taman sungai mudal

Tanggap yang Lengkap Berawal dari Nutrisi Otak Anak yang Optimal

facebooktwittergoogle_plusredditmail

taman sungai mudal

Ibu mana yang tidak ingin anaknya memiliki sikap Tanggap yang Lengkap? Seperti sudah saya sampaikan dalam tulisan sebelumnya, Tanggap yang Lengkap berarti kecerdasan anak tidak hanya secara akademis. Tapi juga memiliki kecerdasan emosional dan sosial. Lalu bagaimana caranya agar hal itu terwujud? Tentu saja dengan memberikan stimulasi dan nutrisi. Tanggap yang Lengkap dapat menjadi kenyataan bila otak si kecil mendapat nutrisi optimal.

Otak merupakan organ utama yang tumbuh pesat di usia emas buah hati. Fungsi otak banyak sekali. Antara lain mengatur motorik, verbal, memori, hingga emosi. Makanya sampai ada peringatan yang menyatakan bila Bunda memarahi atau membentak anak di periode emasnya, maka jembatan penghubung saraf di otak bias hancur. Tentu kita nggak mau otak anak kosong melompong, kan?

Saya jadi ingat sebuah film anak berjudul “Inside Out”. Di film tersebut tergambar dengan jelas bahwa peristiwa dan stimulasi yang diberikan di masa kecil akan menetap di otak anak. Minat/hobi, karakter, tingkah laku, semuanya berawal dari apa yang orang tua berikan di masa bayi hingga kanak-kanak, termasuk nutrisi yang cukup, lengkap dan seimbang.

Untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan otak yang maksimal, dibutuhkan nutrisi otak. Nutrisi masuk ke sel-sel otak melalui alirah darah. Darah tak hanya mengandung oksigen yang diperlukan agar otak tetap hidup, tetapi juga membawa zat-zat gizi yang dibutuhkan. Bila nutrisinya tepat, maka si kecil akan tumbuh dengan memiliki tiga kecerdasan yaitu intelektual, emosional, dan sosial.

Oleh karena itu, Bunda perlu memperhatikan asupan nutrisi yang mendukung perkembangan otak buah hati. Kekurangan nutrisi pada otak dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada otak. Tingkat kecerdasan juga bias menurun. Nutrisi otak yang dibutuhkan seperti OMEGA 3, OMEGA 6, berbagai vitamin, dan mineral, harus berada dalam jumlah yang cukup. Dengan begitu, otak akan bekerja optimal dalam menyerap informasi.

Berdasarkan penelitian, kekurangan OMEGA 3 dikaitkan dengan menurunnya fungsi kognitif otak. Selain itu juga dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan mental. Gangguan mental yang dimaksud yaitu bipolar, depresi, ADD, dan skizofrenia. Bagaimana dengan vitamin? Vitamin yang dibutuhkan otak antara lain Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, Vitamin B9, Vitamin B12, Vitamin C, dan Vitamin E.

Vitamin A merupakan antioksidan yang dapat menghambat zat racun yang dibawa oleh radikal bebas. Vitamin B1 bermanfaat untuk hantaran impuls saraf. Vitamin B1 juga bermanfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi energi bagi tubuh, terutama pada otak dan sistem saraf. Sementara itu, Vitamin B2 menjaga kesehatan sistem saraf. Sedangkan Vitamin B3 berfungsi untuk menjaga fungsi normal otak, dan meningkatkan daya ingat.

Vitamin B6 terlibat dalam produksi dopamin dan serotonin yang berpengaruh terhadap suasana hati/emosi. Vitamin B6 juga dapat meningkatkan memori. Otak anak juga memerlukan Vitamin B9 (asam folat) agar anak tetap fokus dan berdaya ingat tinggi. Sementara itu, Vitamin B12 berfungsi untuk pembentukan myelin (lapisan pelindung serat saraf otak).

Vitamin C berperan dalam pembentukan neuro transmiter yang penting bagi otak. Vitamin C juga mengandung antioksidan untuk membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak otak. Sama halnya dengan Vitamin E, dipercaya dapat melindungi otak dari radikal bebas.

nutrisi otak

Foto dari bebeclub.co.id

Sebagai orang tua, aku memberikan si kecil Bebelac baru yang disempurnakan. Bebelac baru mengandung minyak ikan dan OMEGA 6 yang lebih tinggi dibanding Bebelac sebelumnya, FOS:GOS 1:9, 13 vitamin (Vitamin A, Vitamin D3, Vitamin E, Vitamin K1, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B9, Vitamin B12, Biotin (Vitamin H) dan 9 mineral (Kolin, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Kalium, Zat Besi, Zinc, Iodium, Selenium, Myo-Inositol).

omega 6

Foto dari bebeclub.co.id

omega 3

Foto dari bebeclub.co.id

FOS:GOS itu apa sih? Lalu berapa milligram jumlah minyak ikan (OMEGA 3 dan DHA) dan jumlah OMEGA 6 dalam Bebelac baru? Bagaimana dengan jumlah vitamin dan mineralnya? Cara penyajiannya juga berbeda lho, karena ukuran sendok takarnya berubah. Yang jelas, pertumbuhan anak dan perkembangan anak dipengaruhi oleh stimulasi dan nutrisi otak. Sehingga bila orang tua menginginkan tumbung kembang anak menjadi optimal, maka kedua hal tersebut juga harus dioptimalkan.

Ayo dukung si kecil tumbuh dengan Tanggap yang Lengkap dengan memberinya nutrisi yang tepat. Pahami lebih lanjut mengenai Pentingnya Omega 3 & 6 sebagai Nutrisi Otak Anak agar tumbuh kembangnya optimal.

(Visited 113 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

37 Comments

  • Rani Yulianty May 25, 2018 Reply

    Alhamdulillah, seneng ya kalau tumbuh kembang anak sesuai dengan pertumbuhannya, apalagi anak yang memiliki cepat tanggap lengkap

  • retno May 26, 2018 Reply

    semua berawal dari rumah ya, baik makanan stimulasi maupun lingkungan. jadi orang tua memang kudu banyak belajar…

  • zefy May 26, 2018 Reply

    Senang ya mbak kalau lihat anak-anak tumbuh sehat dan cepat tanggap, memang pilihan terbaik untuk anak itu utama

  • Rinda Gusvita May 26, 2018 Reply

    Wah si kakak sama adeknya minum Bebelac, mbak? Pantes pinter dan nggemesin polahnya. Btw, mahal nggak sik? Bisikin yak

  • William Giovanni May 26, 2018 Reply

    Untuk proses tumbuh kembang anak optimal, perlu asupan gizi yang baik dan lengkap. Bisa didapatkan dari konsumsi buah, sayur, susu, dan makanan lainnya. Sehingga anak menjadi cepat tanggap dan mengalami pertimbuhan yang baik.

    • dian.ismyama May 27, 2018 Reply

      Benar sekali. Aneka ragam pangan dan minuman sebaiknya diberikan ke si kecil

  • ruziana ina May 26, 2018 Reply

    anak saya tubuhnya mungil ikut badan saya
    tp tumbuh kembangnya bagus
    bahkan kemampuan motorik dan kecerdasannya bisa melampaui anak seusianya
    memang selain nutrisi juga cara didik kita salah satunya dengan sering memuji, mensupport anak dengan kalimat positif

    • dian.ismyama May 27, 2018 Reply

      Anak pertamaku juga mungil Mbak. Semoga ke depannya anak kita bisa nggak mungil lagi ya. Hehe

  • Sebagai seorang ibu, kita pasti ingin yang terbaik untuk anak-anak ya…apalagi untuk tumbuh kembang mereka. Terutama perkembangan otaknya. Jadi harus lebih perhatian untuk menutrisi otak anak, supaya mereka cerdas.

    • dian.ismyama May 27, 2018 Reply

      Benar Mbak. Ibu pasti ingin yang terbaik untuk anak-anaknya

  • April Hamsa May 27, 2018 Reply

    FOS GOS itu apa? hihihi
    Bebelac baru makin lengkap ya nutrisinyaa
    Ini susu rasanya juga enak kok, pantesdan anak2 suka minumnya hehe 😀

  • Windah May 27, 2018 Reply

    Anak anak yang tumbuh dengan keluarga yang ceria biasanya punya tanggap yang lengkap secara alami ya mak, apalagi kalo nutrisinya juga dilengkapi dengan yang bebelac punya ini

  • Tomi Purba May 27, 2018 Reply

    Wah cukup lengkap nutrisinya untuk anak² ya mba.. saya bookmark ini dan akan coba untuk anak saya kelak mba.. saya infokan juga istri biar baca ini juga hehe

    • dian.ismyama May 30, 2018 Reply

      Wah selamat ya Mas next buah hatinya pasti tumbuh tanggap yang lengkap

  • Nina May 27, 2018 Reply

    MasyaAllah anak-anak nya ceria banget mbk. Semoga jadi anak-anak yang soleha. Asupan gizi dan cara didik rahasianya ya mbk? Sukses selalu.

  • Jiah May 27, 2018 Reply

    Ponakanku blm pd minum Bebelac, udah keburu gedhe, hahaha. Tp setuju buat stimulasi sangat diperlukan bahkan saat anak masih dlm kandungan

  • Peri Hardiansyah May 27, 2018 Reply

    iya donk, Nutrisi yang optimal itu penting. Makanan tambahan bisa jadi pilihan juga biar jadi makin maksimal nutrisi buat si kecil..

    • dian.ismyama May 30, 2018 Reply

      Benar sekali. Nutrisi dari makanan dan susu tambahan

  • Ruli retno May 27, 2018 Reply

    Baca dari atas gak nyangka ternyata yang di bahas susu anakku bebelac 3. Aku sendiri baru tau lengkapnya setelah baca ini. Makasih banyak mba

  • lendyagasshi May 27, 2018 Reply

    Penelitian panjang untuk menghasilkan produk terbaik.
    Semoga makin banyak anak yang kebutuhan gizinya terpenuhi dengan mengkonsumsi susu Bebelac.

  • Dian Safitri May 27, 2018 Reply

    Tumbuh kembang anak itu bagaimana peran orangtua ya. Asupan gizi, kasih sayang, dan lainnya.

    • dian.ismyama May 30, 2018 Reply

      Iya ga hanya gizi tapi juga stimulasi dan kasih sayang

  • Dwi Ananta May 27, 2018 Reply

    Kelegaan yang luar biasa untuk seorang ibu jika anaknya tumbuh kembanganya baik dan dia pun cepat tanggap ya mbak. Semuanya bersumber dari rumah dan ibu yang telaten. Semangat! Hehehe

  • Yesi Intasari May 27, 2018 Reply

    bahagianya jadi orang tua kalau melihat anak-anak tumbuh dengan baik ya mba termasuk jadi anak-anak yang tanggap dan lengkap.. makanya nutrisinya juga harus selalu terpenuhi ya

  • Ima satrianto May 30, 2018 Reply

    Nutrisinya lengkap ya Dian, makasih sudah menuliskan banyak info.

  • Nurul dwi larasati May 31, 2018 Reply

    Nutrisi yang mumpuni memang bisa menjaga kesehatan anak untuk menunjang kebutuhan kegiatannya sehari-hari.

Leave a Reply

error: Content is protected !!