IIDN Tribute for Mom

Facebooktwitterredditmail
Foto dokumen pribadi
Foto dokumen pribadi 
Being a mom is a long life career.
Being a mom is a unpaid job
Being a mom is a miracle

Bahkan, karir terhebat dan karir sepanjang masa seorang wanita adalah menjadi IBU. Oleh karena itu, beberapa sahabat wanita kerap mengadakan seminar, workshop ataupun kegiatan untuk mengapresiasi para ibu. Salah satunya Nova. Alhamdulillah kemarin tanggal 20 Mei 2014, saya menghadiri Nova Inspiring Day yang bertajuk Tribute for Mom. Datang sebagai undangan IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) free dong ceritanya #sorak-sorak norak.

IIDN dan Internet

Pertama kalinya nih saya mengikuti undangan sebagai salah satu member IIDN, bukan sebuah kebetulan ketika saya sedang membuka internet, eh kebaca ada acara ini. Jadi peran internet untuk ibu blogger seperti saya sangat penting. Ibaratnya, sepenting api untuk memasak. Kalau nggak ada api ya nggak bisa masak, kan? Punya blog, FB, twitter, tapi kalau nggak ada internet-nya ya nggak bisa posting,googling, browsing, dll. Thanks to internet, kalau digunakan dengan positif insyaAllah banyak manfaatnya.

Acara Tribute for Mom

Anyway, di acara Tribute for Mom, saya sangat senang dapat bertemu dengan Dra. Reiny Hasan (Psikolog) dan ibu-ibu lain dari 24 komunitas di Jabodetabek, khususnya juga dengan ibu-ibu IIDN (Mba Tia, mba Mercy) dan IIDB (Teh Oca, teh Reni, mba Dedes,dkk)

Sebagai rasa terimakasih saya pada IIDN dan Nova, saya ingin membagi apa yang saya dapat diacara kemarin, termasuk resep dari chef Yuda (dan fotonya tentunya,hehe). Semoga laporan saya ini bermanfaat untuk seluruh ibu.

Acara dimulai dengan registrasi ulang para peserta pribadi maupun undangan. Kami mendapat angket yang nantinya akan ditukar dengan goodie bag, tiket yang juga terdapat nomor doorprice , resep untuk demo memasak chef Yuda, dan snack tentunya.

Lalu saya, yang waktu itu datang kepagian (hehe) masuk ke ruang acara , memilih bangku depan. Sekitar jam 9 lebih pembawa acara mulai menyapa peserta yang sudah lumayan banyak. Menginformasikan mengenai box Suara Sahabat. Sebuah kotak untuk bercerita, curhat suka dan duka menjadi ibu. Setiap ibû dipersilahkan untuk menyampikan unek-uneknya untuk di video dan dipilih satu pemenang favorit di akhir acara. Dan saya nggak ikutan, karena fokus wa an sama mba Tia, haha* alesan.

Foto dokumen pribadi
Foto dokumen pribadi

Dan akhirnya acara yang ditunggu datang juga, sharing dengan dra. Rieny Hasan. Dibuka dengan pujian beliau kepada seluruh peserta Nova inspiring day, ibu-ibu yang meluangkan waktunya untuk fun, mencari ilmu di acara ini. Lalu beliau menggarisbawahi cara penyampaian orangtua yang lebih banyak bersifat negatif. Seharusnya, ketika menasehati anak, kita menggunakan kalimat positif. Diikuti dengan niat yg lurus, (“kalau belajar akan naik kelas yang lebih banyak hal menarik.” dbanding menggunakan kalimat “kalau nggak belajar nanti bodoh atau nggak punya teman”)

Permasalahan Seputar Pengasuhan

Saya sempat mencatat permasalahan seputar pengasuhan, hubungan ibu-anak yang ditanyakan oleh para peserta. Berikut laporannya:

1. Ibu: Anak saya sekarang berusia remaja (SMP), jika saya minta membantu saya/mengerjakan sesuatu nggak seketika dikerjakan)/tdk nurut. Apa yang harus saya lakukan?
Psikolog:
-mungkin anak sedang mengerjakan hal lain (moment harus tepat)
-ketika anak tumbuh dewasa kita tidak bisa mengharapkan kepatuhan seperti TK(
Harus bisa dinalar oleh remaja),kalimat positif
-ibunya memang membutuhkan bantuan

2. Ibu: anak kedua (3 anak perempuan semua) sensitif,mudah menangis ketika menghadapi masalah.harus bagaimana?
Psikolog:
– ibu harus menumbuhkan percaya dirinya. melatih denganhal2 sehari2.
-dampingi dengan pengalaman karena berproses. anak tengah memang kadang bermasalah.kadang bagus sekali/bermasalah banget.
-ibu lebih sabar.beri pengalaman untuk buat keputusan sendiri.

3. Ibu: akhir-akhir ini marak kejadian bullying, bagaimana agar anak kita tidak menjadi korban?
Psikolog: bullying (menyadari ada org lain yg bs dimanipulasi krn mereka merasa lbh super)
pasti ada disemua sekolah. bagimana supaya tdk dibully?lengkapi anak dengan ketrampilan sosial, cara sharing dengan orang lain.

4. Ibu: bagaimana menasehati balita agar tidak nakal?
Psikolog: anak itu selalu bisa diajak ngomong. tetapi karena mereka respon emosional tdk sperti org dewasa, kita kecewa krn responnya brbeda. anak kecil short memory, jadi harus sering diulang-ulang nasehatnya.
-ibunya yang belajar mngendalikan diri, lebih sabar

5. Ibu: apakah jika kecil salah didik maka ketika besar akan kesulitan menegur dll? anak saya pelupa,ceroboh, anak bungsu laki-laki satu-satunya dari 5 anak. bagaimana merubah sifatnya?
Psikolog: mungkin anak berfikir mama selalu ada,sehingga kemandiriannya berkurang, sehingga harus perlahan dilatih kemandiriannya. berikan tanggung jawab terhadap beberapa hal,mulai dari hal/permasalahan kecil, lalu meningkat dan semakin meningkat.

Nah, diakhir sharing, ibu Reiny Hasan memberikan wejangan mengenai pendidikan seks anak sejak dini. Agar anak-anak tahu fungsi masing-masing alat reproduksi. Bukan dengan ditakut-takuti. Anak-anak diajarkan menghormati alat reproduksinya. Tidak boleh ada orang lain yang memegang vaginanya, kecuali dokter (yang didampingi mama). Ibu Rieny juga memberikan fakta bahwa 75% pemerkosa anak adalah pelaku yang tinggal serumah=(. Oleh karena itu anak harus mncermati sejak kecil, memperkenalkan apa itu vagina,itu penis (bukan menggunakan istilah-istilah lucu karena dianggap tabu). Ketika anak sudah mulai menstruasi,kita sebagai orangtua wajib menjelaskan bahwa anak bisa hamil bahkan tanpa buka CD.Jadi anak belajar menghargai diri sendiri.

Pesan kedua dari Bu Rieny adalah kehidupan keluarga harus sinergi antara hubungan ibu-anak-bapak. Ajarkan pada anak bagaimana menghibur bapaknya ketika sedih. Sehingga, jika ternyata ibu dipanggil terlebih dahulu, maka anak-anak dapat merengkuh bapaknya. Bisa dimulai sejak SD untuk membicarakan mengenai kematian.

Sebagai penutup, ibu Rieny memberikan kesimpulan tips menjadi ibu yang bahagia. Pertama adalah kebahagiaan dengan punya metime (entah membaca buku, pergi ke acara-acara parenting sendirian, dll). Kedua ,selalu pakai rasa ketika membesarkan anak, sehingga kita tidak kehilangan moment yg membahagiakan .Ketiga, dan yang paling penting dari semuanya adalah, pada akhirnya tujuan kita mendidik dan mengasuh anak bukanlah agar anak menjadi juara 1, menjadi murid terpintar dan sejenisnya, tetapi membentuk anak yang berkarakter baik=).

Foto dokumen pribadi
Foto dokumen pribadi

Hiburan

Acara selanjutnya hiburan, dari penyanyi cilik yang beranjak dewasa, Angel. Membawakan beberapa lagu mengenai ibu, bunda. Lalu diikuti dengan penjelasan mengenai pentingnya sarapan oleh sponsor (energen).

Foto dokumen pribadi
Foto dokumen pribadi

Demo Masak

Tibalah demo masak oleh chef Yuda Bustara. Kenal donk ya? Pengisi program Urban Kitchen di kompas TV.hehe. Masakan-masakannya selalu simpel tetapi bergizi. Kali ini, chef Yuda akan mendemokan tiga resep, main course, desert, dan minuman.
Here we go, resep pertama: SALMON IN A BAG

Bahan:

1/4 gelas miso paste atau tauco jepang
3 sdm madu
1 sdm mirin (boleh diabaikan)
1 sdm cuka
1 sdm kecap asin
1 sdm minyak wijen
parchment paper
2 salmon fillet
4 bokchoy
200 gram jamur champignon
4 daun bawang

Cara membuat:

1. panaskan oven 180 derajat
2. buat saus: campur miso, madu, vinegar, soy sauce, dan sesame oil
3. potong-potong sayuran
4. buat partchment paper membentuk hati dengan gunting
5. susun sayur, ikan dan sauce diatas kertas roti
6. jepit sisi kertas seperti membuat origami
7. panggang sampai kertas menggembung kira-kira sampai 10 menit
8. keluarkan dari oven, robek kertas dan taburi bawang.

Resep kedua: LYCHEE KIWI MOCKTAIL
bahan:
250 ml jus lychee ( pakai minuman sari buah lychee juga bisa)
1 buah kiwi
sejumput daun mint
es secukupnya

Cara membuat:

1. masukkan daun mint dan kiwi ke dalam shaker lalu lumatkan sampai benar-benar hancur.
2. tambahkan es dan sisa bahan
3. shakes sampai benar-benar dingin
4. tuangkan dalam gekas dan sajikan dengan daun mint
5. sajikan dengan sedotan besar agar kiwi mudah di sedot

Resep ketiga: FRUIT SALAD

Bahan:

Pepaya
Pisang
Semangka
Strawberry
Nanas
Yoghurt kental
Madu
Daun mint

cara membuat:

1. potong buah kecil-kecil, letakkan ke dalam mangkok
2. siram dengan yoghurt kental, madu secukupnya, dan potongan daun mint

tips: cocok dijadikan sarapan, pilih buah sesuai musim

Diakhir demo, chef Yuda bagi-bagi porsi kecil semua masakannya loh. Icip-icip yang menggetarkan cacing diperut,hehe. Saya nyobain salmonnya, dan….enak, nggak amis, berasa makanan restoran#ihiy

Chef Yuda juga humble dengan mengijinkan para fans ibu-ibunya berfoto bersama. Sayang foto saya bareng chef yuda nggak ada,hihi.

Games dan Doorprice

Acara dilanjutkan dengan penampilan angklung dari anak-anak sekolah mana gitu (nggak ngeh# dijewer deh).

Foto dokumen pribadi
Foto dokumen pribadi

Terus saatnya games, dan doorprice. Dan teh ocha berhasil menang games merangkai huruf dari kotak energen. Lalu doorprice dari nomer tiket, kertas khusus dibawah kursi peserta, dan..saya tetep nggak dapet juga.hehe. Belum beruntung artinya, padahal ada kompor gas, dispenser dan mesin cuci (mungkin yang lain lebih membutuhkan):)

Foto dokumen pribadi
Foto dokumen pribadi

Finally, penutupan acara, kemudian foto-foto deh tim IIDN, dan juga IIDB. Sebelum pulang, kami menukar angket dengan goodie bag majalah nova+kipas+ bolpoint+energen.yeay. Alhamdulillah acara selesai dengan lancar. Senang rasanya dapat tambahan ilmu, tambahan teman juga. Thanks IIDN atas undangannya, kapan-kapan lagi ya=)

Foto: dokumen pribadi
Foto: dokumen pribadi
Foto: dokumen pribadi (Saya, mba Tia, mba Mercy IIDN)
Foto: dokumen pribadi (Saya, mba Tia, mba Mercy IIDN)

IIDN dan Milad ke-4

Oh ya, dalam tulisan ini, saya juga ingin mengucapkan Selamat Milad ke-4 kepada IIDN. Semoga terus menginspirasi dan memprovokasi ibu-ibu Indonesia untuk menulis, berkarya, dan menerbitkan buku:). Salam hangat dari Depok.

IMG_14848665681276

(Visited 144 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

2 thoughts on “IIDN Tribute for Mom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *