Jasa Backlink dan Lima Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Facebooktwitterredditmail

Jasa backlink salah satu cara menghasilkan uang dari blog

Tentang ikigai

Menurut orang Jepang, setiap orang mempunyai Ikigai. Butuh pengenalan dalam dan panjang terhadap diri sendiri untuk menemukan Ikigai tersebut. Proses penemuan Ikigai ini amat penting, karena ketika berhasil ditemukan, maka hidup akan terasa bermakna dan bisa dijalani dengan perasaan lebih puas.

Aku sering memikirkan apa Ikigaiku? Menulis kah? Mengajar kah? Atau berinteraksi dengan manusia? Ketiga aktivitas tersebut amat aku sukai sehingga aku bingung jika diminta untuk memilih.

Sahabat ismi perlu tahu bahwa jauh sebelum menulis di blog, aku pernah bekerja di apotek dan di rumah sakit. Ada beberapa bagian yang aku suka kala bekerja di sana. Terutama ketika bertemu dengan orang, khususnya pasien. Lalu memberikan KIE (Konsultasi, Informasi dan Edukasi) kepada mereka.

Kalau di rumah sakit, bagian yang paling aku suka juga setipe. Ketika berdiskusi dengan para dokter, dan memberikan informasi mengenai obat kepada perawat serta pasien.

Setelah resign, aku mencari aktivitas dimana aku bisa membagikan apa yang ada di pikiranku. Bagaimana caranya agar informasi yang aku punya, bisa diterima, diketahui oleh orang lain. Akhirnya, aku menemukan cara, melalui menulis.

Benarkah menulis adalah Ikigaiku? Nyatanya, aku bosan bila hanya menulis. Aku butuh lebih banyak tantangan dan pengembangan diri. Akhirnya aku sekolah lagi. Dan setelah lulus, aku mendapatkan kesempatan untuk mengajar di kampus.

Apakah menjadi pendidik adalah Ikigaiku? Entahlah. Aku menyukai momen mengajar. Aku menyukai momen di saat para mahasiswa menghubungi untuk berkonsultasi terkait kefarmasian dan kesehatan.

Tapi di sisi lain, aku kurang suka saat menyiapkan materi untuk mengajar. Aku juga kurang suka membuat soal dsn mengoreksi tugas dan ujian. Haha. Padahal semuanya sepaket jika menjadi dosen.

Untuk urusan penelitian, menulis jurnal, atau buku, tentu sangat aku minati. Bahkan pengabdian ke masyarakat yang biasanya berupa penyuluhan kesehatan juga termasuk aktivitas yang aku sukai. Jadi, sahabat ismi bisa mengambil kesimpulan kah, apa Ikigaiku?

Kembali ke dunia kepenulisan, niat awalnya sudah jelas, berbagi apa yang aku minati dan aku pahami. Tapi siapa sangka, lewat blog aku justru mendapat penghasilan tambahan.

Beberapa teman bahkan tak segan bertanya, bagaimana caranya ngeblog? Bagaimana caranya mendapat penghasilan dari blog? Ulala, mungkin mereka lupa bahwa aku suka menulis. Bisa jadi Ikigaiku adalah menulis.

Aku sudah menulis ratusan artikel baik di media cetak maupun di Internet. Aku tidak pernah berhenti menulis, satu hari pun. Karena aku juga menulis di media sosial. Buah dari konsistensi menulis di blog, tentu saja dipercaya brand sehingga mendapatkan proyek kerja sama.

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Khusus buat sahabat ismi yang penasaran, kok bisa sih dapat uang dari blog? Aku kasih bocoran caranya nih!

1. Review Produk dan Jasa

Awal-awal menulis blog (dan sampai hari ini) aku suka mengulas produk yang memang aku pakai, favoritku, atau produk yang baru aku beli. Selain itu, aku juga mengulas tentang makanan, wisata, dan sebagainya.

Alasannya, kalau ada teman yang tanya, aku enggak perlu mengetik panjang lebar berulang kali. Cukup kasih link artikel di blogku sehingga mereka bisa membaca sendiri.

Berkat keisenganku me- review banyak produk dan jasa, ternyata brand tertarik untuk bekerja sama.

Jasa backlink berkualitas
Ilustrasi seorang beauty blogger mencoba produk. Sumber foto: pexels.com

Sebagai informasi, kurang lebih, begini proses me- review produk: Brand memberikan aku produk terbaru, atau aku membeli produk terbaru melalui toko terdekat/ toko online. Kemudian aku gunakan produk tersebut dan aku ulas di blog.

Sama halnya dengan jasa. Aku menggunakan terlebih dahulu jasa tersebut, baru aku ulas melalui tulisan di blog. Plus minus aku tuliskan sesuai pengalamanku.

