tangga rumah mba ayu

Rumah Mba Ayu, Guest House Tepat Buat Staycation Bareng Sahabat

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Seminggu yang lalu, saya berkesempatan untuk mengenal lebih dekat sahabat-sahabat blogger di Jogja. Mereka adalah Manda dari ceritamanda.com, Mbak Aya dari kartikanugmalia.com, Yoan dari yoannafayza.com, Mak Irul dari catatansiemak.com, Mak Nunung dari nunungnurlela.com dan Diba dari ardiba.com. Mereka berenam adalah sahabat rasa saudara yang saya punyai di Jogja. Salah satu alasan mengapa saya merasa berat bila harus meninggalkan Jogja, hiks.

Kami akan menginap bersama anak-anak, tetapi minus bapak-bapak, hehe. Karena suami saya pulang seminggu sekali, saya memutuskan untuk tidak mengajak anak-anak. Tadinya mau bawa kakaknya saja, tapi Kak Najla enggak mau kalau menginap tanpa Sara. Sementara itu jika semuanya ikut, suami saya sama siapa dong? Kasian sekali sudah jauh-jauh datang dari ibukota, eh malah tidur sendirian:(

Dengan berat hati, saya berangkat sendirian. Menyusuri panasnya Jogja di hari Sabtu menjelang sore. Kami berjanji untuk cek in maksimal pukul 15.00 wib karena akan ada agenda penting sehabis asar. Apakah itu?:D

Lokasi Rumah Mba Ayu

Lokasi Rumah Mba Ayu mudah ditemukan, yaitu di Jl. Nitikan Baru, Gg. Abimanyu No. 1092, Sorosutan, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55162.

Jaraknya dari rumah saya di Sleman hampir 10 km. Tapi jangan salah, Rumah Mba Ayu justru dekat dengan berbagai lokasi wisata di Jogja, antara lain:
1. De Mata Trick Eye Museum

2. De Arca, koleksi patung tokoh nasional, tokoh dunia dan heroes

3. De Walik, dunia terbalik

4. Kotagede, peninggalan sejarah Mataram Islam

5. Taman Sari yang legendaris

6. Keraton Yogyakarta

7. Alun-alun Kidul

8. Malioboro

9. Benteng Vredeburg

10. Kuliner oleh-oleh Mamahke Jogja

11. Prawirotaman yang merupakan kampung Bali di Jogja.

Akses dari Stasiun Tugu Yogyakarta berjarak kurang lebih 5,6 km, naik ojek online hanya 11 ribu rupiah. Sedangkan dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta sejauh 9,7 km. Naik ojek online maksimal 15 ribu rupiah:)

Staycation Dalam Kota Rasa Luar Kota

Sewaktu menginjakkan kaki di depan Rumah Mba Ayu, saya terkejutterkeju ukuran rumah yang besar dan tingkat. Warna dindingnya putih sehingga menimbulkan kesan hangat. Sangat mudah mencari lokasi guest house ini karena sudah ada di Google Maps dan aplikasi kendaraan online.

Mbak Aya pun keluar rumah untuk menjemput kedatangan saya. Begitu masuk ke ruang tamunya, wow sejuk. Mata saya melotot saat melihat rumahnya yang luar biasa luas. Kalau saya punya rumah kayak gini, nambah anak jadi lima sih oke aja. Tapi kudu ada art yang bantu menyapu dan mengepel ya, hehe.

Fasilitas di Rumah Mba Ayu

1. Halaman Parkir

Rumah Mba Ayu didesain sedemikian rupa termasuk memikirkan aspek lahan parkir. Namanya juga tempat untuk staycation, tamu bisa saja datang menggunakan mobil, bus, bahkan kendaraan sejenis travel. Oleh karena itu, jangan sampai kendaraan-kendaraan tersebut enggak punya tempat parkir kan? Pas banget, Rumah Mba Ayu menyediakan halaman parkir yang luas.

