Tips Make-up No Make-up di Bulan Ramadhan

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Menjalankan ibadah puasa adalah wajib bagi umat muslim. Selama bulan Ramadhan, setiap muslim dan muslimah yang sudah baligh menahan lapar, haus dan hawa nafsunya dari imsak hingga waktu berbuka tiba. Meski begitu, bukan berarti kegiatan sehari-hari jadi berhenti. Bagi yang bekerja tentu tetap masuk kerja. Bagi yang masih bersekolah atau kuliah, ya tetap masuk. Malah info dari teman-teman saya yang masih mahasiswa S1, UAS jatuh pas puasa ini. Para freelancer seperti blogger, atau para pebisnis juga tetap menjalankan perannya di bulan Ramadhan.

Saya sendiri tetap bepergian selama bulan puasa, malah bolak-balik rumah sakit-kampus buat ambil data dan ketemu dosen. Kadang kalau lagi lemas, bawaannya jadi nggak mood ngapa-ngapain, padahal ada banyak tugas yang harus diselesaikan. Kalau bukan di bulan Ramadhan, saat bad mood, saya mengatasinya dengan cara makan. Hehe. Entah makan es krim, coklat, atau makanan manis lainnya yang bikin hormon endorfin naik. Tapi berhubung lagi puasa, nggak mungkin makan dong ya, terus gimana? Saya punya tips jitu nih buat naikin mood, yaitu berkreasi dengan make-up! Iya, make-up. Pakai make-up di bulan Ramadhan kan nggak bikin batal puasa, masa mau nelen lipstik atau minum eyeliner cair, hihi, nggak kan ya.

Nah, ngomong-ngomong soal make-up selama Ramadhan, ada juga teman saya yang ragu-ragu mau ber make-up, khawatir berlebihan katanya. Padahal menggunakan riasan sendiri sah-sah saja di bulan puasa. Tentunya make-up yang terkesan natural akan lebih bisa diterima oleh banyak orang.

Lalu apa solusinya? Tak lain dan tak bukan, gunakanlah make-up natural, atau lebih terkenal dengan istilah make-up no make-up.

Seperti apa tips make-up dengan jenis no make-up look?

1. Pilih BB atau CC cream dibandingkan foundation.

Kenapa BB atau CC cream? Karena lebih ringan, tetapi nggak kalah coverage -nya dibandingkan foundation. Dengan menggunakan BB atau CC cream, jika setelah berwudhu dan krim tersebut terhapus sedikit, maka boleh sekalian dihapus dengan kapas hingga bersih. Usai salat, baru aplikasikan lagi BB/CC cream -nya. Namun jika teman-teman nggak bedakan, alias hanya memakai BB/CC cream saja, maka boleh saja menebalkan kembali krim tadi, tanpa harus dibersihkan total terlebih dahulu.

Biasanya BB/CC cream sudah mengandung SPF, tetapi jika belum, teman-teman dapat menambahkan tabir surya agar kulit terlindung dari sinar matahari.

2. Pilih eyeshadow coklat atau warna natural lainnya.

Riasan mata adalah bagian yang sangat penting bagi sebagian besar perempuan, karena mata itu berbicara, eh maksudnya mata itu paling bisa dikreasikan:D. Buat yang matanya sipit, bisa banget diperbesar hanya dengan make-up, yaitu dengan cara memilih warna eyeshadow yang terang dan pengaplikasiannya dengan membuat dimensi pada kelopak. Maksudnya bagaimana? Maksudnya adalah, mengakalinya dengan menggunakan eyeshadow tiga warna.

Teman-teman dapat membaurkan eyeshadow berwarna cokelat di seluruh lipatan mata dalam, lalu aplikasikan eyeshadow berwarna soft seperti pink muda atau ungu muda dari tengah kelopak hingga ke arah luar. Kalau merasa kesulitan membubuhkan eyeshadow dengan rapi, pakai alat bantu eyeshadow protector pads saja. Alat ini juga dapat membuat pemakaian eyeliner jadi lebih rapi.

