Libur Lebaran Lebih Nyaman? Pakai BebasBayar Dong!

Facebooktwitterredditmail

Libur Lebaran Lebih Nyaman? Pakai Bebasbayar Dong!

Tak terasa sudah seminggu yang lalu kita semua menikmati libur lebaran. Terus terang saya sendiri termasuk yang nggak mudik di tahun ini. Posisi saya di Jogja dan mertua juga di Jogja. Nyaris sih mudik ke rumah nenek dari suami di Kebumen, tapi nggak jadi karena ada bayi dan nggak ada yang bisa nyetirin kendaraan. Akhirnya ayahnya anak-anak saja yang mudik ke sana.

Ngomong-ngomong soal libur lebaran. Saya, suami dan anak-anak lumayan santai nih, alias nggak kemana-mana, hehe. Hari pertama Salat Ied di lapangan dekat rumah saya, lalu makan ketupat dan keliling silaturahmi ke rumah tetangga. Karena saudara saya lagi mudik semua (pada ke Jakarta) jadilah hari kedua di rumah saja.

Rumah mertua yang agak jauh di Bantul, kami datangi di hari ketiga lebaran, menunggu driver pulang mudik, sekalian kami menuju rumah saudara yang saat itu mudik dari Bangka ke Bantul. Alhamdulillah bisa ketemu dengan sepupu saya yang sudah hampir 8 tahun nggak ketemu. Sekarang beliau sudah memiliki 3 anak, sementara saya sudah mempunyai 2 anak. Tak terasa waktu cepat sekali berlalu ya.

Anak pertama saya pun akhirnya menginap di rumah Mbahti-nya bersama ayahnya. Sementara saya dan bayi saya kembali ke rumah Sleman. Si kakak senang banget nginep di sana, karena ramai sepupu-sepupunya.

Tahu nggak, libur lebaran kemarin kan cukup panjang, jadi hampir semua orang pada mudik. Tiket kereta dan pesawat jelas ludes. Naik kendaraan sendiri pun jadi sangat macet. Kebayang, kan, gimana repotnya mempersiapkan libur lebaran.

Saya punya beberapa tips nih agar libur lebaran kita lebih nyaman. Apa saja tipsnya?

1. Beli tiket jauh-jauh hari

Semua orang juga sudah tahu kalau tiket pesawat bisa dibeli kapan saja, sekian tahun sebelum. Sama halnya dengan tiket kereta api yang bisa dibeli 3 bulan sebelumnya. Oleh karena itu, pesanlah tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan dan nggak dapat harga yang mahal. Memang sih kadang kita masih bingung mau cuti tanggal berapa, jatah cuti sekian hari diterima apa nggak, dan sebagainya. Tetapi sebaiknya memang dipersiapkan secara matang soal tiket ini. Banyak lho yang batal mudik karena kehabisan tiket.

Soal tiket ini juga termasuk tiket balik ya. Nggak lucu dong, bisa mudik tapi nggak bisa balik. Arus balik biasanya sama ramainya dengan arus mudik, jadi harus pesan tiket lebih cepat juga.

2. Rencanakan acara lebaran dan liburan dengan bijak.

Sebagai wanita yang spontan, sebenarnya saya termasuk jarang merencanakan aktivitas lebaran dan liburan. Paling hanya menyebutkan keinginan-keinginan yang tertunda dan berharap bisa dilakukan saat libur bersama suami, anak-anak, dan keluarga besar. Tapi ternyata, hal tersebut nggak berlaku di saat libur lebaran. Tahu sendiri kan bahwa tempat wisata pasti ramai kayak cendol, hehe. Jadi kita harus benar-benar memilih dan merencanakan semuanya, antara lain pesan penginapan, pesan tiket masuk objek wisata dan rental kendaraan kalau perlu. Dengan perencanaan yang matang, liburan kita pasti lebih nyaman.

3. Bayar tagihan rumah tangga tepat waktu

Nggak mau kan kalau saat liburan, eh malah disibukkan dengan tagihan bulanan? Oleh karena itu, pastikan di awal bulan, kita sudah membayar segala tagihan listrik, air dan pulsa. Untuk pembayaran berbagai tagihan di atas saya punya cara praktis dan mudah lho. Nanti saya ceritakan deh di akhir tulisan ini.

4. Bayar tagihan asuransi kesehatan

Nah, satu hal yang kadang kita lupa, bahwa kesehatan itu mahal harganya. Oleh karena itu, jangan sampai nunggak ya bayar asuransi kesehatan. Sekarang kan sudah zamannya BPJS kesehatan. Sementara saat mudik adalah saat yang rentan sakit termasuk rentan kecelakaan. Nggak ada orang yang mau sakit sih, tapi jaga-jaga apa salahnya.

5. Pastikan si Mbak balik atau nggak

Nomor 5 ini sih balada ibu-ibu banget ya. Kalau lebaran akan tiba, pasti sibuk soal ngasih THR ke Mbak alias pengasuh/ rewang di rumah. Setelah itu, tentu kita harus memastikan apakah beliau akan balik lagi bekerja di tempat kita atau tidak. Kalau nggak, jauh-jauh hari juga, sebaiknya kita mencari dan memesan pengasuh dari kampung halaman misalnya. Jangan sampai saat libur lebaran telah usai, kita baru kebingungan cari Mbak baru. Horor banget deh kalau terjadi demikian.

Sesuai janji saya tadi, saya mau bocorin nih cara praktis dan mudah agar libur lebaran dan mudik menjadi lebih nyaman. Tak lain dan tak bukan, dengan menggunakan aplikasi Bebasbayar.

Pesan tiket dan bayar tagihan

Aplikasi ini lengkap banget! Kita bisa memesan tiket kereta dan pesawat lewat Bebasbayar. Kita bahkan bisa membayar tagihan bulanan juga lho. Uniknya, BPJS kesehatan dan asuransi lainnya juga bisa kita selesaikan transaksinya via aplikasi Bebasbayar. Dan yang saya sukai adalah, bayar semua tagihan di atas bisa disetting otomatis, tinggal bikin aja penjadwalan bayarnya. Jadi nggak ada yang namanya nunggak atau kelupaan. Otomatis kita bisa konsen dengan aktivitas mudik dan liburan kan? =)

Buat yang punya kartu kredit atau internet lewat speedy juga bisa membayar lewat Bebasbayar ya. Jadi saat di perjalanan mudik ataupun liburan nggak ada istilah mati gaya karen kehabisan paket data.

Gambar dari twitter BebasBayar

Transfer pulsa

Saat kita kehabisan pulsa di perjalanan mudik, sesama pengguna aplikasi Bebasbayar bisa mengirimkan pulsa ke nomor kita.

Voucher game

Membunuh bosan di kala macet bisa dengan ngegame kan ya. Saya sih jarang ngegame, tapi buat beberapa orang yang suka ngegame, aplikasi Bebasbayar jelas merupakan pilihan buat bayar voucher game.

Gambar dari twitter BebasBayar

Game terbaru kayak Pokemon Go, ternyata membutuhkan paket data juga yang bisa di bayarkan via Bebasbayar.

Pantau semua transaksi, dengan notifikasi

Nggak zamannya lagi mengecek satu persatu transaksi keuangan kita. Dengan menggunakan Bebasbayar, semuanya tercatat dan notifikasi akan dikirimkan via sms/email kita. Memudahkan banget deh, kita akan terbantu dengan notifikasi tersebut kan, terutama jika transaksinya otomatis seperti pembayaran tagihan rumah tangga tadi.

Cashback tiap transaksi

Gambar dari twitter BebasBayar

Yang beda dari aplikasi lainnya adalah, kita bisa dapat keuntungan dengan menggunakan aplikasi Bebasbayar ini, yaitu dalam bentuk cashback.

Afiliasi

Kalau ada teman yang gabung Bebasbayar lewat kita dan bertransaksi, kita juga dapat komisinya. Caranya bagaimana? Sign up dulu di Bebasbayar, lalu ikuti cara di bawah ini:

Gambar dari twitter BebasBayar

Daftar dimana

Saya sih sudah punya akun di Bebasbayar, kalau teman-teman mau punya juga, bisa download aplikasinya nih di Android dan iOS.

Untuk aplikasi di iOS sendiri, ada yang baru lho dari versi sebelumnya, yaitu penambahan menu reservasi tiket pesawat, penambahan fitur pindah kursi di menu reservasi tiket kereta api dan perbaikan fungsi dan tampilan dari versi 2.2.

Tuh kan, dengan memakai Bebasbayar, libur lebaran saya jadi lebih nyaman. Apalagi bagian cashback-nya itu lho, bikin ketagihan. Dari kacamata manager keuangan keluarga (ibu rumah tangga), aplikasi ini banyak manfaatnya.

Kalau menurut teman-teman bagaimana? =)

(Visited 141 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

5 thoughts on “Libur Lebaran Lebih Nyaman? Pakai BebasBayar Dong!

  1. Eko Nurhuda Reply

    Saya sudah sekitar empat bulan memakai Bebasbayar dan merasa terbantu sekali dengan aplikasinya. Plus, layanannya oke punya lho. Saya pernah beli pulsa gak masuk-masuk selama berhari-hari. Padahal saldo sudah terpotong. Iseng-iseng saya mention ke Twitter, eh, langsung ditelepon sama CS-nya. Hari itu juga beres, saldo saya di-refund. Jadi malu sendiri, karena pulsa yang saya beli cuma Rp5.000. Hehehe…

  2. April Hamsa Reply

    Wah sekarang apa2 makin praktis ya mbak. Jadi penasaran sama apliksi ini, kayaknya mudah dan gak ribet 😀
    TFS 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.