Udemy, Kursus Desain Grafis Online

Facebooktwitterredditmail

Udemy membuka mata saya bahwa siapapun dengan latar belakang apapun mempunyai kesempatan yang sama untuk meningkatkan keahlian.

Hari-hari saya saat ini lebih banyak berkutat dengan dunia blog dan industri kreatif. Saya juga kerap menghadiri pelatihan-pelatihan yang terkait soft skill di dunia yang sedang saya geluti. Tetapi, saat ini saya sedang hamil 8 bulan. Artinya sudah tidak bisa sering bepergian jauh. Padahal hasrat untuk menimba ilmu begitu besar. 

Saya yakin banyak ibu-ibu yang seperti saya. Entah karena hamil tua, sedang menyusui, atau punya banyak anak kecil sehingga tidak bisa leluasa bepergian. Sementara itu, belajar merupakan kewajiban sepanjang hayat. Jangan sampai predikat dan peran sebagai ibu justru menutup akses untuk belajar. 

Alhamdulillah sekarang sudah ada kursus online dengan metode e-learning yang bisa menjadi alternatif untuk ibu-ibu produktif seperti saya. Pekerja kantoran single yang sibuk juga dapat memanfaatkan kursus ini untuk meningkatkan skill lho. 

Pengalaman Belajar Desain Gratis di Udemy 

Saya yang baru saja mengikuti kursus di Udemy. Saya mengambil kursus Desain Grafis untuk Pemula. Kursus online ini berdurasi 10 jam dengan beberapa bagian dan tema. 

kursus desain grafis online

Saya dibebaskan memilih mau memutar video yang mana dulu. Misalnya saja, saya pertama kali memutar video bagian 1 yaitu Dasar-Dasar Menggambar Menggunakan CorelDraw. Video pertama berdurasi 16 menit dengan judul Menggambar Rusa Menggunakan Objek Dasar. Selain itu jika ternyata saat memutar video ada hal lain yang mendesak, saya bisa menghentikan (pause) video sejenak. Jadi masih bisa ke kamar mandi, makan, dan sebagainya.

Saya bagikan sedikit ya tentang materi menggambar rusa. Ternyata menggunakan Corel Draw tidak sesusah yang saya bayangkan. Apalagi ada panduan yang dapat diplay and back sesuka hati.

Gambar rusa menggunakan Corel Draw dibuat dari objek-objek dasar seperti lingkaran, persegi panjang, segi-empat, dan sebagainya. Kemudian diubah menjadi kurva agar bisa diedit menggunakan skip tool. Lingkaran bisa diubah menjadi bentuk yang berbeda dengan skip tool. Sebagai informasi, skip tool tidak digunakan sendirian karena diaplikasikan bersama pic tool. Langkah terakhir adalah memberi warna pada rusa. Yeay, 16 menit jadi bagi pemula.

materi kursus desain grafis udemy

Tema kursus di bagian kedua dan ketiga cenderung lebih sulit. Karena memang dasar-dasar dibagikan di bagian awal. Tetapi setiap pengguna Udemy boleh saja memulai video dari bagian manapun yang diminatinya. Seperti saya yang sempat melompat ke bagian ketiga yaitu Contoh Kasus Desain Logo Kafe.

belajar desain logo online
Belajar bikin logo kafe
kursus Corel draw online
Langkah pertama dimulai dengan membuat bentuk elips
belajar desain logo kopi
Langkah berikutnya membentuk cangkir dan asap kopinya
desain logo kafe
Warna logo dan beri teks

Kemudian ketika saya tertarik dengan karakter lucu, saya mendahulukan belajar bagian 4 yaitu Desain Grafis dengan Photosop dengan judul Desain Karakter Lucu.

Proses belajar secara online menggunakan videp cukup menyenangkan. Tantangannya adalah  seberapa lama kita bisa fokus. Apalagi kalau video diputar bersamaan dengan aktivitas lainnya. Tentu fokus dan konsentrasi menjadi terbagi.

Untuk pekerja kantoran, jangan sampai kursus online memakan jam kantor. Sebaiknya video ditonton setelah pulang kantor, atau sediakan waktu saat akhir pekan. Artinya, karena kursus online ini bersifat mandiri, maka kita sebagai pengguna harus “memaksakan” diri untuk mempelajari materi kursus yang sudah dibayar. Kan sayang kalau sudah beli materinya, tetapi justru tidak ada waktu.

belajar desain teks Corel draw
Video high resolution

Saya senang dengan konten kursus Udemy yang berkualitas. Dari segi penampakan video memang terlihat dibuat oleh profesional. Gambar yang tidak pecah, diikuti oleh suara yang jernih menandakan bahwa video yang dibuat adalah original. Bukan mengambil dari tempat lain, apalagi ilegal. 

Manfaat yang saya dapatkan dari kursus desain grafis tentu saja dapat menambah skill untuk kehidupan saya. Baik kehidupan sebagai ibu yang nanti bisa mengajarkan anak-anaknya mengenai Corel Draw dan Photosop. Sekaligus bermanfaat di dunia kerja karena dapat saya praktikkan untuk membuat logo dan header blog, termasuk desain untuk gambar di artikel.

Selain tema Desain grafis, ada banyak pilihan kursus di Udemy. Mulai dari keuangan, kewirausahaan, pemasaran digital, pengembangan web, dan sebagainya. Setidaknya ada lebih dari 15 pilihan tema.

jenis kursus online udemy
Berbagai tema ini bisa teman-teman pilih

Di beberapa kursus tersedia soal latihan dan tugas, serta file tambahan seperti PDF, resources, dan lain-lain. Di kursus yang saya ikuti, ada fitur Q&A atau T&J (Tanya Jawab). Kita dapat mengajukan pertanyaan melalui fitur tersebut.

Lalu ada fitur bookmark dan tentu saja video materi kursus menggunakan Bahasa Indonesia. Bila kursus berbahasa asing, jangan khawatir, ada subtitle Bahasa Indonesianya.

Yang menarik adalah, sertifikat online akan diterbitkan di akhir kursus atau ketika kita sudah menyelesaikan semua materi. Tentu saja sertifikat ini bisa digunakan sebagai portofolio sehingga berguna untuk mendaftar pekerjaan formal atau dilampirkan ke CV.

Apakah Udemy Itu?

Udemy adalah marketplace edutech yang menyediakan berbagai macam kursus online atau e-learing untuk mengembangkan keahlian dan pengetahuan di berbagai topik. Jumlahnya mencapai 100.000 kursus lho. 

Udemy menghubungkan orang yang ingin belajar dengan pengajar terbaik di seluruh dunia. Selain belajar, siapapun bisa mendaftar menjadi pengajar dan mendapatkan penghasilan dari Udemy. Jadi kalau teman-teman ada yang merasa memenuhi kriteria sebagai seorang pengajar, daftarlah ke Udemy.

Meskipun Udemy berasal dari Amerika Serikat, tapi kursus online ini sudah mempunyai cabang di banyak negara. Oleh karena itu terdapat fitur lokal Udemy Indonesia dengan berbagai kelebihan yaitu berupa situs lokal, pembayaran menggunakan mata uang lokal (rupiah), dan yang paling penting adalah ke depannya akan semakin banyak kursus lokal dalam bahasa Indonesia. 

Manfaat Belajar di Udemy

Pembelajaran online atau e-learning memiliki banyak keunggulan, diantaranya kita dapat memilih topik yang diminati dengan pengajar terbaik di seluruh dunia. Seperti sudah saya ceritakan di atas, bahwa ibu-ibu seperti saya membutuhkan ruang belajar yang fleksibel. Melalui Udemy, saya bisa belajar apapun, dimanapun, dan kapanpun. Tidak terikat tempat dan waktu. Bagi teman-teman yang berada bukan di kota besar, Udemy merupakan angin segar yang sangat bagus bila dimanfaatkan.

Pengajar yang jumlahnya cukup besar memberikan berbagai sudut pandang dan kurikulum yang beragam tentang topik yang sama dari instruktur yang berbeda. Dengan kata lain, kita sebagai pengguna dapat memilih kurikulum yang dibutuhkan. Di Udemy isi kurikulum memang dapat dilihat lho. Selain itu juga ada ulasan dan nilai rating pengajar. Rating (ditandai dengan jumlah bintang) ini diberikan oleh pengguna. Dengan demikian, pemilihan pengajar pun dapat didasarkan pada nilai ratingnya.

Sekali mengikuti kursus, kita memiliki akses seumur hidup terhadap materi. Jadi di kemudian hari masih bisa buka-buka lagi videonya. Misalnya saat ini materi jarang dipraktikkan. Atau hanya dipakai beberapa kali. Tiba-tiba tahun depan jalan hidup mengharuskan kita berkutat dengan materi yang dulu pernah kita dapatkan di Udemy. Sayang, beberapa sudah terlupa. Nah, kita masih bisa mengakses video kursusnya lho.

Cara Pembayaran Kursus

Sebagai kursus online yang mendunia, cara pembelian dan pembayaran di Udemy sangat mudah. Cukup buka udemy.com, lalu pilih kursusnya. Klik check out dan pilih metode pembayaran. Ada berbagai pilihan metode pembayaran, termasuk melalui Alfamart dan Indomaret.

Dari pengalaman saya, Udemy jelas menjadi komplementer pendidikan formal. Betapa banyak soft skill yang tidak kita dapatkan di pendidikan formal, tetapi diperlukan di dunia sosial dan dunia kerja. Nah, keahlian tersebut dapat kita lengkapi dengan kursus online dari Udemy.

udemy belajar online murah
Lagi serius kursus online

Yuk, kunjungi Udemy, dan cek kursus apa yang diminati dan ingin dipelajari. Saya yakin, yang namanya ilmu pasti bermanfaat untuk diri sendiri. Kelak ilmu tersebut bukan tidak mungkin bermanfaat untuk orang lain di sekitar kita. Jadi, apa salahnya meningkatkan keahlian. Terlepas dari siapa diri kita, tinggal di kota mana, dan berapa usia kita, semua orang perlu belajar sepanjang hayat.

Saya merekomendasikan Udemy untuk mewujudkan proses belajar yang menyenangkan dan bermanfaat. Ada satu kursus lain yang saya incar nih, yaitu Ilustrator CC 2019 MasterClass yang mempelajari tentang ilustrasi. Bila kamu seorang desainer atau ilustrator, saya sarankan ikuti kursus ini.

(Visited 301 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

39 thoughts on “Udemy, Kursus Desain Grafis Online

  1. Iid Yanie Reply

    Belajar desain grafis secara online di udemy ternyata mudah ya mba, gak perlu deh jauh2 ke tempat kursus kayak dulu lagi 🙂

  2. Gita Siwi Reply

    Weist luar biasa ya zaman dunia blogging makin hit. Rasanya kursus ini juga banyak sekali peminatnya ya mba. Belum mahir juga saya urusan ini

  3. April Hamsa Reply

    Penasaran kursus online di udemy ada apa aja ya mbak? Zaman now enak ya asalkan ada inet kita bisa belajar dari rumah aja. Ada kursus bahasanya jg gak ya? Biayanya terjangkau gak? 😀

  4. Diah Woro Susanti Reply

    Jadi Blogger emang kud update terus ya dian. Biar ga kudet. Aku perlu belajar banyak nih kayanya huhu

  5. Lubena Reply

    Wah beneran aku baru tahu tentang udemy ini, bermanfaat banget yah..jadi semakin memudahkan kita untuk punya keahlian

  6. Monica Anggen Reply

    Penjelasannya lengkap nih, jadi makin penasaran mau cari materi tentang desain grafis juga. Materi ini emang berguna banget untuk bikin infografis atau desain lainnya.

  7. Utie adnu Reply

    Pe-er bangt nih buat design grafis aku juga mau nih biar blogku semakin lengkap Dan banyak yg baca hrs belajar bangt ini

  8. artha Reply

    asyiknyaaa…kursus jd gak perlu ninggal anak. terus bisa dibuka kapan ajah gak terpatok waktu. bener2pas untuk ibu2 yg waktu luangnya kalau pas anak bobok, hehe

  9. Antin Aprianti Reply

    Zaman sekarang sudah serba mudah, bukan alasan lagi untuk malas belajar ya mbak. Salut aku tuh sedang hamil besar, semangat belajarnya masih luar biasa.

  10. Rani Yulianty Reply

    Tertarik banget sama kursus online di udemy, soalnya saat ini says tidak memungkinkan buat kursus offline karena sibuk sama anak-anak, apalagi bisa dilakukan secara mandiri, makasih ya infonya

  11. Irhayati Reply

    Memang lebih enak jaman Sekarang yah, bisa belajar Dari Rumah. Termasuk belajar disain gratis. Pengeeen. Bela jar disain ini yg Dari dulu belum kesampean juga. Padahal bust blogger berguna banget ya

  12. Visya Al Biruni Reply

    Kali kedua membaca ulasan tentang Udemy jadi semakin yakin betapa terpercayanya Udemy ya mba. Selama ini taunya web khusus kursus tertentu, tapiUdemy menyediakan semuanya. Btw kagum sama mba Dian yg berminat d desain grafis. Keren euy, lanjutkan mom!

  13. Wian Reply

    Aku gak bakat mba klo disuruh ngedesain. Tapi asik juga bisa kursis online gini. Gak terlalu menyita waktu

  14. lendyagasshi Reply

    Ada banyak pilihan yaa…mau belajar apa dulu di Edemy.
    Berharap berjenjang dari mulai yang mudah lalu ke yang lebih sulit.
    Memang jadi blogger ga bole berhenti belajar ya, kak..

  15. Diah Reply

    Wohoooo, keren banget ya Mbak. Materinya mudah dipahami ya dan jelas banget karena dilengkapi dengan video, dapat sertifikat pula ya selepas kursus, mantab banget nih. Coba juga ahhh *ngarepnya sih juga dapat gratisan ?

  16. Arda Sitepu Reply

    Wah keren banget Udemy ini mbak, kita bisa belajar desain grafis biar lebih kece. Soalnya aku belajar otodidak tapi sulit mbak hihi.

  17. Inka Amalia Reply

    Wah pengen nyoba nih, saya gak punya keahlian apa2 nib suka bingung kalau mau ngelamar kerja. Kalau ini daftarnya kayak yang mbak jelasin gitu aja ya beratti?

  18. Siwi Ragil Reply

    Baru tau aju mba tentang Udemy ini, seru juga ya kursus online jadi bisa disesuaikan dengan jam bebas kita, aku jadi pengen kursur desain grafis juga nih..

  19. Amanda ratih Reply

    Kalau belajar online emang kudu serius ya mak, soalnya nggak ada yg ngajarin. Kalau mau sukses dan pinter ya tekun kudu tekun belajarnya

  20. Elly Nurul Reply

    Banyak juga ya mbak pilihan kursusnya di udemy ini.. desain grafis dan keuangan sepertinya aku minat nih.. supaya jadi emak yang ngga kudet soal desain grafis dan tentunya tetep dalam keuangan keluarga yang rapi dan juga aman dari bocor bocor halus ya mbak

  21. Rach Alida Reply

    Mba, aku belum pernah nyoba kursus desain grafis online seperti ini. Dengan kemudahan desain grafis bisa memberikan kemudahan kalau ada keterbatasan waktu ya mba

  22. Elva S Reply

    Saya baru tahu soal Udemy ini, bisa pilih kursus apapun yg diinginkan juga. Banyak juga ya 100ribu kursus. Bisa kursus apa aja nih berarti. Jadi mupeng buat gabung

  23. Nurul Sufitri Reply

    Wah, aku baru ngeh ini ada pembelajaran online semacam ini. Banyak juga pilihan kursusnya ya dan pembayarannya juga mudah. Menggali potensi dan kreativitas kita ibuk2 bisa nih 🙂 Yang penting niat dan semangat ya. TFS mb DIan.

  24. Mira Utami Reply

    butuh juga nih aku sepertinya tapi untuk desain harus ada dasar perspektif dulu yah biar cakep gtu dan makin terasah daya ruangnya saat mendesain.

  25. Dita Indrihapsari Reply

    Kereeen Mba Dian.. Iya ya kita dengan latar belakang apapun bisa punya skill apa aja yang Kita mau sekarang asal mau belajar, Jalurnya udah banyak. Ada yang gratis lagi.. Udemy setauku udah lama ya tapi aku baru ngeh ada yang Indonesia juga.. Jadi makin penasaran aku.. hehe.. Pingin liat-liat aah siapa tau ada kursus yang cocok.. 😀 TFS ya mba Dian..

  26. April Hamsa Reply

    Aku yang penasaran biayanya berapa ya mbak? Apakah cukup affordable hehe. Seru nih belajar desain dari udemy, gak perlu datang ke lokasi cukup online aja yaa. Cocok deh buat emak2 yang waktunya sedikit dan susah keluar buat kursus.
    Wow 100 rb kursus, penasaran ada kursus bahasanya jg gak yaaaa

  27. Ade UFi Reply

    Wah kayaknya menarik nih. Secara ade suka design. Tapi masalahnya ade kadang suka ga kena kalau kursusnya online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.