Foto diambil dari shopee.co.id

Bagaimana dengan sudut mata bagian dalam? Bubuhkan eyeshadow yang lebih terang lagi, seperti warna putih. Eyeshadow terang ini juga dibaurkan di bawah alis. Tujuannya adalah agar mata terlihat cembung, lebar, dan lebih besar.

Untuk riasan sehari-hari, cukup gunakan eyeshadow warna soft seperti cokelat muda, cokelat tua, dan abu-abu. Pink soft atau oranye soft oke juga lho. Intinya, pilihlah warna eyeshadow yang mendekati tone kulit teman-teman.

Meski begitu, bila teman-teman akan menghadiri acara tertentu yang memang acaranya formal atau di tempat yang megah, boleh-boleh saja kok pakai eyeshadow warna apa saja, asal sesuai dengan situasi dan kondisi. Walaupun di bulan Ramadhan, kadang tetap ada saja undangan untuk menghadiri acara resmi tertentu, baik dari kantor maupun dari kolega bisnis misalnya.

Oh ya, ada tips kece tentang penggunaan eyeshadow beberapa warna seperti pada riasan untuk mata sipit di atas. Agar warna eyeshadow yang berbeda-beda nggak tercampur baur, biasanya saya menggunakan banyak kuas, atau di bolak-balik. Satu sisi untuk warna A, sisi lain untuk warna B misalnya, tapi ternyata nggak efektif juga. Hingga akhirnya saya menemukan Make-up Brush Dry Clean Sponge yang bisa membersihkan kuas make-up, tanpa harus mencucinya, hanya dalam 5 detik saja! Saya sendiri mupeng berat nih mau punya juga. Kenapa kemarin pas beli beauty blender nggak kepikiran pesan alat kece ini ya, biar sekalian gitu maksudnya. Hoho.

3. Pilih eyepencil dibanding eyeliner cair.

Mengapa saya lebih memilih eyepencil dibanding eyeliner cair? Soalnya eyepencil kalau kena air nggak mbeleber, hehe. Bulan puasa kan sebaiknya perbanyak ibadah, termasuk salat sunah dhuha. Kalau kita sering wudhu, mending pakai eyepencil agar nggak mudah mbleber. Tapi kalau untuk make-up no make-up sih tanpa memakai eyepencil juga nggak masalah kok. Justru lebih kelihatan natural.

4. Tetap sapukan blush-on agar wajah berseri.

Penggunaan blush-on cukup penting agar wajah kita kelihatan lebih berseri. Sapukan secukupnya saja, jangan terlalu tebal, sehingga kelihatan lebih natural. Warna blush-on sih dapat disesuaikan dengan kesukaan, boleh pink atau oranye, toh hanya digunakan sedikit saja.

5. Pilih warna lipstik yang soft tapi tidak pucat.

Contoh lipstik dengan warna nude.

Nah, lipstik termasuk titik kritis untuk make-up minimalis. Saat bulan puasa, bibir kita cenderung kering, oleh karena itu, pilihlah lipstik yang banyak pelembabnya, atau lipstik glossy. Untuk warnanya, teman-teman dapat menggunakan warna soft seperti nude, atau coral. Lipbalm atau lipgloss yang senada dengan warna bibir juga dapat menjadi pilihan.

Contoh make-up no make-up.

Oh ya, sampai kelupaan. Ada satu lagi tips penting saat memakai make-up, yaitu pastikan kanvasnya rapi. Kanvas saat berdandan adalah foundation, atau pengaplikasian BB/CC cream pada tips yang saya tulis ini. Jika kanvasnya nggak pecah, make up pun menempel dengan smooth dan penampakan secara keseluruhan juga bagus. Caranya bagaimana? Kalau saya sih, mengaplikasikan BB/CC cream menggunakan spons dengan tekstur yang padat, contohnya saja seperti beauty blender. Sebenarnya bisa saja menggunakan kuas khusus foundation, tapi kalau saya pribadi lebih suka pakai beauty blender, karena hasilnya lebih rapi.

Mahal nggak sih? Mahal itu relatif, tapi kalau ada yang terjangkau kayak di sini, kenapa nggak?

