Bismillah Qurban, Berbagi Untuk Yang Membutuhkan

Facebooktwitterredditmail

Assalammualaikum sahabat ismi, gimana nih persiapan idul adha nya? Sudah pilih kambing atau sapi untuk berqurban? Atau masih bingung mau qurban dimana?

Nah, kalau bingung, baca terus tulisan saya ya.

Perintah Untuk Berqurban

Berqurban hukumnya wajib bagi yang mampu. Tentu saja soal hewan apa yang diqurbankan juga disesuaikan dengan kemampuan.

Dalam riwayat Ahmad dan Ibnu Majah disebutkan:

عَنْ َأبِي هُرَيْرَة: َأنَّ رَسُوْل اللهِ صلى الله عليه وسلم قال : مَنْ كَانَ لهُ سَعَة وَلمْ يَضَحْ فَلا يَقْربَنَّ مُصَلَّانَا (رواه احمد وابن ماجه)

Artinya: “Dari Abu Hurairah, “Rasulullah SAW telah bersabda, barangsiapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak berkurban maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat salat kami,” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Perintah berqurban sudah ada sejak zaman Nabi Ibrahim. Keutamaannya ada pada keikhlasan berbagi pada yang membutuhkan.

Setidaknya ada 3 ayat Al- Qur’an yang memerintahkan untuk berqurban, yaitu:

1. Surah Al Kautsar Ayat 2

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ

Artinya: “Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berqurbanlah.”

2. Surah Al Hajj ayat 28

لِّيَشْهَدُوْا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ فِيْٓ اَيَّامٍ مَّعْلُوْمٰتٍ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۚ فَكُلُوْا مِنْهَا وَاَطْعِمُوا الْبَاۤىِٕسَ الْفَقِيْرَ ۖ – ٢٨

Artinya: “Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan Dia kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.”

3. Surah Al Hajj ayat 34-35

Artinya: ” Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. 

Berqurban di Rumah Zakat Melalui Bismillah Qurban

Bismillah Qurban

Pada hari Rabu tanggal 15 Juni 2022, saya mengikuti press conference yang diadakan oleh Rumah Zakat. Pada acara ini, diluncurkan program Bismillah Qurban.

CEO Rumah Zakat

Bapak Nur Efendi selaku CEO dari Rumah Zakat menyatakan bahwa adanya wabah PMK, pandemi, dan isu ketahanan pangan membuat Rumah Zakat lebih aware sehingga menciptakan program Bismillah Qurban.

Sahabat ismi mungkin sudah mendengar bahwa saat ini sedang merebak wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak. Bahkan jumlahnya mencapai lebih dari 50 ribu hewan. Dengan jumlah terbanyak berada di Lumajang.

Wabah PMK ini tidak hanya berdampak bagi hewan ternak, tapi juga bagi peternak. Data menyatakan bahkan kerugian secara ekonomi mencapai 20 triliun rupiah. Oleh karena itu, sebelum berqurban, sahabat ismi harus memastikan bahwa hewan ternaknya sehat.

Kalau sahabat ismi tak tahu bagaimana cara mengeceknya, serahkan saja pada Rumah Zakat. Pencegahan PMK di peternakan hewan qurban yang dilakukan oleh Rumah Zakat antara lain petugas memakai makser, sepatu bot dan perlengkapan pelindung diri lainnya. Lalu hewan qurban yang baru datang akan dikarantina terlebih dahulu agar kesehatannya bisa dicek.

Cara mencegah PMK pada hewan

Bila ada hewan yang mengalami gejala klinis PMK, maka akan dirawat oleh dokter hewan terlebih dahulu. Tidak boleh ada hewan sakit yang dijadikan qurban.

Selain wabah PMK dan pandemi yang masih belum hilang, ada pula persoalan ketahanan pangan. Skor Indeks Ketahanan Pangan Global (Global Food Security Index/ GFSI) menunjukkan bahwa pada tahun 2022, skor Indonesia mengalami penurunan menjadi 59,2 sehinggga GFSI Indonesia berada pada peringkat 69 dari 113 negara.

Oleh sebab itu, perlu adanya solusi agar makanan bisa lebih tahan lama sehingga dapat  diberikan dan dikonsumsi oleh yang membutuhkan. Nah, Rumah Zakat menjawab permasalahan ketahan pangan dengan cara mengolah daging Qurban menjadi kornet dan rendang yang bisa tahan hingga 3 tahun. Wah!

Oh ya, perlu sahabat ismi ketahui bahwa pemerintah sudah mengeluarkan Fatwa MUI tentang qurban di tengah wabah PMK. Apa saja isi fatwa tersebut?

Terdapat cara khusus dalam pemilihan hewan qurban. Hewan yang sakit, cacat, atau lunglau tidak diperkenankan untuk dipotong sebagai qurban. Untuk proses pemotongan selama masih ada wabah PMK dan pandemi, sebaiknya tidak terlalu banyak masyarakat yang menyaksikkan. Bila mau menonton penyembelihan, tetap laksanakan prokes.

Pemotongan hewan qurban harus sesuai syariat Islam. Untuk proses distribusinya juga sesuai syariat yaitu untuk pemilik qurban, untuk masyarakat sekitar, untuk yang membutuhkan, dan sebagainya.

Dengan pertimbangan fatwa MUI di atas, Rumah Zakat memastikan bahwa pemilihan hewan qurban adalah yang sehat dan bugar. Pemotongan juga sesuai syariat dan sesuai protokol kesehatan covid-19. Distribusinya merata agar yang membutuhkan kebagian. Rumah Zakat juga melakukan pemberdayaan peternak lokal.

Program dalam Bismillah Qurban

Sebagai informasi, ada dua program dalam Bismillah Qurban, yaitu Superqurban dan Desaku Berqurban. 

  1. Superqurban, Daging Diolah Menjadi Tahan Lama

Superqurban yaitu program yang mengolah daging Qurban lebih tahan lama yaitu dengan membuat kornet dan daging rendang. 

Kornet daging hewan qurban

Proses produksi kornet dan rendang tersebut juga dilaksanakan sesuai protokol kesehatan covid-19. Distribusi Superqurban sampai ke pelosok Indonesia dan dunia. Masyaallah.

Rumah Zakat Indonesia

Sebagai informasi, sebaran distribusi Qurban Rumah Zakat 2021 kemarin mencapai 17.000 pequrban, 251.194 penerima manfaat dalam 34 provinsi dan 3 negara.

Qurban sapi harga berapa?

Bagaimana dengan target qurban 2022 ini? Rumah Zakat menargetkan ada 20.000 pequrban, 500.000 peneria manfaat dalam 34 provinsi dan 8 negara.

Kolaborasi qurban untuk ketahanan pangan

Citra Kirana selaku Duta Qurban Rumah Zakat 2022 mengatakan ia amat senang ketika mengetahui Bahwa daging qurban bisa diolah menjadi kornet dan rendang sehingga lebih tahan lama. 

Citra Kirana

Biasanya ia berqurban di Cililincing, lokasi dimana vilanya berada. Karena di sana masyarakatnya jarang ada yang berqurban sehingga dagingnya bisa dibagikan ke yang lebih membutuhkan. 

Superqurban itu apa?

Tapi daging Qurban seringkali tetap ia bawa ke Jakarta. Oleh karena itu, Citra Kirana menyampaikan bahwa jika ia ingin membagikan hewan qurban ke kota lain, sekarang tidak akan khawatir mudah bau. Karena sekarang sudah ada solusi yaitu dalam bentuk olahan dari Superqurban.

2. Desaku Berqurban, Qurban Untuk Desa Yang Jarang Pequrban

Program kedua yaitu Desaku Berqurban yaitu qurban dilaksanakan di desa yang jarang dilaksanakan qurban. Distribusi hasil qurban juga diberikan untuk masyarakat desa tersebut.

Oh ya, di Rumah Zakat sahabat ismi bisa berqurban sekaligus berwakaf lho. Ada akadnya sendiri, dimana wakaf nantinya akan diberikan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan masjid, sanitasi air bersih, Al Qur’an dan lain-lain.

Lengkap sekali bukan? Sekarang kalau mau berqurban sudah enggak bingung lagi. Qurban di Rumah Zakat tidak ragu karena hewan qurban bebas dari PMK, sehat, dan proses pemotongan serta pendistribusiannya sesuai syariat.

Program desaku berqurban
Produk olahan daging qurban dari Rumah Zakat

Bagi sahabat ismi yang ingin berqurban di Rumah Zakat, langsung cek di Bismillah Qurban ya.

Semoga sahabat ismi bisa berqurban tahun ini dan kambing, domba atau sapi yang diqurbankan membawa berkah bagi sahabat ismi.

(Visited 19 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

Leave a Reply

Your email address will not be published.