Update Tentang Komputer Terbaru dan Tercanggih di Dunia

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Pesatnya kemajuan teknologi saat ini menjadikan kebutuhan manusia akan adanya perangkat teknologi kian meningkat. Kini hampir semua aspek kehidupan telah di sisipi dengan teknologi mulai dari pekerjaan rumah tangga, pendidikan, pekerjaan hingga bisnis. Perangkat teknologi tersebut juga diklaim membuat kehidupan semakin mudah karena terbantu dengan fungsi dari perangkat teknologi tersebut. Dari sekian banyak teknologi, ada satu teknologi yang kini hampir semua membutuhkannya yaitu komputer.

Saya sendiri sebagai mahasiswa dan blogger, jelas membutuhkan komputer. Saat di kampus, nggak kebayang kalau tanpa komputer. Semua karyawan bidang akademik menggunakan komputer untuk membantu kami, para mahasiswa. Misalnya nih seperti sekarang, saat sedang mempersiapkan ujian tesis, para mahasiswa sangat terbantu dengan adanya komputer kampus yang menyimpan semua file undangan serta berbagai jenis surat untuk mengajukan ujian tertutup, ujian terbuka, maupun yudisium.

Selain itu, saat saya harus mem-print beratus-ratus lembar naskah tesis, saya juga mengandalkan komputer milik rental komputer di dekat rumah saya. Nggak kebayang deh hidup tanpa komputer!

Tahukah teman-teman? Bahwa ada yang baru tentang komputer. Komputer juga mengalami banyak perkembangan lho. Berdasarkan update tentang komputer, ternyata ada komputer tercanggih di dunia, seperti berikut ini:

Komputer kuantum

Komputer jenis ini memakai fenomena mekanik kuantum sehingga mampu mewakili struktur data. Apabila dalam komputer biasanya memakai bit untuk penghitungan jumlah datanya, maka pada komputer ini sedikit berbeda karena memakai satuan Qubit serta Quantum Bits. Diperkirakan komputer ini mampu memiliki kecepatan sampai 3.600 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan komputer biasanya. Berdasarkan informasi yang terbaru, komputer ini memang dirancang sedemikian canggih lantaran dipakai oleh ilmuwan dan NASA.

Sequoia

Ada juga komputer yang diproduksi oleh pabrikan besar IBM yang ada di Lawrence Livermore National Laboratory atau LLNL. Komputer yang dinamakan Sequoia ini memiliki kecepatan prosesor sampai 16,32 petaflops atau mencapai 6.000 Trilyun per detik dan hanya mengkonsumsi daya 7,09 megawatt saja.

K Komputer

Selanjutnya ada K Komputer dari negeri Jepang. Komputer ini dikembangkan oleh industri Fujitsu dan diklaim memiliki spesifikasi canggih sebelum adanya Sequoia. Dengan kecepatan komputer yang mencapai 8.162 Petaflops, tak heran jika komputer ini disebut-sebut menjadi komputer tercanggih pada masanya saat itu. Perangkat komputer ini memiliki perangkat yang besar sehingga perlu ditempatkan di 672 lemari dengan masing-masing lemarinya memiliki 96 titik dan per titiknya memiliki memori 16 GB.

Tianhe 1A

Setelah komputer dari negeri Sakura, kini ada juga komputer tercanggih dari negeri Tirai Bambu. Komputer ini kini ada di Tianjin, Cina. Kecanggihannya bisa dilihat dari kalkulasi yang mampu dilakukannya yaitu hingga kecepatan 2.000 Trilyun per detik. Biaya pembuatannya pun fantastis yang mencapai 88 juta Dollar lantaran dilengkapi 14.336 unit prosesor super canggih. Sistem yang ada di komputer Tianhe 1A ini disusun pada 112 lemari untuk komputer, 12 lemari untuk simpan, 8 lemari untuk I/O dan 6 lemari untuk komunikasi. Sedangkan dalam setiap lemari itu terdiri dari 4 frame dengan masing-masing 16 port papan pengalih dan juga 8 kipas.

Itulah 4 update tentang komputer yang terbaru dan tercanggih saat ini. Dengan kecanggihan teknologi tadi, tentunya manusia semakin terbantu dan dimudahkan. Rasa penasaran saya terjawab sudah, ketika melihat di film-film, kok ada komputer yang responnya sangat cepat, bisa menjalankan berbagai perintah dan menyimpan banyak data yang kompleks. Ternyata oh ternyata, memang dibutuhkan komputer canggih untuk melakukan hal tersebut. Komputer canggih bila digunakan dengan bijak, saya dapat meningkatkan kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.

Kalau menurut teman-teman gimana soal kecanggihan komputer di atas?

(Visited 32 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

10 Comments

  • Primastuti satrianto June 13, 2017 Reply

    Penting bgt ni komputer. Jaman skrg gitu lhooo.

  • retno June 13, 2017 Reply

    wiiih….canggih. harganya juga pasti uwooow banget ya….

    • dian.ismyama June 13, 2017 Reply

      Harga jangan ditanya Mbak. Kebayang kan komputer buat NASA masa ya murah:))

  • Rani Yulianty June 14, 2017 Reply

    Ternyata banyak juga ya jenis komputer, bisanya cuma make doang, hehehehe

    • dian.ismyama June 14, 2017 Reply

      Iya ada banyak, yang kita pakai sehari-hari tentunya beda sama yang canggih banget tadi

  • April Hamsa June 14, 2017 Reply

    Komputer canggih kyk gtu biasanya dibutuhkan banget sama org2 yg kerjaannntya berubungan dengan IT kai ya mbak? Kalau say pribadi sih yg penting bisa buat ngetik sam edit foto dan video hehehe

    • dian.ismyama June 14, 2017 Reply

      Benar Mbak April, aku kira zaman sekarang yang penting pakai smartphone aja udah cukup, tapi aslinya banyak database di luar sana, baik buat perusahaan maupun pemerintahan ya masih butuh komputer

  • Ihwan Hariyanto June 14, 2017 Reply

    Dunia IT semakin canggih ya Mbak, semoga kita bisa terus mengikutinya. Sebab kalau enggak bisa ketinggalan dan tergilas he3

    • dian.ismyama June 14, 2017 Reply

      IT itu cepet banget perubahannya, sama kayak dunia kesehatan:)

Leave a Reply