Zenfone 3: 20 Alasan Mengapa disebut Built for Photography

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Zenfone 3: 20 Alasan Mengapa disebut Built for Photography

Apa yang ada dipikiran anda ketika mengetahui ada smarthpone yang dibuat khusus untuk fotografi?

Kalau saya sih jingkrak-jingkrak kesenangan, secara hobi foto-foto dan memang saya perlukan untuk pekerjaan saya sebagai blogger. Sempat terpikir untuk menabung karena saya ingin mempunyai kamera mirrorless atau DSLR, tapi ketika beberapa bulan lalu, ada sebuah perusahaan smartphone yang melaunching hp dengan tagline built for photography, mendadak keinginan saya memiliki kamera keren itu berubah.

Apalagi ketika di timeline saya berseliweran foto-foto hasil dari smartphone Asus Zenfone 3 yang jernih sekali hasilnya, duh nambah pingin deh. Nggak tanggung-tanggung, teman-teman blogger saya loyal banget menggunakan Zenfone 3 untuk menangkap momen-momen membahagiakan di kehidupan mereka. habis kulineran jeprat-jepret pakai kamera Asus Zenfone 3. Habis masak, lagi liburan, bahkan main sama anak pun wefienya pakai Asus Zenfone 3. Ya jelaslah, momblogger kayak saya ini semakin gerah ngeliatnya, hehe.

Oleh karena itu, saat datang kesempatan mencoba langsung Asus Zendone 3, jelas nggak saya sia-siakan dong. Ingin mencoba langsung, benar nggak sih kata orang-orang soal keunggulannya? Setidaknya ada 20 hal yang menyebabkan banyak teman-teman saya, termasuk saya akhirnya jatuh cinta pada Asus Zendone 3.

Apa saja 20 alasan tersebut?

  1. Teknologi sensor

Zenfone 3 mempunyai sensor Sony IMX298*16 megapiksel 9back illuminated) yang sangat sensitif terhadap cahaya. Selain itu Zenfone 3 juga memiliki DTI (Deep Trench Isolation) agar jatuhnya cahaya tidak bocor di sebelahnya. Sensor ini ibarat retina mata lho, sehingga fungsinya sangat penting dalam menghasilkan warna yang mirip aslinya.

Berasa banget nih hasil kamera Zenfone 3 memang beda, lebih jernih dan alami warnanya. Bisa dilihat di hasil foto saya berikut ini:

Foto dokumen pribadi

  1. Resolusi tinggi

Teknologi Pixelmaster di Zenfone 3 ternyata mengahsilkan pixel yang 4x lebih tinggi dari yang mampu dihasilkan oleh sensor, dengan total 64MP. Resolusi tinggi ini bermanfaat saat foto dicetak, gambar menjadi jelas tidak blur seperti hasil foto yang resolusinya rendah. Dan hebatnya, resolusi tinggi juga berguna ketika kita mengcrop foto, meski dicrop tapi hasilnya tetap detail gambarnya.

Foto sebelum dicrop. Dokumen pribadi

Bandingkan dengan yang di bawah ini:

Foto sesudah di crop, nggak pecah kan gambarnya.

  1. Lensa yang keren

Zenfone 3 memiliki lensa Largan 6 elemen dengan apartur (bukaan) f / 2.0. Selain itu, lensanya juga dilapisi safir (sphire glass)agar tidak mudah tergores jika terkena benda keras. Wuih, lensa ini penting lho untuk mendapatkan warna dan ketajaman yang maksimal. Dan ketika saya memegang Zenfone 3 dan menggunakannya untuk memotret, memang lensanya oke punya.

  1. Image stabilizer

Lensa kamera belakang Zenfone 3 memiliki teknologi optical image stabilixer 4 axis. Fungsinya apa? Stabilizer ini dapat mengkompensasi getaran dari 8 arah! Iya, 8 arah sekaligus lho. Dengan adanya stabilizer, foto yang dihasilkan pun akan jauh dari buram, meski saat memotret pas ada guncangan. Misalnya saja ketika memotret di kendaraan atau saat terjadi gempa kali ya, dijamin hasil foto tetap jelas.

  1. Autofocus

Zenfone 3 memiliki teknologi laser fokus secepat 0,03 detik, yang artinya sepuluh kali (10x) lebih cepat dari kedipan mata teman-teman! Benar seperti bayangan saya, bahwa kamera Zenfone 3 mempunyai autofocus seperti di DSLR. Pantas saja hasilnya kayak foto dari kamera professional ya. Bahkan ada continuous autofocus yang dapat mengunci objek yang selalu bergerak saat difoto, wow! Jadi kalau saya sedang meliput acara festival misalnya, bisa banget pakai continuous autofocus ini. Para penari dan masyarakat yang sedang mengikuti acara festival tetap bisa saya abadikan gerakannya.

