Hotel di Belitung Tanjung Pandan, Grand Hatika

Facebooktwitterredditmail

Hotel di Belitung yang recomended. Assalammualaikum sahabat ismi, apa kabar? Alhamdulillah ya kasus positif corona sudah menurun. Meskipun telah ada varian baru yang ditemukan di Malaysia, aku pribadi sangat berharap varian baru tersebut tidak sampai ke Indonesia.

Dengan menurunnya kasus positif corona, berbagai wisata di Indonesia sudah mulai dibuka. Termasuk wisata di Belitung. Belitung menjadi lebih terkenal ketika novel Laskar Pelangi viral. Tapi jauh sebelumnya, Belitung sendiri merupakan sebuah pulau yang kaya dengan pantai berpasir putih.

Aku teringat ketika pertama kali menginjakkan kaki di Belitung, tahun 2018. Alhamdulillah aku mendapatkan kesempatan ke Belitung tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Yup, saat itu aku menjadi salah satu pemenang lomba foto mudik yang diadakan oleh Kemenhub. 

Seharusnya aku mendapatkan hadiah ke Lombok. Akan tetapi karena terjadi gempa Lombok, akhirnya semua pemenang Lombok dialihkan ke Belitung. Tidak masalah, toh aku juga belum pernah ke sana.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih satu jam dari Jakarta, aku dan rombongan berkeliling ke Belitung Timur terlebih dahulu. Kami mengunjungi objek wisata jejak Laskar Pelangi. Lalu sorenya menikmati sunset di Pantai Tanjung Tinggi.

Setelah puas bermain ombak dan pasir, aku dan rombongan diantar ke hotel. Kami mendapatkan penginapan di Grand Hatika. Seperti apa pengalamanku selama berada di hotel di belitung tersebut? Baca terus ya.

Ulasan Hotel di Belitung, Grand Hatika

Grand Hatika terletak di Jalan Kemuning A.16, Tanjung Pandan, 33412, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Lokasinya cukup dekat dari bandara yaitu hanya 20 menit saja.

Selain itu, ada beberapa keunggulan hotel ini, antara lain:

1. Hanya satu menit berjalan kaki ke Pantai Tanjung Pendam

Dari depan hotel, pantainya terlihat. Apalagi suara ombaknya, terdengar dengan jelas. Meskipun aku belum jadi kepantainya saat menginap di Grand Hatika, tapi aku tahu bahwa pantai tersebut cukup indah untuk dikunjungi.

Terdapat karang besar yang menjadi ciri khas pantai-pantai di Belitung. Pasir putih yang bersih, juga menjadi keunggulan dari pantai Tanjung Pendam.

2. Di seberang hotel terdapat tempat kuliner

Aku agak lupa apa nama tempat kuliner yang terletak di depan Hotel Grand Hatika. Suasananya mirip food court tapi dengan pemandangan out door. Lampu warna-warni dan alunan musik membuat suasana malam hari menjadi semakin meriah.

pisang goreng keju belitung
Yummy, enak banget! Crispynya pas, kejunya lezat.
Sup iga kuliner Belitung
Lebih nikmat dimakan saat hangat.

Pilihan makanan di tempat tersebut amat banyak, sampai aku dan temanku kebingungan. Akhirnya aku menyantap sup iga, dan kami juga memesan pisang goreng ala Belitung. Dengan adanya pusat kuliner ini, tamu tidak perlu mencari makanan yang terlalu jauh dari hotel.

3. Terdapat kolam renang yang cukup besar

hotel di Belitung Tanjung Pandan

Kolam renangnya outdoor dan ada kolam renang anaknya. Kolam renang tersebut juga bersih dan jernih airnya. Salah satu hal yang aku suka dari Grand Hatika adalah kebersihannya.

4. Menu breakfast -nya lengkap

sarapan di hotel di Belitung

Pengunjung mana yang tidak senang bilang menu sarapan hotelnya lengkap? Itu pula yang aku suka dari Grand Hatika.

menu resto hotel di Belitung
Aneka sereal

Tidak hanya menyediakan bubur, Grand Hatika juga menyediakan sereal dan roti ala barat untuk dihidangkan saat sarapan.

Mi Belitung
Mi nya disiram dengan kuah udang 😍
mi kuah udang Belitung
Ini dia kuah udangnya. Enggak amis.

Selain itu, ada Mi Atep (mi kuah udang) yang menjadi kuliner khas Belitung.

Aneka hidangan ikan berkuah juga aku temui di sana. Ada yang tahu apa nama masakan ini?

ikan kuah khas belitung

Kue-kue manis yang menggoda iman pun tak luput dari pandanganku.

menu sarapan Grand Hatika Belitung

breakfast Grand Hatika Hotel
Ada yang tahu nama kue-kuenya?

Minumannya juga bervariasi. Mulai dari jus, hingga infus water yang berisi rendaman buah. Teh dan kopi tentu saja ada.

resto kemuning hotel di Belitung
Sarapan di Resto Kemuning memang bikin kenyang.

Rasanya enak semua. Apalagi prasmanan dan boleh ambil sepuasanya. Memang belum terjadi pandemi ketika aku menginap di Grand Hatika, sehingga semua tamu bebas mengambil sendiri makanannya.

5. Kamarnya bersih, luas, dan go green

kamar hotel di Belitung

Salah satu syarat utama hotel di belitung yang bagus adalah kamar yang bersih. Seingatku tidak ada noda debu atau barang-barang yang terlihat sudah lama tidak dibersihkan. Termasuk kamar mandi dan peralatan tea set -nya.

hotel di Belitung Grand Hatika
Sofa dan mejanya juga bersih.

hotel di Belitung Tanjung Pandan bintang 4

Grand Hatika merupakan hotel bintang 4 sehingga kamar yang rapi dan bersih merupakan sebuah keharusan.

Yang membuatku cukup kaget adalah adanya gantungan karton bertuliskan agar tidak menganti handuk bila masih bersih. Karena air dan deterjen yang digunakan untuk satu kali mencuci handuk bisa mencemari lingkungan.

Wow! Menarik, bukan? Hotel di belitung yang memperhatikan lingkungan hidup tentu menjadi sebuah keunggulan.

6. Pelayanannya memuaskan

Pelayanan di Grand Hatika sangat memuaskan. Penutup lensa kameraku sempat hilang sehingga aku melaporkannya ke bagian informasi. Alhamdulillah mereka menanggapi dengan baik. Bahkan mencatat nomor telepon dan alamatku bila nantinya penutup kamera tersebut ditemukan.

lobi hotel Grand Hatika Belitung
Lobi Hotel Grand Hatika

Selain itu, semua stafnya juga sangat ramah. Aku tidak menemukan staf hotel yang jutek. Sungguh nyaman menginap di Grand Hatika.

Oh ya, di sini juga disediakan wifi gratis. Dan wifinya cukup kencang sehingga aku sempat streaming drama korea. Hehe

Dari hasil googling, Ternyata tamu juga bisa memesan layanan antar-jemput ke bandara. Lumayan banget, kan? Enggak perlu susah-susah cari transportasi dari dan ke bandara.

Gimana? Tertarik ke Belitung dan menginap di Grand Hatika? Cuzz, buruan cek harganya di aplikasi travel yang biasa sahabat ismi gunakan. Selamat bersenang-senang di Belitung!

(Visited 77 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

7 thoughts on “Hotel di Belitung Tanjung Pandan, Grand Hatika

  1. Rudi Soedjono Reply

    Duh, beruntungnya Mbak Dian bisa ke Belitung gratisan dan mencicipi kuliner lokal yang khas seperti pisang goreng itu. Udah gitu dekat banget ma pantai–aku ingat pas ke Jember nginap di dekat pantai juga, surga deh… Cozy banget ya, bisa jadi rekomendasi kalau wisata ke Belitung.

  2. nurulrahma Reply

    Aku belum pernah ke Belituuungg nih mba
    Mupeng bgt! Secaraaa aku baca series Laskar Pelangi
    Jadi udah kebayang sih mau cuss ke mana aja di sono.
    Aaakk, ntar mupeng nginep di mariiii

  3. tukang jalan jajan Reply

    seruuuuuu kalau ngga jauh dari tempat wisata. jadi kalau capek langsung menghempas manja didalam kamar buat istirahat. Makanannya terlihat banyak dan beragam. aku jadi laper dan pengen cobain staycation disitu dong

  4. Rindang Yuliani Reply

    Tertarik banget dong pengen mampir dan staycation di sana. Poin utama yang kulihat adalah pelayanannya. Kalau pelayanannya oke, rasanya hal2 minor lain bisa termaafkan Semoga ya suatu saat bisa ke sana. Amin.

  5. lendyagassi Reply

    Seneng banget kalau menemukan hotel yang tepat saat sedang travelling yaa, kak..
    Dan bener lo…memanfaatkan antar-jemput hotel – bandara ini bikin nyaman. Jadi gak perlu lagi cari-cari kendaraan online yang biasanya gak bisa masuk bandara juga, hiiks~

  6. Unggulcenter Reply

    Salah satu bucketlistku hihi. Bbrp kali cuma sempat ke Bangka aja. Di bangka juga ada santika n pernah inep deh kayaknya. Recommended!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *