pizza homemade

Pizza Homemade dengan So Good Chicken Stick Untuk Berbuka Puasa

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Bulan puasa ini, saya masih mengenalkan mengenai kewajiban berpuasa ke anak-anak. Najla, putri sulung saya ketika diajak berpuasa malah menanyakan apakah adiknya juga berpuasa? Saya menjawab bahwa usia adik yang masih 2 tahun belum perlu untuk latihan puasa. Sedangkan usianya yang sudah 6 tahun, sudah harus berlatih. Beda usia 4 tahun ternyata lumayan bikin mikir gimana cara ngasih tahu si sulung bahwa dia seharusnya mulai belajar berpuasa meski adiknya belum ikutan. Si bungsu mah dijelasin juga belum ngeh soalnya, hehe.

Nah, salah satu kegiatan yang saya lakukan untuk mengisi waktu luang anak-anak di rumah adalah memasak bersama. Apalagi anak-anak suka ikutan makan pas buka puasa. Iya, saat adzan Maghrib tiba, mereka pulang dari TPA bersama saya, membawa takjil:). Kadang takjilnya berupa snack, tapi lebih sering nasi dan lauknya.

Di rumah, lebih sering ibu saya yang memasak lauk untuk sahur dan buka puasa. Maklum, dapur milik orangtua, saya jadi sungkan. Kecuali lagi ada resep tertentu yang memang ingin dimasak untuk anak-anak dan suami. Ibu saya dibantu Mbak dalam pengolahan lauk pauk dan sayur. Lalu apa yang saya lakukan? Saya bagian makan, hehe. Nggak ding. Kadang saya pesen camilan via aplikasi online, atau ya masak kue.

Iya, saya lebih suka berkreasi dengan makanan ringan untuk berbuka. Salah satu camilan yang ingin saya buat bersama anak-anak adalah pizza homemade. Cocok nih buat berbuka puasa. Karbohidrat yang masuk ke perut nggak harus nasi, kan? Apalagi kedua anak saya juga nggak saklek kudu makan nasi. Mereka terbuka menerima segala jenis karbohidrat. Mulai dari sereal, roti, jagung manis, sampai ubi.

Sejarah Pizza

Ngomongin soal pizza, saya mau cerita sejarahnya dulu nih. Kebetulan beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan mencicipi pizza asli Napoli yang dibuat langsung oleh Chef asal Italia. Bahkan owner -nya pun orang Italia. Nah, beliau bercerita bahwa pizza tadinya merupakan makanan nelayan. Pizza pertama ber- topping ikan asin dan tomat. Ulala, bayangin ikan asin jadi topping pizza! Suatu hari, berkunjunglah Ratu Italia, Margherita dari Savoy. Seorang koki bernama Neapolitan Raffaele Esposito menciptakan “Pizza Margherita”, yaitu pizza yang ber- topping tomat, keju mozzarella dan basil, seperti warna bendera Italia. Dialah yang pertama kali menambahkan keju pada pizza. Sejak saat itu, pizza Margherita mulai dikenal.

Pizza Homemade So Good

Zaman sekarang topping pizza bisa apa saja ya. Mulai dari ikan, jamur, ayam, daging sapi, dan sebagainya. Agar praktis, saya memakai So Good Chicken Stick untuk toping utama pizza homemade yang saya buat. Tahu sendirilah bahwa So Good Chicken Stick rasanya enak, dan terjamin kualitas serta keamanannya. Anak-anak juga suka. Jadi ketika dimasak menjadi pizza, dijamin mereka juga bakal nyuilin chicken sticknya:D

So, here is the recipe, Pizza Homemade

bahan pizza

Bahan dough:

600 gram tepung terigu protein tinggi
350 ml air hangat
2 1/2 sdt ragi
60 ml minyak sayur atau olive oil
2 1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
Topping pizza: So Good Chicken Stick, jamur, jagung pipik, tomat, paprika, saus tomat, keju.

