sampo ibu menyusui

Rambut Berketombe Saat Menyusui? Ini Solusinya

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Siapa bilang menyusui itu mudah? Ya, menyusui memang alamiah. Tapi tidak mudah, dan seharusnya juga tidak sulit. Pembaca ismyama.com pasti sudah tahu kalau saya mempunyai tiga anak. Dua perempuan, dan satu laki-laki. Anak ketiga baru saja lahir tanggal 4 November 2019. Dari ketiga anak, pengalaman menyusuinya berbeda-beda. Tantangannya beda. Kalau anak perempuan bisa langsung tidur setelah disusui. Saya bahkan sering menyusui anak sambil berbaring. Sedangkan anak laki-laki harus digendong dulu setelah disendawakan.

sampo ibu menyusui

Traveling dan menyusui, dobel berkeringat sehingga rambut berketombe

Apalagi berat badan bayi laki-laki cepat sekali naiknya. Bintang anak ketiga saya lahir dengan berat 3,2 kg. Lalu menjadi 4,5 kg di bulan pertama. Dan menjadi 6,2 kg saat usianya 2 bulan. Masyaallah beratnya. Ini menjadi tantangan tersendiri karena saya harus menggendongnya sebelum tidur. Tak pelak, keringat pun mengucur deras. Termasuk di bagian kepala. Rambut jadi sering basah karena keringat. Akibatnya, rambut menjadi lembap dan mudah berketombe.

Sejak dulu permasalahan rambut saya memang ketombe. Masalah ini menjadi – jadi saat saya memutuskan untuk berhijab. Dan sekarang semakin parah ketika saya sedang menyusui. Padahal di rumah enggak pakai hijab lho.

sampo natur

Oleh karena itu, saya keramas hampir setiap hari. Rasa gatal yang melanda menjadi sebab utamanya. Padahal tidak semua sampo dapat digunakan setiap hari. Apalagi sampo yang “keras”.

Begitu tahu bahwa Natur mempunyai produk anti ketombe, saya tertarik untuk mencoba. Saya sendiri sudah mengenal Natur sejak SMP. Saat itu permasalahan rambut saya adalah rontok karena ketombe. Untuk anti ketombe nya saya pakai produk lain. Dan anti rontoknya saya pakai Hair Tonic dari Natur. Hebat lho Natur bisa eksis sampai sekarang dan terkenal dengan bahan alaminya.

Nah, Shampoo Natur Tea Tree Oil menjadi alternatif sampo dengan bahan alami untuk rambut yang memiliki masalah dengan ketombe. Misalnya ibu menyusui kayak saya yang hampir setiap hari berkeringat. Perlu diketahui bahwa menyusui sendiri mengeluarkan 500 – 700 kalori. Kayak lari gitu kalori yang keluar.

Shampoo Natur Tea Tree Oil, Solusi Anti ketombe untuk Ibu Menyusui

ketombe ibu menyusui

Manfaat Tea Tree Oil

Seperti namanya, bahan utama dari sampo ini adalah Tea Tree Oil. Tea Tree terkenal sebagai anti bakteri. Selain mengatasi ketombe, Tea Tree Oil dapat mengatasi jerawat, melembapkan rambut, anti bakteri dan anti jamur.

Saya juga pakai Tea Tree Oil buat jerawat, dan ampuh.
Minyak dari pohon Melaleuca alternif olia ini banyak ditemukan di Australia dan Oceania yang bekerja sebagai antimikroba dan antiinflamasi sehingga dapat mengurangi jamur penyebab ketombe.

Produk Shampoo Natur Tea Tree Oil sendiri bahkan bisa membunuh kutu rambut karena mengandung zat anti mikroba. Jadi kalau di keluarga ada anak kecil yang kutuan, bisa pakai shampoo ini.

Review Shampoo Natur Tea Tree Oil

Nama Varian:
SHAMPOO NATUR TEA TREE OIL
Ingredients :
Tea Tree Oil (melaleuca alternifolia)
Ukuran :
80ml, 140ml, 270ml
Harga :
Rp 18,000 (80ml), Rp 28,000 (140ml), Rp 40,000 (270ml)

Shampoo Natur Tea Tree Oil sebenarnya bukan varian baru. Saya saja yang baru ngeh kalau brand Natur mengeluarkan produk anti ketombe. Kalau bahannya alami, siapa yang nolak. Ibu menyusui bisa memakainya setiap hari karena berbahan ringan.

Tekstur dari shampoo Natur Tea Tree Oil pas, tidak terlalu pekat, tapi juga tidak terlalu encer. Warnanya krem bening. Persii warna Tea Tree Oil yang selama ini saya ketahui.

Saat saya memakainya, bisa yang dihasilkan memang tidak banyak. Itu tandanya sampo ini tidak mengandung detergen. Justru bagus, kan? Oh ya, sampo anti ketombe Natur juga tidak ada sensasi dinginnya. Meski begitu, rambut tetap terasa bersih dan kesat.

Kemasannya yang imut membuat Shampoo Natur Tea Tree Oil ringan dan praktis dibawa traveling. Bisa masuk tas kecil. Warna hitam pada kemasan juga membuat sampo terlihat elegan. Bisa nih jadi kado buat ibu yang habis melahirkan.

Beli Dimana?

Kalau teman-teman ada yang seperti saya, sedang menyusui dan sering berkeringat sehingga rambut mudah lembap dan berketombe, bisa banget coba shampoo Natur Tea Tree Oil. Sampo ini bisa dibeli di supermarket, hypermarket, Shopee dan Lazada.

#BebasKetombe #RambutKetombe #NaturTeaTreeOil #PilihYangAlami #AlamiLebihBaik

Natur Hair Mask Olive Oil Bagi Rambut yang Dicat

Selain sibuk menyusui, terus terang saya juga sibuk mengurus dua anak lainnya. Sekarang sih masih ada asisten rumah tangga. Meskipun sempat kosong berbulan-bulan sehingga saya harus membagi waktu untuk tiga anak. Mulai dari memandikan dan menyuapi. Dengan keadaan tersebut, saya tidak sempat merawat badan, termasuk rambut.

Saat berkaca dan menemukan ada banyak uban, saya jadi sadar kalau sudah tua. Baru kepala tiga sih, tapi uban kok sudah banyak ya. Saya jadi kepikiran untuk mewarnai rambut nih. Tapi masih ragu karena takut rambut menjadi rusak.

Alhamdulillah kemarin sewaktu ikut acara Hair Beauty Dating and Sharing Session bareng @backtonatur dan @komunitasisb, saya jadi tahu kalau Natur punya hair mask.

Review Natur Hair Mask Olive Oil

Nama Varian:
NATUR HAIR MASK OLIVE OIL
Kegunaan:
Menutrisi & merawat kilau rambut, untuk rambut diwarnai
Ukuran :
15g
Harga :
Rp 10,000/pcs

Tersedia di:
Supermarket, Shopee, Lazada
Review Natur Hair Mask Olive Oil

perawatan rambut diwarnai

Walaupun rambut saya belum pernah diwarnai, tapi saya sering melihat rambut yang dicat. Baik teman-teman dengan warna rambut yang ngejreng, maupun saudara yang lebih tua. Bahkan Papa saya sendiri mewarnai rambutnya yang sudah beruban.

Tak jarang rambut mereka menjadi rusak karena tidak sempat dirawat. Apalagi kalau harus ke salon tentu membutuhkan biaya yang tidak murah. Untung ada Natur Hair Mask Olive Oil sebagai perawatan rambut yang simple tanpa perlu ke salon. Saya jadi bisa merekomendasikan Hair mask Natur untuk teman-teman dan Papa saya.

Tekstur Natur Hair Mask Olive Oil kentalnya pas, dan wangi ketika digunakan. Saya suka wanginya yang natural. Apalagi olive oil mempunyai banyak manfaat untuk rambut.

Cara penggunaannya juga mudah. Cukup dipakai setelah keramas dengan cara mengusapkan Hair mask pada helaian rambut secara merata lalu pijat. Setelah itu diamkan 1-2 menit. Lalu bilas hingga bersih.

Saya merekomendasikan teman-teman yang rambutnya diwarnai untuk menggunakan Natur Hair Mask Olive Oil yang bisa dibeli di supermarket, hypermarket, Shopee dan Lazada
#NaturalProtection #NaturHairMask #ColourHair #HairCare #PilihYangAlami #AlamiLebihBaik

Menjadi Blogger Profesional ala Teh Ani Berta

ani Berta

Acara kedua setelah penjelasan Mbak Clara tentang Natur adalah sesi sharing dengan Teh Ani Berta, founder @komunitasisb. Beliau menceritakan bahwa ngeblog sekarang banyak diminati. Tapi tunggu dulu, tampaknya ada blogger yang menulis karena ingin langsung dapat uang. Padahal jika kita kembali ke fitrah blog, seharusnya uang bukanlah tujuan. Blog itu membuka banyak peluang, termasuk penghasilan.

Saya sendiri kalau boleh jujur, menulis blog untuk katarsis. Mengeluarkan berbagai unek-unek dan emosi dalam bentuk tulisan yang bermanfaat untuk orang lain. Ide dan ilmu yang saya punya saya bagikan di blog. Makanya berasa lega gitu setelah menulis di blog. Baru belakangan saya tahu bahwa ternyata ngeblog dapat membuka banyak peluang. Mulai dari menambah net working, menambah pundi – pundi rupiah, hingga berkesempatan menjelajahi Indonesia dan menjadi narasumber di berbagai acara kepenulisan. Sungguh anugerah yang tidak saya sangka sebelumnya.

Menurut saya, kalau ada yang ngeblog karena uang. Maka ketika job sepi, blog nya juga akan lumutan. Tapi yang ngeblog pakai hati, selalu punya bahan untuk ditulis. Teh Ani Berta juga mengatakan bahwa di era sekarang, lebih banyak blogger yang menulis di media sosial seperti Instagram. Enggak salah sih, asal jangan lupa sama blog nya. Boleh berhenti sejenak untuk istirahat, tapi nanti kembali lagi menulis dengan mood yang lebih bagus dan kualitas konten yang meningkat.

Jadi, izinkan saya merangkum sharing dari Teh Ani Berta kemarin ya.

Tips Menulis Blog di Era Influencer

1. Terbuka untuk berbagai bidang ilmu.

Meskipun tidak sesuai niche blog, tapi bisa dibuat tulisan yang bersinggungan dengan niche.

Misal tulisan tentang taksi vs deodoran. Ternyata sopir taksi membutuhkan deodoran agar keringatnya wangi. Intinya pintar – pintarnya kita sebagai blogger dalam mengambil sudut pandang penulisan.

2. Meningkatkan wawasan melalui bacaan, obrolan dengan orang yang lebih berpengalaman

Wah, penting banget nih. Sebagai blogger pemula, saya sangat bersemangat kalau ketemu blogger senior atau yang berbeda kota untuk sekadar berbagi pengalaman. Mereka yang sudah makan asam garam di dunia blog pasti mempunyai saran yang bijak agar saya tetap bisa eksis dan berkembang sebagai blogger.

3. Upgrade skills

Siapapun butuh untuk upgrade skills. Istilahnya long life learner gitu. Belajar sepanjang hayat. Skills yang diperlukan sebagai blogger itu banyak lho. Mulai dari skill memotret, mengambil video, hingga public speaking.

4. Belajar bikin infografis, video, konten yang lebih berkualitas

Nah, kelanjutan nomor tiga nih. Enggak apa-apa kalau infografis atau video kita enggan sebagus desainer grafis atau para youtuber. Setidaknya sebagai blogger, kita sudah berusaha dengan cara belajar.

5. Terbuka terhadap berbagai digital tools yang memberikan nilai tambah untuk blog

Sepakat nih, salah satu digital tools adalah media sosial. Instagram yang menarik misalnya, tentu akan berdampak ke tingkat pembaca blog. Begitu juga dengan tools seperti Canva, Snapseed, Adopt, Movie Maker, Video Editor yang semuanya menjadi nilai tambah bagi blog

6. Berbaur saat bertemu dengan blogger, influencer, atau orang lain di event

Sebagai blogger yang sebenarnya pemalu, saya pribadi mengaku lumayan susah berbaur. Tapi kalau disapa duluan sih enggak nolak untuk ngobrol lebih jauh. Saya sepakat bahwa enggak nge”gang” saat event adalah cara terbaik untuk mengenal lebih banyak orang.

7. Perluas circle

Circle kita enggak hanya blogger lho. Tapi juga bisa merambah ke para fotografer, influencer, videografer, pilot drone, digital marketer, penulis buku, entrepreneur dan sebagainya. Justru dari teman yang berbeda circle inilah biasanya saya mendapat banyak masukan tentang konten blog. Termasuk tawaran job di berbagai acara. Seneng, kan kalau punya circle yang luas?

8. Update artikel 70% organik

Tertohok nih pas Teh Ani membahas tentang artikel organik. Jujur, saya pernah berada di situasi enggak sempat menulis organik saking banyaknya job, hoho. Bukan sombong, tapi peran sebagai istri, ibu, dan blogger membuat saya harus menentukan prioritas. Tentu saja tulisan job menjadi prioritas karena ada klien yang menanti dan memberikan deadline. Sementara tulisan organik biasanya tanpa deadline.

Tapi saya sendiri menyadari bahwa tulisan organik itu membuat saya lebih lega. Seperti yang saya bilang di awal, saya masih membutuhkan blog untuk sarana katarsis. Makanya saya selalu berusaha menulis organik di tengah kepadatan aktivitas sehari-hari. PR banget nih sampai 70%:)

shampo Natur anti ketombe

Alhamdulillah acara Hair Beauty Dating and Sharing Session di Ibis Tamarin berjalan dengan lancar. Saya pulang membawa banyak ilmu yang tentunya akan saya praktikkan. Makin asyik dan semangat karena sekarang bisa nulis blog tanpa harus garuk-garuk kepala. Bye-bye ketombe.

(Visited 66 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

13 Comments

  • Wiwin | Pratiwanggini.net January 17, 2020 Reply

    Tossss.. aku pun butuh blog untuk menuangkan segala hal yang ada di hati dan pikiranku hehehe.. Karena itu aku berusaha untuk terus menulis artikel organik. Mulai 2020 ini akan berusaha mengurangi malas 😀

  • Elly Nurul January 18, 2020 Reply

    Varian shampo natur semakin banyak ya.. sudah dikhususnya berdasarkan permasalahan rambut, ada yang khusus rambut beketombe, rambut rusak, rambut rontok, bahkan rambut tipis.. rambut aku nih rontok parah.. mau coba natur untuk rambut rontok nih..

  • RAch Alida January 18, 2020 Reply

    Aku lagi mencoba untuk selalu update blog mba dengan tulisan organik nih mba. Dan setuju banget untuk selalu upgrade kemampuan ya mba. Senangnya datang ke acara ini mba 🙂

  • Nurul Mutiara R.A January 18, 2020 Reply

    MasyaAllah, tantangan menjadi emak emang luar biasa ya mbak, bahkan sampai ketombe menjadi gangguan yang harus dihilangkan. Untungnya masih ada produk2 shampo Nature ini. Aku suka banget aromanya 🙂

  • Mini GK January 18, 2020 Reply

    Kalau udah masalah rambut itu emang nyiksa. (((Semua masalah nyiksa kalik, Min)))
    Kepala gatel aja sudah subhanallah bikin gak konsentrasi apalagi ditambah ketombe, rambut lepek lembab udah bakalan gak betah sama aroma diri sendiri.
    Dulu aku hampir tiap hari sampoan, tapi ternyata itu gak bagus. Sekarang urusan sampo pilih pilih

  • Yustrini January 18, 2020 Reply

    Luar biasa Mbak Dian ini selalu bersemangat dalam beraktivitas. Jadi ibu 2 anak, duh pasti sibuk yaa sampai ga sempat merawat diri.

    Syukurlah masalah ketombe sudah teratasi dengan natur. Saya udah nyobain shampoo ini memang sedikit busanya, tapi malah ini yang bagus ya.

  • innaistantina January 19, 2020 Reply

    Hahha iya bener, tulisan organik itu bisa legaaaa nulisnya, tapi disisi lain untuk *menghidupi* blog juga butuh tulisan yang bisa ngecover. Harusnya memang seimbang ya Di, teorinya gampang, prakteknya yaaa tetep butuh perjuangan khusus, xixixixi

  • Agustina Purwantini January 19, 2020 Reply

    Wah iya, saya butuh banget belajar infografis. Tapi kok masih sekadar wacana…

  • Mei January 19, 2020 Reply

    aku juga pakai hair tonicnya, wangi juga suka sama hair tonicnya, tips menulisnya keren mba menginspirasi buat pemula seperti aku niy, thanks Mba Dian

  • Agata Vera January 20, 2020 Reply

    Aku juga pake Natur Tea Tree oil mbak, cuma aku ga pake hair mask nyaa yang tea tree emang wanginya seger sih

  • ima satrianto January 20, 2020 Reply

    Dilema banget ya, ibu hamil dan menyusui jg butuh cantik ya rambutnya. Seneng ada solusi alami utk mengatasi ketombe ya Di..

Leave a Reply

error: Content is protected !!