Ruangmom Tempat Ibu Belajar Bersama Expert

Facebooktwitterredditmail

Ruangmom, apakah itu?

Belajar parenting

Masih ingat banget ketika pertama kali jadi ibu. ASI sempat seret, bayi tidak berhenti menyusu semalaman entah karena apa (ternyata sedang growth support), berat badan tidak naik selama hampir 2 bulan (setelah konsultasi dokter eh didiagnosa kena flek dan harus minum obat), dan sebagainya. Belum lagi masalah tantrum yang tidak wajar. Sampai akhirnya saya stres akibat tekanan sebagai ibu, di- bully tetangga, perubahan besar terhadap penilaian diri sendiri karena sudah tidak berkarir lagi.

Masalah belum usai ketika anak kedua hadir. Hamil dan melahirkan anak kedua di tengah kuliah S2 tentu menjadi tantangan tersendiri. Belajar pumping ASI agar bayi tetap bisa minum ASI selama saya tinggal kuliah. Bahkan bekas jahitan sc saya sempat terbuka dan bernanah karena saya terlalu lelah mengurus dua anak sekaligus mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Tak hanya perlu memikirkan anak kedua saja, anak pertama juga menyita perhatian. Ia sempat mogok masuk sekolah (TK) selama hampir 2 bulan. Alhamdulillah akhirnya mau masuk lagi dengan ditemani nenek dan adiknya. Tapi ternyata wali kelasnya berkata bahwa selama pembelajaran 1 tahun, ia tak ada perkembangan berarti dalam hal akademis dan lainnya.

Ibu mana yang tidak nyesek mendengar vonis seperti itu. Anak sulung divonis tidak berkembang hanya karena ia mogok berbicara dan mengerjakan tugas-tugas di TK nya. Padahal seharusnya guru menjadi orang yang memotivasi di sekolah.

Saat itu, saya berkeliling Jogja mencari bantuan psikolog untuk mencari tahu ada apa dengan anak saya, dan harus bagaimana sebagai orang tua. Terus terang, banyak kesalahan pengasuhan yang saya lakukan saat anak pertama masih kecil. Bukan karena saya sengaja, tapi karena ketidaktahuan.

Saya belajar secara otodidak lumayan lama. Itupun masih ada salah-salahnya karena bukan belajar dari ahlinya. Misalnya soal MPASI. Pada tahun 2012 seharusnya rekomendasi MPASI dari WHO sudah menu lengkap 4 bintang. Tapi saya justru memberikan MPASI anak pertama dengan menu buah di awal-awal bulan. Hiks. Sedih juga begitu tahu bahwa anak pertama tidak mendapatkan gizi lengkap di awal-awal MPASI nya. Ia mulai makan menu lengkap dengan protein di usia 8 bulan. Pantas saja beratnya seret. 

Meskipun sudah punya 3 anak, saya tidak berhenti belajar. Kali ini saya belajar dari para expert. Saya mengikuti workshop dari para psikolog, dokter anak, dan ahli lainnya yang sudah terbukti kompetensinya. 

Oleh karena itu, saya ingin memberikan pesan bagi para ibu baru atau yang sudah lama jadi ibu yaitu carilah informasi tentang anak dari para profesional agar tidak mengalami yang saya alami dulu. Begitu pula bila menemui mitos-mitos tentang kehamilan, persalinan, atau soal pengasuhan anak, lebih baik cari tahu langsung ke orang yang memang mendalaminya. 

Kalau mau kasih tahu ke kakek nenek juga lebih enak. Mereka biasanya lebih menerima bila informasi tersebut disampaikan oleh dokter, psikolog, dan ahli lainnya. Lalu dimana mencari para expert yang mau berbagi informasi untuk ibu? Tenang, sekarang sudah ada aplikasi Ruangmom.

Launching Ruangmom Expert, Sahabat Setia Mom Indonesia

Cara hitung Siklus haid

Sebelumnya saya memang sudah mengenal Ruangmom saat mengikuti kompetisi usaha. Tapi saya tidak menyangka bahwa aplikasi ibu dan anak ini memiliki fitur yang sangat lengkap, termasuk adanya kehadiran para expert.

Pada hari Selasa tanggal 19 April 2022, saya berkesempatan hadir ke acara Ruangmom Expert Launch di Twin House Cipete bersama dengan para Mom lainnya. 

Siapa sajakah para expert yang saya maksud?

Dokter kandungan di Jabodetabek

  1. Nadia Harsya CFP 
  2. dr. Amarylis Febrina Choirin Nisa Fathoni,Sp.OG, IBCLC 
  3. dr. Citra Amelinda, Sp.A, IBCLC, M.Kes
  4. Yasmine Edwina M.Psi

Dari gelar-gelar pada nama di atas, Mom pasti sudah tahu apa saja keahlian para expert tersebut. Yup, ada financial planner, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anak, dan psikolog. Semua keahlian yang dibutuhkan untuk memberikan edukasi dan konsultasi bagi para Mom ada di Ruangmom.

Saat acara launching, para Mom yang hadir mendapatkan kesempatan untuk bertanya dan konsultasi. Alhamdulillah banget kami mendapatkan kesempatan emas ini. Bisa tatap muka bareng para expert sekaligus mendapatkan ilmu dari mereka.

Agar Anak Lebih Fokus dan Tenang Saat Sekolah Online

Pertanyaan pertama diajukan kepada Psikolog Yasmine mengenai dampak yang dialami anak selama sekolah online. Mengapa kok ada anak yang susah fokus dan akhirnya tantrum? Psikolog Yasmine menjawab bahwa sebenarnya anak membutuhkan minimal 3 jam untuk bergerak. Makanya begitu semua online langsung berubah. Mungkin terlihat jadi kurang fokus dan sebagainya. 

Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan oleh Psikolog Yasmine adalah berikan anak kebutuhan untuk eksplorasi dan bergerak. Karena jika kebutuhan geraknya tidak terpenuhi, anak akan gerak-gerak terus ketika kelas online.

Dengan kata lain, energi anak sebaiknya disalurkan terlebih dahulu dengan kegiatan fisik. Diharapkan kalau sudah tersalurkan, maka ketika sekolah online, anak akan lebih fokus.

Selain itu, Psikolog Yasmine meminta agar ekspektasi orangtua dikelola karena kita sebagai orang dewasa saja bakal bosan saat harus mengikuti zoom lebih dari satu jam. Apalagi anak-anak. 

Dokter Citra sebagai spesialis anak menambahkan agar orangtua memastikan anak tetap mendapatkan vitamin D di pagi hari. Tujuannya agar anak lebih tenang.

Mengelola THR Agar Tidak Overbudget

Pertanyaan berikutnya ditujukan untuk Kak Nadia selaku certified financial planner. Pertanyaan yang ibu-ibu banget yaitu bagaimana cara mengelola uang THR agar tidak overbudget. 

Pertama perlu disadari bahwa menjelang lebaran, harga komoditi meningkat. Harga-harga ini tidak bisa Mom kontrol sehingga yang bisa dilakukan adalah mengendalikan ranah yang bisa Mom kontrol, yaitu dengan cara:

1. Buatlah list budgeting di awal

Mom perlu membuat list selama ramadan dan hari raya, termasuk adanya pengeluaran ekstra. Misal belanja takjil, sedekah, buka bersama, THR ART, dan sebagainya.

2. Setelah membuat list, buatlah maksimal pengeluarannya berapa rupiah

Dengan menuliskan berapa nomilanya, ketika budget sudah menipis, Mom bisa langsung rem. Diharapkan tidak sampai bablas.

3. Kalau memang bisa diselamatkan, pisahkan ke rekening

Mom bisa membuat dua rekening, yaitu rekening tabungan dan operasional. Dengan demikian, uang di rekening tabungan tidak akan digunakan untuk keperluan operasional. Kalau dicampur biasanya akan habis tak bersisa. Oleh karena itu, sebaiknya pisahlah rekening menjadi dua.

4. Menyadari bahwa hidup tidak akan berhenti di lebaran

Dengan demikian Mom bisa memastikan untuk tetap menyimpan dana yang bisa digunakan untuk kebutuhan sampai tiba waktu gajian selanjutnya.

Uang THR sebaiknya untuk apa saja? Kak Nadia menyampaikan bahwa uang THR bisa dikelola dengan baik dan bijak. Yang pertama tentu saja digunakan untuk membayar hutang, lalu membiayai pengeluaran hari raya. Bila masih ada sisa, Mom bisa menggunakannya untuk top up tujuan financial. Jangan kebalik ya, beli reksadana, padahal masih punya hutang. Duh!

