Dekorasi Rumah Minimalis Bikin Betah di Rumah

Facebooktwitterredditmail

Dekorasi rumah minimalis ala saya dan Nippon Paint.

Dekorasi rumah minimalis sederhana

Tak terasa sudah setahun lebih pandemi melanda dunia. Terhitung sejak akhir Februari 2020, kampanye di rumah saja digaungkan dimana-mana. Saya pribadi cukup syok saat awal-awal harus di rumah saja. Tapi karena habis melahirkan dan punya bayi, kondisi di rumah saja justru membawa banyak berkah. Meski demikian, tidak semua orang merasakan hal yang sama.

Sebagian besar kenalan saya justru merasakan sebaliknya. Bulan keenam pandemi, mereka mulai merasa bosan, gelisah, kesepian, tidak bergairah, mudah merasa lelah, sulit berkonsentrasi, insomnia, mudah emosi, mudah tersinggung, bahkan ada yang stres hingga mengalami depresi. Kenyataannya, suasana rumah yang kurang menyenangkan, atau aktivitas yang membosankan menjadi akar masalahnya.

Bila perasaan tidak nyaman tersebut melanda dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa jadi sedang mengalami cabin fever. Apa sih cabin fever itu? Ada yang belum tahu?

Mengutip Very Well Mind, cabin fever dalam istilah populernya merujuk pada reaksi kumpulan emosi negatif akibat seseorang terisolasi dalam jangka waktu lama. Cabin fever ini bukanlah gangguan psikologis, namun dampaknya terasa nyata.

Cara Mengatasi Cabin Fever

Akibat dampak negatif tersebut, produktivitas dan kesehatan seseorang bisa terganggu. Bahkan aktivitas hariannya juga. Oleh karena itu, cabin fever perlu diatasi sesegera mungkin. Hmm, bagaimana caranya ya?

Buat Rutinitas atau Hobi Baru

Selama pandemi, beberapa hobi baru bermunculan. Antara lain berkebun, bersepeda, dan memelihara hewan. Saya sendiri juga mulai menambah koleksi tanaman hias agar rumah lebih asri dan oksigen lebih banyak.

Berkebun di lahan sempit
Beberapa koleksi tanaman hias saya. Hobi sekaligus untuk dekorasi ruangan

Keluarga saya bahkan memelihara kucing sehingga anak-anak yang tadinya mulai bosan di rumah saja, menjadi lebih bersemangat menjalani hari. 

Bermain bersama kucing atau hewan peliharaan lainnya ternyata membawa kesenangan tersendiri. Riset bahkan mengatakan bahwa mengelus kucing meningkatkan hormon kebahagiaan.

Oh ya, selama pandemi, saya bahkan mengikuti workshop kelas podcast sehingga akhirnya bisa membuat podcast sendiri. Yeay!

Tetap Terhubung Meski Di Rumah Saja

Beruntung pandemi terjadi di saat teknologi sudah begitu bagus. Jadi, walaupun tidak bisa keluar rumah atau bertatap muka, sosial media dan internet bisa menjadi solusinya. Video call ke kampung halaman, mengikuti pertemuan sosial melalui zoom, bahkan chat via Whatsapp sebaiknya tetap dilakukan agar tidak merasa kesepian atau sendirian.

Tetap Aktif Secara Fisik

Di rumah saja membuat hasrat rebahan semakin besar. Kalau fisik tidak dijaga dengan tetap aktif, maka jangan kaget ketika berat badan bertambah (hiks, saya banget). Oleh karena itu, olahraga yang bisa dilakukan di rumah bisa menjadi pilihan. Misalnya bersepeda statis, yoga, aerobik, dan sebagainya.

Kalau mau berenang di kolam privat boleh-boleh saja. Bahkan bersepeda tanpa berkerumun dan tetap melaksanakan 5M sah-sah saja.

Ubah Penataan Perabotan, atau Dekorasi Rumah secara Berkala agar #BetahDiRumah

Bagi seorang perempuan, pergantian suasana rumah agar betah di rumah menjadi hal yang cukup penting. Apalagi untuk seseorang yang moody seperti saya. Mengubah dekorasi rumah atau menata ulang perabotan menjadi refreshing tersendiri. Siapa sih yang tidak ingin melakukan dekorasi rumah minimalis agar betah di rumah?

Hal senada disampaikan oleh Mbak Zata Ligouw seorang influencer/digital creator dalam acara virtual Media & Blogger Gathering bertajuk “Hobi Dekorasi Selama Pandemi, Agar #betahdirumah”, yang berlangsung di Jakarta, Jumat tanggal 9 April 2021 kemarin.

