SystemEver, Software Cloud ERP Indonesia Untuk Wujudkan Impianku

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Software Cloud ERP Indonesia Wujudkan Impianku Jadi Pengusaha Apotek.

Software Cloud ERP

Suatu hari aku bertemu teman blogger di sebuah acara gathering. Ia mengatakan sering membaca blogku dan bertanya apakah aku seorang psikolog? Menurutnya, tulisanku kerap kali membahas sisi psikologi. Aku tertawa mendengar pertanyaannya. Bukan sekali dua kali orang-orang menanyakan hal yang sama. Wali kelas anakku, psikolog sekolah anakku, mereka mengira aku berlatar belakang psikologi.

Sebenarnya saat SMA kelas tiga, sekolahku pernah mengadakan tes psikologi untuk menentukan kecocokan jurusan yang akan di ambil. Siapa sangka, psikologi dan Hubungan Internasional berada di dua besar jurusan yang cocok dengan kemampuan dan minatku. Sayang, beberapa hari sebelum ujian masuk universitas, akhirnya aku memutuskan untuk memilih jurusan Farmasi.

Semakin lama, aku semakin tahu bahwa passionku memang dibidang klinis dan komunitas. Sebagai apoteker, aku lebih suka bertemu pasien. Memberikan informasi, edukasi, dan konseling. Mirip-miriplah dengan psikolog yang bertemu kliennya.

Dulu, aku sempat bekerja di apotek. Lalu praktik satu tahun di rumah sakit. Hingga akhirnya menjadi ibu rumah tangga dengan tiga anak dan terseret ke dunia blog. Aku juga pernah menjadi dosen, mengajar di sebuah kampus. Dari semua pekerjaan yang kulakukan, passionku tetap bertemu pasien.

Oleh karena itu, aku masih menyimpan impian untuk menjadi pengusaha apotek. Berpraktik sebagai apoteker, sekaligus mengembangkan usaha. Menjadi pharmapreneur sehingga masih bisa membagi waktu untuk mengurus keluarga, dan menulis blog.

Aku sadar bahwa usaha apotek bukan hal mudah. Tidak hanya butuh modal, dan ilmu di bidang Farmasi dan Komunikasi, tapi juga butuh ilmu manajemen yang handal. Para apoteker pemilik apotek harus bisa membangun ekosistem bisnis yang sehat tapi juga menguntungkan.

Apoteker pemilik apotek harus mengelola obat dan alat kesehatan. Sekaligus mengelola sumber daya manusia alias karyawan. Terus terang, margin aset berupa obat dan alkes tidak sebesar usaha kuliner. Apoteker harus memutar otak agar laba dapat digunakan untuk membayar kebutuhan bulanan seperti sewa tempat dan pembelian obat, serta mengaji karyawan.

Beberapa temanku sudah sukses menjadi pemilik apotek. Mereka berhasil membuka cabang. Tidak hanya satu, tapi tiga hingga empat cabang apotek. Aku salut, karena sebagian besar dari mereka adalah ibu dengan anak-anak yang masih kecil. Bagiku, manajemen apotek menjadi hal krusial. Meskipun nilai akademisku tergolong bagus, manajemen apotek merupakan tonggak bagi kelangsungan hidup apotek.

Software Cloud ERP Indonesia untuk Memajukan Bisnis Apotek

Sekian banyak apotek yang berdiri, tidak semuanya memiliki manajemen yang bagus. Pada akhirnya, apotek dengan sistem manajemen yang buruk akan gulung tikar. Aku tidak mau hal tersebut terjadi pada apotekku. Oleh karena itu, sejak sekarang aku mulai mencari tahu adalah software yang dapat digunakan untuk memajukan usaha seperti apotek.

Berkenalan dengan Software Sistem ERP

Software ERP

Foto dari IG SystemEver

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sistem yang sangat dibutuhkan dalam bisnis sekarang untuk mempermudah kordinasi antar bagian. Sistem ERP mempermudah untuk update bisnis. Misalnya saja bagian penjualan, dan kegiatan sales antar cabang di berbagai daerah bisa lebih mudah diinput, dan langsung terotomatisasi secara realtime. Nah, cocok banget kalau saya mau buka apotek cabang.

Jika dulu hanya di kantor yang ada jaringan line, sekarang kita bisa mengupdate aktivitas bisnis dimanapun. Bisa melalui handphone, tablet, ataupun laptop. Contohnya saja jika stok obat atau alat kesehatan habis di apotek A. Maka langsung bisa diinformasikan dan stok tersebut otomatis berubah. Akan ada semacam kode agar stok di Apotek A segera terisi. Tidak perlu dicek secara manual.

Pengusaha apotek dapat melihat grafik pertumbuhan bisnis lebih cepat dari data yang masuk. Tak hanya itu, sistem ERP mempunyai bermacam-macam jenis layanan. Mulai dari akuntansi, distribusi, penjualan, administrasi, logistik, HRD, sampai yang terlengkap di industri manufaktur. Wah, untuk bisnis apotek dengan banyak cabang tentu sangat bermanfaat.

Semua lini perusahaan bisa dibuatkan aplikasi software ERPnya. Termasuk lemburan dan pajak juga dapat dihitung menggunakan software ERP. Aku jadi ingat dengan pajak usaha apotek yang tentunya harus dibayarkan bila omzet mencapai angka tertentu per tahunnya. Lemburan karyawan apotek juga perlu dihitung secara non manual untuk memudahkan pemilik apotek.

Sebagai informasi, dulu di Indonesia software ERP ini cukup mahal harganya. Dan agak ribet karena harus memasang berbagai jaringan. Tapi itu dulu, sekarang sudah jauh lebih simpel karena kemajuan teknologi digital. Harganya juga lebih terjangkau. Bila dulu hanya industri atau perusahaan besar yang menggunakan software ERP, kini UKM pun bisa. Apalagi apotek yang juga termasuk bisnis skala kecil. Kecuali jika berkembang menjadi apotek franchise.

SystemEver, Software ERP di Indonesia

Aku mulai mencari software ERP di Indonesia, dan ketemulah SystemEver yang berbasis di Jakarta. SystemEver dikembangkan di Korea Selatan oleh YoungLimWon(永林院) SoftLab Co.Ltd. sejak 2014 sebagai salah satu Cloud ERP untuk UKM.

SystemEver adalah salah satu software ERP terbaik di Asia Tenggara. SystemEver juga salah satu Software ERP terbaik di Indonesia yang baru diperkenalkan di Indonesia akhir tahun lalu (2019). SystemEver merupakan Top 10 Software ERP di Asia. SystemEver sudah diterima dan dipercaya di Asia selama 27 tahun sehingga disebut sebagai Top Software ERP di Asia.

Keunggulan SystemEver

Beberapa keunggulan SystemEver membuatku semakin ingin menggunakannya, antara lain:

1. Sudah Teruji

Software Cloud ERP Indonesia

Foto dari IG SystemEver

SystemEver sudah berpengalaman sejak 27 tahun yang lalu. Ini membuktikan bahwa SystemEver kredible dan berkualitas sehingga dapat bertahan menjadi aplikasi ERP terbaik. YoungLimWon (永林院) SoftLab Co., Ltd. telah menjalankan SystemEver kepada lebih dari 1600 pelanggan yang tersebar di Korea, Jepang, Cina, Vietnam dan Indonesia. Menurutku, ini adalah sebuah angka yang fantastis.

2. Fleksibel Akses

SystemEver dapat dengan mudah diakses darimana saja. Mulai dari PC/Desktop, Tablet/iPad hingga Smartphone. Dengan demikian, asalkan ada internet, pemilik apotek atau pemilik perusahaan dapat memantau aktivitas bisnisnya dimanapun dan kapanpun.

3. Sistem ERP Berbasis Cloud

SystemEver adalah software cloud ERP yang mudah digunakan. Sistem cloud ERP seperti kumpulan komputer yang saling terhubung. Data dishare antar server. Jika satu server mati, maka software ERP milik pelanggan belum tentu mati karena masih ada server lain yang mengambil alih tugas. Misalnya saja, SystemEver mempunyai server di Vietnam dan Indonesia. Yang melayani software ERP di Indonesia ya server Indonesia. Tetapi bila server di Indonesia mati, maka software SystemEver masih bisa dilayani oleh server Vietnam. Bila yang di Vietnam mati, maka masih bisa dilayani oleh server Korea, dan sebagainya.

Ada beberapa keuntungan Cloud ERP antara lain performance yang lebih baik, data dapat diakses secara real time, pemulihan kerusakan secara cepat, peningkatan sharing informasi, mengurangi biaya operasional dan peningkatan keamanan data

4. Fitur Visual-K yang Memudahkan Pelanggan

Software ERP SystemEver

Foto by IG SystemEver

Sistem ERP terbaik ini mempunyai fitur yang bernama Visual-K. Fungsi dari Visual-K adalah untuk membuat pelanggan menjadi lebih mudah dalam menggunakan software ERP. Tampilan antarmuka menjadi mudah dipahami, tidak lagi menggunakan pull down menu sehingga lebih sederhana. Pelanggan akan merasa lebih nyaman dalam menggunakan software. Selain itu, semua proses berjalan dengan jelas dan cepat.

5. Fitur Consultant-K untuk Konsultasi

Perusahaan dapat berkonsultasi menggunakan fitur Consultant-K yang dimiliki SystemEver. Konsultasi menjadi cepat dan tidak memerlukan biaya yang besar. SystemEver mempunyai fitur ini sebagai salah satu bukti komitmennya untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan.

6. Terdapat Lima Bahasa

SystemEver merupakan software sistem ERP yang berkembang dan berdaya saing tinggi di tingkat global. Oleh sebab itu, SystemEver melengkapi layanannnya dalam lima bahasa yaitu bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Vietnam dan Indonesia.

7. Harga Software Terjangkau

SystemEver merupakan software ERP murah yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. SystemEver memiliki iSeries produk yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. iSeries hadir dengan unit model (i1, i2, i3) dan integrasi sistem ERP (i5 dan i7). Bahkan UKM dapat menggunakan SystemEver secara efektif sehingga tidak membebani UKM tersebut.