Teman-teman pasti kaget kalau lihat harga beauty blender terbaru saya. Kalau mau yang premium, bisa juga pilih yang ini. Bedanya apa? Beda dimerek dan kualitas. Teman-teman bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Berdasarkan pengalaman pribadi mencari dan memesan make-up tools di Shopee, saya merekomendasikan Shopee untuk memenuhi kebutuhan alat make-up teman-teman. Saya sendiri sudah merasakan kemudahannya. Tinggal download aplikasinya, cari barang​ yang kita inginkan di kolom search, ketemu deh berbagai pilihan toko. Bisa filter produk terlaris, terbaru, bahkan filter pilihan harga. Ada kolom untuk memilih star seller dan barang dikirim dari kota mana lho, dan Shopee juga menyediakan free ongkos kirim! Sesuai lah sama tagline -nya, “Jual Beli Gratis Ongkir dan Jual Beli di Ponsel”, konsep sosial media shopping -nya dapat banget. Paling seru ada fitur chat dengan penjualnya, jadi masih bisa tawar-tawaran harga. Yang nggak boleh dilewatkan, selama Ramadhan ada Rezeki Ramadhan Shopee lho, diskon produk up to 90%. Gila apa gila banget?!:)

Finally, selesai deh tips make-up no make-up atau no make-up look ini! Teman-teman bisa tampil lebih percaya diri, berseri, tanpa merasa berlebihan.

Yang jelas, fungsi make-up yang memberi perlindungan dari terik matahari, dari debu, atau dari kondisi kulit kering karena AC di tempat kerja tetap tercapai. Ramadhan pun dijalani dengan kulit sehat, lembap, dan tidak pucat.

Gimana teman-teman? Sudah lebih percaya diri mencoba make-up no make-up look?

(Visited 79 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

16 Comments

  • Buatku yg suka no make up juga, tetep lipstik dan foundie selalu andalan kl mau pergi..

    • dian.ismyama June 4, 2017 Reply

      Bener banget, dibanding bedak pun foundi atau CC cream lebih kuandalkan:)

  • Winda Carmelita June 4, 2017 Reply

    Warna lipstik itu menentukan banget tampilan kita jadi menor atau natural ya Mbak 😉

    • dian.ismyama June 11, 2017 Reply

      Hihi, iya sih. Tapi ada juga yang pakai merah tetep nggak menor

  • Fauziah June 5, 2017 Reply

    Sama saya juga ngendelin BB cream.. kagak pake foundation hehe

  • retno June 5, 2017 Reply

    aku kalau keluar palingan cuma pakai pelembab sama bedak aja, kecuali kalau kondangan. itupun merasa ga pede karena ga punya ilmu dasarnya huhuhu

    • dian.ismyama June 11, 2017 Reply

      Ayo belajar Mbak, di youtube udah banyak tutorial nya:)

  • Aya June 5, 2017 Reply

    Waah…aku banget
    Suka warna lipstick nude aja, gak pernah berani pakai merah ???

    • dian.ismyama June 11, 2017 Reply

      Aku malah jarang pakai nude, masih mending pink atau oren:)

  • Grace Melia June 5, 2017 Reply

    Mak Diii mau dong di make up in yang ala-ala no make up giniii <3

  • April Hamsa June 6, 2017 Reply

    Make up no make up ini sepertinya ngetrend dan dipopuleran oleh artis korea di drakor2 kalau tak salah ya mbak? 😀

    • dian.ismyama June 11, 2017 Reply

      Artis korea mah nggak di make up in udah putih, mulus:))

  • nova violita June 15, 2017 Reply

    ya..ampun..katrok banget deh aku.. selama ini gak tau kalau ada protector buat pake eye liner.. selama ini emang suka belepotan… hahaha

  • Triani Retno A June 16, 2017 Reply

    Huihihi….dan aku langsung jadi merasa alien yang blas nggak bisa dandan 😀 Anak sulungku malah jago dandan. <— bukti bahwa air cucuran atap jatuhnya nggak selalu ke pelimbahan 😀

    Btw, selamat ya Mbak Dian. Dapat THR dari Shopee :)

Leave a Reply