Kadang ada beberapa kata kunci yang diminta oleh brand. Karena kata kunci berkaitan dengan branding atau pencarian di mesin pencari. Yang jelas, review aku lakukan secara jujur agar tidak mengecewakan para pembacaku, sahabat ismi.

2. Pemasangan Banner

Saat ini blog menjadi salah satu media untuk digital marketing. Tak heran, banyak brand yang mempercayakan blog sebagai tempat pemasangan iklan. Bentuk iklan tersebut bisa berupa banner yang dipasang pada sidebar, header, content, atau footer.

Biasanya, blogger memasang tarif berbeda tergantung ukuran banner, letak banner, dan lama pemasangan atau durasi pemasangan banner. Bisa satu bulan, tiga bulan, enam bulan, atau bahkan satu tahun, tergantung kebutuhan klien.

3. Afiliasi

Program afiliasi termasuk sering ditawarkan kepadaku. Mulai dari tawaran keuntungan sekian persen setiap ada konsumen yang mengklik iklan, atau komisi sekian persen setiap ada konsumen yang membeli produk.

Tepat hari ini, aku baru saja mendaftar ke salah satu afiliasi yang menurutku komisinya oke. Selain aku, ternyata ada banyak blogger yang fokus di afiliasi dan ia mendapatkan penghasilan yang lumayan.

4. Google Adsense

Siapa yang masih ragu mendaftar Google Adsense? Atau ada yang edang menunggu jawaban dari Google? Apapun itu, Adsense memang menggiurkan bagi blogger yang banyak pembacanya.

Beberapa teman blogger malah “beternak” blog karena memang mengandalkan pemasukan dari Google Adsense.

5. Jasa Backlink

Yang tak kalah pamor, tentu saja pemasangan backlink. Di blog ismyama.com sendiri lumayan banyak klien yang tertarik untuk memasang backlink. Dari mana aku mendapatkan kerja sama tersebut? Jawabannya,, bervariasi.

Ada klien yang menghubungi langsung via e-mail, DM Instagram, atau Whatsapp. Tapi ada pula yang aku dapatkan dari komunitas blogger, atau networking sesama blogger.

Selain itu, aku beberapa kali mendapat orderan jasa backlink melalui RajaBacklink.com. Benar-benar menambah pundi-pundi rupiah deh.

Jasa Backlink Berkualitas

Bagi sahabat ismi yang belum tahu tentang RajaBacklink.com, aku kasih tahu ya. Jadi, RajaBacklink.com merupakan website yang mempertemukan penjual dan pembeli backlink. Dengan kata lain mempertemukan brand atau perusahaan, dengan blogger selaku penulis artikel.

Backlink murah dari RajaBacklink
Halaman depan RajaBacklink.com

Sahabat ismi bisa mendaftar ke RajaBacklink.com dan mengisi sesuai keperluan. Aku mendaftar sebagai blogger dan mengisi data mulai dari nama, e-mail, alamat blog, dan nomor rekening.

Di RajaBacklink.com, perusahaan atau advertiser dapat leluasa memilih blog yang akan ditanam backlink ke website dagangnya. Blog yang terdaftar di RajaBacklink sudah melalui seleksi, tidak semua blog bisa diterima sebagai RajaBacklink.com.

Backlink murah bisa didapatkan oleh brand atau advertiser sehingga meningkatkan awarness calon pembeli. Meskipun murah, backlink yang didapatkan tentu berkualitas, karena advertiser bisa memilih sendiri blog mana yang akan di ajak bekerja sama.

Nah, bagaimana? Apakah sahabat ismi sudah lebih paham bagaimana caranya mendapatkan penghasilan dari blog?

Jasa backlink murah
Siapa sih yang enggak pingin dapat uang dari rumah? =)

Selain lima cara di atas, sebenarnya ada beberapa cara lagi, tapi tidak aku bahas di artikel ini. In sya Allah akan aku bahas di artikel lain.

Oh ya, satu pesan lagi, pastikan sahabat ismi memang punya minat di dunia menulis, karena membangun blog yang berkualitas juga butuh effort.

Mulai dari waktu, tenaga, hingga modal. Jadi enggak hanya berharap hasil instan, tapi juga perlu usaha agar blog dapat dipercaya oleh brand dan perusahaan.

(Visited 56 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail

1 thought on “Jasa Backlink dan Lima Cara Menghasilkan Uang dari Blog

  1. Pak Eko Reply

    Ini info yang saya cari, sebagai orang yang baru masuk dunia blog dan belum banyak tahu. Terima kasih sharingnya. Salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *