4 Cara Mendownload Aplikasi di Laptop untuk Pemula

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Anda bingung bagaimana cara mendownload aplikasi di laptop? Jangan khawatir karena di sini akan dibahas tuntas bagaimana caranya. Anda mungkin tidak mengalami kesulitan dalam mengunduh aplikasi pada smartphone Anda karena keberadaan playstore sudah memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu cara pengoperasiaannya juga mudah.

Lalu bagaimana dengan laptop? Laptop sendiri merupakan salah satu perangkat teknologi yang keberadaannya sangat penting. Hampir semua orang di dunia ini membutuhkan laptop karena benda ini tidak pernah lepas dari aktivitas manusia saat ini mulai dari bekerja, belajar, hingga bermain game. Keberadaannya sungguh membantu kegiatan manusia, terlebih lagi dengan sifat portable -nya.

Dalam pengoperasiaannya, laptop membutuhkan aplikasi yang sesuai dan tentu saja Anda juga harus tahu bagaimana cara mendownload aplikasi di laptop yang benar sebelum Anda bisa mengoperasikan aplikasi tersebut, bukan? Anda bisa menemukan aplikasi yang Anda butuhkan di internet dan ada beberapa cara untuk bisa mengunduhnya.

Anda tidak bisa asal-asalan mengunduh dan menginstal aplikasi yang ada di internet karena hal ini dapat menjadikan laptop dan data-data pribadi rentan rusak bahkan keamanan dan privasi Anda pun bisa terancam. Oleh karena itulah, hadir aplikasi seperti App Store, Windows Store, serta Play Store yang lebih terjamin keamanannya.

1. Cara Mendownload Aplikasi di Laptop Mac

Laptop Mac merupakan laptop premium produksi Apple Inc. Mengapa bisa disebut premium? Hal ini dikarenakan keunikan dalam pengoperasian laptop Mac yang tentunya berbeda dengan laptop pada umumnya. Sistem operasi laptop Mac terbilang lebih smooth. Oleh karenanya, sistem operasinya digemari oleh banyak orang.

Cara mendownload aplikasi di laptop Mac adalah dengan mengunjungi app store yang terdapat pada laptop Mac Anda. App store sendiri merupakan aplikasi yang menyediakan bermacam-macam aplikasi yang dibutuhkan oleh laptop. Dengan App Store, Anda akan dimudahkan dalam melakukan pemilihan dan pengunduhan aplikasi yang dinginkan, baik itu yang gratis maupun yang berbayar.

Baca juga: Domain.com ? Apa itu?

Cara mendownload aplikasi di laptop ini pertama-tama dengan mengunjungi App Store lalu cari aplikasi di App store yang sesuai dengan yang Anda inginkan serta butuhkan. Apabila aplikasi tersebut berbayar, maka Anda harus membeli aplikasi tersebut agar dapat menggunakannya. Apabila aplikasi tersebut gratis, maka Anda bisa langsung mendownloadnya.

Anda cukup memilih opsi Get lalu tunggu hingga proses download selesai. Setelah itu klik pilihan Install app. Baru setelah proses tersebut selesai, aplikasi yang sudah Anda unduh tadi siap untuk Anda gunakan. Anda bisa menemukan aplikasi tersebut pada Launch Pad yang terdapat pada Laptop Mac Anda.

2. Laptop Windows

Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh kompetitor Apple yaitu Microsoft. Sistem operasi ini banyak memiliki versi yang telah dirilis ke pasaran dan versi terbaru yang telah rilis ada Windows 10 yang belakang ini populer. Bagi Anda yang hendak mendownload aplikasi di laptop Windows, baik versi windows 7, 8, atau 10, Anda bisa menggunakan dua cara mendownload aplikasi di laptop Windows.

Pertama, dapat menggunakan browser. Apabila Anda memilih untuk menggunakan browser, maka Anda bisa lebih bebas memilih aplikasi. Cara men- download aplikasi di laptop Windows pun mudah cukup buka browser apa saja. Cari aplikasi pada situs web pengembang aplikasi (lebih baik yang resmi) yang anda inginkan. Lalu download aplikasi yang Anda inginkan.

Selanjutnya cara mendownload aplikasi di laptop Windows dengan Windows Store yang lebih terjamin keamanannya dibanding melalui browser yang tidak terjamin situs web pengembang aplikasinya. Pertama-tama buka Windows Store melalui menu start yang ada pada windows Anda. Akan ada perintah untuk login dengan akun Anda jika Anda yang baru pertama kali membukanya.

Cari aplikasi yang anda inginkan serta butuhkan. Anda bisa mempertimbangkan top apps yang ada. Lalu, unduh aplikasi tersebut. Apabila aplikasi tersebut berbayar, maka Anda harus membeli aplikasi tersebut agar dapat menggunakannya. Apabila aplikasi tersebut gratis, maka Anda bisa langsung mendownloadnya.

3. Cara Mendownload Aplikasi di Playstore pada Laptop

Sebagian besar dari Anda pasti sudah paham bagaimana cara mendownload menggunakan playstore. Akan tetapi, bagaimana cara mendownload aplikasi playstore itu sendiri mengingat tidak secara default playstore terpasang pada laptop seperti pada smartphone. Berikut terdapat dua Cara mendownload aplikasi di laptop melalui playstore.

Yang pertama, dengan menggunakan Apkpure. Apkpure sendiri merupakan salah satu situs web yang dapat Anda gunakan secara langsung untuk mendownload aplikasi playstore pada laptop. Akan tetapi, oleh karena ekstensinya Apk, maka Anda perlu menggunakan software khusus untuk membukanya, yaitu WinRAR & WinZIP.

Pertama-tama, Anda perlu mengunjungi situs Apkpure. Setelah itu, ketikkan aplikasi yang hendak Anda download di kolom pencarian. Tentukan aplikasi yang tepat menurut Anda lalu klik ‘Baca Lebih Lanjut’. Baru setelah itu, akan muncul pilihan ‘Unduh APK’. Selanjutnya, tunggu proses download selesai.

Yang kedua, Evozi APK Downloader. Pertama-tama kunjungi situs web Playstore. Pilih aplikasi yang Anda inginkan dan butuhkan lalu copy link url aplikasi yang Anda pilih. Kemudian, kunjungi situs Evozi APK Downloader lalu paste link url tadi pada kolom yang telah tersedia. Setelah itu, pilih opsi “Generate Download Link“ lalu klik opsi “Click here to download”.

4. Cara Mendownload Aplikasi Gratis di Internet

Cara mendownload aplikasi di laptop ini merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk bisa mendownload aplikasi secara gratis pada laptop Anda. Perlu Anda pahami bahwa terkadang ada beberapa aplikasi yang sulit untuk diunduh secara gratis. Meskipun begitu, dengan aplikasi ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa menggunakan suatu aplikasi.

Berikut ini akan dijabarkan beberapa penyedia aplikasi gratis untuk laptop Anda. Yang pertama adalah JalanTikus. JalanTikus merupakan sebuah situs web yang terkenal dengan berbagai info-info menarik yang disediakan. Akan tetapi, tahukan Anda jika situs web ini juga menyediakan banyak aplikasi yang dapat Anda unduh secara gratis. Anda bahkan bisa memberikan review pada aplikasi tersebut.

Kedua adalah SourceForge. SourceForge merupakan situs web yang menyediakan berbagai aplikasi open source yang dapat diunduh secara gratis. Selain itu situs web ini juga bisa digunakan untuk membuat serta mengedarkan aplikasi yang Anda buat. Ketiga adalah Cnet. Situs web ini menyediakan berbagai macam aplikasi yang dapat Anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan Anda secara gratis.

Keempat adalah Softonic. Situs web ini telah berdiri sejak tahun 1997 dan hingga kini sudah memiliki lebih dari 100 juta pengunjung tidak lain karena di sini Anda bisa mengunduh aplikasi secara cuma-cuma. Terakhir, SoftPedia. Situs web ini memiliki konten review software serta beberapa aplikasi yang bisa diunduh secara gratis.

Sebelum Anda mulai mengunduh aplikasi untuk laptop, pastikan Anda paham betul spesifikasi dari laptop Anda. Selain itu, pastikan juga jika mengunduh dari situs web, Anda mengunduhnya dari situs web tepercaya. Dengan begitu, laptop dan data-data pribadi Anda tetap aman. Akan tetapi, jangan sampai hal ini membuat Anda ragu untuk mencoba cara mendownload aplikasi di laptop.

(Visited 5 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!