IndiHome Bangun Ekosistem Digital di Bidang Edukasi Bersama Pijar Belajar

Facebooktwitterredditmail

Ekosistem digital di bidang edukasi, apakah ada? Assalammualaikum, bagaimana kabarnya sahabat ismi? Saya sudah lumayan baikan. Setelah kemarin relaksasi dengan pijat tradisional, rasanya pegal-pegal di badan menghilang. Pikiran juga lebih fresh setelah sebelumnya mikirin kasus penipuan yang menimpa saya.

Minggu ini tuh anak sulung saya PTS (Penilaian Tengah Semester). Ia sudah berada di kelas 4 SD. Sedangkan anak kedua yang masih kelas 1 SD tidak ada PTS. Adanya hanya PH (Penilain Harian) saja.

Pijar belajar
Kakak lagi belajar untuk PTS

Di kelas empat ini, ada enam mata pelajaran yang diujikan di PTS. Keenam pelajaran tersebut adalah PAI, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPAS, dan Matematika. PTS dilaksanakan selama 4 hari. Jadi dalam satu hari ada satu sampai dua mata pelajaran yang diujikan. Kalau dijumlah, per mata pelajaran terdiri dari dua- enam tema materi. Lumayan, kan?

Begitulah nasib anak SD di zaman sekarang. Makanya saya setuju banget kalau sebaiknya mereka tidak hanya belajar menjelang ujian. Setidaknya materi sudah di luar kepala sehingga ketika akan ujian tidak perlu belajar sistem kebut semalam.

Lalu bagaimana caranya agar anak-anak terbiasa belajar dengan menyenangkan? Seandainya ada suplemen atau tambahan pembelajaran jangan sampai memberatkan mereka. Misalnya dari segi waktu. Kalau harus ikut les tatap muka, kadang waktu habis di jalan.

Saya membayangkan, akan lebih enak lagi jika ada platform yang terintegrasi dengan sekolah. Jadi saya tidak perlu repot-repot memeriksa buku penghubung yang kadang posisinya entah dimana (seharusnya ada di tas anak, tapi kadang sudah berpindah tempat di meja, di kasur, dll).

Setelah mencari tahu, ternyata platform yang saya bayangkan sudah ada lho. Namanya Pijar Belajar. Penasaran?

Pijar Belajar, Aplikasi Suplemen Pembelajaran Untuk Siswa

Apakah ada sahabat ismi yang sudah mendengar tentang Pijar Belajar?

Ekosistem digital adalah

Pijar Belajar adalah sebuah platform pendidikan berbasis mobile application yang memudahkan siswa dalam proses belajar tanpa terhalang ruang dan waktu. Aplikasi ini dirancang untuk siswa agar mendapatkan suplemen pembelajaran di sekolah. Pijar Belajar dapat diakses kapan saja dan dimana saja sehingga cocok untuk anak yang sekolah seharian.

Aplikasi Pijar Belajar terintegrasi dengan Pijar Sekolah, sehingga siswa akan terus mendapatkan update tentang kegiatan di sekolah. Melalui aplikasi ini, siswa tidak akan ketinggalan informasi mengenai tugas atau pekerjaan rumah dari guru. 

Siswa bahkan mendapatkan notifikasi Jadwal atau Pengumuman terbaru. Dengan kata lain, semua informasi sekolah akan dengan mudah diakses oleh siswa. Untuk mendukung proses pembelajaran, siswa bisa mengakses Konten Digital yang berisi media belajar. Konten digital ini berisi buku dan video pembelajaran. Gimana? Keren banget, kan?

Delapan Fitur Ungulan Pijar Belajar

Aplikasi Pijar Belajar dilengkapi oleh delapan fitur unggulan sehingga proses belajar lebih menyenangkan dan mudah. 

1. Konten Digital

Konten digital yang tersedia berupa buku interaktif, video belajar, hingga laboratorium maya yang bisa diakses tanpa bayar alias gratis! Semua kontennya menarik sehingga anak tidak mudah bosan saat belajar.

2. Info PR dan Tugas

Fitur ini memudahkan siswa mengetahui info PR dan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah. Tidak ada lagi cerita siswa lupa atau tidak mengetahui ada tugas dan PR.

3. Chat Room

Ternyata di Pijar Belajar, siswa bisa mengobrol dengan teman untuk berdiskusi tentang pelajaran. Fitur ini juga dilengkapi dengan chatBot apabila siswa kesusahan dalam mengerjakan soal.

4. Informasi Sekolah

Semua informasi terbaru atau pengumuman di sekolah akan dengan mudah diakses oleh siswa dimana saja dan kapan saja. Dengan kata lain, siswa akan selalu up-to-date. 

5. Latihan Soal

Fitur ini berisi kumpulan bank soal yang bisa diakses siswa. Mereka bisa mengerjakan soal dengan nyaman karena dilengkapi dengan pembahasan pada setiap soalnya. Jika jawaban salah, siswa jadi mengetahui jawaban apa yang benar.

6. Report Nilai

Siswa tidak perlu menunggu pengumuman dari guru, karena hasil belajar bisa langsung diakses melalui gawai. Mantap, kan?

7. Reminder

Para siswa tidak akan salah lagi dalam melihat jadwal atau lupa mengerjakan tugas, karena siswa akan mendapatkan reminder jadwal dan tugas setiap hari.

8. Konten Rumah Belajar

Siswa juga bisa mengakses konten Rumah Belajar Kemdikbud melalui aplikasi Pijar Belajar, sehingga akan semakin banyak konten belajar yang bisa diakses siswa. Wah, seru!

Beberapa alasan agar para siswa sebaiknya menggunakan Pijar Belajar

Setelah mengetahui banyak fitur unggulan yang dimiliki oleh Pijar Belajar, mungkin masih ada sahabat ismi yang masih ragu. Padahal gratis lho platform edukasi ini.

Yuk cek apa saja alasannya agar sahabat ismi mengajak anaknya mengakses Pijar Belajar:
  • Materi pelajaran mudah di akses (kapan saja dan dimana saja)
  • Proses belajar mandiri mudah dilakukan.
  • Konten belajar yang menyenangkan.
  • Banyak latihan soal untuk berlatih.
  • Tersedia konten buku digital pendamping belajar.

ekosistem digital

Dari Pijar Belajar internet untuk keluarga jadi lebih bermanfaat. Internet bisa digunakan dengan maksimal bagi seluruh anggota keluarga, termasuk anak yang bersekolah.

Ekosistem Digital yang Dibangun oleh IndiHome

Platform Pijar Belajar ini gratis diakses oleh pengguna IndiHome. Sebagai informasi, IndiHome merupakan bagian dari Telkom Group yang layanannya bukan hanya internet. 

Telkom Group memiliki tiga misi untuk membantu perusahaan mewujudkan visi mereka. Pertama, Telkom Group akan mempercepat pembangunan infrastruktur digital dan platform digital cerdas yang berkelanjutan dan dapat diakses semua kalangan.

Misi kedua adalah mengembangkan talenta digital untuk mendorong kemampuan serta tingkat adopsi digital masyarakat. Misi ketiga adalah memimpin pembentukan ekosistem digital yang memberi pengalaman terbaik bagi pengguna.

Terdapat tiga layanan utama dari IndiHome yaitu Internet, Telepon, dan TV Interaktif. Selain itu, masih banyak pelayanan lainnya karena IndiHome telah membentuk ekosistem layanan digital yang lengkap dan terintegrasi.

Ekosistem digital seperti apa yang dimaksud? Contohnya adalah adanya konten edukasi Pijar Belajar sudah saya jelaskan di atas. Terdapat pula penyediaan jaringan rumah pintar berteknologi IoT IndiHome Smart.

Sebagai tambahan, sahabat ismi bisa karokean bersama seluruh anggota keluarga dengan layanan IndiHome Karaoke yang berisi konten hiburan dan musik seperti Langit Musik dan iKonser.

Saat bepergian di luar rumah, bisa menikmati jaringan hotspot inovatif Wifi.id seamless. Tak kalah seru, bisa berbagi kuota internet mobile bersama anggota keluarga melalui layanan Smooa yang merupakan kolaborasi IndiHome dan Telkomsel.

Di sektor hiburan, IndiHome memiliki opsi layanan cloud gaming dari GameQoo. Selain itu, IndiHome sebagai internet keluarga bekerja sama secara strategis dengan penyedia konten streaming seperti Viu, Netflix, Disney+ Hotstar, Vidio, Catchplay, WeTv, Vision+, Lionsgate Play, HBO Go, dan kanal Neptune TV. Semua hiburan yang sahabat ismi cari, ada di IndiHome. Bahkan telah tersedia layanan IndiHome Cinema sehingga pelanggan dapat menonton seperti di bioskop hanya melalui layar Televisi.

Untuk memperkuat ekosistem digital, IndiHome juga menyediakan Cloud Storage for IndiHome, layanan penyimpanan data online untuk berbagai jenis gawai yang bisa digunakan kapan saja asal ada akses internet.

