Kursus Coding Untuk Anak di Hacktiv8

Facebooktwitterredditmail

Kursus coding untuk anak apakah baik bagi masa depan mereka?

“ Bermain juga merupakan tuntutan dan kebutuhan yang esensial bagi anak usia Sekolah Dasar, melalui kegiatan bermain anak akan dapat mencapai tuntutan dan kebutuhan perkembangan dimensi dari motorik, kognitif, kreativitas, bahasa, emosi, sosial, nilai, dan sikap hidup”

– Maslichatoen-

Sebagai orang tua dari tiga anak, saya berusaha agar perkembangan anak-anak sesuai dengan usianya. Begitu pula dengan perkembangan motoriknya. Perlu diketahui bahwa perkembangan motorik merupakan salah satu aspek perkembangan yang dapat penting agar aspek perkembangan lainnya bisa berkembang maksimal.

Perkembangan motorik berarti perkembangan fisik dan pengendalian gemak tubuh anak sudah matang. Nah, perkembangan fisik anak akan menentukan keterampilannya dalam bergerak. 

Gangguan perkembangan fisik motorik pada usia anak SD dapat menjadi kendala tersendiri dalam aktivitas. Misalnya, anak akan kesulitan bermain, menulis, menghapus papan tulis dan sebagainya. Makanya saya sangat concern terhadap perkembangan motorik anak-anak di rumah.

Perkembangan Fisik dan Motorik Anak SD

Secara garis besar, pertumbuhan dan perkembangan fisik anak dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap setelah lahir sampai usia 3 tahun. Lalu tahap anak- anak hingga masa prapubertas (3-10 tahun). Selanjutnya tahap pubertas (10-14 tahun) dan tahap remaja (usia 12 tahun ke atas).

stimulasi motorik anak SD
Najla latihan memanah sekaligus stimulasi motorik

Seiring dengan pertambahan berat badan dan kekuatan anak, perkembangan motorik anak SD menjadi lebih sempurna, dan terkoordinasi dengan baik. Anak SD dapat mengontrol dan mengoordinasikan gerak anggota tubuhnya. 

Aktivitas fisik seperti melompat, lempar tangkap bola, dan berlari dapat dilakukan dengan cepat dan akurat karena otot tangan dan kakinya sudah lebih sempurna. Selain itu, keseimbangan anak juga lebih baik. Oleh karena itu, pada pelajaran olahraga Kak Najla, ada gerak lokomotor yang diajarkan dan dinilai oleh gurunya.

Stimulasi Motorik Anak

Lalu bagaimana caranya stimulasi motorik anak? Cara paling mudah adalah mengikuti buku panduan KIA, atau aplikasi Primaku dari IDAI. Di sana sudah dituliskan secara lengkap. Mulai dari stimulasi sejak bayi, hingga anak berusia 6 tahun (siap masuk SD). 

stimulasi motorik kasar anak
Berlari dan melompat

Misalnya saja untuk melatih motorik kasar, anak dapat dilatih untuk melempar bola, menangkap bola, berlari, berdiri di atas satu kaki, melompat, mengendarai sepeda dan berenang. Sedangkan stimulasi motorik halusnya seperti menggambar, memegang pensil, menyulam atau menjahit. 

Manfaat Belajar Coding Untuk Anak

Yang tak kalah menarik, di era teknologi, ada cara stimulasi motorik halus lainnya yaitu belajar coding untuk anak. Belajar coding ini mempunyai banyak manfaat, antara lain:

  1. Bahasa pokok masa depan

Saya sepakat sekali bila coding merupakan bahasa masa depan. Bahasa pemrogaman termasuk coding akan digunakan untuk membuat animasi, robot, aplikasi dan teknologi lainnya. Mungkin akan tiba masanya, kecerdasan buatan akan menggantikan banyak pekerjaan manusia.

  1. Skill jangka panjang

Era teknologi sudah tiba, dan skill coding tentu akan terpakai di masa depan. Anak yang belajar coding otomatis mencicil untuk keahlian jangka panjangnya.

  1. Mampu berpikir logika

Coding membuat seseorang berpikir dengan otak kiri yaitu secara logika dan analisis. Dengan belajar coding untuk anak, mereka akan mengasah logika dalam menyelesaikan masalah. Ketika tiba masa logika dibutuhkan baik dalam pekerjaan maupun dalam keseharian, maka kemampuan berpikir logic nya sudah terbentuk dengan optimal.