6. High dinamic range

Zenfone 3 ternyata mempunyai tekonologi real time HDR dan HDR pro sehingga gambar dengan latar belakang super terang sekalipun dapat tetap cerah hingga 4x lipatnya. Wuih jadi kalau berfoto dengan sunrise, kita nya nggak hanya siluet saja, tapi tetap terlihat jelas ya.

  1. Real Tone Flash

Zenfone 3 dilengkapi dengan dual LED real tone flash agar skintone manusia terlihat lebih alami. Kan banyak tuh yang hasil foto malah terlalu putih jadi terkesan nggak alami. Nah, hasil kamera Zenfone 3 ini sebaliknya, justru alami sekali. Contohnya foto di bawah ini nih.

Warna kulit kami tetaplah sawo matang=). Foto dokumen pribadi

  1. Slow speed

Zenfone 3 memiliki kecepatan bukaan shutter minimal hingga 32 detik. Dengan kecepatan rana yang dapat diatur sedemikian rupa, dapat meningkatkan kreativitas kita dalam bermain-main dengan cahaya lho. Nah bagian ini terus terang saya belum mencobanya nih. Pingin banget memotret pakai spek ini.

9. Manual mode

Manual mode ini termasuk yang saya sukai dari zenfone 3. Teman-teman dapat mengatur white balance, mengatur fokus, serta mengatur ISO dan kecepatan rana sehingga hasil foto juga lebih optimal. kondisi cahaya, jarak bojek saat pemotretan dan tingkat cahaya jelas mempengaruhi hasil foto. oleh karena itu, manual mode ini menjadi solusinya.

  1. Low light

Dengan adanya mode low light, kamera Zenfone 3 bahkan bisa mengambil gambar di area yang cahayanya hanya sebesar cahaya satu lilin, dan meningkatkan cahayanya hingga 400%. Kerasa banget nih waktu saya memotret kolam renang di Hotel Tentrem Jogja kala malam hari, saya nggak perlu ribet mengatur setting kamera, cukup dengan pilih mode low light, dan voila! Hasilnya maksimal kayak foto di bawah ini

Meski malam gelap tetapi hasil low lightnya jadi terang kan. Foto dokumen pribadi

  1. Layar maksimal

Zenfone 3 dengan layar IPS full HD (1920x 1080), dan kecerahan layarnya 600 units, dimana tetap terlihat dengan jelas di bawah sinar matahari. Fungsinya agar kita dapat melihat dengan jelas dan detail hasil foto kita meski cuaca sedang terang benderang sekalipun. Tak hanya di luar ruangan, tapi di dalam ruangan sekalipun, segala sesuatu yang teman-teman lihat akan tetap jelas pada ZenFone 3. satu hal yang saya sukai dari layarnya adalah karena rasio screen-to-body 77,3%, sehingga layar akan terlihat lebih penuh!

  1. Aplikasi kamera

Aplikasi kamera di Zenfone 3 hadir dengan pixel master 3.0 dimana terdapat 20 ragam mode pemotretan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita. Bahkan ada 11 efek yang dapat kita gunakan agar hasil foto tampil beda. selain itu, ada fitur beautification yang biasanya dicari-cari oleh para cewek nih, termasuk saya, hehe. Saya sempat memotret beberapa kali lho dengan mode beautification ini.

Pakai mode beauty nih. Pipi saya jadi pink merona=D. Foto dokumen pribadi

  1. Desain yang menarik dan memesona

Desain Zenfone 3 yaitu 16mm slim metal frame dan 2.1 mm slim bezel. Selain itu ukuran badannya juga lebih kecil dengan layar yang besar. Jadi mantaplah kalau pas mau motret. Zenfone 3 juga dilapisi kaca Gorilla Glass dengan kaca 2.5D. Adanya Gorilla glass tersebut membuat Zenfone 3 tahan banting. Sekali lagi, desain pahatan kaca yang presisi pada kedua sisi, membuat Zenfone 3 begitu manis dan nyaman saat digenggam. Ada 4 warna indah yang ditawarkan, yaitu moonlight white, shimmer gold, aqua blue dan sapphire black.

  1. Otak pintar

Zenfone 3 berbekal prosesor Octa Core Snapdragon 625 64 bit 2.0GHz. Dimana Adreno 560 dipilih sebagai prosesor pengolah grafis untuk pekerjaan sedang hingga berat. Fungsinya otak pintar ini apa sih? Supaya smartphone nggak lemot lah. Jadi kalau Zenfone 3 sedang membuka multimedia, game, dll, smartphone ini tetap bisa jalan dengan lancar.

  1. Daya Efisien

Zenfone 3 memiliki snapdragon 625 yang dibagun dengan pabrikasi 14 nm dan menggunakan desain FET, sehingga prosesor mempunyai 35% konsumsi daya yang lebih efisien. Asyik nih, jadi nggak cepat ngedrop, alias bisa tahan lama baterainya. Penting banget buat momblogger kayak saya, hehe

  1. 4G+3G

Zenfone 3 dilengkapi dual sim yang bisa berjalan bersamaan jaringan 4G dan 3G nya. Kecepatan maksimumnya bahkan hingga 300mbps. Uhuy, koneksinya cepat nih, komunikasi dengan orang tersayang atau dengan patner kerja jelas jadi lebih efektif.

17.Audio

Zenfone 3 memiliki speaker dengan 5 magnet chamber, sehingga suaranya 40% lebih baik. Ada juga dual internal mikropon dengan teknologi noisezero talk yang ternyata berfungsi untuk meredam suara berisik. Pantas saja ketika saya mencoba merekam video, suara latar yang berisik jadi nggak kedengeran.

  1. 4K Video recording

Banyak yang bilang untuk mengahsilakn video dengan gambar yang apik, maka hanya dapat menggunakan kamera dengan harga mahal dan kelas premium. Tapi siapa sangka, Zenfone 3 dengan harga terjagkau, ternyata menyediakan fitur 4K sehingga video pun menjadi lebih jernih dan bagus hasilnya. Selain itu, rekaman video bisa sampai 60fps lho.

19.Stabilizer video

Adanya fitur elektronik image stabilizer sangat bermanfaat dalam menstabilkan gambar saat merekam video. Selain itu, EIS bergerak di 3 sumbu (axis) dan mengompensasi gerakan di 6 arah sehingga meski saat mengambil video berguncang, tetapi hasil akhir akan tetap bagus karena sudah ada stabilizernya. Dengan electronic image stabilization (EIS), teman-teman dapat menghasilkan video bebas blur, dan adanya koreksi warna otomatis sehingga warna yang dihasilkan seperti warna aslinya, dan membuat teman-teman lupa bahwa teman-teman memakai fotografi smartphone.

  1. ZenUI 3.0

Adanya aplikasi khas asus yang membuat digital kita terasa lebih nyaman dan mudah, seperti Zencircle, Zentalk, Mini movie, dan sebagainya.tema yang ada di Zenfone 3 juga sangat menarik lho. Apalagi dengan adanya antarmuka dan berbagai aplikasi tadi jelas membantu kehidupan digital kita. Aplikasinya pun selalu update sehingga nggak ketinggalan zaman.

Detail spesifikasi ASUS Zenfone 3 bisa dilihat ditabel ini:

Nah, gimana ada banyak kan alasan untuk mempunyai Zenfone 3? Biasanya saya paling tidak punya 10 alasan saja sudah membuat saya memutuskan untuk memilikinya, apalagi 20 ya. Huaa mupeng berat.

Testimoni saya saat menggunakan Zenfone 3 untuk memotret selama hampir 2 jam, adalah smartphone tersebut memang dibuat untuk fotografi. Ringan dibawa, fokusnya cepat, nggak lemot. Begitu klik dalam sepersekian detik langsung memotret dengan baik. Hasil foto juga memuaskan, nggak blur, nggak buram. Bahkan tanpa teknik pun sudah dapat menghasilkan berbagai efek. Serta tentu saja bisa bereksplorasi dengan berbagai macam mode dan fitur sehingga hasil foto kita bervariasi.

(Visited 120 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

13 Comments

  • Prima Hapsari October 25, 2016 Reply

    AKu mupeng banget nih ama Zenfone 3, nabung dulu ah.

  • Via October 26, 2016 Reply

    Keren nich, di crop tetep nggak pecah.

  • Diah indri October 26, 2016 Reply

    Hwaaaa makin kepincut sama asus zenfone3

  • Ima October 26, 2016 Reply

    Kudu punya di. *komen ke 6

  • Juliastri Sn October 26, 2016 Reply

    Ihhiirr..built for photography..hidup zenfone 3..pinggiinnn..hiks..

  • Aya October 26, 2016 Reply

    Mupeng….mupeng….

  • arifah wulansari October 26, 2016 Reply

    Dari tadi baca postingan asus jd mupeng nih

  • andyhardiyanti October 26, 2016 Reply

    Mantap bener kameranya ya mbak. Jadi pengeeeeenn. Tapi mahal euy :( Hahahah

  • Noni Rosliyani October 26, 2016 Reply

    Aku naksir fiturnya yg bisa bikin ada foto efek bokeh. Duh gusti.. paringi kulo hape Zenfone 3 geratis. Hehehe..

  • a.e.zen October 27, 2016 Reply

    kunjungan perdana
    salaman ^^

    kalau kamera hp udah keren gitu, ga usah beli kamera lagi ya
    ukurannya juga mantap

    • dian.ismyama October 29, 2016 Reply

      Halo salam kenal Mbak. Iya ga perlu beli kamera lagi nih

  • Mustafa Zain October 29, 2016 Reply

    Ternyata Zenfone 3 mantap juga ya untuk Photography.
    Cocok banget buat yang hobi jeprat jepret tanpa harus ribet

  • BBM Mod August 17, 2017 Reply

    dulu pernah tertarik sama ni hape , tapi skrng banyak rival yang kaish harga lebih murah dengan spek lebih tinggi 😀 mending xiaomi ehhe

Leave a Reply