tips cara mengobati sakit gigi

Tips Cara Mengobati Sakit Gigi Tanpa Obat dan Dengan Obat

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Siapa yang enggak merana kalau lagi sakit gigi? Kalau judul lagu menanyakan lebih baik sakit gigi apa sakit hati, saya pribadi bakal bilang keduanya sama sakitnya:D. Soalnya keduanya bikin nangis. Saya sendiri pernah sakit gigi karena berlubang dan tambalannya lepas. Alhasil ternyata lubang tersebut berisi sisa makanan yang pada akhirnya menjadi sarang kuman. Oleh karena itu, tips cara mengobati sakit gigi yang akan saya bagikan ini cukup penting.

Masih mending kalau sakit giginya pas di rumah. Kalau lagi traveling gimana? Huaa, jauh dari klinik dan apotek. Kebayang ya bakal sakit dan pusing mikirin gimana cara efektif supaya sakit giginya berkurang. Anyway, kalau jalan-jalannya di daerah sarat budaya tradisional, biasanya justru akan dibuatkan obat herbal alami dari daun-daunan. Tapi apakah benar daun-daunan atau tanaman bisa membantu mengobati atau mengurangi sakit gigi?

Perlu diketahui bahwa pemilihan cara untuk mengatasi sakit gigi dipengaruhi oleh banyak faktor. Terutama dari penyebab sakit gigi. Misalnya, jika teman-teman sakit gigi karena berlubang, maka cara pengatasan yang sesuai adalah menambal gigi. Sedangkan jika gigi sakit karena infeksi gusi, maka seharusnya diatasi dengan obat antiinfeksi.

Ada banyak cara bagaimana menyembuhkan sakit gigi tanpa obat dan dengan obat.

tips cara mengobati sakit gigi

Kalau sakit gigi enggak bisa makan enak :(

Tips Cara Mengobati Sakit Gigi, antara lain:

1. Lada dan Garam

Ini dia cara menyembuhkan sakit gigi tanpa obat yang sering saya lakukan di rumah, yaitu menggunakan merica dan garam. Bahan-bahan tersebut memiliki sifat analgesik (antinyeri), antiseptik, dan anti-inflamasi (antiradang).

Caranya bagaimana?

Ambil dua sendok makan lada dan garam. Lalu tambahkan satu sendok teh air. Aplikasikan campuran tersebut di area gigi yang sakit. Biarkan selama lima menit.

Lada hitam mengandung komponen piperine mirip dengan capsaicin pada cabai rawit. Capsaicin membuat ujung saraf dalam tubuh manusia melepaskan zat kimia yang dikenal sebagai zat P.  Zat kimia tersebut memanipulasi sinyal rasa sakit dari otak. Oleh karena itu, lada dapat mengurangi rasa sakit pada gigi.

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri sehingga efektif dalam mengurangi rasa sakit gigi akibat infeksi. Dalam bawang putih terkandung senyawa allicin yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit.

Cara penggunaannya?

Ambil sepuluh siung bawang putih dan satu sendok teh garam. Hancurkan bawang putih menjadi potongan kecil. Campurkan dengan garam. Oleskan campuran tersebut di daerah gigi yang sakit. Teman-teman juga dapat mengunyah tiga siung bawang putih di dekat area gigi yang sakit.

3. Cengkeh

Teman-teman sudah pernah mendengar penggunaan minyak cengkeh sebagai tips cara mengobati sakit gigi? Minyak cengkeh dapat digunakan untuk gigi retak, gigi rusak, serta infeksi gigi dan gusi. Cengkeh mengandung zat kimia yang disebut ‘eugenol’ yang memiliki beberapa sifat obat seperti antiseptik dan penghilang rasa sakit.

Teman-teman enggak perlu repot membuat minyak cengkeh, karena minyak cengkeh murni dalam berbagai merek sudah ada di apotek dan toko obat. Langsung saja tanyakan pada apoteker.

