Sabar dalam Islam

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Sabar dalam islam. Menurut KBBI, sabar berarti emosi yang tidak lekas meledak, tidak lekas marah, tahan menghadapi cobaan, tabah dan tenang.
Wah berat juga ya. Pas lagi untuk suasana hati saya yang sedang berusaha tabah dan tenang, hehe.

Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan shalat dan sabar, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Al Baqarah 153)

Bagaimana Islam memandang sifat sabar?

Saya akan coba kupas dari rangkuman buku saku Kajian Agama Islam bertema Sabar dari penulis Muhammad Iskan Dahlan.

Sabar dalam Islam, ciri mukmin dan muttaqin.

…..orang-orang yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa (Al Baqarah 177)

Sabar disejajarkan dengan keutamaan shalat dan zakat dalam hal ciri-ciri orang yang bertaqwa. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa apabila shalat kita benar, seharusnya kita juga menjadi pribadi yang sabar. Nah kalau belum sabar, artinya shalatnya??

Berita gembira

Dan Kami pasti akan menguji kamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikan kabar gembira bagi orang-orang yang sabar ( Al Baqarah 155).

Mengapa menjadi berita gembira? Karena sabar itu tidak mudah tentunya. Apalagi bila dihadapkan pada ujian dalam hidup.

Sabar dalam Islam, Cara menghadapi musibah.

(Orang yang sabar yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan ” Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’un”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (Al Baqarah 156, 157)

Dari sini kita mengetahui bahwa bila ada musibah seharusnya kita mengucapkan kalimat tarji’.

Salah satu syarat mendapat pertolongan dari Allah.

Jika kamu bersabar dan bertaqwa dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda (Ali Imran 125)

Sabar dalam Islam, dicintai Allah.

Allah menyukai (mencintai ) orang-orang yang sabar. (Ali Imran 146)
Sabar dan tawakal dijanjikan pahala yang besar.
Sesungguhnya pahala akhirat lebih besar kalau mereka mengetahui(yaitu) orang-orang yang sabar dan kepada Allah saja mereka bertawakal (An Nahl 41-42)

Sabar dalam Islam, menerima ketetapan dari Allah.

…Bersabarlah kamu terhadap ketetapan Tuhanmu…(Al Qalam 48)
Kadang kita sebagai manusia sering tidak menerima ketetapan Allah dan menyalahkan Tuhan terhadap hal tersebut. Mengapa kita mengalami musibah misalnya. Mengapa dari sekian banyak orang hanya kita yang terpuruk/sedih misalnya. Padahal Allah meminta agar kita bersabar dalam menghadapi ujian dan musibah yang memang sudah ditetapkan olehNya.

Sabar dalam Islam, sebagai sarana untuk mendapat tempat kesudahan yang baik.

Dan orang-orang yang sabar karena mencsri keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan pada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan, orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan yang baik (Ar Rad 22)

Semoga sebagian rangkuman di atas bermanfaat dan kita termasuk orang-orang yang sabar …bila belum, paling tidak kita berusaha untuk menjadi lebih sabar.

(Visited 76 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

4 Comments

  • Yasinta Astuti December 18, 2015 Reply

    Dan sabar itu sebenarnya tanpa batas ya harusnya. Makasih mak serasa diingetin bahwa mesti banyak sabar dalam menghadapi kehidupan

  • Yoekaa December 20, 2015 Reply

    Subahanalloh.. terima kasih untuk informasi yang sangat membantu… Sabar memang adalah hal yang paling utama

Leave a Reply