Hand Paint Homemade

Facebooktwitterredditmail

Bermain adalah proses belajar yang menyenangkan bagi anak-anak. Dalam permainan mereka menemukan cara terbaik mengenal suatu hal. Tentu saja, sebuah aktivitas yang tanpa beban, hingga mereka tidak menyadari sesuangguhnya sedang belajar. Aktivitas ini membuat betah berlama-lama bereksplorasi dan melakukan apapun yang ada dipikiran mereka. Kita sebagai orangtua sifatnya memfasilitasi dan menstimulasi saja, memancing mereka untuk berkreasi.

Saya termasuk ibu yang lebih suka permainan yang dibuat sendiri alias homemade, bahannya biasanya murah meriah, tetapi fungsi belajarnya nggak murahan. Kita intip yuk berbagai permainan homemade Najla.

Hand paint homemade

bahan: terigu+air+pewarna makanan
alat lain: kertas, nampan, pengaduk adonan
kekentalan sesuai selera ya mom.

Resep ini saya dapat dari mak gesges maminya ubii, begitu posting langsung deh saat itu juga saya eksekusi, mumpung bahannya ada semua dirumah. Saya bikin nggak terlalu encer tapi juga nggak kental. Najla antusias banget ngaduk-ngaduk adonannya. Setelah adonan jadi, saya tuang ke nampan/ alas baking, kemudian saya tunjukkan ke najla bagaimana cara bermainnya. Saya tuntun tangannya untuk direndam dalam adonan, lalu mencap nya ke kertas putih polos yang telah disediakan.

Foto dokumen pribadi
Foto dokumen pribadi

Najla sih senang-senang saja, excited lebih tepatnya. Lama-lama kok dia agak jijik ya,haha, minta cuci tangan, lalu lebih memilih mengaduk-aduk adonan dengan sendok khusus.Yeay, Najla menemukan permainannya sendiri, yaitu oles-oles selai kacang (kata Najla). Seperti sudah diduga, 10 menit kemudian, handpaint homemade akhirnya berubah menjadi selai dilantai,haha.

Foto dokumen pribadi
Foto dokumen pribadi

Lap yang sudah disediakan pun sering nggak dipakai sama Najla, dia lebih spontan mengelap dibaju/ celananya, kyaa. Untungnya bahan-bahan homemade ini mudahdibersihkan, tinggal rendam baju dan celanan yang kotor di air, luntur sendiri deh catnya. lantai juga begitu, kalau keringpun bisa di kletek dengan mudah=).

Oh ya, sampai lupa, permainan ini ada tujuan tersendiri lho. Anak- anak belajar mengenal warna, mengenal tekstur (misal adonan dicampur dengan beras atau kerikil) , mengenal kekentalan adonan (misal membuat lebih dari dua jenis keenceran), melatih motorik halus, bahkan melatih konsentrasi dan kreativitas. Jadi nggak ragu lagikan mencoba permainan homemade yang aman (bila tidak sengaja tertelan) , murah, bahan mudah dicari dan menyenangkan bagi ibu dan anak.

(Visited 62 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

Leave a Reply

Your email address will not be published.