Sekolah di Rumah ala Najla

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

photogrid_1453351538300.jpg

Sekolah di Rumah ala Najla.

Sekolah di rumah alias homeschooling memang sedang trend. Najla juga nggak mau kalah  meskipun homeschoolingnya pas lagi bolos sekolah, hehe.

Sebenarnya Najla sendiri baru saya masukin playgrup di usianya yang ke 3,5 tahun. Itu karena saya mau melanjutkan sekolah lagi, sementara ibu sudah tua jadi nggak mungkin dititipin. Jadilah playgrup menjadi solusi. 3,5 tahun sebelumnya Najla belajar ya di mana saja. Di rumah, di halaman, di kandang rusa, di mall, banyak deh. Selama 3,5 tahun itu, saya harus puter otak. Mainan apa yang mau dikenalkan esok hari. Stimulasi apa yang kau dikembangkan. Kegiatan outdoor apa yang memungkinkan, dan sebagainya. Kadang kalau kehabisan ide ya main boneka aja terus dia berimajinasi sendiri, hehe. Karena kalau nggak dikasih kegiatan, cenderung bakal uring-uringan dia.

Nah, kebetulan pas Najla sakit kemarin, jadilah dia nggak mau sekolah. Terus di fb ada yang share aktivitas homeschooling. Langsung kami praktekkan deh.

Ini dia kegiatannya:

1. Menghubungkan angka yang sama sesuai bentuknya dan warnanya.

Angkanya banyak sekali

Angkanya banyak sekali

Kegiatan ini Najla sangat antusias, tetapi masih belum rapi menghubungkannya, mungkin karena terlalu banyak angka dalam satu kertas.

2. Mencocokkan letak pegangan cangkir sesuai gambar

Dibolak balik letak gagangnya tetap bisa di jodohkan dengan aslinya

Dibolak balik letak gagangnya tetap bisa di jodohkan dengan aslinya

Wah kalau yang ini sudah ahli, langsung dalam sekian detik selesai.

3. Mewarnai, mencocokkan warna bola-bola dan manik-manik kecil.

Cocokkan bola-bolanya sesuai warna

Cocokkan bola-bolanya sesuai warna

Yang ini pakai manik-manik

Yang ini pakai manik-manik

Ini juga sudah ahli. Sebenarnya untuk pengenalan warna sendiri sudah bisa dimulai sejak usia di bawah 1 tahun ya Ayah Bunda. Seingat saya, usia 1,5 atau 2 tahunan anak-anak sudah lebih siap menerima konsep warna. Di usia tersebut Najla juga sudah dapat membedakan warna. Makanya usia 4 tahun ini warna sudah di luar kepala bagi Najla.

4. Memasukkan cincin ke pita sesuai jumlahnya.

Butuh ketelitian dan kesabaran nih

Butuh ketelitian dan kesabaran nih

Nah ini, adanya gambar cincin di kertas sangat membantu Najla dalam menghitung. Memasukkan cincinnya pun juga butuh ketelatenan dan kesabaran. Dalam aktivitas ini, Najla masih dibantu orang lain memegang pitanya agar tetap stabil nggak gerak-gerak.

5. Meletakkan mata-mata sesuai pola di kertas (pola mata)

Mata-mata kecil ikuti pola mata ya

Mata-mata kecil ikuti pola mata ya

Aktivitas ini melatih motorik halus, dan kesabaran. Tadinya Najla udah bosan nih di hambur-hamburin mata-mata kecilnya. Terus ditemenin orang rumah bantuin nyusun dan nanti bisa ketemu mata-matanya eh langsung semangat lagi.

6. Main cap-capan sesuai pola di kertas

Sambil sebutkan huruf dan benda-benda yang diawali huruf tersebut

Sambil sebutkan huruf dan benda-benda yang diawali huruf tersebut

Sama dengan no 5, melatih motorik halus. Untuk menambah manfaatnya, tiap abjad sekalian di ucapkan dan menyebutkan nama-namq benda, hewan atau bunga sesuai abjad depannya. Nambah kosakata dan belajar huruf juga jadinya.

Sebenarnya masih banyak aktivitas lain yang ingin di coba, tapi beberapa peralatan nggak ada di rumah, kayak sedotan warna-warni, jepitan kecil warna warni dan playdoughnya. Besok-besok kita coba mainan sekolah di rumah yang lain ya Nak…

(Visited 186 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

22 Comments

  • Titis Ayuningsih January 21, 2016 Reply

    Belajar tidak hanya di sekolah ya mbak, karena ilmu bisa didapatkan dimana saja hehe

  • Ihwan hariyanto January 21, 2016 Reply

    wah bisa dicontoh neh buat dipraktekkin sama Aiman, makasih Mbak sharingnya.

  • Sandi Iswahyudi January 21, 2016 Reply

    bagus ini mbak, supaya anak kreatif dan jauh dari gadget. Jadi walau di rumah ibu bisa mengajarkan banyak hal pada anak

    • dian.ismyama January 24, 2016 Reply

      iya..yang jelas supaya anak juga nggak bosen di rumah

  • Noe January 21, 2016 Reply

    Waah kreatif nih ibu dan anaknya, bikin mainan sendiri di rumah. aku mau nyontek yaa

  • Jiah January 21, 2016 Reply

    ponakanku blm mau belajar kalau di rumah. katanya dia bisa kalau di sekolah

    • dian.ismyama January 24, 2016 Reply

      wkkka..maunya main ya?ini juga bilangnya main, kalo dibilang belajar mana mau

  • Dian R January 21, 2016 Reply

    Boleh nih ditiru idenya… Tfs mbak 🙂

  • Arni January 21, 2016 Reply

    Najla pinteeeeeer
    Ibunya juga hebat
    Belajar memang tak hanya disekolah ya sayang
    Bermain itu juga adalag belajar 🙂

  • febriyan January 21, 2016 Reply

    Wahh… tekniknya bagus juga mbak. Hehehe. Di rumah bukan berarti gak belajar yak.

  • Atanasia Rian January 21, 2016 Reply

    wah kreatif mamanya, asyekkkk najla jadi happy

    • dian.ismyama January 24, 2016 Reply

      iy mba..nek ora njaluk metu terus..jalan2 yuk Bunda..haha

  • Kang Zeer El-Watsiy January 21, 2016 Reply

    sukses eselalu buat dek najla ya…semoga menjadi anak yg pintar dan berguna ..aamiin 🙂

  • Omali September 30, 2016 Reply

    Keren nih bisa begini…semoga saya bisa nerapin juga dikit-dikit

Leave a Reply

error: Content is protected !!