Cara Mencari Produk yang Sedang Trend untuk Penjual Online

Facebooktwitterredditmail

Cara mencari produk yang sedang trend untuk para penjual online. Beberapa waktu yang lalu sempat viral di Tiktok, seorang content creator mewawancarai tiga perempuan, lalu menanyakan gaji dan pekerjaannya. Gaji mereka tidak main-main yaitu 1 Milyar/ bulan, 1,3 Milyar/ bulan, dan 600 juta rupiah/ bulan. Apa pekerjaannya? Mereka mengaku sebagai agen asuransi.

Spontan netizen memberikan komentar pro kontra. Ada yang bilang bahwa menjadi agen asuransi tidak semudah itu. Butuh waktu, tenaga, dan relasi orang kaya agar bisa menjual asuransi dalam jumlah banyak, dan sebagainya. Sedangkan netizen yang pro jelas tergiur dengan gaji 1 Milyar rupiah per bulan.

Sejujurnya, dulu saya pernah menjadi agen asuransi. Bahkan saya mengikuti sertifikasi, dan memang benar bahwa tidak semudah itu mendapatkan nasabah. Apalagi mencapai gaji sebesar 1 Milyar rupiah. Justru, lebih mudah menjual secara online. Laba dari penjualan jelas menjadi pemasukan bagi penjual. Tapi, penjual harus pintar-pintar memilih produk apa yang banyak peminatnya.

Yuk Jualan Online Produk yang Banyak Diminati

Tagline yuk jualan online bukan isapan jempol belaka, karena ibu rumah tangga pun banyak yang sukses jualan online. Apalagi saat ini ada platform berupa marketplace yang berperan besar dalam melejitkan omzet.

Sebelum menjual, ada beberapa hal yang perlu sahabat ismi persiapkan, antara lain:

  1. Mencari produk yang sedang trend/ diminati
  2. Mencari supplier/ produsen produk yang akan dijual
  3. Menyiapkan modal dan SDM
  4. Menyiapkan digitalmarketing

Kali ini saya akan membahas cara mencari produk yang sedang trend, karena produk trend punya potensi besar untuk laris.

Cara Mencari Produk yang Sedang Trend

Cara mencari produk yang sedang trend di Indonesia

Ada berbagai cara untuk mencari produk yang sedang trend, yaitu:

  1. Cek di Tools Berbayar

Cara pertama ini memang perlu modal, tapi data yang didapatkan juga premium. Sahabat ismi akan mengetahui statistik dari produk yang sedang trend. Lengkap dengan angka penjualan dari produk tersebut, dan beragam data detail lainnya yang pastinya sangat bermanfaat untuk membuka toko online

  1. Riset Kata Kunci di Google

Kalau sahabat ismi belum punya modal untuk membeli tools berbayar, maka gunakan saja tools gratis seperti Google. Sahabat ismi bisa melakukan penelitian kata kunci dengan cara mengetik langsung di Google. Misal sahabat ismi ingin menjual produk gadget atau laptop, maka bisa cek di Google merek apa yang sedang trend.

  1. Cek di Google Trends

Tahukah sahabat ismi, bahwa Google sudah meluncurkan Google Trends sehingga kita dapat mengetahui keyword atau kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet, lengkap dengan daerah mana yang banyak mencarinya. 

Yuk Jualan Online

Misalnya, sahabat ismi memasukkan kata kunci skincare indonesia, maka Google Trends akan mengeluarkan grafik kepopuleran produk tersebut. Data yang didapatkan bisa sahabat ismi rangkum untuk selanjutnya memilih produk mana yang paling memungkinkan untuk dijual. Terutama terkait ketersediaan supplier dan modal yang dimiliki.

  1. Gunakan Kuesioner Online

Menyebar kuisioner tak melulu menggunakan cara konvensional. Di zaman digital seperti sekarang, sahabat ismi tinggal membuat Google Form sesuai kebutuhan. Setelah itu, sebarkan Google Form melalui media sosial termasuk Whatsapp. Sudah deh, tunggu di rumah, dan hasil kuisioner akan masuk ke sahabat ismi. Analisis sendiri sehingga akhirnya bisa ketemu produk yang sedang diminati oleh orang-orang di sekeliling sahabat ismi.

  1. Cek Iklan di Media Sosial

Selain bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan kuisioner, media sosial juga bisa menjadi lokasi untuk riset. Iklan yang berseliweran baik berupa endorse atau ads berbayar dapat menjadi tolak ukur dari trend sebuah produk.

Misalnya saja, saat covid melanda, iklan masker dan vitamin bermunculan di Instagram, FB, dan Tiktok. 

  1. Survei Produk di Marketplace

Selain survei di media sosial, sahabat ismi dapat melakukan riset di berbagai marketplace yang ada. Pertama-tama, buka marketplace yang ingin sahabat ismi survei. Lalu klik kategori produk terlaris yang biasanya muncul di halaman utama.

Dengan cara ini, sahabat ismi juga akan mengetahui harga produk dari para kompetitor, dan ulasan dari konsumen kompetitor. Dengan kata lain, survei di marketplace bisa untuk sekaligus riset mengenai kekurangan kompetitor yang nantinya akan ditutupi oleh keberadaan toko online milik sahabat ismi.

Jika sahabat ismi mengeklik satu per satu toko online di marketplace, juga bisa terlihat tuh produk mana yang paling laris. Per kategori, bisa ada satu atau lebih produk yang diminati atau dibutuhkan oleh masyarakat. 

  1. Cek Ulasan / Review Produk

Saat mengeklik produk laris, sahabat ismi bisa membaca ulasan dari konsumen. Apa tujuan mereka membeli. Karena kebutuhan? Karena sedang trend? Atau karena hal lain.

  1. Lihat Trend di Sekitar/ dari Mulut ke Mulut

Cara lainnya yang cukup mudah untuk dilakukan adalah dengan melihat-lihat ke tempat publik seperti minimarket, atau mall. Sahabat ismi bisa mengecek produk apa yang paling banyak atau paling sering dibeli oleh konsumen. 

Jika sahabat ismi sudah ada rencana untuk menjual kosmetik, sahabat ismi bisa mendatangi toko kosmetik terdekat. Sampai di sana, survei deh jenis kosmetik apa dan merek apa yang paling banyak dicari oleh pembeli. Nah, dari situ, kemungkinan besar produk yang sama juga sedang dicari secara online oleh konsumen.

Selain itu, sahabat ismi juga bisa melakukan penelitian melalui obrolan dari mulut ke mulut (Word of Mouth). Produk yang paling sering dibicarakan akhir-akhir ini biasanya merupakan produk yang sedang trend.

Setelah mengetahui cara mencari produk yang sedang trend, sahabat ismi bisa mengekerucutkan produk-produk yang sedang trend sehingga akhirnya terpilihlah beberapa produk andalan. Produk andalan ini yang nantinya dijual di toko online sahabat ismi. Harapannya, meskipun baru memulai jualan online, tapi langsung laris manis. Aamiin

Kak Dian mohon bantuannya sedikit lagi untuk merevisi poin berikut ya Kak:

Untuk mencari produk yang sedang trend, Sahabat Ismi juga bisa membaca artikel berikut ini: Cara mencari produk yang sedang trend. Artikel dari blog Yuk Jualan Online ini cocok dibaca oleh ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan secara mandiri dan ibu bekerja yang butuh penghasilan tambahan.

Yuk Jualan Online di Lazada

Setelah menemukan produk yang akan dijual, saatnya sahabat ismi memilih tempat berjualan online. 

Jualan online di Lazada
Infografis dari IG @lazadaclub

Jualan di Lazada tidak sekedar membuka akun, mengunggah produk, lalu mengiklankannya ke media sosial. Tapi Lazada juga berkomitmen untuk mengedukasi para seller -nya. Salah satunya dengan adanya kanal belajar bisnis online bernama Yuk Jualan Online. 

Di website Yuk Jualan online, sahabat ismi akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan diperlukan oleh seorang penjual. Selain mengetahui apa yang sedang trend, penjual dapat membaca informasi tentang supplier, tips and trik promosi/ jualan, dan liputan akar digital dari Lazada.

Cara berjualan di Lazada

Makin penasaran? Di Yuk Jualan Online, sahabat ismi bisa langsung mendaftarkan diri sebagai penjual. Begini caranya:

  1. Buat Akun Penjual

Yuk Jualan Online

  • Klik tombol “Mulai Berjualan” di kanan atas
  • Daftar sebagai seller Lazada dengan cara mengisi nomor telepon di kolom yang tersedia
  • Verifikasi pendaftaran
  • Login dan lanjut mengunggah produk
  1. Unggah dan Kelola Produk
  2. Jual dan Dapatkan Penjualan

Mudah, kan?

Lalu apa saja keunggulan jualan di Lazada?

Cara mencari produk yang sedang trend
Infografis dari IG @lazadaclub

1. 0% Komisi

2. Transaksi aman dan mudah

3. Pengiriman yang handal & efisien

4. Bergabung dengan promo gratis

5. Dukungan khusus untuk penjual baru

6. Alat untuk meningkatkan lalu lintas & menumbuhkan penjualan

7. Support Memulai Berjualan

Penjual harus didampingi oleh tim onboarding melalui Seller Center.

8. Pendampingan seller

Dukungan khusus untuk memandu penjual dalam proses penjualan dengan bantuan Program Inkubasi Lazada.

9. Seller center paling lengkap

Dapatkan akses ke fitur terbaik Lazada yang dirancang untuk membantu mengatur produk, memantau pesanan, terhubung dengan pembeli dan melacak performa penjual.

10. Lazada University

Bergabunglah dengan kursus dan tutorial untuk meningkatkan bisnis Lazada Anda.

11. Partner support

Penjual akan mendapatkan akses ke partner support untuk membantu kendala dan masalah yang dihadapi dalam berjualan.

Sebagai informasi, Lazada mengeluarkan 3 produk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan S&K yang berlaku, yaitu:

LazMall

Saluran terkurasi yang menawarkan merek internasional dan lokal yang didukung oleh janji keaslian 100% dan pengalaman belanja yang unggul.

  • You are a brand owner or authorized distributor
  • Exclusive access to dedicated LazMall campaigns
  • Benefit from higher overall search ranking
  • Additional Seller Tools
  • Pay commission only when you sell

Lazada

Menawarkan konsumen berbagai macam barang dari penjual lokal.

  • Kamu Penjual Lokal
  • Akses ke semua fitur penjual
  • Komisi 0%

LazGlobal

Jual melintasi Asia Tenggara

  • Meat and Seafood
  • Fruits & Vegetables
  • Frozen & Ready-to-cook Food
  • Bread & Pastries
  • Baby & Pet Care

Dari 3 pilihan produk di atas, sahabat ismi bahkan bisa berjualan lintas Asia Tenggara lho. Wow, mantap!

Jualan online di Lazada

Dengan berbagai keunggulan dan kemudahan di atas, jualan online di Lazada menjadi pilihan menambah penghasilan yang menarik. Yuk, jualan di Lazada!

(Visited 182 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

37 thoughts on “Cara Mencari Produk yang Sedang Trend untuk Penjual Online

  1. NoNi Reply

    Waaah… sebagai saya yang sekarang sedang intens mencoba jualan online, artikel ini sangat membantu banget nih, kak.. jadi dapat insight baru lagi!

  2. NoNi Reply

    Saya termasuk orang yang beberapa waktu terakhir ini memang sedang mencoba lebih intens belajar dan mempraktekkan jualan online. Jadi, artikel ini sangat bermanfaat sekali buat saya. Terima kasih, kak.

  3. Nur Asiyah Reply

    Wah, jadi potensi usaha baru nih. Kebetulan penghasilan di toko sebelah menurun karena banyak perubahan. Coba jadi seller di Lazada kayaknya oke juga.

  4. Okti Reply

    Kalau sudah tahu apa yg sedang trend, kemungkinan laku di pasaran sangat tinggi ya. Wah bermanfaat banget nih fitur yg disediakan Lazada ini

    • Ugik Madyo Reply

      Jualan online emang lagi banyak peminatnya. Terutama para Ibu dan remaja. Jualan relatif lebih gampang. Tak perlu modal besar dan cukup jualan pakai ponsel. Kalau jualan di Lazada emang paling gampang. Fiturnya nggak ribet. Proses verifikasi penjual pun mudah.

  5. Ulfah Aulia Reply

    Menggeluti bisnis online ini sangat bagus di era skrg yaa, terlebih banyak skli platform yg mendukung para UMKM Mba, Lazada memang keren

  6. dona Reply

    uwow ini mah udah keren banget yang mau buka toko online jadi tahu step by stepnya gimana.thanks infonya

  7. Lisdha www.daily-wife.com Reply

    Banyak fasilitas pendampingan yg dikasih lazada buat seller2nya yaa..
    Servis gini tuh penting banget karena tdk semua orang mulai berdagang online itu mengerti ilmu utk memaksimalkan penghasilan. Misalnya suatu hari berdagang online di marketplace, aku pasti butuh pendampingan spt ini.

  8. Lisdha www.daily-wife.com Reply

    Banyak fasilitas pendampingan yg dikasih lazada buat seller2nya yaa..
    Servis gini tuh penting banget karena tdk semua orang mulai berdagang online itu mengerti ilmu utk memaksimalkan penghasilan. Misalnya suatu hari berdagang online di marketplace, aku pasti butuh pendampingan seperti ini.

  9. Nanik Nara Reply

    Artikel yang menarik mbak.
    Saya juga sempat lihat video yang di TikTok itu, tapi karena saya punya beberapa teman yang jadi agen asuransi dan penghasilan mereka tak sefantastis itu, jadi ya saya pikir itu sebenarnya iklan asuransi.

    Jualan online ini lebih realistis untuk untuk dilakukan para ibu rumah tangga ya. Tapi tetap butuh mengamati sekitar juga, biar tahu produk yang lagi trend dan banyak diminati masyarakat

  10. Henny Reply

    Tips bagus nih buat yang mau jualan online ya. Jadi gak asal jualan aja yang ujung-ujungna malah boncos dan ngabisin modal plus waktu juga.

    • tehokti Reply

      Iya dengan perencanaan yang matang mau terjun ke dunia bisnis kita harus memperhatikan banyak hal lebih dulu ya.

    • tehokti Reply

      Iya dengan perencanaan yang matang mau terjun ke dunia bisnis kita harus memperhatikan banyak hal lebih dulu ya. Belajar di Lazada bisa jadi pilihan nih

  11. Istiana Reply

    Langkah yang oke banget yaa dari Lazada. Sampai bikin Lazada University supaya para penjual bisa dapet ilmu mengenai jualan online lebih banyak. Jadi menguntungkan kedua belah pihak yaa kalau begini.

  12. Istiana Reply

    Bener banget nih. Kalau produknya memang kebutuhan banyak orang, hampir pasti akan laris ya. Terlebih lagi kalau memang mendapatkan ilmu jualan online nya dari Lazada.

    Bagus ya langkah Lazada, bisa mengedukasi para penjual online supaya bisa terus meningkatkan kualitas nya. Kualitas produk, pun kualitas diri. 👏🏻

  13. Nia Haryanto Reply

    Ini nih yang sering kali bikin aku masih maju mundur untuk bisa jualan. Padahal kepengen banget sejak dulu. Bingung dengan produk yang akan dijual. Kalo sembarangan kan takutnya malah gak laku dan akhirnya modal numpuk di barang dan gerak-gerak. Kudu mulai ngelakuin ini tips dari Mbak Dian. Dan kepengen nyoba juga nih buka toko di Lazada. Bismillah, semoga bisa cepat dieksekusi nih jualannya..

  14. Kata Nieke Reply

    Tips bagus nih jadi kalau jualan itu memang ada riset marketingnya ya. Kalau enggak ya meski masang iklan bisa aja boncos. Bagus nih Lazada ngasih pendampingan buat pedagang lapak Lazadanya. Kereeeen…. Salut. Semoga Lazada jaya.

  15. Idah Ceris Reply

    Untuk sampai 1 M, tentu perjuangannya enggak mudah ya, Mbak. Hahaha. Kalau buat mamak2 yang aktif ngurus ini itu, mending pilih jualan onlien. Apalagi ada Lazada yang bisa bantu mewujudkan impian jualan online dengan mudah.

  16. Kata Nieke Reply

    Tips bagus nih jadi kalau jualan itu memang ada riset marketingnya ya. Kalau enggak ya meski masang iklan bisa aja boncos. Bagus nih Lazada ngasih pendampingan buat pedagang lapak Lazadanya. Kereeeen…. Salut. Semoga Lazada makin berjaya.

  17. Lintang Reply

    Banyak banget lho keuntungan jualan online di Lazada. Ada pendampingan seller juga buat nambahin skill yah. Bisa nambah wawasan banget. Yuk jualan online di Lazada.

  18. Eri Udiyawati Reply

    Kalau ada materinya dan diajarkan gitu, saya tertarik nih gimana cara jualan online, biar saya juga bisa.

    Karena beberapa kali nyoba jualan selain BEP, ya tekor. Haa..

  19. Eri Udiyawati Reply

    Kalau ada materinya dan diajarkan gitu, saya tertarik nih gimana cara jualan online, biar saya juga bisa.

    Karena beberapa kali nyoba jualan selain BEP, ya tekor. Haa….

  20. Uniek Kaswarganti Reply

    Tidak hanya menyediakan platformnya aja ternyata, Lazada membekali para sellernya dengan ilmu yang dibagikan di kanal belajar bisnis onlinenya. Tepat banget nih jika gabung di sini dan menjual produk yang sedang trend, diminati banyak orang.

  21. Rach Alida Reply

    Aku paling sering tuh review ulasannya mba. Dan cek juga apa review sekedar asal asalan atau ga. Makasih mba ulasannya detail 🙂

  22. lendyagassi Reply

    Jualan online memang paling nyaman untuk zaman sekarang ya..
    Dan uniknya, aku pernah dapat cerita dari temen yang punya tim jualan online buka toko jualan seprei. Katanya omzet per-bulannya sudah bisa lebih dari 50 juta.
    Amazing doonk yaah..
    Ternyata tipsnya adalah membuka usaha dan ciptakan sendiri saingannya.
    Jadi doi punya toko online di satu ecommerce tuh bisa sampai puluhan. Doi kaya buka harga sendiri, perang harga sendiri dan ujung-ujungnya memang kembali ke customer lebih nyaman belanja di mana.

  23. Lia Yuliani Reply

    Bagus banget nih tipsnya Mba Ismi. Jadi Kita bisa cek apa yang lagi trend atau kekinian ya. Jualan online dan jadi seller di Lazada banyak banget keuntungannya. Jadi pengen join juga soalnya berencana mau jualan online kaya dulu lagi.

  24. Ugik Madyo Reply

    Jualan online memang lagi banyak diminati. Terutama kaum Ibu dan remaja. Jualannya gampang tak perlu modal besar. Dropship juga bisa. Jualannya hanya pakai ponsel sudah bisa.

    Kalau jualannya di Lazada emang enak banget. Fiturnya mudah. Verifikasi penjual juga tidak ribet. Penjual dan pembeli sama-sama dipermudah.

  25. Fenni Bungsu Reply

    Riset kata kunci gak hanya bermanfaat buat bloger aja ya, buat yang berbisnis online juga perlu, biar tahu yang lagi tren itu apa aja

  26. ANTUNG APRIANA Reply

    sekarang kalau mau memulai bisnis berjualan memang nggak bisa asal ya, mbak. kita harus melakukan riset dan juga persiapan yang oke agar bisnisnya bisa berjalan lancar. untung sekarang sudah banyak jasa marketplace untuk bisa berjualan kayak lazada jadi bisa lebih membantu dalam memulai usaha ini

  27. Adriana Dian Reply

    Sebagai seller emang mesti pinter pinter cari produk yang lagi trend yaaaaa.. ih jadi pengen baca baca artikel di web jualan onlone niiih

  28. Retno Septyorini Reply

    Cukup menarik liat keuntungan buka toko di Lazada. Apalagi ada nol komisi. Sangat membantu buat owner toko yang baru mau buka toko via marketplace. Kebetulan aku juga baru mau nyoba jualan baju via toko online mbak. Jadi pengen cek lebih lanjut di Lazada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.