Oleh-oleh Khas Belitung, Nomor 5 Paling Enak

Facebooktwitterredditmail

Oleh-oleh khas Belitung yang wajib dibeli. Assalamualaikum sahabat ismi, ketemu lagi di kategori traveling /wisata nih. Sebenarnya masih banyak ide tulisan yang belum dieksekusi. Mulai dari beberapa lokasi wisata di Turki, sampai tujuan wisata di Karanganyar, Jawa Tengah. Saya berusaha banget mencicil satu per satu.

Oke, hari ini saya bakal kasih rekomendasi oleh-oleh yang bisa teman-teman beli di Belitung. Ada apa saja ya?

Oleh-oleh Murah Khas Belitung

1. Kopi Belitong

Kopi Belitong

Belitung memang dikenal sebagai negeri seribu kopi. Alasannya karena terdapat banyak warung kopi. Zaman dulu, kalau sahabat ismi baca novelnya Andrea Hirata, warung kopi menjadi tempat silaturahmi, bertukar pikiran, antar warga. Ya, tempat nongkrong gitu.

Saya sudah mencoba Kopi Kong Djie dan masyaallah rasanya enak sekali. Satu gelas minuman yang berhasil membuat saya mabuk kepayang. Pingin lagi dan lagi. Oleh karena itu, ketika saya dan rombongan Kemenhub mampir di pusat oleh-oleh, ada banyak pilihan kopi bubuk.

Mulai dari kopi Kong Djie, hingga merek lain yang sama-sama merupakan Kopi Belitong. Apapun mereknya, saya rasa semuanya sama-sama enak. Untuk merek Kong Djie sendiri, 200 gram kopi bubuknya dihargai 35.000 rupiah.

2. Cokelat Bubuk

Oleh-oleh Khas Belitung murah

Selain kopi, Kong Djie juga meluncurkan varian cokelat bubuk. Harganya terbilang murah. Hanya 35.000 rupiah saja per 200 gramnya. Saya membeli cokelat bubuk Kong Djie dan ketika saya sedih di rumah, hmm, rasanya sungguh nyokelat banget!

Cokelat bubuk ini selain diseduh langsung dengan air, bisa juga dicampur kopi, atau susu. Selain itu, boleh banget dicampur dengan bahan lain sehingga menjadi kue, roti, bahkan puding. Pokoknya bisa digunakan sebagai bahan baku makanan atau minuman berasa dan beraroma cokelat.

3. Sirup Jeruk Kunci

Siapa yang suka minum air jeruk tapi malas memeras? Aku banget nih. Untungnya, Belitung punya minuman khas yaitu jeruk kunci. Minuman ini sangat segar. Nyaris tidak kecut sama sekali. Jeruk kunci untuk oleh-oleh dikemas dalam bentuk sirup.

Oleh-oleh Khas Belitung jeruk kunci

Kemasannya ada yang botol plastik kecil, sampai botol kaca besar. Cara minumnya juga mudah. Tinggal diseduh dengan air hangat atau dingin. Kalau mau lebih segar, bisa ditambah es batu. Enggak perlu ditambah gula lagi, karena sirupnya sudah mengandung gula.

4. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung

Sambal lingkung adalah istilah Sumatera untuk abon ikan. Abon ikan yang saya temui di toko oleh-oleh di Belitung rata-rata berasal dari ikan tenggiri. Sebagai informasi, tekstur abon ikan itu biasanya lebih halus dibanding abon sapi atau ayam. Mirip bubuk ikan gitu.

Rasanya tentu gurih. Enak disantap bersama nasi hangat dan lauk pauk. Di rumah saya jadikan stok untuk sarapan, atau ketika anak-anak rewel tidak mau masakan rumah. Hehe.

5. Kepiting Isi/ Ketam Isi

Ingin makan kepiting tapi maunya kepiting yang dagingnya banyak? Pas banget, sahabat ismi harus cobain kepiting isi/ketam isi khas Belitung. Makanan ini kadang disebut juga sebagai rajungan isi.

Jadi, kepiting isi ini diolah dengan cara memisahkan daging kepiting dari cangkangnya. Kemudian daging tersebut dicampur dengan berbagai bahan dan bumbu hingga menjadi adonan.

Kemudian, adonan tadi dimasukkan kembali ke cangkang kepiting. Lalu direbus hingga matang. Selain direbus, kepiting isi bisa digoreng sehingga dapat disantap selagi hangat.

Saya menyebutnya sebagai makanan surga karena sangat enak! Kalau ke Belitung, sahabat ismi harus mencobanya, dan membawanya sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

Kepiting Isi Belitung
Foto dari adena kepiting isi

Oh ya, saat saya googling mencari foto kepiting isi, ternyata banyak yang jual lho di marketplace. Bisa dicoba nih bagi yang kangen dengan kepiting isi, tanpa harus pergi ke Belitung lagi.

6. Terasi Belitong

Belitung berbentuk kepulauan yang dekat dengan laut. Maka tak heran jika terasinya enak dan segar. Kalau terasi dari Cirebon cenderung berwarna kehitaman, terasi Belitung justru berwarna cokelat kemerahan. Aroma dan rasanya juga lebih menusuk.

Sebagai informasi, terasi Belitung ini berasal dari udang yang segar. Daerah yang terkenal menghasilkan terasi khas Belitung salah satunya adalah daerah Sijuk.

Yang menarik, terasi Belitung menggunakan kemasan anyaman bambu sehingga terkesan lebih tradisional. Terasi ini dijual dalam berbagai ukuran. Mulai dari yang kecil, sampai kiloan. Selain itu, sahabat ismi bisa memilih terasi mentah atau terasi matang yang sudah dipanggang.

7. Kerupuk Ikan/ Getas

Sama seperti di Palembang dan Bangka, kerupuk ikan/ getas juga jamak ditemui di Belitung. Kerupuk ikan ini terbuat dari daging ikan tenggiri. Rasanya gurih dan lezat. Cocok dimakan bersama nasi dan lauk pauk.

8. Kerupuk Cumi/ Kericu

Selain kerupuk ikan, Belitung juga punya kerupuk cumi (kericu) yang terkenal. Bentuknya lonjong panjang kecil-kecil. Rasanya gurih, sama sekali enggak amis. Kericu biasanya dijadikan camilan sore, atau disantap bersama cuko. Dimakan pakai nasi juga boleh.

9. Pempek

Siapa yang enggak kenal dengan pempek? Makanan olahan ikan ini menjadi oleh-oleh khas daerah Sumatera, termasuk Belitung. Sahabat ismi bisa mencicipi pempek di lokasi, atau membelinya untuk oleh-oleh. Rasanya dijamin tak kalah dari pempek Palembang.

Lumayan juga ya ada sembilan rekomendasi oleh-oleh khas Belitung. Kalau sahabat ismi mau menambahkan agar jadi sepuluh, tulis di komentar ya. Duh, saya jadi pingin ke Belitung lagi nih. Ngidam kopi Kong Djie dan kepiting isinya, serta ingin borong oleh-oleh khas Belitung.

Disklaimer: Semua foto adalah dokumentasi pribadi, kecuali yang tertulis lain. Dilarang mengambil tanpa izin, atau tanpa kredit.

(Visited 121 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

33 thoughts on “Oleh-oleh Khas Belitung, Nomor 5 Paling Enak

  1. nurulrahma Reply

    Aku mupeng banget yang kepiting isi itu mbaaa
    tampak menggiurkaaann
    moga2 thn depan ada rezeki bisa cuss ke Belitung, ya.
    aamiiin aamiiin ya robbal alamiinn

  2. Era Sapamama Reply

    Waaa… pengen banget ke belitung, trus borong oleh-olehnya. Tapi diantara semuanya aku pengen banget nyicipin yang kepiting isi. Di sini ga ada.

  3. Yeni Sovia Reply

    MasyAllah mba. Aku kok pengen semuanya ya rasanya. Dan yang paling bikin aku penasaran itu rasa kepiting isi itu. Aduh orangnya belitung kreatif banget ya bikin makanan itu. Emang cocok buat dijadiin oleh oleh ya

  4. Dennise Reply

    Ah semuanya enak oleh-oleh dari Belitung. Tapi yang penasaran ingin aku coba Sirup Jeruk Kunci. Pasti segar ya rasanya. Semoga saja sudah masuk di supermarket besar di Jakarta ya kak. Oh ya kerupuk getes juga aku suka, rasanya keras garing dan gurih.

  5. Mporatne Reply

    Empe empe enak berasal banget ikannya walaupun masih umkn . belitung perlu dukungan biar makin bisa di nikmati sama orang banyak

  6. Dian Restu Agustina Reply

    Mbak, aku belum pernah ke Belitung, tapi sudah pernah makan, pas ada oleh-oleh dari teman . Beberapa dari yang disebutkan di artikel sudah tahu…. Yang paling mantap Kepiting?Ketam Isi ya..ampun, enak bener.
    Wah, ternyata ada banyak oleh-oleh khas Belitung, semoga bisa berkesempatan ke sana

  7. Ade UFi Reply

    Waah belum cobain nih kopi khas belitung. Secara pulau belitung bertanah panas, biasanya kopinya asam dan seger enak banget. Kayak kopi papua dan aceh. Duuuh jadi mau coba deh kopi belitung

  8. Helena Reply

    wiii banyak oleh-oleh Belitung yang bisa dibawa pulang. Aku tertarik dengan kopi, cokelat, dan kepiting isi.
    Kemarin abis nonton Laskar Pelangi jadi ingin ke sana. Main di pantai yang banyak batu gede itu lho dan berkunjung ke SD Muhammadiyah.

  9. Dian Reply

    wah iya, Belitung ini jadi salah satu destinasi wisata pilihan ya mbak
    nggak hanya punya pantai yang cantik, tapi juga banyak oleh oleh khas yang bisa dinikmati ya

  10. Eri Udiyawati Reply

    Waduuh , itu jenis-jenis kerupuknya menggoda sekali. Pasti enak banget, sama Kepiting isinya, menggiurkan banget. Saya belum pernah nyicipin nih makanan khas Belitung.

  11. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com Reply

    Pengen sekali ke Belitung blm pernah sekeluarga ke sana, suamiku doank dan waktu itu bawain kaos kembaran sekeluarga wkwk
    Panganan khas sana banyak ya ragamnya dan cocok juga nih kalau buat dijadikan oleh2 😀
    Makasih infonya mbak 😀 Penasaran sama kepiting isinya, jd kalau ada di MP kyknya bisa nih nyari dna order 😀

    • Rahmah Reply

      Aku juga belum pernah wilayah Sumatera
      Saya jadi penasaran sama perasan jeruk kunci yang katanya manis ini
      Pesen online aaah

  12. Wiwied Widya Reply

    Kayaknya aku bakal suka semua deh itu.. Yang paling bikin penasaran emang kepiting isi itu. Pernah liat di Youtube juga, kayaknya enak banget. Kira2 semua oleh2 ini bisa dibeli online nggak ya? Kalau nunggu harus ke Belitung dulu kayaknya bakal kelamaan deh.

  13. Nanik Nara Reply

    wih beneran deh kepiting isi itu sangat menggoda. Makan kepiting rebus cuma dikasih garam aja saya doyan, apalagi ini dagingnya udah dipisahin, dibumbuin terus dimasukkan lagi ke dalam cangkangnya. Pasti rasanya lebih yummy

  14. lendyagassi Reply

    Asiknyaa..
    Belitung selain kaya akan kekayaan alamnya uang indah, juga kulinernya, mantap.
    Ini bisa dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga yang belum pernah makan makanan khas Belitung.

  15. Ovianty Reply

    Aduh mupeng ini mah bacanya, jadi pengen semuanya huhu… Kopi dan cokelat bubuk mau dong, apalagi itu kepiting isi kelihatannya enak banget. Surga banget ini buat wisata makan wkwkw.. Aku kalau ke sumatera emang suka nyari kopi, rasanya enaaakk kopinya.

  16. Siti Hairul Reply

    Penasaran sama sirup jeruk kunci dan ketam isinya. Kayaknya enak bnyk itu ketam isinya. Pernah dengar tentang jeruk kunci itu tapi kupikir jeruk khas Sumatra

  17. Milda Ini Reply

    Sebagian udah aku makan, hehehe kecuali no 4 dan 5, doain deh juli tahun depan liburan sekolah bsia mudik ke Palembang dan lanjut ke Belitung deh, biar melepas kangen sama mereka nih

  18. @hm_zwan Reply

    BElum pernah ke Belitung, pingin banget jalan-jalan kesana. Oleh-olehnya banyak banget ya mbak, jadi bisa dipilih satu-satu terus dicobain. penasaran sama kepitingnya

  19. Ovianty Reply

    Ini oleh-olehnya bisa pesan by online? Penasaran banget melihat berbagai macam oleh-oleh khas belitung. Kalau main kesana bisa beli nih. Sayang belum pernah ke belitung, padahal sumatera nggak jauh banget seperti Sumbar kampungku. Tapi sayang belum kesampaian, liat oleh-olehnya jadi mupeng.

  20. Kurnia amelia Reply

    Aku baca ini jadi ngiler lho pengen banget ngerasain oleh-oleh khas sana dan yang pengen banget aku coba sirupnya itu lho kayak ya seger yes apalagi sama campuran es ..duhhh.

  21. Yuniari Nukti Reply

    Aku tertarik sama kepiting isi dan terasinya. Enak banget kayaknya. Siapa sih yang nolak dikasih kepiting, terasi juga buat nyambel?
    Kalau kepiting isi tahan berapa lama mbak dibawa balik ke daerah? Soalnya makanan olahan

  22. Siti Nurjanah Reply

    Waktu ke Belitung ga terlalu banyak beli oleh-oleh dan taunya ya kerupuk ikan itu
    Tapi beraneka kulinernya juga variatif yang di dominasi sea food

  23. Wian Reply

    Kepiting isi tu awet lama ya klo buat oleh2. Aku penasaran sama rasanya. Tapi ya aku kok tertariknya sama terasi ya. Wkwkwk dasar emak2

  24. sarahjalan_ Reply

    banyak juga oleh oleh dari belitong ya, selain kepiting yang membuat aku penasaran kerupuk getas dan kerupuk cuminya, duuhh nyari di online aja deh, karena kaki belum tau kapan bisa melalak ke belitong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *