festival Bunda Generasi Maju Jakarta

Bunda Sehat Sebagai Langkah Awal Dukung Generasi Maju

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Kehamilanku sudah memasuki minggu ke-24. Trimester dua yang lumayan berbeda dibanding trimester satu. Bila di trimester satu aku mengalami mual muntah, maka di trimester dua sudah tidak lagi. Justru makanku sedang lahap-lahapnya.

Yang menjadi masalah adalah susah tidur, gampang lelah, dan sering buang air kecil di malam hari. Hal ini mengakibatkan aktivitasku sedikit terhambat. Seharusnya bunda hamil tidur 8-12 jam, tapi jam tidurku kurang dari itu.

Seharusnya bunda hamil minum 2 liter+ 1 gelas/ hari. Tapi bila aku minum sebanyak itu, maka sepanjang hari aku akan pipis terus. Serba salah, namun itulah kenyataannya. Makanya waktu tahu akan ada acara #FestivalBundaGenerasiMaju di Jakarta pada tanggal 21 Juli 2019, aku semangat ikut.

#FestivalBundaGenerasiMaju diadakan untuk mendukung masa kehamilan yaitu pada 1000 hari pertama. Rangkaian aktivitas yang dihadirkan antara lain talkshow yang dibawakan oleh dokter kandungan sehingga aku dapat berkonsultasi. Ada juga area untuk memanjakan dan membuat bunda hamil menjadi rileks dan bahagia, baik dengan olahraga, makanan melalui cooking demo, dan tentu saja massage. Seru, kan?

Aku berangkat sehari sebelumnya dari Depok. Aku memilih menginap di Jakarta agar tidak telat. Selain itu karena ada tanggungan beberapa kerjaan yang harus kuselesaikan sehingga me time semalam memang kuperlukan.

Lokasi #FestivalBundaGenerasiMaju SGM Bunda

Benar saja, ketika berangkat pukul 7.30 pagi dari penginapan, aku sampai di lokasi acara Festival Bunda Generasi Maju pukul 8 tepat. Parkir selatan Senayan sudah ramai oleh para Bunda hamil, suami, dan beberapa anak. Bendera merah SGM Bunda terpampang di pinggir jalan masuk.

Tenda panjang berwarna putih terlihat dari kejauhan. Ada sebuah gerbang buatan berwarna merah yang menandakan lokasi acara SGM Bunda. Mobil online yang kunaiki, menurunkanku tepat di samping gerbang tersebut.

Tema Acara #FestivalBundaGenerasiMaju

Tema #FestivalBundaGenerasiMaju adalah Bunda Sehat Sebagai Langkah Awal Dukung Generasi Maju. Selain meluncurkan susu SGM Bunda, diadakanlah edukasi secara offline dan berbagai aktivitas menyenangkan untuk mendukung kesehatan bunda hamil.

festival Bunda Generasi Maju Jakarta

Ada photo booth di Festival Bunda Generasi Maju Jakarta

Oleh karena itu, #FestivalBundaGenerasiMaju tidak hanya diselenggarakan di Jakarta, tapi juga di kota-kota besar lain di Indonesia. Di mana saja? Di Surabaya tanggal 21 April 2019, Yogyakarta tanggal 28 April 2019, dan terakhir akan diadakan di Bandung pada tanggal 28 Juli 2019 bertempat di Taman Tegallega.

Buat bunda hamil yang tinggal di Bandung, jangan lupa datang ya. Biar enggak penasaran, aku ceritakan dulu aktivitas seru apa yang ada di #FestivalBundaGenerasiMaju

Ada Apa di #FestivalBundaGenerasiMaju Jakarta?

Aku registrasi terlebih dahulu. Antrian cukup panjang karena bunda hamil pada antusias. Mereka membeli susu SGM Bunda dengan kompensasi dapat menikmati semua booth dan acara di #FestivalBundaGenerasiMaju.

Aku berkeliling ruangan untuk melihat ada keseruan apa di #FestivalBundaGenerasiMaju. Di bagian depan, terdapat area Bunda Cantik yaitu booth Wardah Beauty. Kami mendapatkan voucher dan goodie bag berisi produk Wardah.

Booth Wardah

Meski sedang hamil dan kadang malas dandan, tapi Bunda hamil wajib menjaga kulitnya lho. Oleh karena itu, Wardah hadir untuk menjawab kebutuhan bunda hamil. Rangkaian kosmetik yang aman untuk bunda hamil.

Di akhir acara #FestivalBundaGenerasiMaju ada Demo Make Up dari Wardah. Pemateri menyampaikan bahwa bunda hamil tidak perlu tampil menor. Yang penting tidak pucat.

Area Bunda Jajan

area bunda jajan

Di area ini, aku mengecap pasport dan mendapatkan camilan enak dan bergizi. Ada 3 jenis camilan yang memang disediakan untuk bunda hamil. Plus dikasih segelas susu SGM Bunda rasa cokelat juga lho. Hmm, yummy!

Area Bunda Santai

area Bunda Santai #FestivalBundaGenerasiMaju

Nah, area ini yang paling aku sukai. Karena bunda hamil akan dipijat oleh terapis profesional. Boleh pilih tangan atau kaki. Aku memilih tangan. Lumayanlah pijat beberapa menit menghilangkan ketegangan di otot tangan.

Area Bunda Cerdas

Di area Bunda Cerdas, bunda hamil akan mengikuti games terkait mitos dan fakta kehamilan. Kalau bisa menjawab benar untuk semua pertanyaan, akan mendapatkan hadiah pouch lucu. Yeay! Selain teredukasi, dapat gift juga. Asyik, kan?

Area Bunda Sehat

Di area Bunda Sehat, bunda hamil didata terlebih dahulu riwayat dan kondisi kehamilannya. Kemudian dicek tekanan darah dan berat badannya. Setelah dipanggil sesuai nomor antrian, maka bunda hamil akan memasuki ruangan konsultasi dan bertemu dokter kandungan. Di sana akan dilakukan pemeriksaan USG lho. Pas banget jadwal USG yang harusnya ke rumah sakit, cukup USG di #FestivalBundaGenerasiMaju saja.

Dokter kandungan yang praktik di area Bunda Sehat adalah dr. Andri Handir, Sp.OG. Sebelum menuju area Bunda Sehat, beliau mengisi talkshow terlebih dahulu di #FestivalBundaGenerasiMaju. 

Talkshow Nutrisi pada Kehamilan

dokter Andri Handir

dr. Andri Handir, Sp.Og

dr.Andri menyampaikan materi tentang nutrisi bagi bunda hamil. Nutrisi tersebut harus dipenuhi sejak 1000 hari pertama kehidupan anak. 1000 hari yang dimaksud dimulai sejak pembuahan. Bahkan untuk asam folat, calon bunda dapat memperbanyak asupan asam folat 3 bulan sebelum berniat program kehamilan.

Nutrisi Bagi Bunda Hamil

Jadi, ada dua Jenis nutrisi yang dibutuhkan yaitu nutrisi makro dan mikro. Untuk nutrisi makro yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Kebutuhan bunda hamil pada tiga nutrisi mikro ini jumlahnya lebih besar daripada wanita normal di usia produktif. Seberapa banyak perbedaannya, dapat dilihat pada foto.

nutrisi makro ibu hamil

Nutrisi makro Bunda Hamil

Masing-masing nutrisi makro memiliki manfaat tertentu yang bagus untuk bunda hamil.

nutrisi untuk ibu hamil

Misal nih, ada bunda hamil yang sering terkena flu. Bisa jadi imunitasnya menurun karena kekurangan protein. Atau kurang karbohidrat sehingga mudah terserang flu. Wah, saya lagi kena sariawan dan radang nih, jangan-jangan kekurangan protein:(

Selain nutrisi makro, bunda hamil juga memerlukan nutrisi mikro, antara lain asam folat, zat besi, vitamin B1, B2, B12, kalsium, vitamin D dan vitamin C. Jumlahnya juga lebih besar dibanding wanita yang tidak sedang hamil.

Beberapa nutrisi mikro amatlah penting karena dapat mencegah kecacatan pada janin, yaitu seperti asam folat. Asam folat yang dibutuhkan bunda hamil adalah sebesar 600 mcg. Fungsinya untuk mencegah anemia dan mencegah cacat pada tabung saraf bayi. Jadi jangan sepelekan asam folat ya.

Zat besi juga merupakan nutrisi mikro yang penting untuk mencegah anemia pada bunda hamil. Di sebut anemia bila kadar Hb bunda hamil < 11 mg/dl pada trimester 1 dan <10,5 mg/dl pada trimester 2. Anemia pada bunda hamil dapat mengakibatkan berbagai masalah antara lain perdarahan, BBLR, keguguran, kelainan plasenta, gagal jantung dan bayi lahir prematur.

Pasti tidak ada bunda hamil yang menginginkan masalah di atas terjadi, kan? Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi makro dan mikro harus tercukupi baik melalui makanan, suplemen, maupun susu.

