Resep Makanan Booster Berat Badan Anak

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Akhirnya update resep untuk balita lagi.

Kali ini temanya Makanan Booster Berat Badan Anak.

Mungkin banyak yang belum tahu kalo anak saya Najla itu punya riwayat alergi makanan. Dulu waktu usia 8 bulan saya kenalkan telur, eh bruntusan di bibirnya. Begitu juga dengan udang, beberapa jenis ikan laut dan cumi. Tapi kalau ikan darat kayak lele sih nggak masalah.

Dengan riwayat alerginya, bukan berarti saya nggak mencicipkan makanan tersebut lagi ke Najla. Justru terus saya kenalkan pelan-pelan. Terlebih ketika usianya di atas 1 tahun. Alhamdulillah lama-lama bisa makan semua makanan yang saya sebut tadi. Susu sapi juga nggak alergi pas UHT saya kenalkan di usianya yang 1 tahun ke atas.

Nah, katanya sih anak alergi itu rentan dengan berat badan rendah. Salah satunya karena asupan protein atau nutrisi lain yang kurang dari produk alergennya, sehingga daya tahan pada penyakit cenderung kurang. Begitu diare sedikit/pilek sedikit (sering juga manifestasi alerginya ke flu entah karena debu atau dingin) eh berat badan cepat banget turun dan susah naikinnya lagi, hiks.

Contohnya waktu kemarin ketularan flu dan batuk. Duh, langsung turun 1 kg lebih beratnya:(. Pas kontrol ke DSA di kasih waktu buat naikin BBnya sesuai usianya selama 2 bulan. Kalau ga naik juga, maka harus cek jantung dan paru-parunya-_-. Dikasih tips juga seperti makan besar minimal 3x 2 centong atau 6×1 centong. Terus cemilan dibuat yang lengkap karbo dan proteinnya kayak perkedel daging+kentang, burger mini, dll. Kurangi cemilan manis nggak bergizi kayak kriuk-kriuk, wafer, kripik, dan krupuk. Minum juga jangan air putih, tapi ganti dengan air madu, air jeruk, jus, susu, sari kacang ijo, dan minuman lain yang lebih bernutrisi.

Nah, masalahnya Najla itu bosenan kalau harus makan nasi 3-6√ódengan menu yang sama. Jadi harus diakali dengan ganti lauk, atau ganti bentuk dan model nasinya.

Salah satunya saya coba buatin Burger Nasi!

wpid-photogrid_1451366508295.jpg

Mudah banget lho buatnya, bahan-bahannya juga pasti tersedia di rumah.

Bahan:

1.Bawang bombay dan bawang putih.

2.Nasi 1-2 centong

3. Daging giling/kornet/sosis dipotong dadu kecil-kecil

4. Sayuran sesuai selera (wortel/buncis/brokoli) potong dadu kecil

5. Telur 1 butir

6. Keju, parut/ garam qs

7. Mentega untuk memanggang dan menumis.

How to:

1. Cincang bawang bombay dan bawang putih secukupnya. Tumis dengan mentega.

2. Masukkan daging giling/kornet, tumis dan aduk rata.

3. Masukkan sayuran.

4. Masukkan nasi lalu aduk rata.

5. Matikan kompor, kocok telur.

6. Masukkan adonan nasi ke dalam kocokan telur, aduk rata.

8. Masukkan keju parut sesuai selera

9. Panaskan cetakan burger mini, lalu oles mentega.

10. Tuang adonan nasi lalu tutup dan tunggu hingga telurnya matang.

11. Angkat dan siap dihidangkan..kalau kurang rasa bisa tambah saos ya.

Burger mini ini agak tebal kalau saya buatnya, alhamdulillah Najla habis 2 buah.

Menu kedua adalah cemilan Pancake Apel yang saya baca dari resep mami ubi.

Cemilan ini juga lumayan tinggi kalori kalau menurut saya. Kombinasi apel, uht, dan terigunya jelas merupakan cemilan padat gizi.

wpid-photogrid_1451374075166.jpg

Apa saja bahannya?

1.Apel 1 buah, kupas

2. Uht strawbery 1 kotak.

3. Terigu 2 sdm

4. Telur putih 1 biji

5. Mentega

How to?

1. Blender apel yang sudah dikupas bersama uht hingga lembut.

2. Tambahkan dengan terigu 2 sdm, aduk rata

3. Tambahkan telur bagian putihnya saja, aduk rata.

4. Panaskan cetakan dan beri mentega

5. Tuang adonan dan tunggu hingga matang.

Kemarin hasil pancake najla kurang manis, entah karena apelnya nggak manis. Jadi sebelum dipanggang bisa dicicip dan tambah madu sesuai selera ya. Atau dikasih toping selai coklat kayak Najla kemarin, dijamin manis. Oh ya bila adonan terlalu encer bisa tambahkan terigunya ya Bunda. Pancake ini Najla habis 3 biji lho.

Yeay, resepnya mudah kan?:)

(Visited 377 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

8 Comments

  • Diah December 29, 2015 Reply

    Hiyyyaaa, mau coba juga ahh.. ini Faraz beratnya blm move on jg sejak umur 6bln :(

    Thanks yah Mbak :)

    • dian.ismyama January 9, 2016 Reply

      Silakan dicoba mak..oh ya jangan lupa konsul DSAnya trkait BB anak y

  • D Sukmana Adi December 30, 2015 Reply

    hiya..burger nasi, penasaran dan mau mencobanya…btw makanan kayak gini apa gak eneg mbak..

    • dian.ismyama January 9, 2016 Reply

      Sama sekali ga mba..telur sama kejunya secukupnya aja sesuai selera:)

  • @nurulrahma December 31, 2015 Reply

    Nyaaaam, dibutuhkan emak kreatif ya maaak

  • Bieb February 4, 2016 Reply

    Wah…burger nasinya kaya’nya perlu dicoba nih. Maklum..anak saya lagi agak susah makannya. Jadi perlu sesuatu yang baru. TFS mba’.
    Salam kenal ya mba’.

  • Anisa AE October 15, 2017 Reply

    Bisa banget nih diterapkan. Makasih ya Mbak. ,:*

Leave a Reply

error: Content is protected !!