Menerima Kehamilan yang Tidak Direncanakan

Dokter kandungan bagus di Jakarta

Pertanyaan ketiga ditujukan kepada dokter Nisa selaku dokter sepsialis kandungan. Bagaimana caranya menerima kehamilan yang sebenarnya tidak direncanakan? Dokter Nisa menjawab bahwa yang disebut kebobolan itu bila Mom atau suami sudah menggunakan KB tapi masih terjadi kehamilan. Sebaliknya, bila memang tidak KB ya namanya bukan kebobolan.

Cara menerimanya sudah tentu menyadari bahwa semuanya adalah rezeki dari Allah. Rezeki itu biasanya mengejar, bukan hanya dikejar. Dengan memahami bahwa ketetapan Allah pasti akan terjadi, maka Mom akan menjadi ikhlas.

Setelah itu Mom bisa melakukan reframing seperti kita tidak pernah tahu ke depannya, bisa jadi anak kita yang sedang dikandung adalah anak yang kelak paling sayang ke kita. Atau mungkin dia yang paling sukses saat dewasa nanti. Bisa juga anak tersebut yang membawa keberkahan ke dalam keluarga. Who knows?

Menarik dan informatif bukan jawaban-jawaban yang disampaikan oleh para expert? Makanya saya Amat merekomendasikan Ruangmom untuk para calon Mom dan seluruh Moms di Indonesia.

Benefit Keren di Aplikasi Ruangmom

Cek tumbuh kembang janin

Simak yuk, benefit apa saja yang bisa Mom dapatkan jika men- download aplikasi Ruangmom? 

  1. Fitur Kalender Masa Subur

Bagi Mom yang sedang ingin punya anak, atau program hamil, fitur ini sangat bermanfaat. Dengan menghitung siklus haid, masa subur dapat diketahui sehingga kemungkinan untuk hamil akan lebih besar.

  1. Tracking Tumbuh Kembang Janin

Nah, ketika Mom akhirnya hamil, bukan berarti berhenti belajar. Mom perlu mengetahui tumbuh kembang janin saat berada di dalam kandungan. Berapa berat ideal janin perminggu. Trimester 1 organ apa saja yang terbentuk. Lalu trimester 2 dan 3 tumbang apa saja yang terjadi pada janin. Semuanya perlu diketahui sehingga Mom bisa mengoptimalkan pertumbuhannya.

Termasuk dengan meminum vitamin yang diberikan oleh bidan/ dokter, dan menstimulasi Janin sejak dalam kandungan. Misalnya memutarkan murotal Al Qur-an, atau musik-musik klasik untuk menstimulasi pendengaran dan otaknya.

Selain bisa memonitor tumbang janin, fitur tracking ini dapat memprediksi hari kelahiran atau HPL ( Hari Perkiraan Lahir). Lengkap sekali.

  1. Kalkulator Biaya Melahirkan

Selama bayi tumbuh dan berkembang di dalam kandungan, Mom dan suami jangan lupa mulai menabung untuk biaya persalinan. Bukan sekedar memperkirakan biayanya, tapi benar-benar dihitung. Berapa budget -nya jika melahirkan per vaginam di bidan, atau di rumah sakit.

Berapa pula biaya yang dibutuhkan jika bayi harus dilahirkan secara sectio caesar? Karena beda cara persalinan, beda tenaga kesehatan yang menangani, bahkan beda fasilitas kesehatan juga akan membuat dana yang dibutuhkan berbeda.

  1. Kalkulator Dana Pendidikan

Tugas Mom sebagai orangtua belum selesai setelah bayi lahir. Mom harus memikirkan pendidikannya. Karena memberikan pendidikan adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. 

Mom dan suami bisa menghitung dana pendidikan yang dibutuhkan sejak anak masuk TK hingga kuliah. Rencana Mom terkait fasilitas pendidikan juga menentukan besaran biaya sekolah anak.

Menempuh pendidikan di sekolah negeri tentu berbeda biayanya jika di sekolah swasta, apalagi sekolah bertaraf internasional. Di Depok sendiri, sekolah swasta terbagi lagi menjadi SDIT, sekolah alam, sekolah montessori, sekolah bilingual, dan sebagainya.

Cara menghitung dana pendidikan di Ruangmom amat mudah, cukup masukkan tahun lahir si kecil lalu akan keluar informasi target dana yang harus disiapkan, target menabung, dan lama menabung.

  1. Kelas dari Para Expert

Nah, fitur ini yang paling saya sukai. Di dalam aplikasi Ruangmom terdapat webinar, dan kulwap yang bisa diikuti oleh Mom. Selain mendapatkan edukasi dan informasi, di kelas-kelas tersebut, Mom bisa ngobrol dan curhat dengan para expert. Ada 12 sesi khusus dalam sebulan yang bisa Mom ikuti lho. Wah, banyak sekali bukan.

Tidak hanya kelas berbayar, di dalam aplikasi Ruangmom ada kelas-kelas gratis khusus untuk semua member Ruangmom.

Siapa saja expert yang ada di Ruangmom? Terdapat dokter anak, dokter kandungan, psikolog dan certified financial planner. Keempat expert tersebut akan bersinergi untuk memberikan edukasi dan konsultasi secara holistik untuk para Moms.

  1. Tukar Poin dengan Diskon Partner atau Hadiah

Tidak hanya di marketplace Mom bisa menukar poin dan mendapatkan hadiah, di aplikasi Ruangmom ini Mom juga bisa mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan diskon patner atau hadiah. 

Ada tiga cara mudah untuk mengumpulkan poin yaitu dengan login setiap hari pada aplikasi, mengisi survey dan program referal atau mengajak mom lainnya untuk download Aplikasi Ruangmom. Menarik ya Mom.

  1. Artikel yang Ditulis oleh Para Expert

Artikel-artikel populer yang ada di Ruangmom ditulis oleh para expert sehingga tidak diragukan lagi keilmiahannya dan kebenarannya. 

Oh ya, di aplikasi Ruangmom, Mom bisa shopping layanan kesehatan dari rumah sakit-rumah sakit terkenal Jabodetabek dengan harga terjangkau sampai dengan 70% diskon.

Menurut Mbak Sastya Wardani selaku perwakilan tim dari Ruangmom, yang membedakan Ruangmom dengan aplikasi lain adalah dari segi finansial. Ada berbagai macam kalkulator yang sudah saya jelaskan di atas. Selain itu juga ada kerja sama dengan layanan kesehatan finansial, kesehatan mental, dan kesehatan fisik. Lengkaplah pokoknya.

Aplikasi untuk ibu baru

Cara download dan mendaftar aplikasi Ruangmom sangat mudah, yaitu cukup buka playstore, ketik Ruangmom, lalu install deh. Setelah ter- install, Mom bisa langsung registrasi/ sign up, dan siap mengeksplorasi fitur-fitur di Ruangmom.

Gimana Mom? Makin tertarik untuk bergabung di Ruangmom, kan? Meskipun saya sudah lama menjadi ibu, saya senang dengan keberadaan Ruangmom. Apalagi bagi ibu baru, tentu Ruangmom menjadi panduan yang sangat bermanfaat. Yuk, download aplikasinya sekarang dan rasakan benefit -nya.

Cara menghitung biaya persalinan

(Visited 157 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

14 thoughts on “Ruangmom Tempat Ibu Belajar Bersama Expert

  1. Rudi Soedjono Reply

    Jadi ingat pernah ngalamin hadapi si sulung yg tantrum waktu adiknya dah lahir. Serasa hopeless, makasih sharingnya, Mbak Dian.

  2. Ika Reply

    Buat yg anaknya udah besar2, Apakah bermanfaat juga aplikasi ruang mom ini?

    • Maria Tanjung Sari Reply

      Ada fitur kalender utk tahu masa subur nih keren menurut saya. Soalnya bisa digunakan bagi pasangan yang ingin punya momongan. Ruang Mom tahu banget kebutuhan kita ya mbak

  3. Dian Reply

    Asik banget ya aplikasi RuangMom ini
    Ibu ibu bisa belajar banyak hal dari para expert di bidangnya

  4. Chairina Reply

    Aplikasi ruangmom ini memang di desain sesuai banget dengan kebutuhan kita ya. Jadi gak repot lagi punya banyak aplikasi.

  5. Sarieffe Reply

    Aih senangnya bisa ikut launching Ruang mom sekaligus menerima banyak ilmu dari para expert. Aku sudah bergabung di ruang mom mba , Duh kapan ya ada meet up di luar Jabodetabek ,hehe

  6. Mei Daema Reply

    pastinya aplikasinya bermanfaat banget buat para mom dan calon mom ini mah ya Mba Dian, penasaran pengen instal aplikasinya

  7. Alfimanzila Reply

    Wah yang bergabung harus jadi ibu ibu dulu kah? Atau anak muda bisa bergabung? Lumayan dong bisa digunakan semua kalangan terutama financial planner, dan kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.