Zata mengaku, sebagian waktunya saat ini memang lebih banyak dihabiskan di rumah saja. Seperti work from home, menghadiri berbagai seminar virtual, hingga mendampingi anak-anak untuk online school, segala sesuatunya dikerjakan di rumah. 

Dengan banyaknya aktivitas virtual tersebut, maka sebagai seorang digital creator, Zata merasa bahwa mempercantik sudut rumah adalah hal yang diperlukan. Tetapi ternyata Mbak Zata mengalami kebingungan saat harus memilih warna yang tepat untuk ruangannya yang tidak begitu luas.

“Awalnya bingung karena ruang kerja saya tidak terlalu besar. Namun setelah konsultasi dengan desainer interior melalui layanan Colour Scheme Service dan Nippon Paint WhatsApp Care, sertakartu warna Colours of Life dari Nippon Paint, saya mendapatkan warna yang diinginkan, yang sesuai dengan luas ruangan serta merepresentasikan karakter saya,” cerita Zata.

Cat tembok yang bagus
Hasil konsultasi Mbak Zata dengan CSS
Dekorasi ruang kerja di rumah
Jadilah ruang kerja baru yang fresh ini

Pada acara Media & Blogger Gathering tersebut, Endy Nahya, Desainer Interior Nippon Paint Indonesia berbagi tips dan trik memilih warna ruangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mendekorasi ruangan di rumah. Apa saja ya?

    1. Ruangan akan digunakan untuk apa
    2. Seberapa penting ruangan tersebut
    3. Suasana atau nuansa yang diinginkan
    4. Besaran skala dan kompleksitas dekorasi rumah
    5. Kebutuhan terhadap tenaga kontraktor, atau bisa tidaknya dikerjakan sendiri
    6. Wawancara beberapa kontraktor termasuk track recordnya
    7. Penetapan budget termasuk membuat akun pengeluaran tersendiri
    8. Penetapan jadwal dan cek list peralatan
    9. Membersihkan, merapikan, dan membuang barang-barang yang tidak perlu (sebelum memulai dekorasi ruangan)

Mbak Endy juga menyampaikan bahwa warna cat pada dinding tidak hanya sebagai dekorasi ruangan, tapi juga berpengaruh pada psikologis dan suasana hati penghuninya. Selain itu, keserasian warna juga penting untuk menghasilkan kombinasi yang harmonis. 

Nah, ada fakta menarik tentang psikologi warna, yaitu:

    1. Warna merupakan elemen tercepat yang dapat ditangkap mata. 
    2. Warna dapat mencerminkan kepribadian dan identitas.
    3. Warna pada ruangan dapat mempengaruhi psikologi dan suasana hati penghuninya.
      Nippon Paint memiliki ribuan warna yang diberi kode berdasarkan kategori sebagai berikut : 
  • Pastel (P) : Warna muda
  • Tint (T) : Warna terang
  • Deep (D) : Warna yang lebih terang dari Tint
  • Accent (A) : Warna tua 

Untuk pengaplikasian warna, teman-teman dapat mengkombinasikan warna dasar dan warna aksen. Lebih jelasnya bisa lihat foto berikut ini:

Tips memilih warna cat

Cara memilih cat tembok

Ada enam tema favorit untuk dekorasi ruangan, yaitu minimalis, natural, elegan, classic, ceria dan pastel. Kombinasi warnanya sebagai berikut:

Inspirasi dekorasi rumah minimalis elegan

Keren ya dekorasi rumah minimalis bisa didapatkan hanya dengan kombinasi warna cat dinding saja.

Untuk pemilihan warna interior juga bisa disesuaikan dengan warna furniture atau perabotan yang ada. Misalnya furniture dominan warna gelap, maka dinding ruangan sebaiknya dipadukan dengan cat warna gelap agar furniture terlihat lebih elegan. Dengan tambahan catatan. Warna lantai dan langit-langitnya terang ya.

Untuk furniture berwarna terang, makan teman-teman dapat mengkombinasikan dinding ruangan dengan berbagai warna (bright/ soft). Lalu ambillah salah satu bidang untuk diberikan warna yang lebih gelap agar dinding tidak monoton.

Bagaimana bila ruangan yang akan didekorasi mempunyai furniture yang warnanya beragam? Tenang, ada tips oke nih. Mbak Endy menyarankan agar memilih warna catnya yang terang, terutama warna netral.

