puding roti tawar

Resep Puding Vanila, Puding Wortel dan Pesto Daun Kelor

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Dalam acara Nutrisi Untuk Bangsa kemarin, juga ada demo masak makanan sehat bernutrisi. Ingin tahu resep apa saja yang dibagikan? Baca lanjutan tulisan saya ya.

Demo masak puding vanila

demo masak

Demo masak yang pertama dibawakan oleh pemenang kreasi masak NUB. Kali ini akan dipraktekkan menu puding vanila. Kita intip yuk bahannya apa saja.

Bahan:

Roti tawar

Susu vanilla SGM

Kismis sesuai selera

Kacang kenari

Kelapa muda

Telur

Cara membuat:

puding roti vanila

Potong-potong roti sehingga berbentuk dadu. Rendam dengan susu vanila. Tambahkan telur 1 butir. Aduk rata dengan whisk atau sendok biasa. Tuang adonan dalam cetakan. Beri kelapa muda, kismis, dan kacang kenari sesuai selera. Panggang dalam oven. Bisa juga dikukus.

puding roti tawar

Saya sering nih bikin camilan ini di rumah, karena resepnya cukup mudah. Lihat deh penampakan pudingnya menggoda banget.

Demo masak oleh Chef Rissa (Puding wortel saus strawberi yogurt dan pesto daun katuk)

chef Rissa

Chef Rissa in action

Acara NUB menghadirkan Chef Rissa lho, yaitu Top 3 Master Chef Indonesia. Kemarin, chef Rissa mempraktekkan masak puding wortel dan pesto daun kelor dan katuk. Kenapa daun katuk  dan kelor? Karena daun ini tuh asli Indonesia, dan nutrisinya bagus banget untuk ibu dan anak. Daun kelor sendiri mengandung zat besi 25x bayam, vitamin C 7x jeruk, potassium 3x pisang, kalsium 4x susu, dan vitamin A 4x wortel. Sama halnya dengan puding wortel, yang juga kaya manfaat. Apalagi nggak semua anak suka sayur, jadi ketika dibikin puding, harapannya anak-anak bakal doyan. Mau tahu resepnya?

Puding wortel saus strawberi

puding wortel

Sedang memblender bahan-bahan puding wortel

Bahan:

Wortel 1 biji

Susu kedelai 180 ml

Telur 1 biji

Agar-agar dan jelly

SKM 1 sachet

Cara membuat:

Campur semua bahan, blender, lalu kukus 20 menit. Masukkan ke kulkas.

Saus strawberi

Strawberi 4 butir dijus. Lalu masak agar-agar hingga mengental. Beri garam secubit untuk mengawetkan saja. Masukkan jus dalam agar, aduk rata. Dinginkan di kulkas.

puding wortel saus strawberi

Untuk plating, Chef Rissa menaruh puding dengan toping saos strawberi, kemudian di atasnya diberi crakers crunchy gitu.

Pasta dengan pesto daun kelor

pesto daun kelor

Bahan:

20 g daun kelor (bisa dicampur daun katuk)

15 g bawang putih

15 g parmesan

15 g kacang almond (bisa diganti kacang lainnya)

30 g minyak zaitun (perasan pertama karena lemak baik dibutuhkan oleh tubuh untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh, dan untuk melarutkan vitamin tertentu)

20 g minyak kelapa (cold press akan lebih baik dan bermanfaat banyak untuk tubuh)

Perasa: 2 sdt garam laut; 0,5 sdt lada hitam; 0,5 sdt gula (bisa disesuaikan selera)

Cara membuat:
spageti daun kelor

Plating spageti daun kelor

Haluskan semua bahan jadi satu (diblender). Di teflon lain, tumis jamur yang sudah dipotong, bersama tomat ceri. Di panci lain, masak spageti. Lalu campur semuanya jadi satu hingga spageti berwarna hijau. Aduk rata dan sajikan.

pesto daun kelor

Oh ya, menanam daun kelor sangat mudah lho, cukup tancapkan batangnya ke tanah, dan biarkan terkena matahari, serta sirami air, tumbuh deh😊

Jadi gimana? Bahan baku makanan di atas mudah dicari. Cara masaknya pun simpel, dan yang jelas bernutrisi tinggi. Kata Chef Rissa, saat memasak, pastikan kita benar-benar tahu nutrisi apa yang masuk ke dalam tubuh kita, bukan asal masak demi eksistensi. Dengan begitu, tubuhpun merasakan bahwa kita merawatnya dengan baik.

(Visited 185 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

One Comments

  • Ima satrianto February 16, 2018 Reply

    Asiikkk ada resepnyaaa, bisa bikin nii.. Makasih Diaaann

Leave a Reply

error: Content is protected !!