Pilihan Smartphone Terbaik Untuk Rekam Video, OPPO Reno6

Facebooktwitterredditmail

Pilihan Smartphone Terbaik Untuk Rekam Video

“No matter what you do, your job is to tell your story” – Gary Vaynerchuck-

Hayo, siapa sahabat ismi yang enggak punya media sosial? Rasanya nyaris enggak mungkin ya di zaman sekarang ada generasi muda yang enggak main medsos. Kalaupun ada, mungkin ia sibuk mem- branding diri di dunia nyata.

Seperti kata Gary Vaynerchuck, enggak peduli apapun yang dilakukan, tugas kita adalah menceritakan kisah kita. Hmm, memangnya ada yang mau baca kisah kita? Atau ada yang kepo ingin tahu perjalanan hidup kita?

Ada dong! Di luar sana, banyak orang yang lebih penasaran dengan dunia seperti apa yang kita jalani, dibanding apa yang sedang kita kerjakan. Makanya, story telling menjadi jurus jitu agar orang-orang mau mengenal kita lebih jauh.

Coba kita lihat faktanya. Berdasarkan data dari Hootsuite Januari 2021, orang-orang menghabiskan waktu sebanyak 8 jam 52 menit untuk menggunakan internet. Jauh berbeda dengan waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi, yaitu hanya 2 jam 50 menit.

Data penggunaan Internet 2021

Bagaimana dengan penggunaan media sosial? Ternyata cukup lama yaitu 3 jam 14 menit. Bila dibandingkan dengan waktu yang dihabiskan untuk bermain game hanya 1 jam 16 menit saja. Bisa dilihat bahwa orang-orang lebih lama membuka laman media sosial dibanding ngegame.

Lalu apa yang biasanya dilakukan saat membuka media sosial? Menjadi konsumen yang scrolling Facebook dan Instagram untuk mencari tahu kehidupan orang lain? Atau sebaliknya, menjadi content creator yang bisa meng- influence pengikut dan teman-teman di media sosial?

Cara membuat bokeh pada video
Seorang koki atau food content creator sedang merekam video memasak

Apapun itu, keduanya tidak ada yang salah dan benar. Keduanya boleh saja dilakukan. Yang jelas, jika menjadi content creator, jadilah seseorang yang bisa menjadi panutan. Baik teladan dari hal-hal simpel seperti kebugaran dengan membuat konten olahraga, dan masakan sehat.

Aku yakin banyak sahabat ismi yang enggak mau repot bikin konten. Apa yang sedang dipikirkan, atau sedang dilakukan, ya langsung diunggah saja di media sosial. Toh media sosial digunakan untuk berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya, bukan digunakan untuk personal branding atau bekerja.

Sah-sah saja, dan enggak papa banget. Kayak sekarang yang lagi hits ada fitur Reels di Instagram. Reels adalah fitur video pendek yang memungkinkan semua orang untuk mengunggah video tanpa harus banyak effort.

Reels Instagram adalah
Salah satu contoh video reels yang saya buat. Video lengkap bisa ditonton di @dian_ismyama

Cukup buat video 15-30 detik, edit dengan menambahkan musik atau tulisan di Reels, lalu unggah di Instagram. Mudah dan praktis.

Tren video pendek populer semenjak hadirnya Tiktok. Kini, platform lainnya seperti Youtube dan Instagram mulai mengikutinya.

Tips Video Kece Untuk Shorts beta dan Reels

Aku sebagai youtuber mengunggah Shorts beta video yang ternyata lebih banyak views -nya dibanding video berdurasi panjang. Insight untuk Reels juga sangat memuaskan. Reach ribuan bisa tercapai hanya dalam waktu kurang dari 24 jam. Tak dipungkiri, video pendek menjadi primadona generasi sekarang.

Digital marketing media sosial
Bukti bahwa video pendek lebih dicari dan digemari

Kali ini aku mau berbagi tips kepada sahabat ismi agar video pendek yang dibuat bisa kece sehingga disukai oleh banyak orang.

1. Optimalkan 5 Detik Pertama

Saat menulis artikel atau novel, 100 kata pertama sangat penting. Sama halnya dengan membuat video pendek, 5 detik pertama amat krusial.

Oleh karena itu, rekam adegan yang membuat orang lain penasaran. Sahabat ismi bisa memainkan speed video, atau menambah ornamen yang membuat penonton langsung jatuh cinta sejak detik pertama.

2. Sudut Pengambilan Video Anti Mainstream

Konten adalah yang utama, tapi angle atau sudut pengambilan video yang anti mainstream juga bisa membuat video pendek sahabat ismi berbeda dari yang lain.

Coba hitung, ada berapa banyak video pemandangan atau video makanan yang diunggah di Reels atau Shorts beta Youtube? Jumlahnya tak terhitung. Kalau sudut pengambilan video sahabat ismi biasa-biasa saja, maka video pendek tersebut harus bersaing dengan banyak video serupa.

Untuk mendapatkan angle yang berbeda, sahabat ismi bisa mengamati konten video dengan angle anti mainstream. Tiru saja dulu, sambil dimodifikasi. Dengan latihan, lama-lama sahabat ismi akan mempunyai insting sendiri terkait sudut pengambilan video.

3. Lengkapi dengan Musik yang Dramatis

Bila meng- upload Shorts beta video, musik dapat dimasukkan menggunakan aplikasi lain. Tapi di Reels atau Tiktok, musik dapat langsung ditambahkan dari aplikasi tersebut. Pilihlah musik yang tak hanya sesuai dengan isi video, tapi juga memberikan efek dramatis pada konten.

4. Edit agar Video Makin Menarik

Editing yang dapat dilakukan agar video makin menarik antara lain menambahkan tulisan atau quote-quote, menambahkan stiker atau gambar, dan menambahkan suara. Untuk editing di aplikasi dan media sosial tertentu, sahabat ismi bisa menambahkan transisi, bingkai, adjust warna, dan sebagainya.

Bahkan di Tiktok terdapat berbagai fitur untuk mempercantik dan memperkaya isi konten. Misalnya saja fitur effects, filter dan beautfy. Dengan fitur tersebut, sahabat ismi dapat mengganti background, atau berubah jadi kartun.

5. Rekam Video dengan Smartphone Handal

Bagaimana bila ada smartphone yang fitur kamera dan videonya mampu menerjemahkan emosi manusia sehingga lebih mudah dipahami? Bukankah menarik? Tanpa terlalu banyak editing, video yang direkam dapat menyampaikan apa yang dimaksud oleh creator -nya.

Teknologi pendeteksi emosi dengan AI (Artificial Intelligence) dapat membaca keadaan emosi dengan menafsirkan ekspresi mikro di wajah, nada suara, dan cara berjalan.

Smartphone apakah yang kini menggunakan teknologi tersebut? Yuk, kenalan dengan OPPO Reno6, perangkat terbaru dari brand smartphone internasional, OPPO.

Pilihan Smartphone Terbaik Untuk Rekam Video OPPO Reno6

Kamera pada OPPO Reno6 mampu mengabadikan berbagai emosi manusia dalam bentuk rekaman video portrait. Dari hasil rekaman tersebut, OPPO Reno6 akan menampilkan penjelasan terkait emosi atau ekspresi yang ditunjukkan obyek. Keren ya!

Fitur OPPO Reno6 Untuk Mengoptimalkan Perekaman Video

1. Bokeh Flare Portrait Video

Tak hanya itu, OPPO Reno6 juga dapat memberikan efek bokeh pada video. Fitur kamera ini sebelumnya sudah diperkenalkan pada OPPO Reno4 Series (disebut sebagai Night Flare Portrait). Dan sekarang telah dikembangkan sehingga dapat bekerja pada mode video.

Kelebihan OPPO Reno6

Dengan adanya fitur Bokeh Flare Portrait Video, sahabat ismi dapat membuat video dengan efek bokeh seperti mirrorless. Algoritma pada OPPO Reno6 telah ditingkatkan untuk memaksimalkan pencahayaan dan warna dalam pemrosesan video secara otomatis.

Proses perekaman video juga dapat mengambil gambar pada 300/s untuk menghasilkan efek bokeh yang real-time. Wah, enggak hanya foto yang ada efek bokehnya, tapi video juga.

2. AI Highlight Video

Fitur unggulan lainnya yang dimiliki OPPO Reno6 adalah AI Highlight Video. Fitur ini mengkombinasikan Night Mode + HDR Live sehingga sahabat ismi dapat merekam video di kondisi gelap dengan hasil yang cerah dan komposisi warna yang lebih optimal.

Seperti namanya, fitur AI Highlight Video dibantu oleh algoritma kecerdasan buatan untuk menstabilkan cahaya dalam pemrosesan video. Kebayang betapa mudahnya pembuatan video dengan OPPO Reno6. Sahabat ismi enggak perlu susah-susah adjust warna ke aplikasi editing, karena kamera pada OPPO Reno6 melakukannya secara otomatis.

3. Portrait Beautification Video

Selain itu, OPPO Reno6 juga didukung oleh dua algoritma baru yaitu 373 titik pengenalan wajah untuk menghasilkan algoritma percantik yang lebih halus, alami, dan akurat, serta Eye Brightening Algorithm yang akan mendeteksi mata dan memberi kilauan untuk memberikan karakter dan kesan yang lebih tajam pada bagian tersebut.

Sahabat ismi enggak memerlukan effects dan beautfy lagi ketika merekam video. Sungguh, OPPO Reno6 memahami kebutuhan creator video.

Fitur Video Lainnya

Fitur video lainnya pada OPPO Reno6 antara lain Dual-View Video, AI Color Portrait, 960fps AI Slow Motion, AI Mixed Portrait, dan Ultra Steady Video.

Bagaimana menurut sahabat ismi? OPPO Reno6 pantas disebut sebagai pilihan smartphone terbaik untuk rekam video kah? Kalau menurutku sih iya.

Pilihan Smartphone Terbaik Untuk Rekam tiktok

Untuk kameranya sendiri, OPPO Reno6 mempunyai fitur editing ekslusif yang bernama AI Palettes. Fitur ini meningkatkan warna pada hasil foto dengan cara mengambil ‘palet warna’ dari gambar lain, untuk kemudian dipasangkan ke foto tersebut.

AI Palettes dilengkapi Face Protection, yang menjaga objek wajah manusia agar tidak terpengaruh perubahan. Jarang banget lho ada fitur editing sedetail ini karena biasanya wajah orang juga ikut berubah warnanya.

Masih banyak fitur lain pada OPPO Reno6 yang bermanfaat untuk foto yaitu AI Color Portrait, Flash Snapshot (ICE/Image Clear Engine), Ultra Clear 108MP Image, Night Photo, dan AI Scene Enhancement.

Keunggulan Lain OPPO Reno6

Selain berbagai fitur yang mendukung perekaman video dan pengambilan foto di atas, OPPO Reno6 juga memiliki performa unggul di bagian lain, misalnya:

1. Desain yang Trendy

Pilihan Smartphone Terbaik Untuk Rekam Video youtube

OPPO Reno6 hadir dalam 2 varian warna yaitu Aurora dan Stellar Black. Warna dari bingkai kamera sama dengan warna desain bodi sehingga terlihat menyatu dan lebih menarik. Desainnya juga terlihat dan terasa seperti model smartphone flagship.

Perbedaan OPPO Reno5 dan OPPO Reno6

Tak hanya itu, desain OPPO Reno6 juga fingerprint-proof atau sangat tahan terhadap sidik jari (tidak meninggalkan bekas setelah dipegang) karena adanya lapisan Reno Glow yang mengandung 5 Layer Diamond Spectrum. Enggak ada lagi bekas sidik jari pada bodi smartphone. Yeay!

2. Spesifikasi Terbaik

Performa OPPO Reno6 didukung oleh hardware yang powerful seperti 8GB RAM + 128GB ROM (dengan RAM yang dapat diekspansi via O-Swap hingga 13GB), 50W Flash Charge pada baterai sebesar 4.310mAh, 90Hz Refresh Rate screen, dan Dolby Atmos speaker.

Pada OPPO Reno6 juga terdapat teknologi AI Frame Adjustment untuk menjaga kestabilan frame rate saat ponsel panas atau mengalami gangguan sinyal. Fitur performance boost yang disebut sebagai Hyperboost 4.0 ini memastikan sahabat ismi tidak akan mengalami frame drop secara drastis (hingga mengganggu pengoperasian).

Sahabat ismi yang menggemari game bisa bernapas lega karena OPPO Reno6 juga berinovasi pada fitur gaming. Gaming Shortcut Mode memungkinkan sahabat ismi menjalankan game yang sering dimainkan secara instan tanpa harus menunggu loading screen.

Selain itu, Bullet Screen Message memungkinkan sahabat ismi untuk melihat notifikasi dari aplikasi instant messaging saat in-game tanpa harus beralih aplikasi.

Kalau sahabat ismi tidak ingin diganggu sama sekali saat bermain game, aktifkan saja Game Focus Mode, fitur yang menahan operasi aplikasi lain sehingga proses bermain tidak akan terhalangi.

Harga OPPO Reno6

OPPO Reno6 merupakan smartphone portrait expert terbaru dengan keunggulan pada inovasi ragam fitur kamera. Berbagai inovasi tersebut menjadikan OPPO Reno6 sebagai pilihan smartphone terbaik untuk rekam video.

Bukan hanya content creator saja yang membutuhkannya, tapi juga sahabat ismi yang senang membuat video pendek maupun video panjang. Kalau sahabat ismi tertarik, bisa ikutan pre order -nya di Shopee.

(Visited 339 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

73 thoughts on “Pilihan Smartphone Terbaik Untuk Rekam Video, OPPO Reno6

  1. Fakhruddin Reply

    Oppo emang gila sih kalau urusan sama inovasi kameranya. Penggunanya selalu dimanjakan hasil foto yg profesional tapi harus menguasai teknik fotografi yg rumit.

    • Okti Li Reply

      Betul selain menggunakan tips tersebut yang diuraikan , bikin video keren itu sebaiknya ditunjang oleh gadget yang berkualitas juga. Smartphone Oppo Reno ini salah satu yang bisa diandalkan nih

  2. Yudichu Reply

    Konten kreator dimanjakan banget ya sama Oppo ini. Fitur kamera , video, editing ini oke loh, sangat membantu bikin konten ciamik!

  3. tukang jalan jajan Reply

    kebetulan nih lagi fokus bikin video di youtube, pasti hasilnya bakalan mumpuni banget, jadi pengen cobain dong akunya. Apalagi spesifikasinya wow banget!

  4. Nurul Fitri Fatkhani Reply

    Setujuu Mbak, untuk merekam video atau mengambil gambar, OPPO Reno6 memang bisa diandalkan. Perangkat kameranya lengkap untuk menghasilkan konten yang kece!

  5. Unggulcenter Reply

    Iih makin canggih ya Oppo Reno sudah sampe 6 aja. Ini fiturny juga makin canggih euy. Inovasi terus krn Oppo stauku leadernya hp di bnyk negara trmsk indonesia

  6. Fandhy Achmad Romadhon Reply

    yah masih pre-order ya,
    dengan spesifikasi dan fitur2 unggulan di reno6 bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin terus rutin membuat konten sekaligus gamer juga, apalagi dengan ram 8gb itu akan memudahkan banyak hal bisa dilakukan dengan reno6

    • artha Reply

      wkwkw iya sama. terus nonton tv malah gak pernah kalo di rumah saya. makanya butuh hp yg kuat dipake internetan lama ya. speknya kudu oke kayak smartphone yg satu ini

  7. Retno Kusuma Wardani Reply

    fitur fitur baik yang ada di kamera maupun videonya lengkap banget ya, influencer kudu punya yang beginian biar konten kontennya enggak ketinggalan sama yang lain…

  8. Miftah Reply

    ini emang bikin video pendek itu emang lagi penting banget sebagai konten kreator. Terus dengan spesifikasi Oppo kayaknya bikin konten kreator asik banget buat edit-edit gituan yal.

  9. Nova Violita Reply

    Instagram…udah pake rwwls..kayak tiktok.
    Iya sih kita kudu bis optimalin denga durasi cuma 15 detik..
    Kebantu banget sama smartphone andal…

  10. cindyvania Reply

    jadi 5 detik pertama ini criticalnya video yaa.. bisa diambil dari tengah video kan ya? edit2nya gitu mbak?
    saya nggak pinter nih ambil video, pengen belajar pakai OPPO Reno 6 deh biar kualitasnya kece

  11. Mechta Reply

    Terima kasih tips2 pembuatan videonya ya mba.. saya juga lagi kesengsem dengan Reels nih, hehe.. Dan tentu saja kesengsem dg Oppo yg ini..ahaay..andaikaaan…

  12. Gina Reply

    keren banget nih smartphonenya. Tertarik dengan fitur-fitur yang diberikan, apalagi yang paling menarik adalah kualitas kamera depan dan belakangnya

  13. Sri Widiyastuti Reply

    wah ternyata gitu ya bikin reels, kita buat video pendeknya dulu ya, terus baru diedit di reels, sebelumnya aku gak ngerti gimana cara bikinnya. makasih mbak, jadi tahu deh cara menggunakan reels dengan smarphone. kalau pake oppo lebih bagus lagi ya, emang canggih oppo mah

  14. Yoanna Fayza Reply

    Kalau urusan kamera, dari dulu OPPO selalu menangan yaa, hasil kameranya cakeep. Jadi pingin punya OPPO Reno 6 juga deh 🙂

  15. indah savitri Reply

    sekarang memang kita sangat mengandalkan hape ya mba… semuanya dari situ, termasuk untuk membuat konten yang kreatif dan membantu ya mbaa

  16. Sri Al Hidayati Reply

    Belum cobain fitur Reels nih di IG Mba, pengen juga merambah disana. Wah ternyata udah ada keluaran terbaru yang Reno 6 ya. Mantap memang OPPO nih.

  17. Ida Tahmidah Reply

    Duh aku jadi mupeng baca-baa tentang OPPO Reno 6 ini…keren ya, asyik banget kalau bisa punya ini… Semoga ada takdirnya bisa ganti hape secepatnya …hehe….

  18. Yuni Reply

    Wow keren mbak…Oppo ini memang produktif banget, sering menciptakan terobosan baru disetiap produknya. Baru saja beli Oppo Reno 4 eee…sekarang sudah ada Oppo Reno 6. Duuh mupeng deh. Apalagi performanya lebih lengkap dan canggih. Dan salah satu amunisi blogger adalah henpon yang multifungsi, bisa untuk berbagai pekerjaan. Semuanya sudah ada di Oppo Reno 6 ini.

  19. Ria Nugros Reply

    Noted mba tips videonya kebetulan lagi belajar tentang video. Btw oppo Reno ini keren banget yaaa, hasil jepretannya kece. Harus nabung nih pengen punyaa

  20. lendyagassi Reply

    anggih banget OPPO Reno6 ini yaa..
    Aku suka designnya yang catchy. Lalu spek unggulan, selalu ada di video dan foto.
    OPPO Reno6 juaranya.

  21. Rudi G. Aswan Reply

    Dengan algoritma yang cerdas, kamera OPPO Reno6 bakal bisa mengekspresikan emosi pengguna ya Mbak. Keren banget bisa dipakai bokeh dengan alami.

    • Lita Reply

      terbukti banget aih oppo bikin gambar jernih dan terang. apalagi yg tipe terbaru ini. nggak kebayang hasil videonya pasti epic dan apik

  22. Dawiah Reply

    Memanfaatkan reels instagram memberi kesenangan tersendiri ya mba, apalagi pemilihan lagunya banyak. Pasti lebih bagus lagi kalau menggunakan gawai yang bagus seperti OPPO Reno 6, video dan gambarnya makin keren.

  23. Yanti Ani Reply

    Oppo memang keren sih, aku awal tahun baru beli Reno 5 sekarang sudah 6. Duh duh gimana gitu perasaannya. Tapi buat konten kreator cocok banget.

    • Ria Nugros Reply

      Keren banget ya Oppo reno6 ini, cocok banget buat content creator yang suka ambil gambar via smartphone. Saya juga termasuk lebih suka pakai smartphone kalau motret, karena lebih praktis

    • Nengsi Reply

      Makin lama teknologi kian canggih ya kak. Begitu juga smartphone. Kalau nggak mikir smartphone aku saat ini udah cukup memadai, mungkin aku bakal merengek buat bisa dapetin OPPO Reno 6 ini ke suami. Hehe

  24. Hendra Suhendra Reply

    Mungkin orang-orang udah pada jenuh dengan yang durasi panjang kali ya, hahahaha…

    Perpaduan antara kualitas kamera, sudut pengambilan video dan opening yang cetar, bakalan bisa bikin kualitas video semakin oke ditonton ya. Apalagi kalo ngambil gambarnya pake OPPO Reno6, pasti makin tambah tokcer deh.

  25. Kang Yusuf Reply

    Hp Oppo Reno6 mah emang the best kak. Cocok banget buat vlogger dan jadi editing on smartphone. Keren dan harga terjangkau. Mantap sudah

  26. Artha Nugraha Jonar Reply

    Ya sekarang banyak yang dilakukan di HP ya. Seru juga sih bisa bikin konten-konten yang bagus dengan HP.

  27. Jihan Reply

    Salah satu wishlist di 2021 nihh, Oppo emang cocok bangett buat digital content creator. Aku naksir juga sama modelnya huhu. mudah2an bisa kebeli di tahun ini atau tahun depan deh gapapa

  28. Wahyu Eko C Reply

    hapenya bikin mupeng, pengen ngemilikin deh hehehe, btw saya suka banget tips bikin reelsnya..

  29. iidYanie Reply

    Keren banget fitur edit video yang ada di OPPO Reno ini ya, biasanya klo video kan pake aplikasi tambahan biar hasilnya oke, pas banget nih buat para konten kreator dalam berkarya bikin video makin ciamik

  30. Dian Reply

    uda lah, klo ngomongin smartphone andalan buat bikin foto dan video, jawabannya ya pasti oppo Reno6 ini ya mbak

  31. antung apriana Reply

    kemarin nyoba bikin satu video reel dan masih belum sesuai ekspektasiku sih, mbak. maklum aku kurang eksplor juga kalau soal ig ini. benar-benar perlu effort ya sekarang kalau mau bikin konten di IG jadinya

  32. Lidya Reply

    Keren juga ya OPPO Reno6 ada fitur bokeh flare potrait video jadi bisa menghasilkan video bokeh ya ga cuma untuk pengambilan gambar aja. Memang kamera Oppo ini makin canggih fiturnya dri waktu ke waktu

  33. nyi Penengah Dewanti Reply

    Idaman semua orang nih Oppo, soalnya apa semua dia ada dalam spesifikasi nya. Semoga ada rejeki bisa memiliki. Ngonten jadi semangat kalo senjatanya mumpuni gini ya kak

  34. diane Reply

    Pas lagi cari-cari referensi HP eh ada si Reno6 lewat..kan aku jadi pengen hehe… Apalagi dia memang support untuk konten kreator.. jadi makin tergoda deh aku..

  35. Fenni Bungsu Reply

    Bikin video atau konten foto dengan smartphone kece ini gak nolak daku, malah tambah semangat karena fiturnya itu memang cocok untuk mendukung pembuatan konten ya

  36. Nengsi Reply

    Makin lama teknologi kian canggih ya kak. Begitu juga smartphone. Kalau nggak mikir smartphone aku saat ini udah cukup memadai, mungkin aku bakal merengek buat bisa dapetin OPPO Reno 6 ini ke suami. Hehe

  37. Alfa Kurnia Reply

    Fitur Game Focus Mode di Oppo Reno6 sepertinya bakal bermanfaat untuk anak saya. Selama ini kalau main game di hape saya dia suka kesal karena terganggu dengan notifikasi whatsapp atau email. Apalagi kameranya juga keren banget ya.

  38. Damar Aisyah Reply

    OPPO Reno 6 pastinya kece banget buat rekam video. Lha wong seri di bawahnya aja udah kece badai, apalagi seri yang terbaru ini. Saya pakai OPPO juga sejak 5 tahun yang lalu. Selalu puas karena kameranya keren dan mudah gunakan.

  39. Farida Pane Reply

    Mantap nih tips bikin reelsnya. Apa lagi kalau honya kece kayak oppo reno6 ini, ya. Aku belum pernah bikin. Ntar aku praktikin, deh.

  40. Andiyani Achmad Reply

    Mak, aku masih pakai OPPO Reno 4 Pro dan itu udah bagus banget buat bikin video konten, bersih dan halus pisan, ah jadi penasaran sama OPPO Reno6 pasti jauh lebih keren lagi deh hasilnya

  41. nurulrahma Reply

    Takjub banget akutuuu sama brand Oppo.
    Terobosan dan inovasinya super duper mantuulll
    AKu juga mupeng punya Oppo Reno6 ini mba, satu aja ngga usah banyak2 😀

  42. Mia Yunita Reply

    Kalo aku jarang bikin vodeo. Tapi akan kurekomendasikan nih oppo renountuk teman-temanku yg hobinya bikin video, atau memang seorang kreator kontem, karena tentu karya mereka memerlukan kamera yg oke apalagi kamera pd smartphone supaya lebih praktis..

  43. Era Sapamama Reply

    Tipsnya mantab, Oppo Reno6 nya juga mantab. Kalau skill udah mumpuni, alatnya mendukung, kontennya juga pasti makin ciamik ya.

  44. Susindra Reply

    Sering dengar OPPO Reno 6 ini, bagus banget kameranya. Suami juga sempat merekomendasikan karena saya sedang butuh ponsel baru.

  45. Rani R Tyas Reply

    Aku tuh masih penasaran cara membuat short beta Youtube. Secara anak-anakku suka banget nontonin short beta YT dibanding YT nya sendiri. Tapi aku udah jiper duluan sebelum bikin video, wkwkk.

  46. Keke Naima Reply

    Sekarang semakin banyak konten video yang bagus. Dengan smartphone yang cakep juga jadi mendukung bikin konten. OPPO memang termasuk yang juara kualitasnya

  47. lendyagassi Reply

    Penting banget membuat video dengan pandangan pertama yang mengesankan yaa…sehingga orang betah dengan waktu retensi yang bagus.
    Dan dengan OPPO Reno6 ini, jadi memungkinkan memperoleh hasil terbaik untuk konten yang dibuat.
    Cakeepp~

  48. Liswanti Reply

    Kalau soal foto dan video, OPPO reno ini memang pilihan banget. Soalnya aku pakai juga Oppo Reno cuman beda seri. Dan Reno 6 pasti lebih kece ya.

  49. Lidya Reply

    Main games aku gak pernah, nonton film ya tergantung waktu luang. Tapi unt sosmed sepertinay tiap hari ga terlewatkan ya. Selain cari inspirasi juga lihat-lihat postingan orang lain seru juga sih. Nah buat bikin konten butuh smartphone yang punay fitur kamera bagus laya Oppo Reno6 ini apalagi ada bokeh flare portrait videonya

  50. Dian Reply

    OPPO Reno6 ini emang smartphone idaman para konten kreator ya mbak
    Dengan OPPO Reno6 ini, bikin konten foto dan video makin ciamik
    banyak banget fitur kameranya

  51. Milda Ini Reply

    Sejak keluar nama Reno, udah naksir sejak lama. Tapi belum juga kesampaian buat beli. semoga job blog banyak deh dengan fee gede, jadi bisa saving buat beli hp baru, aamiin

  52. Damar Aisyah Reply

    OPPO Reno6 sangat handal untuk content creator. Apalagi Emak Content Creator, butuh banget HP yang mudah diperasikan, kamera oke, video clea dan tahan banting untuk menghasilkan konten yang “menjual”

  53. Cindy Vania Reply

    Ponakanku ada yang pengen banget beli Oppo Reno 6 karena dia bilang kameranya bagus untuk video, ternyata bener ya.. ponakan pengen bikin konten gaming gitu, makanya nyari yg bagus gini

  54. Dawiah Reply

    Pasti deh Oppo Reno6 ini jadi impian para conten creator terutama buat yg suka posting video. Eh, tapi foto-foto cakep saja juga kayaknya butuh Oppo Reno6 deh.

  55. Yurmawita Reply

    Oppo emang kece nih foto dan videonya, betul nih jadi konten kreator mesti bisa memanfaatkan smartphone dengan baik

  56. Nia Haryanto Reply

    Wah OPPO Reno, ada yang baru lagi ya. Pastinya nih selalu bikin mupeng. Soalnya OPPO ini pasti kameranya selalu menggoda. Buat para konten kreator dan penyuka selfie atau yang gemar bikin video, rekomended ya brand OPPO ini. Semoga punya rezekinya deh buat ganti hape lama dengan OPPO REno ini.
    *Aamiin paling serius*
    😀

  57. Naqiyyah Syam Reply

    sejak lama suka banget dengan OPPO tampilannya menarik hati dan bikin mupeng bisa berkarya dengan OPPO, baca ini makin mupeng deh

  58. Rahmah Reply

    Salah satu impian punya gawai merk satu ini
    Soalnya mama punya dan memang bagus kualitasnya
    Hanya saja bujetnya aku masih kumpulin dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published.