Wah, seru juga ya mendekorasi ulang ruangan. Kalau kita sudah tahu konsep dasarnya, tentu jadi lebih mudah menentukan warna cat dinding untuk dekorasi rumah minimalis.

Meski begitu, tidak semua orang mempunyai jiwa dekorasi rumah minimalis yang mumpuni sehingga kadang jadi tidak percaya diri ketika akan mendekorasi ruangan. Misalnya, merasa sulit menentukan warna cat, produk, hingga mencari solusi masalah pengecatan.

Solusi Dekorasi Rumah Minimalis

Untungnya, Nippon Paint Indonesia punya solusi untuk dekorasi rumah minimalis. Tidak tanggung-tanggung, ada empat solusi yang ditawarkan, yaitu:

Dekorasi rumah kecil tapi mewah

  1. Total Coating Solution (TCS) Perumahan, Cluster, dan Townhouse

Setiap jenis proyek/bangunan memiliki fungsi dan kebutuhan cat berbeda. Total Coating Solutions (TCS) memberikan panduan memilih cat/ pelapis untuk setiap permukaan. Misalnya saja cat untuk eksterior, pagar besi, cat kayu, dinding bertekstur, hingga dinding bata.

Untuk membantu pemilik rumah dalam mendapatkan pemahaman menyeluruh mengenai kebutuhan pengecatan rumah, Nippon Paint mengeluarkan TCS Rumah Perumahan. 

Selain itu, ada TCS untuk Sekolah, Bandara, Masjid, Rumah Sakit, Hotel, Gereja, dan sebagainya. Saat ini sudah ada 10 seri TCS, dan pastinya akan terus bertambah.

  1. Colour Scheme Service (CSS) 

CSS memungkinkan konsumen untuk konsultasi gratis bersama desainer interior profesional Nippon Paint untuk memvisualisasikan warna cat pada bangunan, dengan tiga alternatif kombinasi warna dan ada rekomendasi produk. Dengan kata lain CSS adalah jasa konsultasi visualisasi ruangan.

Layanan CSS Nippon Paint

Mbak Zata sendiri sempat menggunakan jasa CSS ini saat akan mendekorasi ulang ruang kerjanya. Caranya sangat mudah, cukup foto ruangan yang akan dicat, lalu klik link bit.ly/FormCS dan isi form CSS di sana, dan konsumen akan mendapatkan tiga alernatif kombinasi warna. 

Cara dekorasi rumah minimalis sederhana

Untuk melihat berbagai inspirasi desain Colour Scheme Service, teman-teman bisa mengunjungi Instagram @colourscheme.id 

  1. Panduan kartu warna Colours of Life

Konsumen dapat memilih warna dengan garansi 100% akurat dan konsisten sesuai warna cat dan dibagikan secara gratis kepada konsumen baik dalam bentuk cetak maupun digital yang dapat diunduh di www.nipponpaint-indonesia.com 

Kartu warna Nippon Paint
Ada warna bertekstur segala. Cute!

Panduan warna ini akan memudahkan konsumen untuk memilih cat sesuai ruangan yang akan didekorasi. 

  1. Layanan Nippon Paint WA Care

Nippon Paint WA Care bertujuan agar konsumen dapat memperoleh informasi seputar pembelian produk, konsultasi warna, konsultasi pengecatan dan komplain. Konsumen yang ingin melakukan konsultasi secara GRATIS dapat menghubungi Whatsapp Care di nomor 0811-1283-028. Sangat bermanfaat sekali, kan? Gratis pula.

Inovasi Teknologi Anti Mikrobial Silver-Ion

Nippon Paint cat anti virus anti bakteri

Silver-ion adalah partikel perak berukuran sangat kecil yang diubah menjadi ion. Sebelum antibiotik ditemukan, perak sudah digunakan selama berabad-abad di Yunani untuk menangani sakit perut atau menyembuhkan luka. Silver-Ion lebih efektif sebagai anti-mikroba karena bentuk lapisan perlindungan setelah kering, jadi tahan lama. 

Apakah ada bukti bahwa Nippon Paint Silver-Ion benar-benar dapat menghilangkan virus? Ya, tentu saja ada penelitiannya. Hasil riset ALG menyatakan bahwa 99,99% efektif membasmi Human CoronaVirus (Strain 229E)

Cat anti virus

Tak hanya corona virus, tapi beberapa virus dan bakteri lain juga dapat dibasmi oleh Nippon Paint Silver-Ion.

Silver ion Nippon Paint

Oh ya, untuk mengecat produk Silver-Ion Nippon Paint yang punya efek anti virus, tidak dibutuhkan tenaga ahli. Tapi kalau konsumen tidak mau mengecat sendiri bisa memanggil tukang. Cat anti virus Silver-Ion tidak membebaskan partikel apapun. Yang penting adalah anti virus tersebut bekerja di waktu tertentu. Cara kerjanya misal ketika menempelkan tangan ke tembok, nah catnya akan mematikan virus di tangan tersebut.

Cat Silver-Ion bertahan di tembok rumah selama lapisan cat utuh dan dinding masih bagus. Selama dinding tidak ada retakan dan tidak mengelupas maka silver ion nya masih berfungsi. Menarik, ya?

Dekorasi rumah minimalis bikin betah di rumah

Acara gathering diakhiri dengan sesi tanya jawab. Ada beberapa pertanyaan yang menarik untuk disimak nih. 

1. Butuh waktu berapa lama agar cat Nippon Paint kering? 

Keringnya tergantung faktor udara dan suhu, kurang lebih 2 sampai 3 jam. 

2. Apakah semua produk Nippon Paint termasuk cat anti virus dapat ditemukan di seluruh Indonesia? Termasuk daerah terpencil? 

Mungkin belum ada di tempat terpencil. Tapi yang penting ingatlah nomor Whatsapp Nippon Care Indonesia. Pasti ada caranya untuk dilink kan ke lokasi yang diinginkan.

3. Tips agar saat mengecat tembok, catnya tidak banyak yang menetes ke lantai. 

Tetesan cat di lantai bisa langsung dilap pakai kain basah. Dicegah dengan menggunakan alas koran juga bisa.

Ketika cat sudah kena ke lantai gampang dibersihkan dengan kain basah atau lantai dilapisi lembaran plastik yang cukup besar. Tapi harus dilakban. Lakban di temboknya dulu agar plastik dan koran tidak bereser dan sama sekali tidak ada celah untuk catnya netes. Nanti ke depannya juga ada rencana dari Nippon Paint untuk menjual lakban dan plastik ya sekalian. Agar konsumen bisa merasakan eksperience untuk mengecat tembok sendiri. 

4. Apakah Nippon Paint memiliki produk antirayap? Iya, tentu saja ada. Bisa dilihat di TCS. 

5. Tren warna untuk tahun 2021 ini? 

Tren warna untuk Asia lebih ke warna earth tone, pastel, warna alami karena adanya pandemi. Tapi untuk Indonesia ada tren warna lain yaitu hijau bolu pandan terutama menjelang Ramadhan dan lebaran di Indonesia. Warna tersebut terasa fresh. 

6. Inovasi terbaru Nippon Paint produk apa saja ya?

Nippon Paint selalu berinovasi, antara lain spotless cat anti noda, spotless plus yaitu cat anti noda plus anti bakteri. Terkait silver ion dan virus guard yaitu cat anti virus. Selain itu Nippon Paint juga sudah meluncurkan banyak produk. Sehingga berani bangga bahwa secara inovasi dan teknologi nya selalu terdepan, nomor satu. Ada juga cat kayu besi yang tanpa primer. Ada juga cat metalik yang bs dioplos. Ada  produk water based yang kayu besi keunggulannya hampir sama dengan cat kayu besi yang pakai tiner biasa.

7. Warna yang dipilih di kode produk apakah sesuai dengan warna yang diaplikasikan ke tembok?

Ya, warnanya pasti akan sama. Nippon Paint begitu yakin dan penuh percaya diri dengan teknologi oplos nya. Nippon Paint berani memberikan garansi warna 100% akurat dan konsisten. Garansi warna sudah sejak 6 tahun lalu jadi sudah berjalan cukup lama. Kalau ada kendala dan ternyata warnanya beda maka Nippon Paint berani bertanggung jawab 

8. Tips untuk cat ruangan yang luas dong? Misal ruang keluarga. 

Jika ingin suasana lebih intim, maka di area yang ada tv nya dicat warna lebih gelap. Tapi kalau  sudah luas dan tinggi, bagian atas bisa dicat warna lebih cerah, bawah lebih gelap, pakai pattern. Atau dua sisi depan belakang warna beda.

Jadi, apakah teman-teman sudah semakin percaya diri untuk melakukan dekorasi rumah minimalis agar makin betah di rumah?

(Visited 36 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *