo ke Turki lagi, ga akan ada nemuin jimat itu lagi yaaa? Aku memang ga akan tertarik sih Ama jimat2an, takut musyrik hukumnya.

    Pas ke Turki dulu, aku palingan cuma beli magnet, lonceng Ama snow ball Turki. Ga lama juga sih di sana, jadi memang ga banyak beli2. Makanya masih mau banget balik ke Turki, datangin kota2 lain 🙂

    • dian.ismyama Post authorReply

      Nah itu mbak, kalau sejak 2021 sudah dilarang kemungkinan besar ga akan kita temui ya. Aku sempat beli bentuk gelang mutiara2an manik2 gitu. Terus ada beberapa hiasan nazar nya. Tapi murni bukan buat jimat, lebih ke khas Turki aja gitu.

      Turkish delight sebenarnya ada yang enggak terlalu manis lho. Tergantung isiannya apa. Aku juga belinya magnet, sama pajangan piring yang gambar Istanbul. Aku juga pingin balik lagi nih tapi ke Istanbul aja, sama suamiku. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *