Tingkatkan Domain Authority dan Produktivitas Ngeblog di Arisan Ilmu Yogyakarta

Facebooktwitterredditmail

Domain Authority? Makanan apa tuh? Domain Authority atau biasa disingkat DA adalah salah satu patokan atau tolak ukur suatu blog. Kalau produktivitas blog? Dianggap produktif itu jika posting tulisan berapa banyak sebulan?

received_10205799706500507~2

Yuk Tingkatkan Domain Authority dan Produktivitas Ngeblog

Sabtu kemarin tanggal 30 Januari 2016 adalah hari arisan ilmu KEB. Temanya seru nih “Cerdas Kelola DA, dan Tingkatkan Produktivitas Ngeblog”. Buat yang belum tahu apa itu DA, pas banget kan jadi nambah ilmu.

Acara bertempat di Alive Fusion Dining di Jalan Timoho, dengan pemateri Mbak Carolina Ratri. Well, dan saya datang sangat telat. Alasan klasik bumil berbalita, hehe, siap-siapnya lama. Itu juga tadinya nyaris nggak ikutan kalau tiba-tiba kontraksi karena udah hari perkiraan lahir bayi. Begitu tanda-tanda kontraksi belum muncul, langsung meluncur deh.

Berbicara soal DA atau Domain Authority, saya sendiri baru mengenal istilah tersebut ketika berhubungan dengan tawaran meriview dari perusahaan. Jadi, beberapa perusahaan mematok batas DA tertentu baru dapat berpatner dengan mereka. “Wew, sebegitu pentingnya kah DA?” Pikir saya. Belakangan, selain DA, banyak syarat lain yang juga merupakan indikator sebuah perusahaan memilih suatu blog untuk kerjasama. Antara lain ada yang namanya alexa rank, page view, page rank, dan sebagainya. Bahkan jumlah follower twitter dan instagram pun punya peranan khusus lho bagi seorang blogger.

Balik ke DA. Domain Authority adalah acuan tingkat kepercayaan google terhadap suatu blog. Semakin tinggi semakin baik. Menurut pemateri Mbak Carra,  ada tiga hal utama penentu nilai DA, yaitu usia domain, popularitas dan ukuran domain (jumlah artikel). Wah berarti blogger pemula DAnya kecil dong? Bisa iya, bisa juga cepat naik bila kita tahu cara meningkatkan DA. Popularitas sebuah blog juga tergantung banyak hal kan? Antara lain networking pemilik blog, intensitas update blog dan sharing sosial media, serta konten artikel apakah digemari atau dibutuhkan nitizen atau tidak. Sama halnya dengan jumlah artikel. Pemilik blog harus rajin membuat artikel agar blognya nggak lumutan, hehe.


Cara lain buat meningkatkan DA ada lagi kah?

Mbak Carolina Ratri merangkumnya dalam 7 cara, yaitu:

1. Tingkatkan SEO

2. Konten artikel yang baik

3. Internal linking

4. Cek broken links dan backlinks

5. Tambah backlink berkualitas

6. Kurangi high bounch rate

7. Bersabarlah!

Penjelasan dari tiap-tiap caranya mana dong, Dian? Tunggu di postingan selanjutnya ya:)

Bagaimana dengan produktivitas ngeblog?

Sebagian blogger tentu merasakan bahwa mood untuk menulis naik turun. Bahkan mungkin baru nulis kalau ada lomba blog saja, hehe. Atau ide sudah banyak tapi nggak jadi-jadi artikelnya. Ternyata ada tips tertentu lho agar produktivitas ngeblog kita oke.

Masih menurut Mbak Carolina Ratri, setidaknya 4 hal ini akan membantu membuat blogger jadi produktif ngeblog, yaitu:

1. Punya bank ide dan bookmark

2. Catatan kerangka

3. Bikin jadwal ngeblog

4. Kalau perlu, editorial calender

Saya sendiri untuk ide lumayan banyak nih yang belum terealisasi. Bikin kerangka belum pernah coba. Jadwal ngeblog sih ada, tapi beberapa minggu terakhir nggak jalan karena konsentrasi melahirkan. Nah editorial calender ini yang baru untuk saya. Wah ternyata jadi blogger nggak semudah yang dibayangkan ya. Kami-kami ini mungkin banget kehabisan ide atau lagi nggak mood. Kalau sudah begitu, duh rasanya esmosi jiwa ngeliat blogger lain pada rajin update. Emosi jiwa dalam artian yang positif kalau saya. “Kok bisa sih si A update terus, padahal kan sibuk,” misalnya. Atau,” Kok bisa sih si B ngelola banyak domain dan semuanya popular?” hihi, kepo positif kan.

Selain materi yang berhasil saya download (karena nggak ikut live materinya), makanan di Alive juga lumayanlah buat bumil. Nih saya pesan pasta, Najla seperti biasa kentang goreng, dan suami pesan kwetiaw goreng.

Saya lupa namanya pasta apa, huruf depannya N=)
Saya lupa namanya pasta apa, huruf depannya N=)
Westtern dan Asian Food
Westtern dan Asian Food

Ada yang heboh sama minuman pilihan saya nih, orange milk yang ternyata berporsi jumbo:D.

Orange milk cold
Orange milk cold

Resto ini juga cukup cozzy dan cocok digunakan untuk meeting atau acara seperti arisan ilmu.

Acara kemarin juga jadi ajang silaturahmi emak blogger jogja yang biasanya hanya ketemu di dunia maya. Banyak wajah-wajah baru yang saya lihat. Ada juga mungkin wajah lama tapi saya belum pernah ketemu. Rame banget lah arisan ilmu Januari ini. Nggak percaya? Nih foto-fotonya.

Foto by Primastuti. Collage by me
Foto by Primastuti. Effect by me

https://youtu.be/tedXqoZgclo

Bagaimana dengan arisan ilmu Februari ya? Wah sudah nggak sabar!

(Visited 129 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

6 thoughts on “Tingkatkan Domain Authority dan Produktivitas Ngeblog di Arisan Ilmu Yogyakarta

  1. Aya Reply

    Waaaa…keren banget nih tulisannya
    Semalem udah ngedraft, eh catetan pas acara ilang keselip dimana hiks hiks

Leave a Reply

Your email address will not be published.