SystemEver memiliki produk dengan versi khusus, yaitu iSeries. Ada beberapa model dari software ini yang dibagi berdasarkan fungsinya. Pelanggan tinggal menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Kita lihat yuk ada model apa saja:

i1 Series (Manajemen Akuntansi)

Model software Systemever ini dirancang untuk mempermudah pengelolaan keuangan perusahaan. Misalnya pengelolaan invoice atau piutang (invoice tracking), membantu menganalisis biaya dan menemukan laba, memonitor pengeluaran dan penerimaan secara real time sehingga bisa mengurangi pemborosan, membuat laporan keuangan serta membantu mempersiapkan proses audit eksternal.

Software ERP Systemever model i1 Series ini mudah digunakan oleh pemula sehingga pelanggan tidak perlu khawatir tidak memiliki ahli keuangan khusus. Wah, model ini bisa digunakan untuk apotek.

i2 (HR / Manajemen Penggajian)

Memiliki banyak karyawan mempunyai tantangan tersendiri. Terutama tentang pengajian. Pemilik perusahaan termasuk apotek harus mengkaji presensi karyawan, lembur, dan sebagainya yang memakan waktu bila dikalkulasi secara manual. Di Systemever model i2, masalah tersebut bisa teratasi dengan mudah.

Model i1 membantu perusahaan untuk saling berhubungan dengan sistem keuangan. Pemilik usaha dapat memeriksa daftar gaji dalam berbagai bentuk, mengatur pencatatan absensi yang disesuaikan dengan kalkukasi gaji per jam atau harian, lembur, menambah, mengurangi atau mengubah tunjangan, mengarsipkan riwayat penggajian dengan mudah dalam riwayat akuntansi dan pajak, dan sebagainya. Lengkap sekali, bukan?

i3 (Manajemen Persediaan/Inventory Management)

Model ini sesuai untuk perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan barang ataupun penjualan produk (bisnis ritel). Sistem yang disediakan memungkinkan untuk mengintegrasikan antara bagian pembelian, penjualan dan produksi dalam penerimaan inventaris. Pelanggan dapat memeriksa inventaris terbaru secara real time tanpa manajemen inventaris, mengelola stok gudang, mengelola pesanan, dan sistem pemesanan, memonitor sistem penjualan dan menjamin kerahasiaan penjualan dengan membatasi akses sesuai divisi atau label manajerial sehingga kinerja tetap berjalan dengan baik.

Hmm, model ini bisa digunakan untuk usaha fashion yang dirintis oleh teman saya. Produksi baju dan mukena akan terasa lebih mudah jika menggunakan software ERP model i3. UKM yang memproduksi sendiri produknya juga akan terbantu dengan software ERP model ini.

i5 (Manajemen Penjualan dan Distribusi)

Model i5 cocok digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang distribusi. Sistem ERP i5 menghubungkan bagian pembelian, penjualan hingga sistem akuntansi secara terintegrasi dan pelanggan dapat dengan mudah melihat serta mengelola pengiriman, memeriksa informasi penjualan berdasarkan laporan status penjualan, mengeluarkan segera faktur pajak saat penjualan, dan memonitor kinerja penjualan oleh tenaga penjualan.

i7 (Manajemen Pabrik/Manufacturing Management)

Model sistem ERP i7 menyuguhkan fitur-fitur fungsi manajemen yang lebih lengkap dan konprehensif. Model ini cocok digunakan untuk perusahaan manufaktur berskala besar yang mempunyai data MPS (Master Production Schedule) untuk produksi jangka panjang/pendek dan memiliki BOM (Bill of Material).

Perusahaan dengan jumlah karyawan besar dan telah menggunakan sidik jari absensi serta perhitungan gaji berdasarkan jam kerja membutuhkan software ERP model i7. Apalagi bila perusahaan tersebut telah melakukan perencanaan produksi dalam jangka pendek atau panjang.

SystemEver versi i7 ini merupakan penggabungan dari beberapa model lain dan terintegrasi. Sistem ini membuat produktifitas perusahaan akan meningkat. Segala pekerjaan di dalam perusahaan seperti akunting, penggajian, distribusi akan dibantu oleh sistem.

Dengan segala keunggulannya, SystemEver memang pantas disebut sebagai software sistem ERP yang mempunyai kepedulian pada kemajuan bisnis UKM. SystemEver adalah software sistem ERP yang mudah digunakan dan murah (terjangkau) untuk bisnis skala kecil dan menengah, dengan model iSeries yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi manajemen

Makanya aku tertarik menggunakan SystemEver untuk mewujudkan bisnis apotek impianku. Di awal pendirian mungkin masih skala kecil. Tapi jika berkembang menjadi besar, software ERP SystemEver tetap dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Bagaimana denganmu? Apakah tertarik menggunakan SystemEver sebagai sistem ERP bisnismu? Kalau ingin tahu lebih detail, langsung saja kunjungi https://systemever.co.id/

(Visited 31 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!