3 Tips Memilih Obat Nyamuk dan Anti Nyamuk Bakar

Facebooktwitterredditmail

Anti nyamuk bakar. Halo pembaca ismyama.com, bagaimana kabarnya selama musim hujan ini? Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di daerah aku, Depok. Hujan bahkan kadang disertai dengan petir. Beberapa teman di kota lain mengatakan, kadang hujan diikuti dengan mati lampu. Kalau di rumah aku, yang paling terasa adalah munculnya laron-laron berkeliaran di dekat lampu atau tempat yang terang.

Kalau boleh curcol, musim hujan identik dengan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari pilek, batuk, sampai munculnya demam berdarah. Soal demam berdarah, kamu pasti sudah tahu genangan airlah yang membuat jentik-jentik nyamuk berkembang biak lebih banyak dibanding musim kemarau.

Masih ingat dengan cara 3 M untuk mencegah demam berdarah, kan? Hayo, apa saja?

1. Menguras

Yang pertama adalah menguras tempat penampungan air di dalam rumah. Seperti bak mandi, atau ember yang biasa digunakan untuk mandi.

2. Menutup rapat

Cara kedua adalah dengan menutup rapat semua tempat penampungan agar nyamuk tidak dapat masuk dan bertelur di sana. Contohnya baskom air untuk menampung air bersih yang biasanya digunakan untuk masak. Atau kendi air untuk berwudhu.

3. Mengubur

Cara ketiga adalah mengubur semua barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah yang dapat membuat air hujan tertampung agar tidak menjadi tempat nyamuk bersarang. Kalau teman-teman menemukan penampungan yang tidak terpakai (misal wadah bekas cat, pot bekas, dll), maka sebaiknya dikubur saja, atau dimanfaatkan agar tidak menjadi genangan air hujan.

Mengingat nyamuk-nyamuk sering bermunculan saat musim hujan, aku punya tips memilih obat nyamuk yang tepat.

Tips Memilih Obat Nyamuk

1. Sesuaikan dengan Luas Ruangan

Bentuk atau jenis obat nyamuk itu bermacam-macam. Ada yang berupa semprotan, obat nyamuk elektrik, atau obat nyamuk bakar. Kamu bisa menyesuaikan dengan luas ruangan.

Untuk ruang keluarga dan kamar tidur dewasa misalnya, kamu bisa menggunakan obat nyamuk semprot. Sedangkan kamar tidur anak, sebaiknya gunakan obat nyamuk elektrik, atau obat nyamuk semprot yang disemprotkan beberapa waktu sebelum anak memasuki kamar tidurnya.

Sebagai informasi, obat nyamuk semprot biasanya juga bisa membunuh hewan selain nyamuk, seperti kecoa dan lalat. Kalau di rumahmu atau di kamarmu banyak kecoa, obat nyamuk semprot dapat menjadi pilihan.

Selain itu, jika di rumahmu ada ruangan yang sangat luas dan berventilasi baik, kamu bisa gunakan anti nyamuk bakar sehingga lebih efektif mengusir nyamuk di seluruh ruangan tersebut.

2. Sesuaikan dengan Budget

Kamu bisa membandingkan harga tiap bentuk obat nyamuk. Obat nyamuk elektrik jelas lebih mahal dari obat nyamuk semprot. Sedangkan obat nyamuk bakar harganya biasanya lebih terjangkau dibanding obat nyamuk semprot. Kamu bisa menyesuaikan dengan budget rumah tangga.

3. Pilih yang Bisa Membunuh Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Seperti sudah aku sampaikan di atas, musim hujan membuat nyamuk demam berdarah semakin meningkat jumlahnya. Oleh karena itu, penting bagimu untuk memilih obat nyamuk yang juga bisa membunuh nyamuk penyebab demam berdarah.

Aku sendiri mempunyai tiga jenis obat nyamuk di rumah, yaitu obat nyamuk elektrik, semprot dan anti nyamuk bakar. Mungkin ada yang bertanya, “Hah, hari gini masih zaman ya pakai obat nyamuk bakar?”

Aku akan jawab, karena ada ruangan di rumahku yang cocok untuk menggunakan anti nyamuk bakar. Terutama ruangan-ruangan yang berbatasan langsung dengan halaman luar. Tujuanku tentu saja agar nyamuk-nyamuk penyebab demam berdarah yang mungkin hidup di genangan air di sekitar rumah, dapat ikutan mati.

Sebagai tambahan, saat ini pilihanku jatuh pada anti nyamuk bakar Vape Premium, dengan tagline Nyaris Tanpa Asap, Nyamuk Mati. Yup, tagline tersebut membuatku penasaran untuk mencobanya.

Review Vape Anti Nyamuk Bakar

Oh ya, kesan pertamaku terhadap kemasan dari Vape anti nyamuk bakar adalah sangat informatif. Terdapat petunjuk penggunaan dan petunjuk keamanan. Petunjuk ini amat penting sebelum menggunakan anti nyamuk bakar.

Sebelum mencoba, aku mempraktikkan terlebih dahulu petunjuk penggunaan anti nyamuk bakar Vape Premium, yaitu:

1. Pisahkan pasangan dengan menekan bagian tengah anti nyamuk dengan ujung jari tengah. Kemudian jepit sekeliling lingkaran dengan jari tangan.

2. Bakarlah anti nyamuk sesuai dengan gambar pada kemasan

3. Letakkan anti nyamuk yang dibakar di atas piring besi atau keramik untuk menghindari bahaya kebakaran.

Setelah mencoba, ternyata benar bahwa anti nyamuk bakar Vape Premium nyaris tanpa asap. Jadi, enggak ada kejadian batuk-batuk karena menghirup asap dari pembakaran anti nyamuk tersebut. Aroma hasil pembakarannya juga wangi, enggak bau kimia seperti yang aku pikirkan.

Aku juga telah merasakan sendiri, bahwa hampir semalaman (kurang lebih 10 jam) aku enggak digigit nyamuk atau melihat nyamuk beterbangan.

Kamu mau tahu enggak, kenapa kok anti nyamuk bakar Vape tetap bisa membunuh nyamuk walapun nyaris tanpa asap? Padahal zaman dulu, obat nyamuk bakar identik dengan asap banyak karena asap tersebut yang membunuh nyamuk.

Aku kasih tahu ya, pada Vape Premium, yang mengusir nyamuk bukanlah asapnya, tetapi bahan aktif dimeflutrin yang menguap pada 170 derajat Celcius dekat bagian ujung yang terbakar. Menarik, ya? Anti nyamuk bakar ini juga tahan 10 jam lho.

Alasan lain yang membuat saya memilih anti nyamuk bakar Vape Premium adalah karena sudah ada nomor registrasi di Kemenkes RI dan tersertifikasi ISO 9001.

Gimana, kalau kamu biasanya pakai obat nyamuk jenis apa di rumah?

(Visited 227 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail

37 Comments

  • Hendra Suhendra March 17, 2021 Reply

    samaan dong, saya juga di Pengasinan, Depok sebelahan sama Parung, Bogor. Di tempat saya kalau udah ujan deras plus petir menggelegar, PLN langsung matiin listrik. Sering banget kayak gini.

    Kalau saya hampir tidak pernah pakai obat nyamuk bakar, palingan pake raket nyamuk biar pada metong nyamuknya, hahahaha….

    Et tapi Vape premium ini keren juga ya, inovasi baru nih, obat bakar nyamuk tapi tanpa asap, jadi nggak khawatir bakalan ada asap nyebul di dalam rumah…

  • Siti Mustiani March 17, 2021 Reply

    Apakah ini desain baru produk VAPE obat nyamuk ya? Seingat saya warna kotaknya kuning, hehe. Di rumah saya sering beli produk vape terutama vape bakarnya, menarik nyaris gak ada asapnya jadi baik untuk pernapasan.

  • Rhoshandhayani K. T. March 18, 2021 Reply

    aku kalau pakai anti nyamuk bakar itu inget jaman dulu
    jadi ada sensasi terciptanya memori masa kecil, hahaha

  • Triani Retno March 18, 2021 Reply

    Udah lwamaaaa banget gak pakai obat nyamuk bakar. Saking lamanya sampe nggak tau kalo sekarang ada obat nyamuk bakar yang (hampir) tanpa asap.

  • Wuninga March 18, 2021 Reply

    Aku biasanya pake lotion anti nyamuk. Tapi kalo pas mudik ke kampung halaman, biasanya pake obat nyamuk bakar

  • Andiyani Achmad March 18, 2021 Reply

    urusan obat nyamuk, suamiku paling concern nih, dia yang gak bisa banget kalo ada nyamun, rasanya keganggu. Bisa gak nyenyak tidurnya.

  • Fenni Bungsu March 18, 2021 Reply

    Vape yang semprot daku udah pernah coba dan efektif. Kalau yang bakar belum pernah, boleh juga kalau yang semprot habis di coba juga yang bakar, karena memang kualitasnya oke

  • Tanti Amelia March 18, 2021 Reply

    Hah, ga ada asapnya?
    Seriuuus? Aku suka bakar obat nyamuk tapi efeknya aku kan bengek, jadi baru dibakar sebentar udah kumatiin, kurang efektif deh

    Aku langsung cari loh ke warung depan, Vape

  • tukang jalan jajan March 18, 2021 Reply

    iya kak, masih ingat dong. Demam berdarah ini penyakit yang gampang banget timbul kalau lingkungan ngga bersih dimusim hujan. serem sih kalau ngga dicegah…. BTW banyak nih VAPE nya, mau dong kak hehehe

  • Adriana Dian March 18, 2021 Reply

    Menjelang musim pancaroba gini di tempatku juga berasa banyaaaak banget nyamuk. Huhu. Biasanya di rumah emang selalu pake obat nyamuk bakar sih, nnti mau cobain obat nyamuk bakar vape juga deh

  • Rudi G. Aswan March 18, 2021 Reply

    Memang Mbak Dian obat nyamuk bakar zaman dulu mah banyakan asap, bukannya ngusir nyamuk tapi kita malah sesak napas karena baunya hehe. Kami di rumah juga pakai Vape, tapi yang elektrik. Baru tahu ada nyamuk bakar tanpa asap, layak dicoba nih karena ternyata bukan asapnya ayang ngusir nyamuk tapi dimeflutrin. Top deh!

  • Heizyi March 19, 2021 Reply

    Akutuh gak suka banaget sama obat nyamuk bakar. Selain baunya yang gak enak, asapnya itu loh. Ganggu banget. Tapi Vape beda ya? Ah, pokoknya aku ucapin semoga usaha usir nyamuknya berhasil

  • Siska Dwyta March 19, 2021 Reply

    Pas banget nih saya lagi cari produk anti nyamuk yang recommended. Belum pernah coba yang Vape ini sih tapi jadi tertarik karena obat nyamuknya nyaris tanpa asap ya…

  • Wiwin | Pratiwanggini.Net March 19, 2021 Reply

    Jujur aja, aku sungguh tersiksa kalo suamiku membakar obat nyamuk. Sesak napas gitu. Mungkin harus kusarankan untuk pake Vape saja nih…

  • diane March 19, 2021 Reply

    Aku belum pernah cobain obat nyamuk bakarnya Vape nih.. Jadi pengen coba biar rumah bebas nyamuk sepanjang hari.

  • RAch Alida March 19, 2021 Reply

    Mantap nih Vape bisa daya tahan hingga 10 jam. Pas banget buat membutuh nyamuk dan bikin ruangan tetap sehat dan bersih juga karena tanpa asap

  • Hani S. March 19, 2021 Reply

    Iya ya, kalau dulu bunuh nyamuk biasanya pakai anti nyamuk bakar yang asapnya bisa ngepul di seluruh ruangan itu, haha. Sekarang Vape bisa nyaris tanpa asap keren sih, minim polusi namun tetap ampuh basmi nyamuk yang kalau udah banyak tuh ngeselinnya ampun deh, wkwkwk

  • nurulrahma March 19, 2021 Reply

    Aku mau coba juga ah, mbaa
    SOalnya nyamuk mulai banyak beredar di rumah nih
    efek musim pancaroba

  • pekerjaantifa March 19, 2021 Reply

    👍

  • Ucig March 19, 2021 Reply

    Musim hujan terus beralih ke musim panas, banyak nyamuk ya mba dan ngerinya itu nyamuk demam berdarah. Rada parno karena dulu anak pertama pernah kena dbd. Vape lengkap ya untuk basmi nyamuuk… jempolan

  • Dedew March 20, 2021 Reply

    Jadi kangen anti nyamuk zaman baheula ya memang efektif ya Mbak untuk ruangan terbuka, yang ngga bisa disemprot terus ditutup ruangannya.. Keren nih bisa tanpa asap..

  • Lina W. Sasmita March 20, 2021 Reply

    Jadi ingat waktu di kampung kalau beli obat nyamuk bakar yang begini melingkar dan jadi mainan sewaktu kecil.

  • Nia Haryanto March 20, 2021 Reply

    Wah, Vape nyaris tanpa asap, ya? Kudu nyoba deh. Kebetulan, buat rumah bagian tengah, aku selalu pake obat nyamuk bakar. Kurang terjangkau kalo obat nyamuk semprot atau elektrik. Mungkin karena lumayan luas ruangannya. Jadinya pake obat nyamuk bakar. Nyobain ah.

  • Dian March 20, 2021 Reply

    buat atasin nyamuk emang yg paling ampuh ya obat nyamuk bakar ya mbak, tapi kadang jarang dipilih karena asap nya, nah jika memang ada obat nyamuk bakar yg nyaris tanpa asap pasti lbh enak ya mbak, mantap inovasi dari vape ini

  • Aswinda Utari March 20, 2021 Reply

    Wah, jadi ikutan kepo mak. Selama ini pake yg elektrik aja di rumah. Tyt yg baakr pun ad yg tanpa asap ya. Apalagi obat nyamuk bakar ini terkenal lbh efektif ya

  • Hidayah Sulistyowati March 20, 2021 Reply

    Menarik juga Vape obat nyamuk bakar, tanpa asap tapi mampu membunuh nyamuk?
    Kayaknya aku abis ini bakal nyari di supermarket deh, penasaran mau nyoba pakai untuk di depan ruang TV

  • @hm_zwan March 20, 2021 Reply

    Aku selalu stok obat nyamuk bakar selain yang di semprot. Buat jaga jaga aja, misalnya ada kumpul keluarga. Biasanya suka pakai obat nyamuk bakar. Biasanya aku taruh di kaleng, aman

  • Adriana Dian March 20, 2021 Reply

    Wah iya biasanya dirumah aku suka pake obat nyamuk bakar dan asepnya berasa ganggu banget! Kayanya aku mesti pake vape juga niiihhhh

  • Ade UFi March 20, 2021 Reply

    Waah bener nih ga pakai asap? Jadi mupeng. Tapi kandungannya bukannya tercium ke kita, mba?

  • Uniek Kaswarganti March 20, 2021 Reply

    Aku biasanya pake yang elektrik mba, udah lama banget enggak pake yang model bakar gini. Iya sih, kalau berbatasan dengan luar, mending pake yang bakar gini ya. Jadi zat yang terkandung di dalamnya, saat terbakar di suhu tertentu, masih bisa terus tersebar ke sekitarnya.

  • lendyagasshi March 20, 2021 Reply

    Menarik sekali menggunakan Vape Premium ini.
    Zaman dulu, andalan banget bakar obat nyamuk ini. Aku jadi pengen cobain Vape zaman sekarang.

  • herva yulyanti March 21, 2021 Reply

    wah Vape ini merk dari dulu yah, dulu juga suka pake Vape ternyata sekarang masih eksis juga nih

  • Niken Nawang Sari March 21, 2021 Reply

    Aku juga pengguna produk Vape mbak, cuma kalau udah kepepet banget dan nyamuknya bandel banget baru pakai yang obat nyamuk bakar. Pilihanku jatuh ke Vape obat nyamuk bakar karena asapnya sedikit jadi tidak bikin sesak napas.

  • Fachrur Rozi March 21, 2021 Reply

    tipsnya sangat bagus, agar asap tidak keluar pakai vape sebagai obat nyamuk untuk ngusir nyamuk di ruangan keluarga dan juga kamar kita

  • Helena March 22, 2021 Reply

    selama ini aku menghindari obat anti nyamuk bakar karena asapnya. Eh vape ini malah nyaris tanpa asap jadi enggak khawatir batuk-batuk ya. Letakkan di atas aja supaya tidak dipegang anak-anak.

  • Ruffie Lucretia March 25, 2021 Reply

    aku paling gak tahan sama obat nyamuk bakar karena asepnya mak. paru2 aku unwell soalnya. klo si vape ini asepnya gimana? nabun gitu gak?

  • Mina Megawati March 27, 2021 Reply

    Pengen coba yang one push ituuu, Bun

Leave a Reply

error: Content is protected !!