  1. Menumbuhkan kreativitas anak

Manfaat belajar coding untuk anak selanjutnya adalah mengasah kreativitas. Coding itu enggak baku ketika diaplikasikan untuk membuat game. Anak bebas menggunakan kreativitasnya agar game yang dibuatnya lebih kaya dan tidak terkesan kaku.

  1. Membantu anak berinovasi

Coding akan mengembangkan inovasi anak. Termasuk imajinasinya. Inovasi merupakan keahlian yang dibutuhkan di masa depan. Setiap produk, perusahaan, butuh inovasi agar tidak tertinggal, agar selalu dicari.

  1. Menjadikan anak problem solver

Kemampuan problem solving bisa diasah dengan kursus coding untuk anak. Saat mendapati masalah, misal game yang diharapkan tidak berjalan (eror), anak akan mencari jalan keluar. Bagian mana yang masih salah. Bagian coding mana yang perlu dibenahi.

Enam manfaat belajar coding untuk anak dapat tercapai jika anak belajar dengan sungguh-sungguh. Oleh arena itu, kursus coding untuk anak tetap perlu pendampingan dari orang tua agar bisa melihat perkembangan kemampuan codingnya.

Trial Class dan Review HACKTIVKIDZ 

Dalam rangka mengenalkan dunia coding untuk anak, saya mendaftarkan Kak Najla untuk mengikuti trial kursus coding untuk anak dari HACKTIVKIDZ. 

Les coding anak dimulai dengan perkenalan instruktur atau guru yang akan mengajari anak-anak, namanya Kak Gita. Kemudian Kak Gita mengenalkan logika dan basic programming. Najla (10 tahun) dan para peserta belajar coding untuk anak SD-SMP juga diajarkan membuat game dengan coding dasar.

kursus coding untuk anak

Najla juga belajar membuat game sederhana menggunakan aplikasi Scratch dan membuat game Catch game 2 players. Moms penasaran enggak caranya? Caranya mudah dipahami oleh anak-anak, karena mereka praktik langsung. 

Kak Gita mengarahkan anak-anak untuk membuka website Scratch menggunakan laptop atau PC. Setelah itu, Kak Gita akan memberikan contoh instruksi yang nantinya akan diikuti oleh para peserta les coding anak.

les coding anak

Command atau perintah dalam bahasa pemograman komputer terdiri dari berbagai code. Mulai dari control, sound, motion, operation, dan variables. Dari code tersebut akan ada command lagi yang tinggal diklik dan dipindahkan ke layar untuk membuat game.

Game sederhana yang pertama dibuat oleh Najla dan para peserta trial adalah game 1 players yaitu membuat kucing bergerak. Setelah berhasil, baru deh bikin game 2 players.

Kak Gita memberikan dua karakter yaitu virus corona dan suntikan untuk menjadi playersnya. Setelah kedua karakter tersebut di- download, gambarnya bisa diunggah ke website Scratch untuk dibuat game. 

manfaat belajar coding untuk anak

Jadi ceritanya anak-anak diminta untuk membuat game tentang virus corona yang disuntik lalu menghilang. Mereka bisa memilih sendiri background gamenya dimana. Lalu Kak Gita mengajarkan cara membuat command agar virus dan suntikannya bisa bergerak. Seru sekali!

“Ternyata mudah ya, Bunda, bikin game itu. Pantesan Sara mau jadi pembuat game,” kata Najla.

Saya tertawa mendengar kalimat yang diucapkan Najla. Memang benar bahwa adiknya bercita-cita ingin menjadi pembuat game. Kenapa bisa begitu? Alasannya karena ketika dia ngegame, ada beberapa hal yang enggak ada di game tersebut dan pingin dia tambahin.

review HACKTIVKIDZ

Saya sempat berpikir apakah bisa anak SD- SMP bikin game? Ternyata siapa saja asal  niat belajar coding, ya bakal bisa membuat game. Apalagi kalau belajarnya di sekolah coding anak yang terbaik.

Saya berharap Najla dan bahkan Sara bisa mengikuti sekolah coding anak agar kelak semakin terasah kemampuan codingnya. Siapa tahu kelak mereka enggak hanya membuat game. Tetapi juga membuat teknologi yang bermanfaat untuk membantu manusia. Kebayang di masa depan, berawal dari belajar coding, eh malah bekerja di industri teknologi.

Saya melihat sendiri bahwa dengan belajar coding, Najla jadi berpikir kritis, logic dan kreatif. Belajar coding untuk anak SD-SMP bermanfaat untuk diterapkan di dunia nyata.

Bagaimana mereka memecahkan masalah, dan mencari alternatif lain ketika terjadi ketidaksesuaian dengan yang diharapkan. Dengan demikian, ketika akan lebih percaya diri untuk menyelesaikan suatu tantangan.

“Yeay! Najla berhasil, Bunda,” ucap Najla ketika berhasil menyelesaikan instruksi dari Kak Gita. 

Saya merasa Najla semakin percaya diri karena ia bangga telah berhasil membuat game. Mungkin karena selama ini ia rutin main game. Maka ketika dirinya bisa membuat sendiri, ia makin bersemangat untuk berkreasi. Najla juga tak sabar untuk belajar coding lagi. Ia siap bereksplorasi membuat game yang lebih sulit.

Tadinya saya cukup skeptis dengan cita-cita pembuat game. Terkesan kurang serius, dan gimana gitu. Tapi setelah mengikuti trial HACKTIVKIDZ, rasa skeptis itu memudar. 

Sebagai informasi, HACKTIVKIDZ adalah tempat untuk mengenalkan keterampilan coding pada anak dengan konsep PictoBlox yang memungkinkan mereka membuat program sendiri dengan animasi.

Review HACKTIVKIDZ di atas saya tulis berdasarkan pengalaman trial class yang diikuti oleh Najla. Sara, sang adik juga tertarik karena praktik langsung. Apalagi instrukturnya seru, dan mereka bisa belajar sambil bermain. Kak Gita juga membolehkan para peserta untuk berimajinasi saat membuat game.

Sewaktu saya mencari informasi lebih lanjut tentang HACKTIVKIDZ, saya menemukan bahwa HACKTIVKIDZ punya kurikulum dan program yang seru. Les coding untuk anak dilakukan secara online. Anak akan belajar coding dengan total 5 sesi dan dengan durasi masing-masing 1,5 jam.

Terdapat lima materi belajar coding yang diajarkan di HACKTIVKIDZ, yaitu:

  1. Pengenalan Pictoblox
  2. Pengenalan Fitur Animasi dan Sprite
  3. Membuat Animasi Walking
  4. Bermain dengan Sounds
  5. Story telling

Ada beberapa level yang bisa dicoba oleh anak, yaitu animation, art, dan games. Untuk bedanya, Moms bisa melihat pada gambar.

sekolah coding anak

belajar coding untuk anak SD-SMP

kursus coding untuk anak SD

Penasaran dengan jadwal program dan biayanya? Cuzz cek di bawah ini.

Kenalan dengan Hacktiv8, Cooding Bootcamp Pertama di Indonesia

Oh ya, mungkin Moms ada yang belum tahu kalau sekolah coding anak di Indonesia berasal dari  Hacktiv8. Hacktiv8 adalah perusahaan cooding bootcamp pertama di Indonesia. Perusahaan ini mentransformasi para pemula untuk menjadi digital talent terbaik di Indonesia yang siap bekerja. 

Hacktiv8 menjamin setelah mengikuti bootcamp di sana, maka karir akan melesat dalam empat bulan menjadi Full Stack Developer. Mengapa bisa demikian? Karena peluang kerja di Hacktiv8 mencapai 350 hiring partner. Selain itu, kurikulumnya lengkap dan para instrukturnya juga berpengalaman.

Setidaknya, terdapat tiga kurikulum di Hacktiv8, yaitu:

1. Bootcamp

Bootcamp merupakan program intensif untuk belajar menjadi Full Stack Developer atau Data Scientist. Melalui bootcamp, para siswa akan mempelajari Fullstack Javascript Immersive dan Data Science secara intensif. Yang menarik, program ini memberikan fasilitas penempatan kerja setelah lulus bootcamp. Wah, pantas saja banyak yang tertarik mengikuti bootcamp di Hacktiv8.

2. Professional Development

Professional Development merupakan program paruh waktu untuk meningkatkan skill di bidang digital teknologi.

3. Corporate Program

Program pelatihan di bidang digital teknologi khusus untuk perusahaan. Para pemilik perusahaan dapat meningkatkan skill karyawannya melalui program corporate di Hacktiv8

Selain itu, Hacktiv8 merupakan perusahaan coding bootcamp pertama di Asia yang Tergabung dalam CIRR. Council on Integrity in Results Reporting (CIRR) adalah standar yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada calon siswa adalah hal yang sangat penting.

Wow, ternyata Hacktive8 bukan perusahaan kaleng-kaleng ya. Pantas saja instruktur (saat Najla ikut kelas trial gratis) terlihat sangat ahli di bidangnya. 

kelas trial gratis coding anak

Kalau Moms ingin merasakan langsung pengalaman belajar coding untuk anaknya, pas banget akan ada kelas trial gratis. Moms bisa mendaftarkan anaknya untuk trial tanggal 18 Desember 2021. Semoga review HACKTIVKIDZ bermanfaat untuk siapa saja yang sedang mencari kursus coding untuk anak.

(Visited 199 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

62 thoughts on “Kursus Coding Untuk Anak di Hacktiv8

  1. deddyhuang.com Reply

    seru banget ya mbak, apalagi bisa dampingin anak buat sambil belajar gitu. hacktiv8 ini dia juga ada program pelatihan kalau aku lihat. kemarin sempat lihat program bootcamp, cuma budgetnya belum masuk di akunya XD

  2. Dian Reply

    iya, sekarang anak anak banyak yang suka ikitan kursus koding ya mbak
    mereka ingin bisa punya game sendiri

  3. Chairina Reply

    Seru banget ya belajar koding. Aku aja ibunya jadi penasaran gimana anak-anak. Model belajarnya ini gak bikin bosen ya.

  4. Marita Ningtyas Reply

    Anakku ketagihan nih, katanya mau ikut kelasnya, jangan trial lagi. Seru katanya. Aku pun lihatnya juga jadi happy. Emang seru banget sih, wkwk. Nggak berasa lagi belajar, tapi kek lagi main game, hehe. Padahal lagi bikin game.

  5. lendyagassi Reply

    Ada banyak sekali manfaat anak-anak belajar coding di hacktiv8 yaa..
    Dan ini menguatkan orangtua bahwa anak-anak suka games juga baik selama bisa memfasilitasi dengan belajar hal-hal lain yang meliputinya.

  6. Ayu Natih Widhiarini Reply

    Wahh luar biasa sekali anaknya yg masih belia sudah dikenalkan dengan coding begini, saya yg sudah hampir seperempat abad umurnya masih belum paham nih belajar coding beginian.
    Apa saya minta keponakan saya belajar di hacktiv8 aja ya biar tahu basic coding

  7. hastinpratiwi.com Reply

    Wah.. sayang banget anakku gak mau ikutan trialnya heheheee.. Mungkin dia pikir belajar coding itu terlalu serius pake kode-kode terus, padahal dari tulisan ini ternyata belajarnya sambil bermain, apalagi untuk bikin game.

  8. hallowulandari Reply

    ahhh keren banget sih yaa, jaman sekarang tuh futuristik banget, anak kecil udah belajar coding loh! Bakal jadi bekal masa depan banget sih, jadi value banget buat skill masa depan, kalau dari kecil gini udh belajar dan mulai mendalami coding

  9. Kata Nieke Reply

    Wah andaikata waktu saya kecil sudah ada kegiatan semacam ini. Mungkin saya akan lebih mudah memahami koding kodingan dan udah bisa bikin game. Bagus ini kegiatannya, daripada anak cuma main game sekalian jadi penciptanya ya.

  10. hamimeha Reply

    hwaaaa coding bikin mumet.. eh tapi rupanya anak anak asyik ya pasti keren ini mentornya bisa menjelaskan dengan mudah sehingga anak bisa menagkap dg baik.

    kata suamiku, skrg itu harusnya coding. masuk kurikulum hwkakaka duh dia mah gitu . nah ini di hacktiv8 ada

  11. Jihan Reply

    Seruu banget yaahh aku jg kemarin ikutan trial classnya bootcamp hacktiv8. Sumpaaah jadi pengen ikutan yg fulll

  12. Fenni Bungsu Reply

    Berarti buat anak-anak banyak hal yg bisa menstimulasi otaknya ya mbak, apalagi dengan belajar coding sebagai pengetahuannya juga sih ya buat dia
    kelak dewasa nanti

  13. Amir Reply

    Kalau usia anak-anak udah diajarin coding, sepertinya nangkapnya akan lebih cepat. Karena anak-anak zaman sekarang tuh pinter-pinter banget. Dan kemampuan coding itu potensinya sangat besar di masa depan. Karena hampir semua tentang tekhnologi berbasiskan koding.

  14. Fionaz Isza Reply

    Keren banget mbak, anak2 jaman sekarang udah mulai belajar koding. Aq jadi malu nih karena aq sendiri belum paham koding sama sekali

  15. Dirman Reply

    Setuju dengan coding untuk anak dapat bermanfaat sebagai pelengkap skill dan bahasa masa depan. Beberapa keponakan kami sebentar lagi berusia di atas 6 tahun, hmm.. perlu mulai diperkenalkan dengan hacktiv8 ini, terima kasih mbak, informasinya.

  16. Bening Reply

    pertama baca judulnya, cuma bisa ‘hah? serius nih, buat anak?’
    ternyata memang ada programnya sendiri ya
    dan pastinya kalau buat anak, ya disesuaikan dengan kemampuan anak
    info menarik nih, simpen ah

  17. Irpan Reply

    Seperti halnya main piano, ngoding itu butuh jam terbang. maka mengenalkan dunia coding sejak dini, akan baik buat anak, supaya jam terbangnya sudah banyak ketika terjun ke dunia kerja nanti.

  18. hallowulandari Reply

    huwaaa keren banget yaa mba, sekarang mah anak SD aja udah bisa kursus coding loh! Mantul, bisa bisa anak tuh lebih gape soal coding blog dari pada mamaknya hehe, bagus yaa bisa jadi modal karir masa depan juga loh ini

  19. Wiwied Widya Reply

    Aku nggak nyangka manfaat belajar coding untuk anak bisa sebanyak itu, mbak. Jadi tertarik buat ngajain anakku kursus coding. Pengen nyoba kelas trial dulu ah.. Masih bisa kan?

  20. Katerina Reply

    Pas banget baca artikel ini grup ortu di komplek ada yang sedang tanya kelas coding buat anaknya, jadi bisa kureferensikan ke tetangga. Keren alasan Najla mau jadi pembuat game, berarti dia udah ngerti apa yang perlu dibuat.

  21. Ulfah Aulia Reply

    Mantap banget masih kecil udah belajar coding ya mba dan coding itu sendiri bisa buat menyeimbangkan otak kiri dan kanan, gak kebayang deh kalau udah gede makin pintar codingnya nih jika sering dilatih, aku jadi semangat ingin belajar coding juga…

  22. hastinpratiwi.com Reply

    Belajar coding ternyata punya sejuta manfaat ya, Mbak, bukan sekadar mengasah otak, tetapi juga ketelitian dan kreativitas anak di masa tumbuh kembangnya.

  23. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com Reply

    Anak2 zaman sekarang keren2 udah kenal coding ya.
    Tak bis dipungkiri anak2 akan belajar lebih cepat banget kalau berhubungan dengan teknologi soalnya ya zaman skrng2 ini.
    Seru banget ada bootcampnya. Kalau pandemi gini kyk apa modelnya? Tetap online atau gmn? Dan buat anak SD apa udah ada bootcamp-nya jg?

  24. Era Sapamama Reply

    Wah, keren nih. Jaman sekarang emang saatnya anak bergerak untuk menciptakan sesuatu ya, salah satunya game. Untung ada hacktiv8. Kalau semenarik itu sih anak ngga bakal bosen mba.

  25. Fenni Bungsu Reply

    Belajar coding sejak dini jadi lebih mengenal dekat sih ya tentang bahasa pemrograman. Ini pasti menyenangkan buat anak²

  26. Husnul Khotimah Reply

    Coding udah kayak kebutuhan ya mbak sekarang, menyambut perkembangan jaman yang udah gak bisa ditebak lagi. Makin banyak hal yang dikuasai, makin siap menghadapi Era digitalisasi seperti sekarang.

  27. Keke Naima Reply

    Anak-anak sekarang semakin akrab dengan digital, ya. Bahkan udah belajar coding sejak kecil. Jadi semakin gaptek orangtuanya hihihi. Tapi, ya gak apa-apa. Tetap dukung untuk anak. Karena kurusus coding memang bagus

  28. Mia Yunita Reply

    Kalo liat usianya, wah anakku kelewatan karena udah 17 tahun lebih. Selain itu dia lagi perlu nih bimbingan untuk ngelancarin coding pake Javascript. Stuck dia kalo udah ditugasi bikin coding kreasi sendiri.

  29. Rach Alida Reply

    Anakku belajar coding pertama kali pas SD kelas 5 SD mba. DIa senang sekali. Aku pribadi kurang paham. Penasaran mau nyobain trial untuk kursus coding ini. Makasih informasinya mba

  30. Eri Udiyawati Reply

    Asyik banget nih, anak-anak bisa belajar coding dan membuat game sendiri. Bener banget nih, di masa depan, bahasa pemrograman harus bisa menguasainya. Jadi, gak ada salahnya ya, anak-anak mulai dikenalkan dengan percodingan sejak dini.

    Wah, Najla hebat nih, bisa mengikuti instruksi Kak Gita dengan baik.

  31. lendyagassi Reply

    Awalnya coba-coba di kelas hacktiv8, lama-lama anak akan merasakan keseruan belajar coding yang bikin penasaran. Disinilah letak proses belajar anak yaa.. berjenjang dan mudah diikuti.

  32. Dian Reply

    pasti anak hepi ya mbak, bisa belajar coding di HacktivKidz ini
    bisa bermain sekaligus bikin game sendiri

  33. Milda Ini Reply

    alhamdulillah, memang banyak manfaat anak ikut coding mba, saya juga udah merasakan manfaatnya sebab si anak ketiga saya sudah ikutan kelas ini 6 bulan, semangat ya Mba anaknya

  34. umimami Reply

    senangnya ya saat ini ada beragam pilihan mengembangkan minat dan bakat anak anak via online selain sekolah formal termasuk belajar coding di hactiv8

  35. Ainhy E Reply

    Setelah punya anak dua walau mereka masih kecil, sy udah kepikiran pengen anak nantinya belajar coding mengingat zaman skrg udah serba teknologi, syukur banget deh ad wadah brlajar anak coding di Hactiv8

  36. Eri Udiyawati Reply

    Anak-anak jaman now, bukan hanya main game di HP saja ya. Tapi juga harus belajar gimana cara membuatnya. Belajar coding untuk kids cukup menarik nih. Biar anak-anak bisa mengasah skill di bidang lainnya.

  37. Helena Reply

    Dulu yaa mikir coding itu saat kuliah eh sekarang udah makin awal. Anak SD udah bisa belajar coding membuat game. Bahkan anakku yang masih TK udah pernah nyicipin Scratch. Canggih!

  38. Witri Reply

    Coding itu menurut aku susah loh Mak, tapi anak sekarang udah pada belajar coding. Aku juga pengen ngikutin anakku kelas coding, apalagi anaknya suka game. Dan menurut aku, belajar coding tuh penting bgt, apalagi zaman now.

  39. Hanifa Reply

    Iri banget sama anak-anak jaman sekarang yang udah bisa terfasilitasi lebih mudah untuk belajar coding sejak dini. Keren banget sih kalau bisa ikutan programnya. InsyaAllah bakal kepake banget ilmu coding ini karena teknologi digital juga makin berkembang dari waktu ke waktu.

  40. Susindra Reply

    Coding jadi skill jangka panjang yang dibutuhkan di era sekarang sampai embbuh di masa depan. Saya juga pengen anak belajar coding nih. tapi menunggu punya laptop yang bisa digunakan dulu.

  41. Ririn Wandes Melalak Cantik Reply

    Semakin banyak anak-anak yang belajar coding nih karena seiring perkembangan teknologi kemampuan tentang coding ini semakin bermanfaat sekali. Dunia kerja pun semakin banyak mencari para developer yang memahami tentang coding ya, Mba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *