bangunan roemah poetih

Roemah Poetih, Resto Khas Solo di Jogja

facebooktwittergoogle_plusredditmail

bangunan roemah poetih

Sebuah bangunan bernama Roemah Poetih, resto Khas Solo yang berwarna serba putih menarik perhatian saya ketika hendak menuju tempat lain untuk bertemu teman. Bentuknya unik, atap segitiga seperti rumah tetapi bentuknya kayak pendopo atau joglo modern. Saat itu malam hari, ada lampu-lampu hias yang menambah indah view bangunan resto tersebut. Dalam hatiku berjanji, secepatnya akan mencicipi makanan di sana.

resto roemah poetih

Bagian dalam resto

Nggak sampai dua minggu, akhirnya kesampaian juga makan di Roemah Poetih. Saya, suami, dan anak-anak ke sana siang hari. Meski suasana berbeda dengan yang saya lihat ketika malam, tapi tak mengurangi keindahan tempat tersebut. Saya memang suka dengan yang serba putih sih. Kesannya murni, bersih, suci. Bagus juga kalau buat foto-foto. Apalagi di Roemah Poetih ada taman yang asri.

Bagaimana dengan makanannya? Kalau hanya tempatnya yang bagus, tetapi rasa makanannya kurang enak, tentu saya tidak akan ke sana lagi untuk yang kedua kalinya. Di Roemah Poetih, saya mau ke sana lagi! Tadinya saya mengira resto ini menawarkan menu western, tetapi saya salah. Justru menu di resto ini adalah masakan Nusantara, terutama Solo. Lihat yuk saya pesan apa saja.

Menu makanan

  1. Nasi Biru Roemah Poetih

nasi biru roemah poetih

Dari awal membuka buku menu, saya tertarik dengan nasi berwarna biru muda. Kami membawa anak-anak, jadi saya pikir, nasi warna adalah pilihan terbaik. Apalagi lauknya cukup lengkap, ada telur dadar iris, empal yang sudah dipotong dadu, acar kuning, serundeng, dan emping. Oh ya, plus sambal sereh yang rasanya lezat.

Rasanya gimana? Nasinya gurih. Sama sekali nggak ada rasa pahit dari warna birunya. Kalau di foto menu sih ada gambar bunga telangnya. Jadi saya berasumsi memang warna birunya alami, dari bunga telang. Nasi birunya gurih kayak nasi uduk gitu. Empalnya lembut nggak alot. Serundengnya enak. Empingnya ternyata manis, tapi cocok sih dipadukan dengan lauk lainnya.

Kakak Najla makan nasi ini bareng saya, dan dia lahap:) Untuk harganya, menu ini dibanrol 27K. Worthed sih menurut saya. Saya kasih nilai 5 dari 5 bintang.

  1. Sop Buntut ala Ny. Liem

sop buntut ny.liem

Saya mengenal Ny.Liem dari resep yang dibagikan oleh teman-teman saya. Beliau memang ahli masak. Mulai dari menu camilan, masakan Nusantara, sampai makanan khas dan susah kayak lapis gitu. Meskipun saya belum pernah praktek menggunakan resep beliau, tapi saya akui Ny.Liem gaungnya dimana-mana. Jadi begitu membaca menu Sop Buntut ala Ny.Liem, saya membayangkan rasanya enak pakai banget.

Menu ini pesanan suami saya sih. Dia memang suka makanan berkuah. Persis anak kedua kami. Begitu sopnya datang, ternyata ukurannya cukup besar. Isiannya ada buntut, sayur, dan emping. Saya cicip sedikit dan enak sampai sekuah-kuahnya aja seger. Penasaran deh sama resepnya:D. Saya beri nilai 4,5 dari 5 bintang. Masakan ini harganya 38K.