Cara Membuat:

1. Aktifkan ragi dengan setengah bagian air hangat yang telah dicampur dengan gula, biarkan berbuih (8 menit).
2. Campur tepung terigu dan garam, bentuk lubang di tengahnya, masukkan minyak sayur, larutan ragi, dan sisa air hangat. Aduk-aduk, dan diamkan selama 5 menit (sambil ditutup lap/ plastic wrap).
3. Uleni adonan selama 10 menit hingga kalis. Bulatkan adonan dengan dilumuri minyak. Tutup dengan plastic wrap, diamkan selama 45 menit hingga mengembang 2x.

adonan pizza

Adonan pizza sudah mengembang

4. Bagi adonan menjadi 3, bulatkan di tengah loyang pizza, diamkan selama 10 menit.

adonan pizza mengembang

Bisa jadi tiga loyang

5. Pipihkan adonan hingga ke pinggir loyang, beri saus dan topping sesuai selera.

membuat pizza 6. Panggang pizza dalam oven suhu 200 derajat celsius api atas bawah selama 20 menit.

pizza siap oven

Pizza siap dipanggang

Topping pizza homemade kali ini saya pakai So Good Chicken Stick yang digoreng terlebih dahulu. Awalnya saya sempat bingung digoreng nggak ya. Takutnya jadi overcook kalau masih dioven lagi. Tapi nggak kok, malah pas cruncy dan warnanya. Asal pas goreng nggak kegosongan aja. Dan sewaktu dioven sesuai resep. 200 derajat celcius selama 20 menit.

So Good Chicken Stick ini ternyata cocok dijadikan topping pizza. Ayamnya terasa sekali, dan lembut sticknya. Saya juga nggak repot nyiapinnya. Tanpa harus cuci-cuci ayam atau daging lain.

topping pizza

Topping yang saya gunakan

Topping lainnya saya pakai jagung manis pipil yang direbus terlebih dahulu. Dan jamur yang sempat saya tumis pakai gula garam. Sementara paprika merah dan tomatnya mentah. Semua topping di potong dadu ya, kecuali yang memang sudah kecil-kecil bentuknya. Siapkan juga keju yang diparut. Lebih afdol sih keju mozzarella biar bisa meleleh gitu pas dimakan. Tapi berhubung nggak punya stok -nya ya sudah saya pakai keju yang ada.

Untuk penggunaan saus perhatikan tingkat kepedasan ya. Buat anak-anak gunakan saus tomat saja. Jika ayah bunda ingin yang pedas, bisa pakai saus cabai di pizza yang berbeda.

resep pizza homemade

Dari satu resep di atas, Alhamdulillah jadi tiga loyang pizza. Itupun bisa lebih besar lagi. Berhubung alas baking saya kecil-kecil, jadilah kurang di pipihin dan berakibat rotinya tebal.

pizza homemade

Meski rotinya gembung, tapi rasanya enak banget. Adonan juga dijamin mengembang. Najla dan Sara excited saat saya minta membantu mulai dari menuang bahan, mengaduk, hingga menguleni. Saat menunggu adonan mengembang, eh Si Adek tidur siang. Jadilah hanya Kakak yang bantu menaruh topping pizza. Pajaknya beberapa topping udah dia comot duluan sebelum masuk oven. Haha. Tomat, So Good Chicken Stick, dan keju yang jadi sasaran empuk kemupengannya :).

masak pizza

Koki cilik beraksi:D

Sore hari pas pizzanya jadi, anak-anak sudah nggak sabar buat icip. Ya sudah deh saya izinin makan duluan. Lihat deh gimana riangnya Najla dan Sara makan pizza buatan mereka.

makan pizza

Akur saat makan pizza:)

Waktu saya tanya ke Najla, dia lebih suka pizza yang beli atau yang ini, eh dijawab suka yang pizza homemade. Alasannya simpel, karena dia ikutan masak. Dia suka masak-masak:). Alhamdulillah banget nyiapin menu berbuka puasa sekaligus bonding time bareng anak.

pizza rumahan

Yuk, Bunda coba resep Pizza Homemade So Good Chicken Stick ini di rumah ya. Untuk berbuka puasa cukup mengenyangkan. Nggak makan nasi lagi pun bisa. Pakai bahan-bahan yang ada di rumah juga boleh. Jangan lupa kasih topping  SO GOOD Chicken Stick.

Video memasak pizza homemade sudah saya upload ke YouTube ya.

(Visited 38 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!