Pilihlah botol kecil agar sisanya tidak mubazir. Taruh 3-5 tetes minyak cengkeh di atas kain katun lalu letakkan pada bagian gigi yang sakit.

4. Obat antinyeri

Obat antinyeri atau penghilang rasa sakit juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Antinyeri yang dapat dikonsumsi antara lain parasetamol, dan obat golongan NSAID seperti ibuprofren, natrium diklofenak, asam mefenamat, antalgin/metampiron. Obat-obat ini mempunyai potensi dan keunggulan yang berbeda. Misalnya ibuprofren, selain bersifat antinyeri, juga mempunyai manfaat antiradang sehingga jika sakit gigi sampai bengkak, ibuprofren menjadi pilihan pertama saya. Sedangkan pada pasien hipertensi yang mengalami sakit gigi, sebaiknya hindari natrium diklofenak.

Obat golongan NSAID mempunyai efek samping pada lambung, sehingga sebaiknya diminum sesaat setelah makan. Pilihan lainnya pada pasien dengan riwayat maag yang mengalami sakit gigi, dapat menggunakan parasetamol yang relatif lebih aman untuk lambung.

5. Ke Dokter Gigi

Bila dalam dua hari mempraktekkan tips cara mengobati sakit gigi nomor 1-4 dan belum ada perbaikan, maka janganlah ragu untuk berkonsultasi kepada dokter gigi. Apalagi pada kasus gigi berlubang, pipi atau gusi sampai bengkak, atau jika sampai keluar darah dan nanah, tentu saja harus ke dokter gigi. Jangan sampai gigi terlanjur rusak hingga harus dicabut.

Itulah beberapa tips cara mengobati sakit gigi dengan dan tanpa obat.

Yang mana nih tips cara mengobati sakit gigi yang pernah teman-teman lakukan?

(Visited 114 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

30 Comments

  • Anne Lesmana July 29, 2018 Reply

    Duh beneran skt gigi itu g enak bgt mbak.. Alhamdulillah udah g prnh skt gigi lg, tp makasih udah dikasih info ini ya mbak..😊

  • Nuniek KR July 30, 2018 Reply

    Saya gamau sakit gigi lagi..huhu. Kapoook..

  • Uli Hartati July 30, 2018 Reply

    kalo aku kumur2 sama garam aja, br tahu lada juga bisa ya, makasih sharingnya ya

  • Zefy Arlinda August 3, 2018 Reply

    beneran deh mbak, aku pernah sakit gigi dan rasanya ga enak banget. rasanya terjadi perang dunia ke 3 di dalam mulut, ga banget pokoknya. kalau aku dulu malah kumur-kumur pake bensin

  • April Hamsa August 4, 2018 Reply

    Aduh aku kalau sakit gigi wes ah ke dokter aja biar cepet. Soalnya emak2 kalau wes kena sakit mumet, anak2 gak keurus, kerjaan gk keurus #eaaaa curcol haha
    Eh lada dan garam itu bisa ih diterapkan buat pertolongan pertama sebelum ke dokter kali ya hehe

  • ulya August 4, 2018 Reply

    Dulu aku pas sakit gigi pernah terpaksa gigit bawang putih, dan emang rasanya ga enak banget kan. Sampe sekarang aku ga suka sama bawang putih. Bahkan terkesan menghindari, rasa gak enaknya masih terngiang-ngiang. Hiks

  • unggulcenter August 4, 2018 Reply

    nah yang air garam itu aku sering kalau gusi berdarah. Cepat berhenti.

  • Rhoshandhayani KT 💕 August 4, 2018 Reply

    Oooh gitu ya caranya
    Kalau yang pake bawang putih itu… Berarti ada rasa pedes2nya gitu ya pas bawangnya tersenggol lidah, hehehehe

  • Rani Yulianty August 4, 2018 Reply

    Kalsu sakit gigi masih awal biasanya saya pakai garam, kalau udah akut ke dokter gigi, deh

  • Jiah August 4, 2018 Reply

    Aku tahunya yg bawang putih, kadang kumur2 pakai garam. Kalau lada, belum pernah coba. Sekarang udah jarang sakit gigi sih. Udah ngurangi makan permen

  • Tomi August 4, 2018 Reply

    wahhh baru tahu kalau cengkeh bisa mengobati sakit gigi mba.. ini perlu dicoba nih mba kalau sakit gigi… terima kasih ya mba tipsnya.. saya kurangi yang manis-manis juga mba biar gak gampang sakit gigi

  • Nurul Fitri Fatkhani August 4, 2018 Reply

    Kalau saya lebih memilih yang alami aja, Mbak. Biasanya hanya kumur-kumur pakai air garam aja.
    Tapi memang agak lama redanya hehehe.
    Itu kalau dicampur lada, banyak juga ya, sampai 2 sendok makan?

  • Tukang Jalan Jajan August 4, 2018 Reply

    minyak cengkeh sering dipake buat ngebantu ngurangin nyeri kalau sakit gigi. Tapi itu cuman sementara sih. tetep harus ke doikter gigi nantinya

    • dian.ismyama August 4, 2018 Reply

      Iya benar, tetap harus ke dokter buat ngecek sakitnya kenapa

  • Oky Maulana August 4, 2018 Reply

    Aku dulu sering banget kaya gini huhu ampe bisa berhari-hari. Setelah gigi yang sakit dicabut jadi aman hehe

  • lendyagasshi August 4, 2018 Reply

    Iyaya…aneh kalo ada yang bilang lebih baik sakit gigi..
    Mungkin yang ngarang lagu itu belum pernah ngerasain sakit gigi.

    Hiihhii…

    AKu juga selalu diingatkan Babe rahimahullah, kalau sakit gigi, jangan langsung minum obat.
    Pakai resep nomer 1 dulu…yaitu air garam.

    Alhamdulillah…asal sabar dan telaten.

  • retno August 4, 2018 Reply

    samaa… menurutku keduanya juga sama sakitnya hehehe…
    dulu pas masih kecil usia 7 tahunan, sering banget sakit gigi. Sama orang tua diajak ke seseorang. Terus aku “disuwuk” apadahal cuma oles-oles minyak yang ngga tau japa namanya, sakit gigiku bisa sembuh. Alhamdulillah ampai ekarang tidak pernah sakit gigi lagi…jangan ampai yaa

  • Timo August 4, 2018 Reply

    Ternyata tinggal ke dapur dan ambil beberapa bahan masakan, bisa juga mengurangi sakit gigi ya :)

    • dian.ismyama August 4, 2018 Reply

      Hehe iya benar. Tergantung tingkat keparahan juga

  • Hellofika August 4, 2018 Reply

    Pake pasta Gigi tertentu. Contoh merk E.. ini mempan kalau untiukku yg lg sakit gigi

  • Rindang August 4, 2018 Reply

    Aku mau mncoba metode mengunyah bawang putih itu nanti kalau sakit gigi. Masuk akal dan ilmiah. Tapi tentu saja aku sama sekali tidak berharap ingin sakit gigi.

  • Yesi Intasari August 4, 2018 Reply

    Aku baru tau loh mbak ternyata bawang putih bisa untuk mengobati sakit gigi juga, mudah2an berani cobain deh kalau aewaktu-waktu nanti sakit gigi hehe

  • Achmad Humaidy August 4, 2018 Reply

    Kalau aku langsung pakai cara terakhir deh karena bisa sembuh dan ampuh. Makanya kalau sakit gigi yaa langsung ke dokter gigi supaya dikasi obat tidur biar pulas dan gak merasakan nyut2an apalgi ngilu pada gigi yang sakit*

  • dede yusup bisri October 13, 2018 Reply

    Ternyata gampang juga yang cara mengatasi sakit gigi ini

Leave a Reply

error: Content is protected !!