Selain masalah anemia, bunda hamil dapat mengalami KEK (Kurang Energi Kronis). Apakah itu? KEK adalah kurang gizi pada bunda hamil yang disebabkan oleh kekurangan energi dalam jangka waktu yang cukup lama.

kebutuhan cairan ibu hamil

Kebutuhan Cairan Bunda Hamil

dr. Andri juga menyarankan agar bunda hamil minum banyak cairan, khususnya air putih. Berapa jumlah cairan yang dibutuhkan bunda hamil?

Olahraga Bagi Bunda Hamil

Oh ya, olahraga juga bermanfaat pada kehamilan lho. Antara lain dapat mengurangi ketidaknyamanan selama hamil, memperbaiki postur, membuat tubuh lebih lentur, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Bunda hamil pasti pernah mengalami kesemutan atau kram pada tangan atau kaki. Nah, salah satu penyebabnya adalah sirkulasi darah yang tidak lancar karena memang terhambat oleh berbagai hal. Ternyata olahraga dapat mengurangi keluhan tersebut.

Ada pula bunda hamil yang ketika berjalan harus tergopoh-gopoh, atau malah punggungnya melengkung ke belakang karena menahan beban. Postur tubuh jadi kacau. Nah, berolahraga dapat memperbaikinya.

Olahraga apa yang terbaik selama kehamilan?dr. Andri memaparkan beberapa jenis olahraga yaitu aerobic dengan low impact (yang tidak menguras energi), renang, jalan santai, sepeda statis, dan yoga.

Wah, PR banget nih. Aku baru sempat jalan doang di sekitar rumah. Rencana yoga masih tahap rencana. Padahal olahraga setahuku juga membnatu pernapasan bunda hamil yang kelak berguna untuk persalinan.

Materi terakhir yang disampaikan oleh dr.Andri adalah rangkuman tips bagi bunda hamil, yaitu:

pic

Susu SGM Bunda, Apa Manfaatnya?

dr.Andri sempat menyampaikan bahwa susu bunda hamil berperan untuk membantu mencukupi asupan nutrisi makro atau mikro. Khususnya formula dengan kandungan tinggi zat besi dan asam folat.

Selain itu, Susu juga dapat melengkapi konsumsi makanan bergizi dan seimbang agar Ibu tetap sehat. Bila gizi bunda hamil optimal, maka anak akan menjadi generasi maju yang dapat memaksimalkan potensi prestasinya. Potensi tersebut seperti berpikir kreatif, mandiri, supel, percaya diri, dan membantu tumbuh kembang anak.

sgm bunda

Mbak Riszha Gandjar selaku Marketing Manager SGM Bunda juga menjelaskan mengenai susu SGM Bunda yang melengkapi nutrisi bunda hamil.

susu SGM Bunda

Sampel SGM Bunda di Festival Bunda Generasi Maju Jakarta

SGM Bunda sudah diproduksi sejak tahun 2012 oleh Sarihusada Generasi Mahardhika. Keunggulan SGM Bunda adalah formula complinutrinya, yang mengandung:

  1. Minyak ikan: Yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan saraf janin
  2. Tinggi Asam Folat: Agar tidak terjadi anemia dan mencegah kecacatan pada janin
  3. Tinggi Zat Besi: Agar bunda hamil terhindar dari anemia
  4. Tinggi Kalsium dan Vitamin D: Membantu pembentukan tulang janin

Wah, banyak sekali bukan manfaat dari susu SGM Bunda? Aku pribadi meminumnya, karena saya sadar kadang asupan harian saya tidak memenuhi nutrisi makro dan mikro yang dibutuhkan selama kehamilan.

Couple Yoga, Serunya Berolahraga Saat Hamil

Bunda sudah membaca mengenai manfaat berolahraga yang saya tulis di atas, kan? Pada #FestivalBundaGenerasiMaju juga terdapat yoga bersama pasangan. 

couple yoga #FestivalBundaGenerasiMaju

Matras-matras yoga diatur sedemikian rupa oleh panitia. Setiap pasangan duduk bersebelahan agar dapat mengikuti couple yoga dengan baik. Berbagai pose yoga dan cara bernapas diajarkan pada bunda hamil dan pasangannya.

Energi positif disalurkan oleh para pasangan agar bunda hamil merasa dicintai, dihargai, dan bahagia. Ya, couple yoga bukan sekedar olahraga biasa. Energi cinta yang didapatkan sekaligus baik untuk psikis bunda hamil.

Cooking Demo, Resep Kreasi SGM Bunda

kevin masterchef

Selesai berpeluh keringat dengan yoga, bunda hamil di #FestivalBundaGenerasiMaju dimanjakan dengan demo masak. Kali ini, Kevin Masterchef Session 5 sebagai pengisi acara. Kevin menyiapkan tiga resep kreasi menggunakan SGM Bunda cokelat dan strawbery.

Bunda hamil mendapatkan kreasi minuman Creamy Srikaya Strawberry menggunakan SGM Bunda rasa strawberry. Rasanya seperti es krim. Lezat dan menggoyang lidah. Selanjutnya juga dibagikan puding cokelat dari SGM Bunda rasa cokelat.

resep kreasi alpukat

Resep Kreasi Alpukat

Resep terakhir adalah Sereal Alpukat Cokelat. Camilan enak ini berlayer yang terdiri dari jus alpukat di bagian bawah, krim susu SGM Bunda rasa cokelat di bagian tengah, dan sereal cokelat di bagian atas sendiri. Rasanya mantul! Buat yang enggak suka alpukat, bisa banget makan alpukat dengan cara seperti ini.

Ketiga resep tersebut mudah dibuat dan sudah disatukan dalam buku resep SGM Bunda. Bisa banget jika ada yang mau praktik di rumah.

Demo Make Up Wardah, Hamil Tetap Fresh

Acara terakhir adalah demo make up dari Wardah. Meski sedang hamil, jangan sampai wajah kusam dan pucat ya. Oleh karena itu, Wardah memberikan tips dan trik tampil fresh dengan make up simpel bagi bunda hamil.

Kosmetik yang digunakan jelas aman untuk bunda hamil sehingga bunda merasa tenang dan lebih percaya diri. Bunda hamil yang percaya diri membawa aura positif untuk dirinya dan orang di sekitarnya.

Edukasi Digital di Media Sosial SGM Bunda

Selain acara offline #FestivalBundaGenerasiMaju, SGM Bunda juga memberikan edukasi tentang kehamilan dan menyukai secara online melalui media sosialnya yaitu:

Facebook SGM Bunda

Instagram @SGMBunda

Website www.generasimaju.co.id

Di Media sosial SGM Bunda, Bunda dapat melakukan live chat dengan dokter kandungan dan ahli nutrisi. Selain itu juga ada ativistas dan promo menarik lainnya. Jadi, enggak ada lagi alasan bunda hamil enggak mengetahui informasi tentang kehamilan baik nutrisi maupun hal lainnya. Karena sekarang sudah ada edukasi dan informasi dari SGM Bunda:)

Jangan lupa like, follow, dan kunjungi media sosial SGM Bunda ya, sebagai #LangkahAwalDukungGenerasiMaju.

(Visited 37 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

6 Comments

  • Nurul Sufitri July 26, 2019 Reply

    Wow, acara festival bunda SGM ini menarik sekali 😊 Banyak booth nya ya ada area bunda cantik, bunda jajan, bunda santai dll. Jadi kenyang luar dalam dong ya. Wajah bersinar, hati bahagia. Minum susu juga ya mbak? Wah moga2 sehat2 selalu ya.

  • Seru banget ya acaranya, walau tidak sedang hamil atau menyusui, Saya dapat banyak informasi dan juga edukasi. Ngga menyesal deh datang ke Festival Bunda Generasi maju ya….

  • Dita Indrihapsari July 27, 2019 Reply

    Lengkap banget ya mba acaranya. Pasti ini ibu-ibu yang hamil happy banget dateng ke acara ini. Sampai ada sesi konsultasi dan USG sama dokter langsung lagi. Mantaps… Seru ya ada yoga, demo masak, bisa ikut di-massage. Pulang dari sana langsung fresh deh ya.. 😀

  • Gita Siwi July 27, 2019 Reply

    Suka judulnya kak karena bunda adalah pondasi keluarga maka kalau pondasinya bahagia dan paham akh indah deh generasi maju lahir . Sukses ya kak

  • Nunu Halimi July 27, 2019 Reply

    Wah enak tuh bagian pijit-pijit mbak, ibu hamil perlu relaksasi ya. Aku baru tau nih SGM ada yang khusus Bunda, bisa dikreasiin lagi jadi tambahan nutrisinya makin pol ya

  • Eni Martini July 28, 2019 Reply

    Ibu seperti tiang rumah, harus bahagia, harus sehat agar melahirkan gemerasi yang sehat, cerdas

Leave a Reply

error: Content is protected !!