Tips Travelling Hemat Bersama Keluarga

Facebooktwitterredditmail

Travelling Hemat ke Lombok

Jadi rencananya saya dan pak suami sedang merencanakan liburan keluar pulau tahun depan. Pinginnya sih ke Lombok, soalnya suami belum pernah ke sana, hehe. Sementara saya sendiri sudah dua kali sih ke Lombok, meskipun terakhir kali ke sana sudah sekitar 7 tahun yang lalu alias sudah lama. Jadi pasti banyak banget yang berubah di Lombok. Alasan lainnya tentu karena keindahan alam Lombok terutama pantainya dan alam bawah lautnya. Juga culture-nya yang unik. Saya ingin mengenalkan konservasi penyu ke anak.

Saya ingin mengenalkan budaya yang berbeda dengan budaya Jawa yang biasa mereka ketahui. Saya ingin mereka menghirup udara bersih dari pantai dan bebas berlarian bermain di pantai. Ya tujuan utama kami memang ke tiga Gili, baru selanjutnya berkeliling Lombok. Melihat para penenun Lombok misalnya. Melihat rumah adat Lombok, dan tentu saja berkuliner ria. Beruntung, ada kurang lebih empat orang teman kuliah saya yang katanya sih bersedia mengajak berkeliling Lombok. Semoga aja kesampaian ya bersilaturahmi ke rumah mereka.

Oh ya, ada satu tujuan wisata lagi, yaitu ke tempat budidaya mutiara. Saya juga ingin mengenalkan ke anak mengenai keindahan mutiara Indonesia, dan Indonesia punya mutiara langka yang perlu dilestarikan dan dipromosikan.

Oke, sesuai judul tulisan ini, kita masuk ke tips travelling hemat ala saya yuk.

  1. Rencanakan dan pilih objek wisata yang sehemat mungkin

Agar travelling hemat, sebaiknya kita menentukan rencana perjalanan, agar tidak meleset dari perkiraan. Penentuan rencana perjalanan ini terkait budget juga lho. Misalnya biaya masuk objek wisata, biaya transportasi ke lokasi wisata, dan biaya lain terkait tempat tujuan wisata. Bila kita sudah menentukan mau ke objek mana saja, tentu jadwal acara juga lebih enak disusun dan nggak melebar kemana-mana. Jadi sudah ditentukan nih lokasi mana yang pertama kali dikunjungi, baru lokasi mana yang letaknya dekat dengan lokasi kedua, dan sebagainya. Kalau perlu, tips lebih hematnya adalah, pilihlah objek wisata yang free entry, jadi kita nggak perlu keluar ongkos masuk, hehe. Misalnya saja taman kota, pantai yang masih sepi sehingga tidak ada biaya masuk, atau melihat pertunjukan dan festival di alun-alun kota.

  1. Bawa makanan sendiri

Tips travelling hemat kedua adalah membawa makanan sendiri. Jadi kita nggak keluar biaya makan deh, cukup sesekali saja bila ingin menikmati kuliner atau makanan khas daerah tujuan wisata kita. Bawa magicjar untuk menanak nasi di hotel. Lauknya bisa kering tempe, gudeg kaleng, mie, telur, abon, hihi murah meriah dan bergizi.

  1. Batasi belanjaan

Seringkali kita berangkat dengan koper yang tidak terlalu penuh, tapi pulang dengan tas tambahan yang berkali lipat. Biasanya hal ini terjadi ketika kita membawa uang saku yang banyak. Tentu uang tersebut biasanya akan digunakan untuk membeli barang yang menjadi ciri khas tempat tujuan wisata, misalnya kalau Lombok ya mutiara atau kain tenun. Selain itu, juga biasanya digunakan untuk membeli oleh-oleh bagi sanak saudara dan teman-teman atau rekan kerja. Sebaiknya sejak sebelum berangkat, pos-poskan uang belanjaan, batasi dan pangkas yang tidak perlu. Bikin catatan kecil akan membeli barang apa, oleh-oleh apa berapa biji, sehingga tidak overbudget dan kalap di tempat tujuan wisata.

  1. Transportasi efisien

Bila kita bepergian lumayan lama, misalnya 3-5 hari, pilihlah mode transportasi yang hemat. Misalnya saja menyewa mobil atau motor, dibanding naik taksi. Atau naik angkutan umum yang free (kalau di Kuala Lumpur ada Go KL misalnya). Atau jika ada teman dan saudara yang tinggal di lokasi tujuan, bolehlah kita menyewa kendaraan ke mereka, siapa tahu cukup mengganti uang bensin saja, hehe. Transportasi yang efisien jelas lumayan menghemat budget kita, kan?

  1. Pesan hotel dan tiket pesawat jauh-jauh hari

Nah ini adalah tips travelling hemat paling penting. Akomodasi dan tiket pesawat jelas yang biasanya memakan anggaran paling besar. Untuk hotel atau penginapan, bila lebih suka guest house dan bepergian bersama banyak orang, tentu akan mendapat harga lebih murah. Guest house atau home stay menawarkan tempat tinggal serumah yang bisa dihuni hingga belasan orang. Namun bila memang hanya travelling dengan keluarga kecil, maka pertimbangkanlah lokasi hotel atau penginapan yang tidak terlalu jauh dari lokasi wisata, agar tidak memakan budget transportasi yang mahal hanya karena lokasi hotel jauh dari objek wisata. Pertimbangkan juga memilih penginapan yang nyaman bila membawa anak, adanya playground atau kolam renang anak bisa menjadi pertimbangan ketika ingin menghabiskan waktu di hotel saja.

Untuk tiket pesawat, carilah tiket pesawat promo yang biasanya ditawarkan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan, misalnya di Tiket2.com. Maskapai penerbangan memberikan harga yang lebih murah bila semakin jauh dari tanggal pemakaian tiket, sebaliknya harga tiket pesawat akan semakin mahal menjelang tanggal keberangkatan. Jadi misalnya mau ke Lombok tahun 2017, coba saja cari tiket dari sekarang, hehe. Acara-acara expo atau travel fair juga diketahui sebagai tempat untuk mencari tiket pesawat murah.

Dari 5 tips travelling hemat tadi, semuanya bisa dengan mudah kita praktekkan lho, sehingga travelling bersama keluarga bisa lebih hemat tetapi tetap nyaman.

Jadi, mau liburan kemana akhir tahun ini?

(Visited 159 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

26 thoughts on “Tips Travelling Hemat Bersama Keluarga

  1. @bangsaid Reply

    Wah.. tipsnya bermanfaat nih. Biasanya paling jauh ya baru pulau Jawa kalo jalan-jalan sama anak istri. Pengennya taun depan ajak mereka ke luar negeri. Mesti ngitung budget penginapan yang murah tapi nyaman berhubung kalo sendiri nyantai aja ngebolang di bandara atau terminal ?

    • dian.ismyama Post authorReply

      iya benar, kalau sendiri mah santai ya, ngemper di jalan aja bisa lah. tapi kalau sama keluarga kan nggak mungkin begitu, hehe

  2. Vety Fakhrudin Reply

    aku belum pernah ke lombok. 2x planning mau ke lombok malah keduluan hamil. sejak itu ama suami sepakat ke lomboknya kapan2 aja *ga tau kapan?

  3. evrinasp Reply

    aku sering pakai OTA biar hemat kalau pesan hotel mbak, kalau soal jajan nah ini yang harus direm banget, masih suka hilaf

  4. Grace Melia Reply

    Nah no 5 itu penting banget. Pernah pesen mepet karena tunda-tunda, eh kadung dapet rate mahal. Sedih. Gelo. Dan jadi berantem -____-

    • dian.ismyama Post authorReply

      dipantengin terus Mbak..ada temenku yang jauh2 hari bertahun tahun sebelumnya udah hunting tiket. atau pas ada paket promo langsung ambil. atau via travel fair itu. kali tips dari Mba Rian sih di hari tertentu dan jam tertentu suka ada promo tiket murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *