ELearning Parenting Rasulullah, Panduan Menjadi Orangtua Teladan

Facebooktwitterredditmail

Cara mendidik anak ala Rasulullah

Tahun berganti tahun, zaman berganti zaman, generasi berganti generasi. Dari situ kita tahu, bahwa tak ada yang abadi. Karena yang abadi adalah perubahan itu sendiri. Begitu pula ketika belajar parenting. Ilmu parenting zaman dulu, banyak yang tidak sesuai lagi bila dipraktikkan di zaman sekarang. Tapi tahukah Ayah Bunda, bahwa ada ilmu parenting yang selalu cocok sepanjang zaman. Benar, ia adalah parenting Rasulullah. Alhamdulillah, kemarin Jumat tanggal 20 November 2020, saya berkesempatan menghadiri virtual launching Elearning Parenting Rasulullah dari Sygma Daya Insani (SDI).

Seperti apa keseruannya? Saya akan ceritakan, dan bersiaplah merasa diri ini perlu belajar lagi menjadi orangtua yang baik.

Launching Virtual ELearning Parenting Rasulullah

Peluncuran Parenting Rasulullah dilakukan via daring menggunakan zoom. Launching ini dimulai dengan lantunan ayat suci Al-Quran Surat Al- Luqman ayat 12-19. Masyaallah, surat ini dipilih tentu saja karena kita tahu Luqman adalah salah satu contoh orangtua penuh teladan.

Setelah itu, CEO SDI yaitu Bapak Benny Triandi Djajadi, SE, MA menyapa para peserta acara dan menyampaikan mengapa orangtua harus belajar parenting dari Rasulullah. Jawabannya adalah karena Rasulullah adalah teladan yang baik untuk umat. 

Cara beliau berinteraksi dengan keluarganya, cara beliau memperlakukan anak-anak, sudah terbukti pantas ditiru. Generasi yang dididik Rasulullah adalah generasi terbaik sepanjang zaman. Mereka memiliki akhlak yang terpuji, dan tentu saja juga sukses dalam urusan dunia. Tapi mereka tidak menukar akhiratnya dengan dunia. Mereka menomorsatukan Allah.

ELearning Parenting Rasulullah

Alasan mengapa Parenting ala Rasulullah adalah panduan yang terbaik

Saya sempat terharu saat Ayah Benny memohon maaf kepada anak-anaknya karena belum bisa menjadi Ayah yang baik. Terutama pada anak pertama, karena kala itu Ayah Beni masih belajar bagaimana caranya menjadi seorang Ayah.

Selanjutnya, acara diisi oleh Ustad Luqmanul Hakim Ashabul Yamin yang selama ini dikenal sebagai pendiri dan pengasuh Pondok Modern Munzalan Mubarakan Ashabul Yamin di Kubu Raya, Kalimantan Barat. Ustad Luqman sangat senang dengan adanya ELearning Parenting Rasulullah, karena para orangtua mendapat kesempatan untuk mendidik anak sehingga kelak akan menjadi sehebat Muhammad Al Fatih. Tentu saja caranya adalah dengan mengikuti panduan dari ELearning Parenting Rasulullah.

Keluarga yang dirahmati Allah adalah keluarga yang mengundang Allah SWT dalam kesehariannya. Ibarat handphone atau laptop yang membutuhkan charger, maka sudah seharusnya handphone tadi yang mencari charger agar baterai terisi kembali. Sama halnya kita sebagai umat, maka sudah seharusnya kitalah yang mendekati Allah.

Charger -nya manusia adalah Al-Quran, karena dengan mengaji dan mengkaji Al-Quran, maka iman senantiasa terjaga. Dengan kata lain, kita yang harus mencari dan mengundang Allah dalam keluarga, bukan sebaliknya. Masyaallah, benar sekali ucapan Ustad Luqman.

Berilah Contoh, Bukan Perintah

Ustad Luqman bercerita bahwa bila anaknya tidak sukses secara akademis, atau nilainya jelek, ia tidak masalah. Tapi bila ada adab yang salah, maka Ustad Luqman akan langsung menegurnya saat itu juga. Ia menanamkan adab selama bertahun-tahun lamanya sebelum ilmu. 

Ustad Luqman memberikan tips bagaimana agar tercipta anak yang saleh, salihah:

1. Sedikit Bicara, Beri Contoh

Nah, bagian ini saya sangat tertampar. Ustad Luqman mengatakan bahwa manusia adalah mahluk visual sehingga lebih bisa mencerna apa yang dia lihat, dibanding apa yang didengar. 

Oleh karena itu, untuk para ibu, sedikitkan bicara, jadilah contoh. Sedangkan untuk para ayah, berhentilah menghardik atau memberi perintah, tapi jadilah contoh. 

Ingin anak rajin salat subuh? Bangunkan anak dalam keadaan ayah sudah memakai sarung, dan peci. Insyaallah lebih mengena dibanding ayah hanya berteriak, “Ayo salat!”. Begitu juga bila ingin anak rutin mengaji dan rajin belajar.

2. Bawalah Rezeki yang Halal ke Rumah

Para ayah harus memastikan bahwa rezeki yang dibawa ke rumah hanyalah rezeki yang halal. Tidak ada tawar menawar dalam hal ini. Pakaian, rumah, buku yang dibeli untuk anak-anak dan keluarga berasal dari rezeki yang halal. Begitu pula makanan yang dimakan haruslah halal dan tayib. Makanan halal yang dibeli dari uang yang halal.

Mengapa? Karena rezeki yang haram akan mendekatkan orang (termasuk anak) ke aktivitas keji dan munkar. Maka ketika bertemu dengan peluang maksiat, akan cepat terpengaruh. Berbeda bila yang ia makan atau pakai berasal dari sesuai yang halal, maka akan tetap taat walaupun sekelilingnya sebaliknya.

Apa Sih Parenting Rasulullah Itu?

Cara mendidik anak agar sholeh

Parenting Rasulullah adalah media pembelajaran online yang berbentuk video dan terdiri dari berbagai tema. Video-video tersebut dibuat tematik dan dibuat dengan sangat baik sehingga mudah sekali dicerna. Video tersebut sifatnya praktis sehingga mudah dipraktikkan.

Total ada 177 video yang terdiri dari 11 judul video utama, dan 30 judul video tambahan. Dengan jumlah 20 video utama dan 157 video tambahan.

Berikut ini adalah detail isi dari Parenting Rasulullah:

Judul Video Utama

1. Dasar-Dasar Parenting Rasulullah

2. Aku umat Rasulullah, karena itu Aku Menghadirkan Majlis Ilmu di Rumah

3. Aku umat Rasulullah, karena itu Aku Bermain dengan Anak

4. Aku umat Rasulullah, karena itu Aku Bercengkrama dengan Anak

5. Aku umat Rasulullah, karena itu Aku Tidak Membiarkan Anak Makan Sendirian

6. Aku umat Rasulullah, karena itu Aku Tak Mau Memaki Anak

7. Aku umat Rasulullah, karena itu Aku Tidak Berbohong pada Anak

8. Aku umat Rasulullah, karena itu Aku Memastikan Anakku Terawasi

9. Aku umat Rasulullah, karena itu Aku Tidak Membiarkan Anak Tidur Malam

10. Aku umat Rasulullah, karena itu Aku Memperhatikan Pergaulan Anak

11. Aku Umat Rasulullah, karena itu Aku Melatih Anak untuk Mengerjakan Tugas

Judul Video Tambahan

1. Agar Anak Nyaman Berbicara dengan Orangtua (6 Video)

2. Bagaimana Menangani Anak Berantem (5 Video)

3. Bagaimana Menangani Anak yang Rewel (8 Video)

4. Bagaimana Mengajarkan Shalat Pada Anak (Tarhib) (5 Video)

5. BAGAIMANA MENGAJARKAN SOLAT PADA ANAK (Targib) (6 Video)

6. Cara Orang Tua Tunggal Mendidik Anak (4 Video)

7. Membangun Kemandirian Pada Anak (7 Video)

8. Membatasi Anak dari Gedget (8 Video)

9. Memilih Jodoh (5 Video)

10. Mempersiapkan Adik Baru (4 Video)

11. Mempersiapkan Anak Menikah (5 Video)

12. Mempersiapkan Anak Sekolah Boarding atau Pesantren (6 Video)

13. Menangani Anak Puber 1 (4 Video)

14. Menangani Anak Puber 2 (Mengelola Ketertarikan pada Lawan jenis) (4 Video)

15. Menangani Anak yang Lelet Bangun Tidur (4 Video)

16. Menangani Perilaku Konsumtif Pada Anak Quote (6 Video)

17. Menangani Remaja yang Terlanjur Bermasalah (6 Video)

18. Mendidik Anak Berperilaku Antikorupsi Sejak Dini (3 Video)

19. Mengatasi Anak Kecanduan Games (4 Video)

20. Mengatasi Anak Preschool Yang Mogok Sekolah (4 Video)

21. Mengatasi Masalah Makan pada Balita (4 Video)

22. Mengembangkan Bakat Anak (5 Video)

23. Menghindari Anak dari Bahaya LGBT (7 Video)

24. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak (7 Video)

25. Pendidikan Sex untuk Anak Sesuai dengan Nilai Islam (8 Video)

26. Pengasuhan Anak Ketika Orang Tua LDR (5 Video)

27. Perbedaan Pola Asuh Antara Orang Tua dan Kakek Nenek (5 Video)

28. Pola Asuh Anak Tunggal (4 Video)

29. Ayah The Inspirator (5 Video)

30. Berbicara Pada Anak dengan Pola 2M (3 Video)

Masyaallah lengkap sekali, bukan?

Apa yang Akan Didapat dalam Parenting Rasulullah?

Ada banyak hal yang didapatkan dalam Parenting Rasulullah. Kalau dirangkum ada 6 poin yaitu: 

1. Bagaimana Nabi Mengajarkan Salimul Akidah kepada Anak-anak

2. Bagaimana Nabi Mengajarkan Birrul Walidain kepada Anak-anak

3. Bagaimana Nabi Mengajarkan Mutsaqoful Fikri kepada Anak-anak

4. Bagaimana Nabi Mengajarkan Matimul Syaksiyah kepada Anak-anak

5. Bagaimana Nabi Mengajarkan Shohihul Ibadah kepada Anak-anak

6. Bagaimana Nabi Mengajarkan Matinul Khuluq kepada Anak-anak

Keunggulan Parenting Rasulullah

1. Orangtua dapat belajar Parenting Rasullah di mana saja dan kapan saja karena bisa diikuti secara daring.

2. Materi yang diberikan sangat mudah dicerna

3. Sebelum melihat video secara keseluruhan sebaiknya orangtua terlebih dahulu melihat video dasar-dasar Parenting Rasulullah

4. Video-video pembelajarannya sangat aplikatif sehingga bisa langsung dipraktikkan saat mendidik anak

5. Video pembelajarannya sangat bermanfaat bagi orangtua yang memiliki anak, mulai dari usia balita hingga usia anak menjelang menikah 

Bonus

Selain Video Utama dan Video Tambahan ada bonus tambahan berupa ebook

1. Rasulullah Sahabatkusenilai 1,8 juta rupiah.

2. Melejitkan Potensi Moral dan Spiritual Anak senilai 125.000 rupiah

3. 25 Langkah Memengaruhi Jiwa dan Akal Anak senilai 100.000 rupiah.

4. 20 Langkah Salah dalam Mendidik Anak senilai 100.000 rupiah.

5. Manajemen Puberitas senilai 100.000 rupiah.

6. Manajemen Gejolak 1 senilai 100.000 rupiah.

7. Manajemen Gejolak 2 senilai 100.000 rupiah.

Teman-teman pasti bertanya, bagaimana cara mendapatkan Parenting Rasulullah?

Cara Bergabung / Mengakses Web

1). Buka https://parentingrasulullah.com/

2). Klik tombol Masuk

3). Isi bagian log in dengan mengisi nomor Whatsapp dan password

4). Info lengkap lainnya bisa klik www.sdi.id Atau bisa menghubungi para SLC ( Sygma Learning Consultant) seluruh Indonesia.

Kalau ada yang masih bingung, langsung klik video di bawah ini ya.

ELearning Parenting Rasulullah sangat cocok bagi para calon orangtua, dan orangtua baru atau lama yang ingin mendidik anak-anaknya sesuai Al-Quran dan Al-Hadits. Panduan yang terdapat dalam ELearning Parenting Rasulullah sesuai dengan perilaku Rasulullah dalam mendildik anak-anaknya. Bagaimana, apakah teman-teman tertarik?

(Visited 202 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail

29 Comments

  • Ardiba November 24, 2020 Reply

    Wah tertarik banget..paketnya lengkap bingits..mauuu

  • Nurul Sufitri November 26, 2020 Reply

    Setuju, kita sebagai orangtua harus memberikan contoh bukan cuma menyuruh aja. Belajar parenting rasulullah tentu bermanfaat sekali buat anak2, orangtua dan keluarga sebagai bekal di dunia dan akhirat. Mendidik anak2 sesuai syariat Islam itu harus tentunya. Bonusnya banyak juga hehehe. TFS 🙂

  • Tanti Amelia November 26, 2020 Reply

    Bacanya sampe ternganga kagum!
    Aku baca satu persatu daftar isinya dan itu sangat sangat lengkap! Semoga metode pembelajaran ini bisa diikuti anak anak muslim di seluruh Indonesia aamiiiin

  • Dwi Puspita November 26, 2020 Reply

    Parenting Rasulullah memang harus diterapkan pada anak-anak sekarang agar mereka lebih mengenal dan dapat mengikuti tauladan Rasulnya

  • Ade UFi November 27, 2020 Reply

    Ini bagus banget isinya, mba Dian. Produknya banyak ya. Saya tertarik sama paket mengajarkan sholat dan parenting remajanya. Soalnya masing2 anak kan karakternya beda-beda. Ma kasih ya, Mba infonya. Langsung meluncur ke linknya.

  • nurulrahma November 27, 2020 Reply

    Luar biasa bergizi bangeettt program ini mbaaa
    memang adab buat anak2 itu hal yg super duper penting.
    parenting ala Rasul harus kita jalankan dgn ikhlas dan sekuat tenaga ya
    semangaatt

  • Adriana Dian November 27, 2020 Reply

    wah kayanya aku butuh nih elearning parenting rasulullah ini.. Penasaran banget sama materinyaaa, mau coba kepoin dulu ah, makasi infonya ya maaak

  • Dian Restu Agustina November 27, 2020 Reply

    Lengkap sekali tema yang disajikan dalam Elearning Parenting Rasulullah ini..Bisa jadi panduan bagi orangtua untuk menjadi teladan dan mengasuh anak-anaknya. Pengingat yang baik, bukan perintah tapi utamakan teladan ke anak…

  • HM Zwan November 27, 2020 Reply

    Bagus sekali ini mbk, parenting Rasulullah. Penting sekali mengajarkan kepada anak anak suri tauladan Rasulullah. Video panduan elearningnya komplit banget ya mbk. Makasih ya mbk infonya

  • Utie adnu November 28, 2020 Reply

    Seneng sekarang Kita bisa Mudah mengetahui ttg rosulullah melalui eLearning parenting rosulullah anak2 bisa dengan mudah juga mengetahui

  • ira duniabiza November 28, 2020 Reply

    bener banget ya mba, banyak hal yang harus diupgrade sebagai orng tua supaya bisa menjadi lebih baik lagi dalam mendidik anak. perlu media belajar seperti ini dan semoga banyak membantu keluarga muslim indonesia ya

  • Nanik Nara November 28, 2020 Reply

    Sangat tertarik mbak. lengkap banget sampai ada ratusan video. Emang ya jaman sekarang, saya merasakan mulai malas membaca, jadi belajar parenting dengan media video gini pastinya akan sangat menyenangkan

  • Ruli retno November 28, 2020 Reply

    Videonya edukatif semua ya. Bahkan mungkin tidak terpikir oleh kita memberikan edukasi itu sedini mungkin. Apalagi edukasinya ala rasulullah, masya allah

  • lendyagasshi November 28, 2020 Reply

    MashaAllah,
    Aku jaditeringat saat awal-awal memiliki anak. Memang menjadi orangtua ini kenyataannya adalah proses belajar dan mengajar yaa.. Jadi jangan pernah berhenti karena lelah.
    Media learning kit nya lengkap yaa..menarik sekali.

  • Lidya November 28, 2020 Reply

    Betul banget ilmu parenting ajaman ortu kita gak semuanya bisa diterpakan ke cucunya sekarang karena banyak perubahan. Semoga kita juga bisa mendidik anak-anak menjadi generasi terbaik ya. Bagus juga ya ini elearning parenting Rasullullah. Aku simak ya mbak buat diterapkan juga. Videonya ada banyak ya ternyata

  • Nurul Fitri Fatkhani November 28, 2020 Reply

    Belajar untuk jadi orang tua memang gak akan pernah berhenti ya, Mbak. kita harus terus belajar supaya jadi orang tua yang baik. Terutama belajar versi Parenting Rasulullah, supaya anak-anak juga menteladani Rasul-nya, ya…

  • Andy Hardiyanti November 28, 2020 Reply

    Masya Allah..penting banget ini mbak belajar parenting ala Rasulullah. Mengagumi Rasulullah SAW berarti berusaha untuk mengikuti/meneladani sikap dan sifatnya, salah satunya ya perihal gimana menjadi orangtua yang baik.

  • Susindra November 28, 2020 Reply

    Saya ikut komunitas parenting setema gini, dan masih kurang ilmu saja rasanya. Perlu ikutan ini
    Benar juga ya, meminta maaf pada anak atas kesalahan pengasuhan adalah yang pertama dilakukan.
    Makasih diingatkan

  • Zefy November 29, 2020 Reply

    Parenting cara Rasullullah memeang yang terbaik deh, Aku juga pengen coba lihat videonya, semoga nanti anak-anak suka.

  • Rhoshandhayani K. T. November 29, 2020 Reply

    mauuuuuuuuuuuuuu
    lumayan banget ya mbak, untuk dijadikan tontonan sebelum tidur sama suami
    jadi bisa serap ilmu sama2

    ini sepaket video berapaan ya mbak?

  • William Giovanni November 29, 2020 Reply

    Media pembelajaran yang menarik dalam membantu orang tua dalam mendidik anak. Apalagi banyak dan cukup lengkap materi berupa video yang disediakan.

  • tukang jalan jajan November 29, 2020 Reply

    Sebagai orang tua, akan lebih nyaman jika ada panduan seperti ini, apalagi ngga cuman ilmu parenting. Ada ilmu agama juga didalamnya. tambah komplit banget dong ya

  • nyi Penengah Dewanti November 29, 2020 Reply

    Allhamdulillah dengan adanya parenting Rasullullah ini jadii bisa menerapkan bersama ke keluarga ya Kak. Memperbaiki diri jadi lebih baik lagi, berharap bisa masuk surga bareng-bareng.

  • Anak2 emang peniru makanya pas jd ortu kasi contoh langsung jgn sekadar nglarang tapi ortunya gak pernah lakuin ya mbak.
    Ajaran Islam lengkap banget, bahkan utk ilmu parenting pun lengka dan masih sesuai sejak dulu mpe sekarang yaa

  • Anisa Deasty Malela November 29, 2020 Reply

    Ini langganan bulanan apa free sih, tertarik banget nih buat belajar lebih mengenal Rasulullah bersama anak di rumah

  • lendyagasshi November 29, 2020 Reply

    Isinya sungguh lengkap yaa..
    Elearning Parenting Rosululloh ini wajib dipelajari para orangtua yang mengharapkan sebuah perubahan dari diri sendiri lalu ke anak-anak.

  • Alfa Kurnia November 30, 2020 Reply

    Menarik banget, Mbak. Materi elearning parenting Rasulullah lengkap. Ini cocok nggak ya kalau anaknya udah remaja?

  • Peri Hardiansyah December 1, 2020 Reply

    Masih banyak banget orang tua yang masih model perintah doank, ngasih contoh sedikit. Perlu banget untuk dirubah, misalnya saja masalah shalat. Anak disuruh untuk shalat, lha, orang tuanya bolong-bolong. ckckck

  • Liza December 3, 2020 Reply

    pingin belajar lebih banyak lagi tentang parenting ala rasulullah. syukurnya sekarang sudah ada medianya ya mbam dian.

Leave a Reply

error: Content is protected !!