Tips Mencari Kursus Online Terbaik Bersertifikat

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Kursus online terbaik bersertifikat di Indonesia, apakah ada? Yuk, baca lebih lanjut!

Suatu hari, aku membaca berita bahwa Kepala Ilmuwan WHO, Soumnya Swaminathan, menyatakan bahwa virus corona mungkin dapat dikendalikan dalam jangka waktu empat hingga lima tahun lagi (dikutip dari cnbc.com).

Bahkan ada pula berita bahwa dunia perlu waktu setidaknya tujuh tahun lagi untuk benar-benar terbebas dari corona. Bagaimana dengan Indonesia? Media menyatakan bila dunia butuh tujuh tahun, maka Indonesia butuh waktu sepuluh tahun ke depan. Wah, lama sekali, bukan?

Yang jelas, saat ini vaksinasi menjadi harapan bagi semua orang. Efektivitas Vaksin perlu dievaluasi dalam beberapa tahun ke depan. Kita semua pastinya menginginkan hasil terbaik sehingga dunia bisa kembali seperti semula. Atau paling tidak, kita tidak lagi takut pada corona karena virus tersebut nantinya akan bisa dikendalikan.

Melihat tanda-tanda pandemi belum akan berakhir dalam waktu dekat, sudah seharusnya kita yang berada diusia produktif mulai meningkatkan keahlian sesuai dengan kondisi yang serba online. Pengembangan diri ini sebenarnya tidak terbatas pada pekerja yang berada di usia produktif saja. Tapi juga diperlukan oleh para mahasiswa dan pekerja lulusan SMA misalnya, karena dalam lima tahun ke depan mereka sudah masuk dalam rentang usia produktif yang keterampilannya dibutuhkan oleh dunia kerja dan dunia usaha.

Mau tidak mau, di masa pandemi ini, cara untuk mengembangkan diri atau meningkatkan keahlian sebaiknya dilakukan secara daring. Berbagai kursus online dan pelatihan online telah tersedia, tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Meski begitu, jangan asal pilih kursus online. Jangan sampai memilih pelatihan abal-abal yang berakhir dengan kekecewaan.

Oleh karena itu, saya mempunyai tips dalam mencari kursus online yang terbaik:

  1. Kelengkapan pilihan kursus online

Saya pribadi lebih memilih tempat kursus online yang lengkap dari segi topik. Beragam pilihan topik tentu membuat saya bisa sekalian mengambil beberapa kelas. Atau setelah satu tema selesai, maka saya bisa melanjutkan kursus ke tema lainnya.

Menurut saya, semakin banyak keterampilan yang kita miliki (terutama soft skill), maka akan semakin mudah mendapatkan pekerjaan. Kelak, bila pekerja sudah mengetahui minat atau passion -nya, maka ia dapat mengikuti kursus yang lebih spesifik.

  1. Pengajar kursus online

Kita pasti mengharapkan pengajar kursus online adalah orang yang profesional di bidangnya. Para pengajar yang memang ahli dan sudah membuktikan kepiawaiannya dalam topik kursus online yang akan ia bawakan.

  1. Platform yang digunakan

Track record penyedia jasa kursus online perlu diperhatikan. Apakah amanah dan terpercaya? Apakah materi kursus yang diberikan terjamin kualitasnya? Dan sebagainya.

  1. Budget

Bagi seseorang yang membutuhkan peningkatan keahlian, biaya kursus biasanya akan diperhitungkan. Apalagi jika belum bekerja atau belum memiliki pekerjaan tetap. Sama halnya dengan para mahasiswa atau fresh graduate yang akan melamar pekerjaan.

Lain halnya bila sudah memiliki pekerjaan tetap tetapi ingin mengembangkan dirinya, besaran biaya kursus biasanya tidak menjadi masalah.

Sesuaikan kursus online yang ingin kamu ikuti dengan budget yang dimiliki. No hutang-hutang club! Saat ini banyak kok kursus online yang menawarkan harga promo, harga paket, bahkan flash sale.

  1. Mendapatkan sertifikat

Sertifikat kursus online bisa menjadi penting atau tidak penting tergantung kebutuhan. Bila akan melamar pekerjaan yang sifatnya profesional, sertifikat tentunya bisa dimasukkan dalam CV. 

Sama halnya jika akan melamar ke perusahaan besar, sertifikat kursus online yang dimiliki sedikit banyak akan menunjukkan kompetensi seorang pelamar.

Lalu, adakah tempat kursus online terbaik bersertifikat di Indonesia? Ada dong! 

Kursus online terbaik bersertifikat

Picture by ismyama.com

Nama kursus online -nya adalah Skill Academy by Ruangguru. Melalui Skill Academy, siapapun dapat mengikuti kursus online berbayar dengan beragam pilihan topik. Mulai dari persiapan tes seperti TOEFL PBT, EILTS, persiapan memperoleh beasiswa, bahkan tryout CPNS. Selain itu, juga ada kelas online terkait pemasaran, bisnis dan keuangan, teknologi, pengembangan diri, hingga hobi. Berbagai materi technical dan soft skill tersedia untuk mahasiswa, profesional, dan umum.

Kursus online murah

Flash sale berbagai topik di Skill Academy

Oh ya, di Skill Academy juga terdapat pelatihan karyawan yang dikombinasikan dengan platform training ruang kerja, nama programnya adalah Skill Academy for Interprise. Tentu saja harganya lebih hemat karena pesertanya adalah beberapa karyawan dalam sebuah perusahaan.

Mengenal Skill Academy

Pada Tahun 2020, Skill Academy telah digunakan oleh 4 juta pengguna dalam satu tahun dengan rating 5 sempurna dari ulasan >350.000 penggunanya. Berdasarkan prestasi tersebut, Skill Academy meraih penghargaan dari Dailysocial dan Best Personal Growth App dari Google Play Store. Wow, luar biasa ya! Track record -nya berkualitas.

Pelatihan online terbaik

Testimoni dari pengguna Skill Academy. Sumber gambar: IG Skill Academy

Bagaimana dengan para pengajarnya? Tentu saja materi dalam kursus online Skill Academy disampaikan oleh profesional. Contohnya kelas berjudul “Memulai Karier di Industri Fashion bersama Ivan Gunawan”. Siapa sih yang tidak kenal dengan Ivan Gunawan? Seorang desainer top di Indonesia. Karya-karyanya di dunia fashion sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Termasuk dengan kesuksesan beliau dalam berbisnis.

Biaya Kursus di Skill Academy

Pasti ada yang bertanya bagaimana dengan harganya? Melihat track record dan pengajar yang tidak main-main, apakah biaya kursus online di Skill Academy terjangkau bagi masyarakat?

Saya bisa memastikan bahwa biayanya terjangkau, bahkan ekonomis. Kelas online dengan pengajar sekelas Ivan Gunawan dihargai 600 ribu rupiah. Eits, tunggu dulu, itu belum diskon. Saat ini sedang ada diskon sebesar 58% sehingga biayanya menjadi 250 ribu rupiah saja! Gimana, terjangkau bukan?

Kursus Fashion Design

Pelatihan online by Ivan Gunawan di Skill Academy

Oh ya, di Skill Academy juga ada kelas paket yang tentu saja harganya menjadi lebih ekonomis. Berikut ini adalah beberapa contoh kelas paketnya. 

Kursus online terlengkap

Picture by ismyama.com

Tak hanya itu, pada tanggal 11 -14 Februari 2021, ada Flash Sale Imlek di Skill Academy. Harga kursus onlinenya mulai dari 99 ribu rupiah, masih ditambah dengan diskon 20%. Mantap, kan?

Kursus online terbaik bersertifikat di Indonesia

Hanya sampai tanggal 14 Februari 2021 lho

Kursus Online Bersertifikat

Hal menarik dan penting lainnya dari kursus online di Skill Academy adalah kamu akan mendapatkan sertifikat setelah lulus. Kelak, sertifikat ini dapat ditulis di CV dan dilampirkan sebagai bukti kompetensi atau keahlian. 

Untuk memeriksa keaslian sertifikat, peserta atau perusahaan yang mempekerjakan karyawan dapat memverifikasinya melalui website Skill Academy dengan cara memasukkan ID sertifikat. Dengan kata lain, sertifikat kursus online dari Skill Academy berisiko kecil untuk dipalsukan.

Sebagai informasi, kalau kamu adalah seorang prakerja, coba deh baca data pada gambar di bawah ini. 

Pekerjaan setelah corona

Sumber gambar: Instagram Skill Academy

Sangat banyak jumlah pencari kerja di masa pandemi. Begitu banyak saingan untuk masuk ke dunia kerja. Mau tidak mau, sebaiknya kamu meningkatkan kompetensi dan soft skill. Bila tidak tertarik menjadi karyawan, kamu bisa membuka bisnis sendiri. Tapi membuka usaha di kala corona butuh strategi khusus, dan trik tersebut bisa kamu pelajari di Skill Academy.

Bagaimana? Apakah kamu sudah tertarik meningkatkan keterampilan dan keahlian melalui kursus online di Skill Academy?

Kalau saya sih tertarik, pakai banget! Apalagi Skill Academy adalah kursus online terbaik bersertifikat di Indonesia.

(Visited 25 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!