2. Ruang Tamu yang Lega

ruang tamu rumah mba ayu

Ruang tamunya luas. Foto by @ima_satrianto

Ruang tamunya terdiri dari sofa panjang dengan meja yang cantik. Di sekelilingnya terdapat pot dan tanaman, serta rak kayu berisi aksesori rumah. Di dinding dekat pintu masuk terdapat cermin besar berbentuk bulat dengan desain yang unik. Mengingatkan saya pada cermin di cerita Putri Salju.

Karpet lembut menghiasi lantai. Tamu yang menginap di Rumah Mba Ayu bisa bersantai di ruang tamu sembari bercengkrama dan tertawa. Kalau dihitung-hitung ruang tamunya muat untuk belasan orang, termasuk yang duduk lesehan di karpet.

3. Ruang Keluarga yang Nyaman

Memasuki ruangan kedua yaitu ruang keluarga. Saya lagi-lagi dibuat kagum oleh furnitur di Rumah Mba Ayu yang minimalis, tetapi tetap cantik. Sebuah televisi berada di dekat dinding. Lalu ada rak yang ditempati pernak-pernik cantik bernuansa shabby chick.

Karpet juga menambah nyaman ruang keluarga. Tak lupa sofa empuk dengan bantal kecil menjadi tempat bersandar yang bikin betah. Psst, sofa ini dapat ditarik sehingga menjadi tempat tidur. Jadi bisa banget kalau mau nonton televisi sambil tiduran.

Di lantai dua juga terdapat ruang keluarga yang berisi sofa dan televisi. Ada juga balkon dan gitar yang akan menjadikan malam bertambah asyik.

Di dekat tangga juga ada semacam ruang bersantai lengkap dengan sofa. Sebuah ruang terbuka terdapat di sini, sepertinya bisa digunakan untuk menjemur baju.

4. Books and Kids Corner yang Asyik

book and kids corner

Nyaman banget ya

Tepat di samping ruang keluarga, terdapat books and kids corner. Pojok ini begitu menggoda, dilengkapi dengan karpet lembut berwarna terang sehingga disukai anak-anak.

book corner rumah mba ayu

Sebuah lemari buku menempel di dinding. Ada banyak buku yang dapat dibaca di sini. Mulai dari buku motivasi, inspirasi, islami, novel hingga buku anak.

Selain itu, di sini juga tersedia beragam permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa, seperti catur, ular tangga, monopoli, dan UNO. Seru ya!

Anak-anak pada serius baca bukunya. Mereka menikmati main bersama di area books and kids corner ini. Aneka pajangan bernuansa “reading a book” juga terpasang di dinding.

5. Enam Kamar dengan Dinding Instagramable

kamar azalea rumah mba ayu

Saya menempati kamar tidur di lantai satu bernama Azalea. Wow, satu kata yang menggambarkan kondisi kamar tersebut. Kasur empuk, penerangan sempurna, furnitur lengkap, ditambah wallpaper bergambar Menara Eiffel dan Big Ben. Enggak hanya serasa di luar kota, bahkan serasa di luar negeri.

Yang membuat saya semakin kaget adalah kamar mandinya yang dilengkapi bathtube dan jacuzzi. Ulala, lumayan banget nih bisa melepas penat dengan berendam air panas.

Oh ya, di kamar mandi juga tersedia sabun, shampo, dan dua handuk. Colokan juga tersedia di mana-mana. Buat saya yang berprofesi sebagai blogger, penting banget nih colokan listrik. Ada juga lampu tidur yang redup, sehingga tidur dapat lebih berkualitas.

Di lantai bawah terdapat dua kamar tidur dengan kamar mandi dalam. Semua kamarnya ber-AC. Salah satu kamar mandinya menggunakan shower tanpa bathtube, sedangkan satunya lagi yang saya tempati ber- bathtube. Semua shower -nya bisa pakai air panas maupun air dingin. Yeay, asyik banget bawa anak-anak ke sini mereka pasti happy mandi air anget.

kamar sakura rumah mba ayu

Kamar bernama Sakura berisi bed ukuran King dengan satu bed kecil, ditambah sofa bed plus televisi.Wallpaper nya bernuansa Eropa. Bahkan di bagian dinding yang lain dipasang wallpaper dengan motif berbeda. Bisa banget dijadikan latar belakang foto.

Sementara itu, di lantai dua terdapat empat kamar tidur. Dua kamar menggunakan AC, sedangkan dua kamar lainnya menggunakan kipas angin. Saya sempat mencoba tidur di kamar berkipas angin dan ternyata anginnya pas. Untuk kamar mandi di lantai dua, semuanya berada di luar kamar tidur.

kamar rumah mba ayu

Backgroundnya keren!

Ayo tebak, background kece ini ada di kamar mana? Ya benar, di salah satu kamar di lantai dua. Background nya cukup besar sehingga cukup buat foto ramai-ramai. Quote nya juga nancep banget di hati.

6. Dapur dengan Kitchen Set yang Bikin Rajin Masak

dapur rumah mba ayu

Punya dapur luas lengkap dengan kitchen set adalah impian semua istri. Rapi banget ya dapurnya. Peralatan masak dan alat makan bisa masuk ke dalam laci dan lemari. Ada wastafel juga buat cuci piring dan cuci tangan. Selain kitchen set, juga ada mini bar untuk membuat kopi dan teh.

Perlengkapan masak dan alat makan di Rumah Mba Ayu juga lengkap lho. Mulai dari kompor, magic jar, wajan, panci, hingga cangkir dan piring. Di dapur terdapat kulkas dua pintu yang boleh digunakan. Kami kemarin menyimpan teh kemasan, puding dan buah semangka di kulkas:).

Di sampingnya (dekat dengan ruang makan) terdapat dispenser untuk air panas, air biasa, dan air dingin. Jadi kalau mau buat teh panas dan kopi hangat, enggak perlu masak air:D

Dapur tidak hanya ada di lantai satu, di lantai dua juga ada dapur lengkap dengan kompor, rak alat makan, dan dispenser.

7. Ruang Makan yang Intim

ruang makan rumah mba ayu

Mari makan bersama. Foto by@ima_satrianto

Ruang makannya bersebelahan dengan dapur. Ada meja besar dengan kursi untuk enam orang. Saya dan teman-teman blogger makan bersama di ruang ini. Mak Yoan membawa bihun lezat hasil masakannya. Di tambah kerupuk nikmat dari Mak Nunung, yummy!

Malam hari sekitar pukul 11, kami kelaparan lagi. Akhirnya pada masak mi rebus pedas deh. Saya sempat kepedasan tapi habis juga makan mi nya. Sambil menyeruput cokelat hangat, mengobrol bersama sahabat, menjadikan malam itu terasa nikmat. Ruang makan adalah tempat yang cocok untuk curcol sambil mengisi perut.

8. Taman dengan Air Terjun Mungil

Sebuah rumah semakin asri dengan adanya taman. Nah, di depan dapur ada taman mini gitu. Kebayang ya, dapurnya enggak sumpek karena menghadap ke taman. Ada rumput buatan, disertai batu-batu berwarna putih, dan air terjun buatan.

taman rumah mba ayu

Foto-foto dulu buat konten blog:D

Segar sekali ketika saya duduk-duduk di sini. Angin sepoi-sepoi pun menerpa kerudung saya. Buat tempat foto-foto juga cakep. Penerangannya alami karena terkena sinar matahari langsung.

9. Tangga dengan Keramik Mozaik

tangga rumah mba ayu

Sebuah tangga menuju lantai 2 disulap menjadi instagramable oleh Rumah Mba Ayu. Keramik-keramik mozaik warna-warni disusun sedemikian rupa. Tempat ini menjadi favorit untuk berfoto, hehe.

What To Do di Rumah Mba Ayu?

tukar kado

Tukaran kado ciinn..

Saya dan sahabat blogger menginap dua hari satu malam. Ngapain aja sih? Ada kegiatan tukar kado bersama, sampai bagi-bagi doorprice. Seru banget, kan?

Saya sempat mengetik di laptop, meskipun sudah ngantuk. Dari televisi, terdengar suara khas Duta vokalis Sheila on 7. Ya, malam itu ada siaran ulang penampilan Sheila on 7 di Trans.

Tak lupa, kami berfoto bersama dan membuat video untuk ditayangkan di YouTube. Semua orang harus tahu bahwa ada guest house di Jogja yang amat nyaman dan instagramable.

Setelah puas bersantai di Rumah Mba Ayu, saya dan sahabat blogger pun tidur dengan nyenyak. Subuh, anak-anak sudah bangun. Kami sarapan bersama. Sarapannya sudah disediakan oleh Rumah Mba Ayu lho, jadi enggak perlu repot masak sendiri.

Nasi goreng menggoyang lidah, lengkap dengan buah sebagai makanan penutup. Saya menyeduh energen rasa vanila, lalu menyeruputnya sambil menarik napas panjang. Masyaallah, pagi yang indah dan damai. Ingin sekali rasanya mengajak suami, anak-anak dan keluarga besar untuk menginap di sini. Insyaallah, niatan sudah ada, tinggal mencari waktu terbaik.

Harga Sewanya Terjangkau

Pasti pada penasaran, kan, berapa harga sewa rumah sekeren ini? Apalagi fasilitasnya juga lengkap, dan pelayanannya juga bagus. Here we go.

List detail harga normal:

🌀Kamar biasa dengan fan, kamar mandi luar: 150k
🌀Kamar biasa dengan AC, kamar mandi luar: 200k
🌀Kamar dengan AC & kamar mandi dalam dengan bathtube 🛀 : 275k
🌀Kamar Besar dengan AC, sofabed, televisi & kamar mandi dalam: 350k
🌀Sewa lantai 1 atau lantai 2: 700k
🌀Sewa 1 rumah 1.1 juta rupiah (ketentuan jumlah tamu diterangkan dibawah)

Rate homestay Rumah Mba Ayu berdasarkan jumlah tamu:
– 1 – 12 orang ==> 1.1 juta rupiah
– 13 – 15 orang ==> 1.2 juta rupiah
– 16 – 17 orang ==> 1.3 juta rupiah.

Itu untuk harga normal ya. Harga promo tentunya berbeda. Kalau mau tahu lebih detail soal Rumah Mba Ayu, atau mau reservasi sekalian, bisa cek di sosial media berikut:

FB: Rumah Mba Ayu
IG: @rumah_mba_ayu
CP: 0821-3384-3131

Harganya termasuk terjangkau kan? Saya saja kaget lho.

blogger jogja

Terima kasih Rumah Mba Ayu. Foto by @ima_satrianto

Menurut saya, sangat tepat bila memilih Rumah Mba Ayu untuk tempat staycation bersama sahabat atau keluarga. Kerasa banget refreshing nya, sekalipun enggak keluar rumah. Tapi jika teman-teman berasal dari luar kota, harus keliling Jogja dong ya.

Semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk siapa saja yang sedang mencari guest house yang nyaman, terjangkau, dan fasilitasnya lengkap.

(Visited 94 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

22 Comments

  • Ardiba October 5, 2018 Reply

    Ayu banget ya rumahnya, kayak namanya yang punya, hehe

  • Nunung Nurlaela October 5, 2018 Reply

    Seneng banget bisa staycation bareng, ya. Bisa seru-seruan tuker kado dan memberi hadiah. Momen yg tak terlupa. Rumah Mba Ayu bikin gak mau pulang 😂

  • Ainhy October 8, 2018 Reply

    Kereen yah pengin punya 😆

  • lianny hendrawati October 8, 2018 Reply

    Rumahnya cantiiiik. Ini harganya juga terjangkau ya, untuk kamar ber AC & kamar mandi dalam pakai bathup nggak sampai 300 ribu *eh ini termasuk sarapan juga kah?
    Pasti betah nih nginep di sini, apalagi lokasinya dekat dengan tempat2 wisata di Jogya ya.

  • Echi mustika October 8, 2018 Reply

    Ya ampun mba… Serius ak baca tulisanmu sampai habis loh, kepo dengan harganya uhhhh… Itu rumah idaman banget saya pastika jika ke jogja lagi harus mampir rumah ayu

  • indah nuria October 8, 2018 Reply

    kemarin rame-rame yaaa mba stay di sini. Baca reviewnya seru bangeeet

  • ZILQIAH October 8, 2018 Reply

    cantik dekorasi rumahnya
    ternyata ini tempat staycation ya, jadi senang banget tamu kalo nginap sini, terasa kayak rumah sendiri atau lg kayak tukeran rumah haha

  • Rani Yulianty October 8, 2018 Reply

    Aju juga paling suka stayvation, serasa melupakan semua tigas dan kewajiban di rumah, santai sejenak, leyeh-leyeh, nggak usah masak, dll, penginapan mba ayu nyaman banget ya, asyik juga buat futu-futu, kalau ke Yogya pengen nginep di sana ah

  • Diah October 8, 2018 Reply

    Kayak apartemen gitu ya Mbak.
    Nginap disini feel likes home banget yaaaa. Apalagi itu sarapan pake disediain segala.
    Huaaa, fasilitas oke punya, harga affordable lah yah daripada sewa hotel yg harganya jg mahal. Tempatnya instagramable pula, fufufuuh. Kapan ya ke Jogja lagiii

  • rizka edmanda October 8, 2018 Reply

    jogja selalu punya banyak homestay yang nyaman dan cantik ya murah meriah pula.. btw saya suka desain tangga nya lho , unik hehe

  • Yoanna Fayza October 8, 2018 Reply

    Diaaan.. baru baca paragraf pertama aja udah mau mewek. Jangan buru2 pindahnya yaaa.. biar masih banyak waktu bareng2, huhuhuu :(((

  • Jiah October 8, 2018 Reply

    Tangga penginapan Mbak Ayu cucok banget buat foto2, apalagi spot lainnya. Suasananya rumah banget. Pasti betah di sana

  • Mechta October 8, 2018 Reply

    Wah…guest house nyaman dg harga terjangkau nih!! Catat kontaknya aah… BTW, spot tangga itu cantik banget…

  • Eka Mustika Sari October 9, 2018 Reply

    Aku dan keluarga jika ke jigja memang milih homestay krn privasi terjaga. Apalagi jumpa homestay rasa hotel gini. Fasilitasnya kece banget plus instsgramble ya mba. Semoga bisa ada kesempatan ke jogja lg

  • Rosanna Simanjuntak October 9, 2018 Reply

    Rumah mba Ayu ini sepertinya sudah melakukan riset pasar ya, mba.
    Menyesuaikan dengan kebutuhan markting zaman now.
    Lokasi strategis, view instagramble dan harga bersaing.

  • Yati Rachmat October 9, 2018 Reply

    Rumah mbak Ayu yamg ayu tenan. Kerenlah. Bumda blm pernsh dtaycation.

  • Juli October 9, 2018 Reply

    Keren banget rumahnya. Kalau udh dsna takutnya nggak mau pulang, hehe.

  • Heni Puspita October 10, 2018 Reply

    Fotonya wira wiri di timelineku, bagus banget tempatnya ^_^

  • Rahmah October 10, 2018 Reply

    Wuih bakalan betah aku di dalam kalau rumahnya kayak gini. Bakalan malas ikutan event blogger kalau nyaman gini, haha

  • Dewi Sulistiawaty October 10, 2018 Reply

    Tadinya saya pikir Rumah Mba Ayu ini rumah temennya Mba, eh ternyata sebauh staycation ya, unik namanya 😀

  • Siti hairul October 10, 2018 Reply

    Ke sana lagi yuuk makDi, anakku pengen balik lagi nih

  • Ima satrianto October 10, 2018 Reply

    Seruuuu banget staycation di Rumah Mba Ayu, menawarkan rasa Jogja yg ramah.

Leave a Reply

error: Content is protected !!