Menjaga Diri dengan Baju Muslim

Facebooktwitterredditmail
Seandainya sarimbitan, pasti terlihat lebih kompak. Foto dokumen pribadi.

Menjaga Diri dengan Baju Muslim

Assalammualaikum teman-teman, kali ini saya ingin cerita tentang bagaimana identitas seorang muslim dapat terlihat dari berbagai hal. Seringkali tanpa kita sadari, identitas ini penting dalam berinteraksi dan berhubungan dengan sesama manusia. Saya ambil contoh, bila kita sedang bepergian ke kota atau negara yang mayoritas penduduknya bukan muslim, maka dengan identitas kemusliman kita, orang-orang pribumi akan lebih aware dengan kebutuhan kita. Sebut saja makanan halal, dan juga waktu yang dibutuhkan untuk beribadah.

Tentunya hal di atas jelas memudahkan hidup kita di negara orang. Nggak perlu koar-koar kalau kita ini muslim, orang lain sudah tahu tanpa harus melihat KTP kita.

Setidaknya ada 5 hal yang dapat kita lakukan sebagai identitas seorang muslim:

  1. Menyapa dan mendoakan dengan Assalammualaikum

Sebagai seorang muslim, mendoakan sesamanya adalah sebuah kewajiban. Mengucapkan salam saat bertemu teman dan saudara, mengucapkan salam saat masuk rumah, mengucapkan salam saat berkunjung ke suatu tempat, menandakan bahwa kita paham pesan di balik makna Assalammualaikum.

  1. Membaca Bismillah setiap mengawali sesuatu

Menyebut nama Allah ketika akan mengawali sesuatu hal, merupakan cara kita untuk berlindung kepada Allah, agar aktivitas kita senantiasa penuh berkah. Percaya atau tidak, bacaan basmalah membuat kegiatan kita berjalan lebih lancar lho.

  1. Bersyukur

Syukur adalah salah satu ciri seorang muslim. Happy family adalah keluarga yang penuh syukur. Senantiasa bersyukur dalam keadaan berkekurangan sekalipun, merupakan cara terbaik untuk sabar. Bukan kemewahan yang membuat hidup kita bahagia, melainkan rasa syukur yang hidup di hati. Membaca Alhamdulillah sebagai bentuk kesyukuran terhadap semua nikmat yang tak akan sanggup kita hitung, dan merupakan identitas muslim yang sudah sepatutnya kita lakukan dengan kesadaran.

  1. Mengagumi tanpa berlebihan, dan sedih tidak berlebihan juga

Muslim itu merasa cukup dengan apa yang telah kita dapatkan. Saat melihat keberuntungan atau kebahagiaan orang lain, muslim mengucapkan Masyaallah sebagai bentuk turut senang. Begitu pula sebaliknya, saat mengetahui kesusahan orang lain, seorang muslim mendoakan jalan keluar untuk sesamanya.

  1. Baju muslim

Beberapa tahun belakangan, trend fashion muslim sudah semakin naik daun. Munculnya komunitas hijabers juga menjadi angin segar bagi keberadaan fashion muslim. Yang tadinya malu berbusana muslim karena modelnya yang itu-itu saja misalnya, sekarang tidak perlu khawatir, karena banyak pilihan busana muslim. Seharusnya memang berbusana muslim bukan dengan niat untuk menjadi lebih trendy, karena dasar hukumnya sudah jelas, kita diperintahkan untuk menutup aurat semenjak baligh.

Baju muslim adalah identitas yang paling mudah dikenali karena terlihat oleh mata. Saya sendiri mulai memikirkan soal identitas ini, terutama untuk keluarga saya. Memiliki anak yang masih kecil-kecil, bukan berarti mereka belum diajarkan soal berbusana muslim. Justru sejak dinilah saya mengenalkan baju keluarga muslim agar kelak mereka terbiasa dan tidak canggung memakainya.

Salah satu fashion muslim untuk keluarga yang sesuai selera saya adalah brand Ethica. Ethica sendiri adalah rebrand dari Salsa clothing. Ketika saya menelusuri websitenya, saya seperti menemukan oase untuk baju muslim, khususnya pakaian anak, remaja dan keluarga.

Kekuatan Ethica

Dikutip dari websitenya, Ethica memadukan desain dan warna yang kuat sehingga cocok untuk anak-anak. Bahan kaos dan katun jelas sesuai untuk anak-anak yang selalu memiliki banyak energi untuk beraktivitas. Bahan yang adem akan membuat anak nyaman dan nggak mengeluh saat menggunakan baju muslim.  Lihat deh model bajunya anak-anak banget dan bentuk bajunya juga lebar.

Meski dalam satu rangkaian baju tidak sama motif dan warnanya, tetapi terlihat cocok ketika dikenakan. Modelnya yang semi formal, menjadikan baju muslim anak ini dapat dipakai di berbagai acara. Dipakai ke sekolah juga bisa nih. Jadi nggak sabar ingin beli kids series-nya Ethica untuk anak saya, Najla.

Foto asli dari website Ethica

Sedangkan untuk baju muslim remaja, gaya fashion matching, simpel, cerah dan kasual menjadi andalan Ethica, agar remaja muslim semakin percaya diri. Tentunya dengan didukung oleh attitude yang mencerminkan seorang muslim ya. Jadi nggak hanya bajunya saja yang bersih, indah dan rapi, tapi juga perilakunya.

Soal harga, relatif terjangkau bila per produk nilainya mulai dari 150 ribu rupiah hingga di bawah 300 ribu rupiah. Sebuah harga yang kompetitif bila dilihat dari bahan dan kualitas desain Ethica fashion yang unik.

Happy Family

Yang menarik, ada produk terbaru ethica, yaitu happy family (HaFa). Mengusung warna-warna ceria, menjadikan satu keluarga lebih bahagia karena bisa mempunyai baju keluarga yang seragam atau senada. Ada satu contoh produk yang saya suka nih. Warnanya cerah, dan modelnya syarí karena lebar dan tidak ketat.

Fashion muslim keluarga by Ethica ini menurut saya pribadi laij daripada yang lain. Meski konsepnya sarimbit, tetapi motif dan warnanya nggak selalu sama lho. Yang penting perpaduannya ciamik dan enak dipandang. Jadi, andai pak suami nggak pede pakai warna ungu atau maroon, suami bisa memilih warna lain yang senada denga warna baju muslim ibu, seperti hitam atau putih-lah.

Ethica sebagai brand untuk fashion muslim keluarga, telah membuat saya jatuh cinta oleh keoriginalannya dalam mengenalkan produk fashion muslim yang tetap islami. Nggak banyak lho, fashion muslim yang tetap menjaga nilai-nilai syariat, seperi bahan yang tidak ngecap tubuh, bagian dada yang longgar, tidak terlihat lekuk tubuh, dan sebagainya .

Keagenan dan reseller

Agen dan reseller Ethica sudah tersebar ke seluruh Indonesia lho, jadi kita tidak perlu khawatir ingin pesan kemana, bisa langsung ke agen resmi yang terdaftar dan berada di dekat rumah kita. Kalau teman-teman mau jadi agennya juga boleh. Nih bisa lihat testimoninya.

Sebagai penutup, baju muslim adalah salah satu identitas yang menggambarkan ketaatan kita sebagai seorang muslim. Dengan memakai baju muslim, secara otomatis kita akan berusaha bersikap lebih baik daripada sebelumnya, agar sesuai dengan pakaian yang menjaga diri kita.

Penjagaan diri dalam bentuk baju muslim, merupakan kepercayaan yang saya ajarkan ke anak-anak. Penjagaan diri melalui pakaian muslim, membuat saya lebih percaya diri dalam beraktivitas. Tak lain dan tak bukan, karena saya merasa nyaman dan aman. Semoga begitu juga dengan teman-teman ya.

(Visited 201 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

11 thoughts on “Menjaga Diri dengan Baju Muslim

  1. ihwan Reply

    Setuju sekali dengan berpakaian sesuai syariat maka akan jadi identitas diri dan menjaga kehormatan kita terutama wanita.

  2. evrinasp Reply

    bener banget, mengenakan baju muslim paling enggak kita akan mendapatkan doa melalui salam ketika bertemu saudara-saudara kita ya mbak, sukses ngontesnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *