Telaga Sunyi

Telaga Sunyi, Beningnya Air Hingga ke Dasar Telaga

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Menginap di Baturraden tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi objek wisatanya. Seperti saya tulis di artike sebelumnya, pengelolaan objek wisata di Baturraden berbeda-beda. Palawi Baturraden sendiri mengelola Wana Wisata antara lain Telaga Sunyi, Pancuran 3 dan Pancuran 7. Nah, kali ini saya mau cerita perjalanan mengeksplor Telaga Sunyi.

Baca juga Serunya Menginap di Palawi Resort Baturraden

Saya dan teman-teman blogger menaiki kendaraan roda empat menuju objek wisata Telaga Sunyi. Jalan yang kami lewati begitu sepi, dan sejuk, karena di kanan kiri terdapat pohon-pohon. Kami sampai di parkiran Telaga Sunyi. Area parkirnya cukup luas. Tak hanya luas, tapi indah karena dikelilingi pohon pinus.

Setelah memarkir kendaraan, kami berjalan kaki menuju Telaga Sunyi. Jalan yang dilewati tidak begitu terjal. Hanya turunan sedikit, lalu jalan mendatar dan sesekali menanjak ketika menuju telaganya. Jalannya juga sudah bagus. Di arah telaga, ada jembatan dari bambu yang bisa dilalui.



Saya sempat melihat ke selokan di kanan jalan, dan ternyata airnya bening banget. Kabarnya, selokan ini bisa dipakai tubing lho. Sementara itu, di sebelah kirinya ada batuan alam yang indah dan eksotis. Batuan tersebut terletak di samping aliran sungai. Lihat deh fotonya, cakep kan?

batuan telaga sunyi

Batuan eksotis. Foto by Yugo

Semakin ke atas, mulai terdengar suara deru air. Sebelum ke Purwokerto, saya sempat googling foto Telaga Sunyi dan memang bagus banget. Sesampainya di lokasi terus terang saya agak kaget karena tidak sebesar yang saya bayangkan. Tapi ketika didekati, ternyata cukup luas juga sih telaganya. Mungkin saya membandingkannya dengan air terjun yang pernah saya lihat di Lampung. Sedangkan air terjun di telaga ini pendek dan kecil.

Telaga Sunyi

Telaga Sunyi memiliki kedalaman sekitar 5 meter. Dan dasar telaga terlihat oleh mata. Saking beningnya air di sana.

beningnya telaga sunyi

Bening banget, kan? Foto by @rizkichuk

Anyway, saya sempat sedih nggak bisa nyemplung. Bukan karena nggak mau, tapi karena lagi red days. Alhasil hanya bisa melihat dari atas batuan. Ella satu-satunya blogger perempuan yang masuk ke air.

Kata Ela, airnya dingin banget, kayak es. Penasaran, saya coba merendam kaki ke telaga. Brrr! Ternyata benar, airnya dingin sekali. Untung deh saya nggak bisa berenang hari itu. Tapi sebenarnya saya tergoda juga sih merasakan kesegaran airnya.

main air di telaga sunyi

Main air di atas ban. Foto by Olip

Saya juga pingin banget bisa foto di dalam air. Kayak lagi diving gitu, tapi nggak harus ke laut. Kalau kamu nggak kuat berenang, bisa banget tidur-tiduran di atas ban. Ada persewaannya di sana. Untuk yang nggak bisa berenang juga disarankan menggunakan pelampung yang tersedia ya.

telaga sunyi baturraden

Di sini lebih dangkal

Kalau mau menyelam ke bagian yang lebih dangkal, bergeserlah sedikit ke bawah. Ada telaga juga di sana. Meski airnya nggak sebening yang telaga besar. Mungkin karena lebih dangkal. Kedalamannya sekitar 1-2 meter. Oh ya, saat berjalan di atas batu-batu harap berhati-hati ya, karena ada yang licin.

telaga sunyi palawi

Karena nggak bisa nyemplung, jadi foto-foto saja:). Foto by @rizkichuk

Di Telaga Sunyi, kamu bisa berenang, berendam, dan berfoto ria. Kalau mau makan di dekat telaga juga boleh. Asal bungkusnya langsung dibuang ke tempat sampah ya. Jangan mengotori alam.

Ngomong-ngomong soal mengotori alam. Saya jadi ingat sebuah mitos. Ada yang bilang jika buang sampah sembarangan atau berkata-kata kotor, pengunjung bisa celaka.

Selain itu, Telaga Sunyi dulunya disebut-sebut sebagai tempat bertapa. Mungkin karena suasananya yang sunyi dan tersembunyi di Hutan Baturraden ya. Terus ada legenda soal pengunjung yang tewas di telaga. Entahlah apa karena dia tidak bisa berenang, atau bagaimana sebenarnya. Tapi jika musim hujan, memang air di telaga jadi deras sekali. Pengunjung sebaiknya lebih berhati-hati ya.

Fasilitas di Telaga Sunyi juga sudah bagus. Selain keberadaan tempat sampah, ada juga tempat berganti baju dan kamar mandi.



Tiket masuk juga sangat murah, hanya 13 ribu rupiah per orang. Kamu bisa puas berenang di Telaga Sunyi. Di dekat loket tiket juga penjual makanan dan suvenir.

Kalau kamu ingin mengunjungi Telaga Sunyi, langsung saja menaiki kendaraan umum dari Terminal Purwokerto menuju Terminal Baturaden. Lalu bisa melanjutkan perjalanan dengan angkot yang menuju Telaga Sunyi. Atau naik taksi dan mobil online dari stasiun Purwokerto.

blogger goes to palawi

Rombongan #BloggerGoestoPalawi. Foto by Mas Pradna

Bagaimana? Tertarik berenang di Telaga Sunyi, kan? Atau kamu mau feed Instagrammu lebih menarik dengan berfoto di Telaga Sunyi?

Perjalanan ke Pancuran 3 dan Pancuran 7 bisa dibaca di sini ya.

(Visited 53 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!