Kesimpulannya, sebagai internet keluarga, IndiHome memiliki banyak layanan yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh anggota keluarga. Anak bisa mendapatkan akses gratis ke Pijar Belajar, orangtuanya bisa bekerja dengan optimal menggunakan internet cepat, dan semua anggota keluarga bisa mendapatkan hiburan tanpa perlu keluar rumah. 

Ekosistem digital yang sehat sangat penting untuk dibangun, dan ekosistem ini tidak bisa terbentuk tanpa adanya infrastruktur digital. Oleh karena itu, sebagai seorang ibu, saya sangat mengapresiasi apa yang sudah IndiHome lakukan untuk Indonesia.

(Visited 131 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

38 thoughts on “IndiHome Bangun Ekosistem Digital di Bidang Edukasi Bersama Pijar Belajar

    • Dian Reply

      Makin bangga jadi pelanggan IndiHome
      Nggak hanya punya sinyal kencang dan stabil, tapi juga ikut mendukung perkembangan pendidikan di Indonesia y

  1. Florensia Reply

    Ya ampun kak, aku salfok sama paragraf pertama…
    Semoga lekas menemui titik terang ya, dan gak berlarut-larut lagi kasusnya 🙏🏻😢

  2. Tetty Reply

    sekarang kayaknya semua aspek kehidupan perlu internet ya, udah macam listrik, jadi kebutuhan. Aku baru denger namanya Pijar Belajar, skrg platform pendidikan makin banyak, smoga perkembangan dan inovasi pendidikan, bs masuk ke seluruh pelosok tanah air berkat internet ya, amiin

  3. Bibi Titi Teliti Reply

    Wah aku baru tahu nih tentang aplikasi Pijar Belajar dari IndiHome yang fiturnya super lengkap untuk membantu anak belajar. Keren banget sih anak jadi bisa makin semangat deh belajarnya yaah

  4. Ucig Reply

    iyaa suka tercecer ya, kalau ada akses digital yang udah standar bisa enak banget. Dan memudahkan. Kalau di sekolah anakku ada resume per halaman gitu mba, buka file pdf atau word dari skul pas mau ujian hehe. Zaman aku itu sistem kebut semalam belajarnya :)) alhamdulillah makin ke sini makin lebih baik. Apalagi dibangun ekosistem digital di bidang edukasi^^

  5. Katerina Reply

    Ternyata ada fitur layanan lainnya dari Indihome yang baru aku tahu. Semakin betah pengguna Indihome kalau ada konten edukasi Pijar Belajar begini. Mungkin mereka yang belum pakai Indihome bisa tertarik dan jadi pelanggan, pada akhirnya. Semoga saja.

  6. Rani R Tyas Reply

    Oh aku pikir cuma di sekolah anakku yang gak ada PTS, adanya ulangan harian. Rupanya emang gitu ya, anak kelas 1&2 emang cuma adanya ulangan harian. Pun, selama ini, aku tahunya Pijar itu buat guru aja, ternyata bisa dipakai bersama dengan anak sekolah ya

  7. lendyagassi Reply

    Dengan langganan IndiHome bisa dapat layanan gratis PIJAR kak, kak Ismi?
    Kalau untuk mengintergrasikan dengan jadwal sekolah, apakah ada banyak pilihan sekolah yang bisa dipilih?
    Memang anak-anak kebantu banget sih pastinya kalau belajar melalui visual, kaya dari video yang bergerak gitu.. Rasanya jadi lebih paham daripada hanya menghapal via textbook.

    Selamat menjalankan OTS, ananda.
    Semoga lancar dan diberi kemudahan dalam mengerjakan soal-soal.

  8. Dian Reply

    IndiHome memang yang terbaik
    Nggak hanya punya sinyal kencang dan stabil, tapi selalu berbuat bagi masyarakat
    Termasuk mendukung ekosistem digital di bidang edukasi ini

  9. Idah Ceris Reply

    Anak2 sekarang lebih tertarik dengan pembelajran menggunakan gadget dan dg media pembelajaran visual. IndiHome support terus untuk pendidikan, ya. Bermanfaat bangett.

