5 Alternatif Aktivitas Liburan Anak

Facebooktwitterredditmail

Anak-anak sebentar lagi akan memasuki waktu libur. Para orangtua sudah mulai menyiapkan aktivitas apa yang bisa dilakukan bersama anak-anak untuk mengisi liburannya dengan kegiatan yang berkualitas.

Ini dia 5 alternatif aktivitas liburan untuk anak.

1. Bermain di rumah

Oke, mungkin ada anak yang bosan bermain di dalam rumah. Bagaimana bila kita buat berbeda? Ajak anak untuk bermain di halaman rumah. Bunda bisa mendirikan tenda lalu bebakaran sate di halaman bersama anak. Bisa juga menggelar kolam plastik, mengisinya dengan bola dan air agar anak dapat menikmati berenang di alam bebas. Atau Bunda bisa mengisi kolam dengan pasir buatan (moon sand), sehingga anak dapat berkreasi dengan pasir. Dapat juga membuat permainan tradisional seperti lombat tali, gobak sodor (bila lahan luas), maupun engkleng. Wah, anak-anak pasti suka.

2. Pergi ke perpustakaan kota

Pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Pernyataan ini ada benarnya, tak hanya untuk kita, tapi juga untuk anak. Anak-anak biasanya suka buku yang bergambar dan berwarna-warni. Bila buku Bunda di rumah sudah habis dibaca, dan anak bosan, maka pergi ke perpustakaan kota akan menyenangkan untuk anak. Mereka bisa membaca buku anak, sementara orangtua membaca buku lainnya. Biasanya di perpustakaan kota juga disediakan playground sehingga anak betah di sana. Tiket masuk perpustakaan kota juga lumayan murah lho.

3. Mengenal museum

Nah, museum sendiri menjadi salah satu wisata wajib bagi saya untuk anak. Di Jogja sendiri ada banyak museum yang cocok untuk anak-anak. Mulai dari Museum Dirgantara, Museum Anak Kolong Tangga, Museum Batik, Monumen Jogja Kembali, Museum Gunung Merapi, dan banyak lagi.

4. Olahraga di taman kota

Nah, ini dia aktivitas murah meriah. Tinggal bawa sepedamu, perlengkapan badminton atau bola sepak, lalu berolahraga lah dengan riang gembira. Dijamin anak-anak akan tersalurkan energinya dengan baik. Apalagi anak yang sangat aktif, daripada mereka mengobrak-abrik rumah, lebih baik berolahraga saja.

5. Berakhir pekan keluar kota

Buat yang bosan liburan di kota sendiri, sweet escape keluar kota jadi pilihan oke lho. Misalnya saya yang berdomisili di Jogja, maka kota Solo, Magelang atau Semarang menjadi tempat tujuan terdekat di akhir pekan. Bukit Rhema Magelang yang sedang nge-trend, Cimory Semarang, serta Pandawa Waterboom Solo adalah beberapa objek liburan yang cocok untuk anak-anak. Apalagi sekarang ada hotel di Solo baru, makin nyaman deh bepergian meski hanya dua hari, lebih baik menginap sekalian. Jadi nggak capek di jalan, waktunya bisa lebih lama di kota Solo.

Hotel di Solo baru

Fave Hotel di Solo baru ini sepertinya menarik, karena saya sendiri pernah menginap di Fave Hotel Jogja, dan saya pribadi ingin menginap di sana lagi. Selain karena harganya terjangkau, kamarnya bersih dan nyaman, kasur jelas empuk, kamar mandi tanpa cela, sarapannya pun enak dan bervariasi pilihan makanannya. Bila fave hotel di Jogja saja seideal itu, harapannya fave hotel di solo baru juga minimal sama recomended -nya

Kalau Ayah dan Bunda, liburan esok, diisi dengan aktivitas yang mana nih?

(Visited 308 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

10 thoughts on “5 Alternatif Aktivitas Liburan Anak

  1. Aya Reply

    Jalan jalan ke museum kayanya seru yaaaa…
    Nginep di hotel juga asik, semacam refreshing dari pemandangan yang biasa di rumah 😀

  2. Mak irul Reply

    Anak2ku suka ke perpus kota Jogja, klo liburan banyak kegiatan seru. Punya kartu member jg jadi bisa pinjam buku2 bagus apalagi sebelahnya Gramed, biasanya kalau habis beli Conan mampir perpus kota

  3. Nunung yuni Reply

    Pengin ke perpustakaan kota.Kebetulan aku dan anak-anak kutu buku.Tapi nggak tau nih…perpustakaan kita di kotaku ini letaknya dimana. Biasanya paling nongkrong di Gramedia aja

  4. ali shodiqin Reply

    kalau akau mending ngajak anak ke perpustakaan dulu, setelah keperpustakaan baru refresing ke wisata. tapi wisatanya wisata yang berbau pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *