wisata budaya Jakarta

Destinasi Wisata Budaya di Jakarta

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Wisata budaya Jakarta menjadi oase di tengah hiruk pikuk kota metropolitan.

Assalamualaikum, ada yang nanya enggak nih gimana rasanya tinggal hampir 2 bulan di Depok? Betah? Seru? Sudah berapa kali ke Jakarta? Lalu kalau jalan-jalan kemana saja?

Sebagai ibukota dari negara Indonesia, tentunya selain wisata keluarga, alam dan edukasi yang ditawarkan, Jakarta juga memiliki wisata budaya yang tidak kalah indah. Sehingga jika kamu bosan berlibur di taman hiburan maupun mall yang tersebar di seluruh Jakarta, kamu bisa berlibur ke berbagai wisata budaya yang ada di Jakarta.

Apalagi dengan berkunjung ke wisata yang mengandung unsur budaya, kamu dapat berlibur dan mendapatkan beragam ilmu tentang budaya secara bersamaan. Mau tahu tempat wisata Jakarta yang mengandung unsur budaya? Perhatikanlah beberapa ulasan tentang destinasi wisata budaya di Jakarta berikut ini.

Kota Tua

Tempat wisata Jakarta pertama yang mengandung unsur budaya yang cukup terkenal dan wajib dikunjungi, tentunya adalah Kota Tua. Kota Tua Jakarta dulunya adalah bagian dari Batavia. Sebuah wilayah yang terletak antara Jakarta Barat dan Utara.

wisata budaya Jakarta

Foto by @sarifadilaf

Pada zaman keemasannya Kota Tua menjadi tempat singgah dan transaksi dari orang-orang Eropa. Selain itu, tempat ini dijuluki sebagai “Permata Asia”. Ini dikarenakan keunikan dari Kota Tua. Bahkan  sampai saat ini, selain gedung tua yang masih asli di Kota Tua, kamu bisa melihat keindahan dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Di Kota Tua juga terdapat beragam museum yang unik, menarik serta menawarkan nuansa yang berbeda. Seperti halnya Museum Fatahillah dan Museum Bank Indonesia.

Taman Mini Indonesia Indah

Kamu pasti tahu tentang Taman Mini Indonesia Indah. Taman yang sering disebut dengan nama TMII atau Taman Mini ini merupakan sebuah objek wisata berupa taman rekreasi. Selain untuk rekreasi Taman ini juga merupakan salah satu wisata budaya yang ada di Jakarta. Hal ini dikarenakan Taman Mini menyajikan edukasi dari seluruh Indonesia.

Taman ini merupakan gambaran serta versi Mini dari wajah Indonesia. Sehingga bukan hal yang aneh bila di Taman Mini terdapat replika (miniatur) dari seluruh pulau yang ada di Nusantara (33 provinsi). Tak hanya itu, di setiap anjungan provinsi juga dibangun rumah adat sesuai dengan provinsi masing-masing.

taman legenda keong mas

Foto by @sarifadilaf

taman dinosaurus

Taman Dinosaurus di TMII. Foto by @sarifadilaf

Taman ikonik yang bertemakan Indonesia serta sudah populer sejak tahun 90-an ini, juga menawarkan berbagai macam Wahana seperti halnya Anjungan Daerah, Kereta Gantung, Teater 4D, dan berbagai wahana wisata seru lainnya.

taman mini Indonesia indah

Foto by @sarifadilaf

Taman Mini merupakan destinasi wisata yang sangat cocok untuk berbagai kalangan umur. Jika kamu ingin berkunjung, kamu harus datang antara pukul 07.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Selain itu, karena lokasinya yang sangat strategis, cara untuk mencapai Taman ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu naik transportasi umum, seperti KRL maupun Trans Jakarta yang menuju Taman Mini.

Rumah si Pitung

Kamu pasti pernah mendengar cerita tentang si Pitung? Atau mungkin pernah menonton film si Pitung yang tayang di televisi. Mungkin bagi kamu si Pitung hanyalah tokoh cerita dalam film maupun cerita legenda. Namun jangan salah si Pitung bukan hanya tokoh dalam cerita, namun juga seorang pendekar asli dari Betawi.

Baca juga Setu Babakan, Wisata Betawi

Bahkan, jika kamu penasaran dengan bukti asli, bahwa si Pitung benar-benar seorang pendekar dari Betawi, kamu bisa berkunjung ke Rumah si Pitung. Rumah si Pitung saat ini telah menjadi sebuah destinasi wisata yang direkomendasikan, jika kamu berkunjung ke Jakarta. rumah si Pitung ini berada di Kampung Marunda Pulo, Jakarta Utara. Di sini kamu akan melihat rumah si Pitung yang masih dirawat dan dijaga kelestariannya.

Pasar Seni

Kamu pecinta seni? Jika iya, kamu harus berkunjung ke wisata Jakarta satu ini. Wisata yang menawarkan berbagai keindahan seni ini bernama Pasar Seni Jakarta. Ketika berkunjung ke tempat ini kamu tidak hanya disambut oleh toko-toko yang menyediakan beragam koleksi seni yang menarik. Melainkan juga seniman-seniman yang meramaikan Pasar Seni ini.

Keindahan karya milik seniman-seniman ini, tentunya akan menjadikan Pasar Seni sebagai salah satu objek wisata yang memorable. Selain itu, pengalaman yang diberikan saat berkunjung ke tempat ini pasti susah dilupakan. Terlebih banyak karya seni unik yang jarang ditemui di tempat lain.

(Visited 35 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!