Oh ya,Sop Buntut ala Ny. Lie mini masuk ke menu spesial akhir pekan lho. Selain itu juga ada Lontong Cap Gomeh, dan Nasi Liwet ala Solo. Menu lainnya berupa paket nasi spesial yaitu Nasi Langgi Solo, dan Nasi Ayam Legit. Untuk menu segar berkuah ada pilihan Mie Kethoprak Khas Solo, Mie Tahu Acar Solo/ Veggie, Selat Solo, dan Nasi Timlo Solo. Lain-lain berupa lauk atau misal ingin tambah ayam legit dada/paha, empal/paru ungkep, terik, tempe mendowan, dan tahu/tempe goreng. Ada juga masakan Gado-Gado Sirem di menu lain-lain.

Menu minuman

  1. Es Cendol Klamud

es cendol klamud

Biasanya kalau minuman kelapa muda ya dicampur gula atau sirup saja. Paling pol pakai lemon deh. Nah cendol juga gitu, pakai gula jawa. Nah yang ini beda, es cendol plus kelapa muda. Sewaktu minumannya dating, ukurannya sih nggak terlalu besar, tapi ternyata cukup mengenyangkan. Isiannya benar ada cendol, kepala muda, lalu ada rasa kayu manisnya, dan entah ada tambahan susu atau gula jawa gitu, mirip kopyor tapi warnanya cokelat muda. Karena ada rasa kayu manis, Es Cendol Kelapa Muda ini mengingatkan saya pada camilan Klapertart. Harganya 15K, ya lumayan sih tapi memang rasanya enak. Saya berani kasih nilai 5 pada minuman ini.

  1. Es Teh Leci

es teh leci

Minuman Es Teh Leci beberapa kali saya temui di resto lain. Jadi saya sudah nggak kaget ketika menemukan ada buah leci beneran di dalam teh. Untuk ukuran gelasnya sendiri standar. Rasanya juga enak, segar. Es teh ini dihargai 10K oleh Roemah Poetih. Anak saya yang penggemar teh jelas doyan.

  1. Es Teh Tarik

teh tarik

Minuman Es Teh Tarik juga tampaknya sudah menjadi keseharian masyarakat Indonesia. Sama seperti Es Teh Leci, ukuran gelas standar, dan rasa termasuk enak. Soalnya saya pernah nemu Es Teh Tarik yang rasanya aneh. Tapi di Roemah Poetih enak kok. Harga juga sama 10K.

Selain ketiga minuman di atas, Roemah Poetih juga menyediakan berbagai pilihan jus, mulai dari nanas papaya, stroberi, buah naga merah, melon, alpukat, dan jus sanapis (sawi, nanas, jeruk nipis). Semuanya dihargai 15K. Es Kelapa Muda juga ada, tanpa tambahan cendol, seharga 15K. Kalau teman-teman suka minuman bersoda, bisa pilih menu aneka soda, yaitu Soda Gembira, Telaga Biru, dan Lime Squash. Semuanya juga seharga 15K saja.Buat penggemar kopi, cokelat, dan shake jangan khawatir. Seleramu juga diakomodir oleh Roemah Poetih. Menu Caf̩ Latte, Flat White, Long Black, Cappucion, Mocha Latte, Susu Cokelat Panas, Avocado Coffee, hingga Affogato (Espresso dengan ES Krim) ada semua. Harganya mulai dari 10K Р20K.

Pelayanan

suasana roemah poetih

Review makanan dan minuman sudah. Bagaimana dengan pelayanannya? Buat saya pelayanan bagus, ramah, dan penyiapan menu juga cepat. Saat kami datang, meja kami sempat didatangi seorang perempuan anggun gitu. Beliau memberi tahu bahwa ada menu spesial khusus akhir pekan. Dugaan saya perempuan itu adalah manager atau owner Roemah Poetih.

Harga

Beberapa harga makanan dan minuman sudah saya sebutkan di atas. Untuk harga makanan memang ada yang di atas harga resto lain, tapi soal rasa sih saya yakin nggak akan kecewa dengan rasa makanan di Roemah Poetih.

Range harga makanan antara 15K- 41K, tapi harga rata-rata sekitar 25K. Untuk harga minuman sudah saya tulis di review ya.

Lokasi

roemah poetih resto

Roemah Poetih terletak di Jalan Kranji No.88 (Jl. Damai), Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Parkirnya luas, bisa muat banyak mobil. Restonya juga luas. Halaman berumputnya juga cukup luas. Anak-anak bisa puas lari-larian deh.

Kalau teman-teman mau reservasi, bisa langsung datang atau kontak CP 081296173303.

IG @roemahpoetihjogja88

FB roemah_poetih

Email roemahpoetih88@gmail.com

Semoga pengalaman saya bermanfaat ya buat teman-teman yang sedang mencari menu masakan khas Solo saat berkunjung ke Jogja. Sesuai slogannya, menu di Roemah Poetih Enak, Otentik, dan Pas.

(Visited 142 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

19 Comments

  • Wah, kalau abis baca ini kayanya tempatnya menarik, kebetulan deket rumah juga.. Nasi birunya menggoda, jadi pengen cobain.. apalagi mbak dian udah ke sana dua kali.. 😀

  • Kartika Nugmalia April 20, 2018 Reply

    Wooow ada nasi biru lucuuuk. Sempat surprise sama bagian depan dan dalamnya. Depannya tradisional, dalamnya ternyata modern yaaa. Cantiiik. Aku juga suka putiiih

    • dian.ismyama April 21, 2018 Reply

      Eh iyakah? Bangunannya nampak baru semua sih benernya

  • Rindang April 24, 2018 Reply

    Es cendol klamudnya bikin ngiler. Aku paling suka minuman yang terdiri dari macam2 isi, kaya cendol klamud ini. Duh pasti segar banget. Harus ke roemah poetih ini ya kalau mau belinya.

  • zefy April 24, 2018 Reply

    nasinya biru gitu, belum pernah aku mbak makan nasi dengan warna seperti itu. Jadi penasaran dengan bahan pewarnanya, semoga aman ya untuk perut

  • Jiah April 24, 2018 Reply

    Aku tertarik sama Nasi Birunya. Maklum blm pernah liat Bunga Telang dan memang selalu suka makanan yang pakai pewarna alami. Tempatnya juga adem, cocok memang buat makan sama keluarga

  • Natalia Bulan April 24, 2018 Reply

    Nasi birunya menggoda sekaliiiii. Biar nggak bosen ya sama nasi yg warnanya putih kalo nggak kuning terus. Hehe

    • dian.ismyama April 25, 2018 Reply

      Iya aneka warna nasi itu bikin tertarik buat mencicipi

  • Peri Hardiansyah April 25, 2018 Reply

    Wahh,,, enak nih kayaknya mbak.. mau donk icip Long Blacknya 😀

  • ruziana ina April 25, 2018 Reply

    penasaran dengan nasi birunya
    warnanya menarik hati
    tp ga pahit ya meski pewarna dari daun bunga gitu
    eh itu sopnya sepertinya juga enak

  • Tukang Jalan Jajan April 25, 2018 Reply

    Rumahnya cantik dan banyak spot instagramable ditambah dengan makanan yang enak dan harga yang rasional. Pasti seru banget bisa ngabisin waktu disini sekalian menikmati indahnya hidup

  • Farhandika Mursyid April 25, 2018 Reply

    Oke, aku catet dulu ya, Kak. Aku tertarik nih nyobain Nasi Biru, rasanya seperti apa kelak, semoga enak dan memang sesuai yang ada di review. Amin.

  • Dwi Ananta April 25, 2018 Reply

    Di sini jarang banget loh mbak ada restoran nusantara dengan tempat yang menarik gitu apa lagi harganya murah-murah ya. Wah kalau ke Jogja kudu ke sini nih 😍

  • Liza April 25, 2018 Reply

    Tempo hari waktu ke jogja cuma lewat aja resto ini. Wah, menunya lezat2 ya mbak. Jadi pingin ke jogja lagi terus kulineran sepuasnya

Leave a Reply

error: Content is protected !!