  10. saraah megha Reply

    mbaak maaf hanya di aku apa gimana ya, lama halaman ngepres ke samping jadi kurang nyaman terbaca. Untuk artikel bverasa banget zaman sekarang ini memang serba dunia maya ya mbak, bahkan perbukuan juga mulai merambah digital, dan indihome ini membantu sekali

  11. Dyah Kusuma Reply

    wah baru tahu saya ada pijar belajar, IndiHome ini memnag internetnya Indonesia kok mendukung banyak aspek digital di indonesia

  12. Juwita Reply

    Ekosistem digital memang penting sekali di masa sekarang bahkan di masa depan mungkin akan jauh lebih canggih. Perlu upgrade diri terus nih

  13. Jiah Al Jafara Reply

    Zaman sekarang, internet penting buat belajar. Nanti aku coba deh buka Pijar Belajar. Mana gratis juga kan buat pelanggan IndiHome. Jadi pasti bermanfaat

  14. lendyagassi Reply

    Banyak banget keuntungan berlangganan internet IndiHome yaa..
    Dari mulai hiburannya yang sudah gak perlu diragukan lagi, sampai ke bidang edukasi ananda menggunakan PIJAR. Anak-anak semakin betah belajar dan latihan soal.

  15. Echa Reply

    Thx infoonyaa. Aku baru tau kalau ada Pijar ini,sebelumnya belum pernah dengar. Jadi kepikiran apa pasang indihome aja ya,plus dapat platform pendidikan ini hehehe

  16. Gusti yeni Reply

    Indihome produk dari Telkom emang kereen dan sudah masuk ke pelosok negeri semoga jangkauannya tambah luas supaya masyarakat Indonesia yg di pelosok bisa menikmati internet.
    Baru tahu ada pijar belajar cocok.nih buat belajar dirumah.

  17. Nia Haryanto Reply

    Wah wah, aku baru tahu nih dengan Pijar Belajar ini. Keren banget deh. Sebagai pelanggan IndiHome aku kok kudet banget. Nyobain ah, siapa tahu nih cocok buat anak-anak aku.

  18. Sri Widiyastuti Reply

    wah IndiHome sudah merambah ke dunia pendidikan juga yaa. keren ini. semoga bisa diakses oleh semua warga belajar di Indonesia yaa. Dukungan internet memang dibutuhkan di masa sekarang ya agar bisa memaksimalkan belajar online

  19. Ade UFi Reply

    Internet ini memang dah jadi konsumsi sekunder buat kita saat ini yaa.. Apalagi kerjaan kita banyak menggunakan internet. Plus era pandemik membuat internet bukan sekunder lagi tapi jadi primer buat kebutuhan sekolah anak. IndiHome nih emang paling cakep kualitas jaringan internetnya. Ga khawatir lelet. Udah gitu banyak fasilitas cakep lainnya.

  20. Helena Reply

    Pijar Belajar bakal sangat membantu lancarnya pendidikan. Salut dengan IndiHome. Platform belajar ini bisa diakses secara gratis pula. Bakal no drama lagi urusan PR atau tugas yang ketinggalan, lupa jadwal ujian, dan sebagainya.

  21. Nanik Nara Reply

    Wah Indihome kini penyasar dunia pendidikan juga ya, dengan menghadirkan pijar belajar dan pijar sekolah. Sebagai upaya turut serta mencerdaskan anak-anak dan memajukan pendidikan di Indonesia tentunya

  22. Lia Yuliani Reply

    Bagus juga nih program IndoHome dengan Pijar Belajar, ini bisa bikin ekosistem edukasi secara digital buat anak Kita ya Mba. Terbantu sekali dengan kemudahan dan kelancaran akses digital dari IndiHome

  23. Rahmah Reply

    Keren ya IndiHome
    Makin banyak inovasi yang diberikan dan program-program mendidik
    Semoga semuanya berjalan dengan baik dan sesuai tujuannya

  24. Rindang Yuliani Reply

    Asyik nih proses belajar pendidikan sekarang, sudah didukung oleh banyak pihak, salah satunya Pijar Belajar dan Indihome ini. Semoga para siswa dapat memanfaatkan fitur2 yang tersedia dengan maksimal untuk mendukung program belajarnya di rumah ya.

  25. Bundamami Devi Reply

    Wah, bagus banget nih program IndiHome untuk membangun ekosistem digital melalui aplikasi Pijar Belajar. Memang IndiHome selalu terdepan dalam inovasi program yang bermanfaat untuk masyarakat.
    Aplikasi Pijar Belajar ini membantu banget buat para orang tua ya, jadi bisa memantau proses pembelajaran anak-anaknya sudah sejauh apa.

  26. Listiorini Ajeng Purvashti Reply

    Indihome ini memang selalu inovatif ya, aku baru tau kalau mereka mengeluarkan produk pijar ini yang masih satu ekosistem dengan indihome. Bagus, bisa ngebantu anak-anak bukan hanya untuk sekedar internetan, tapi buat belajar juga

Leave a Reply

Your email address will not be published.