Penanaman Modal Dalam Negeri? Ke BKPM aja!

Facebooktwitterredditmail

Penanaman Modal Dalam Negeri ? Ke BKPM aja! 

Apa yang teman-teman pikirkan bila mendengar kata investasi? Membeli tanah dan properti kah? Membeli emas batangan? Atau hal lainnya? Bagaimana dengan menanamkan modal di sebuah perusahaan? Atau bahkan kita sendiri yang membuat perusahaan?

Kedengarannya ribet dan wow sekali ya, secara membayangkannya saja udah ngeri duluan. Yang dipikiran saya kalau mau buat perusahaan itu ya harus mengurus ijin pendirian perusahaan, mengurus ijin bangunan, belum lagi soal karyawan dan pajak yang harus dihitung kelak. Padahal dunia sebagai apoteker juga dekat lho dengan hal tersebut. Meski sifatnya adalah usaha kecil, tapi untuk mendirikan apotek, ada banyak syarat yang harus dipenuhi, termasuk ijin gangguan, IMB, ijin mengenai limbah dan air, dan sebagainya.

Lalu bagaimana dengan perusahaan lain yang lebih besar ya? Ternyata ada lho penjelasan yang mudah dipahami mengenai cara penanaman modal dalam negeri. Akan ada tuntunan praktis, prosedur, dan info-info terkini oleh BKPM.

Apa itu BKPM?

BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal merupakan Indonesia Invesment Coordinating Board yang merupakan pintu koordinasi penanaman modal di Indonesia. Harapannya, agar para investor dapat dengan mudah berinvestasi di Indonesia dan melalui jalur yang resmi.

Indonesia sendiri merupakan negara yang menarik untuk tempat investasi lho. Seperti kita ketahui bahwa tenaga kerja kita kompetitif, penduduk kita mudah mengikuti trend atau hal baru, ditambah dengan politik demokrasi kita yang cukup stabil, serta kekayaan alam kita yang melimpah. Begitu banyak alasan untuk berinvestasi di Indonesia.

Peluang investasi

Peluang investasi di Indonesia juga banyak sekali, tidak hanya di sektor kesehatan jadi seperti apotek yang saya contohkan tadi. Tetapi juga ada peluang di bidang pertanian, infrastruktur, maritim, pariwisata, dan industri. Seperti kita ketahui, bahwa pertanian kita jelas mendominasi, terutama soal pangan bahan pokok termasuk padi dan jagung. Infrastruktur yang membutuhkan banyak modal antara lain soal ketenagalistrikan. Lokasi Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, termasuk daerah yang masih susah diakses, membutuhkan majunya infrastruktur.

Sebagai seseorang yang suka jalan-jalan, saya jelas tertarik dalam bidang pariwisata. Tapi tahukah teman-teman, bahwa saat ini pemerintah kita fokus kepada 16 lokasi wisata di Indonesia, mana saja?

Buah dari fokus tersebut, kita tentunya dapat merasakan nyamannya berwisata ke lokasi di atas. Tentunya ada peran para investor di sini.

Di bidang maritim, peluang investasi masih terbuka di berbagai bagian, antara lain dalam hal produksi perikanan termasuk budidayanya, kemudian penyimpanan hasil tangkapan perikanan, dan juga memproses hasi produksi agar lebih bernilai jual. Untuk bidang industri, wah Indonesia juaranya. Peluang di bagian tekstil, kimia dan farmasi, cokelat, gula, furniture, elektronik, minyak bumi dan gas, besi dan baja.

Kalau ingin tahu lebih banyak tentang penanaman modal dalam negeri, bisa langsung kontak BKPM ya.

Referensi tulisan dan foto: website BKPM

(Visited 133 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

2 thoughts on “Penanaman Modal Dalam Negeri? Ke BKPM aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published.