way-kambas

Perawatan Rambut Lengkap Untuk Traveler

facebooktwittergoogle_plusredditmail

gunung batur

Sebenarnya saya tidak berani menyebut diri saya sebagai seorang traveler. Tapi saya memang suka jalan-jalan. Masih banyak tempat yang ingin saya datangi. Alasannya simpel. Saya suka segala hal yang baru. Makanan baru, budaya baru, kebiasaan baru, bagi saya sangat menarik. Sayangnya, belum tentu saya bisa tinggal di tempat tersebut selamanya. Ya sekadar singgah saja. Memetik pengalaman berharga, lalu mengabadikannya diingatan. Kadang di foto dan tulisan.

Traveling sejatinya adalah berinteraksi dengan warga lokal. Menjadi bagian dari mereka. Atau paling tidak, mengamati apa kebiasaan mereka. Keindahan alam yang ditemui saat traveling adalah bonus. Bukti bahwa ciptaan Tuhan begitu luar biasa dan manusia adalah remahan kecil di bumi yang luas ini.

Bila tadinya kita sombong, maka traveling akan membuka mata hati. Bila awalnya kita minder, maka traveling akan membuat kita menyadari bahwa masih banyak orang di luar sana yang lebih sulit kehidupannya dari kita. Dari situ kita belajar bersyukur.

Jadi traveling bukan hanya soal feed kece di Instagram. Atau video keren di Youtube. Traveling lebih dari itu. Bila kita mau memaknainya lebih dalam.

Dari sekian banyak perjalanan yang saya lakukan, tak jarang beberapa anggota badan jadi berubah. Kulit jadi gosong dan kering. Bibir pecah-pecah. Badan pernah juga gatal-gatal. Termasuk rambut, jadi kasar dan tidak berkilau lagi.



Anggota tubuh yang saya sebutkan tadi, sebagian besar memang tertutup oleh baju dan kerudung. Tetapi saya tetap aware dengan kesehatannya. Kalau kulit jadi kering dan gosong, ya saya sendiri yang rugi. Punya kulit pecah-pecah itu enggak enak lho. Sama juga dengan bibir yang kering kerontang, bisa mengelupas dan berakhir menjadi sariawan, hiks.

Ketika rambut enggak berkilau, saya yang biasanya senyum-senyum sendiri kala bercermin, jadi sebaliknya, cemberut. Rambut kasar juga bikin suami enggak sumringah saat membelai, uhuk. Apalagi hal tersebut menandakan bahwa kondisi rambut lagi enggak sehat. Masalah lain dapat timbul, seperti ketombe dan kerontokan rambut. Oh no! Bisa kacau kalau lagi traveling, eh malah garuk-garuk kepala.

Buat yang enggak berjilbab, rambut berkilau untuk traveler is a must. Meski lagi jalan-jalan ke daerah yang terik sekalipun. Jika rambut kita tetap indah, orang lain enggak akan was-was berkunjung ke sana. Bayangkan bila rambut kita terlihat acak-acakkan, enggak terawat. Beberapa orang akan berpikir dua kali untuk datang ke lokasi wisata yang kita share.

Rambut yang mudah diatur juga memudahkan saat harus naik turun bukit dan lembah. Kamu enggak perlu dikit-dikit sisiran agar rambut tetap rapi.

Kondisi Kulit Kepala dan Rambut Saat Traveling

Enggak dipungkiri, kadang tempat wisata yang saya eksplorasi jauh dari pusat kota. Bahkan ada yang kamar mandinya belum layak. Kalau begini pilihannya cuma dua. Bertahan enggak mandi, atau siap-siap mandi di tempat umum kayak sungai.

air terjun putri malu

Basah kena air terjun Putri Malu, Way Kanan

Saya sendiri termasuk yang suka main di air. Air terjun, sungai, telaga, pantai dan laut adalah wisata air yang sering saya datangi. Sudah pasti saya akan ikut menceburkan diri kecuali lagi halangan. Rambut otomatis terkena air di sana dong. Meski ditutupi oleh jilbab, airnya tetap masuk dan membasahi rambut.

pantai depok

Main air di pantai? Siapa takut:D

Saat traveling ke telaga dan air terjun yang bening sih segar banget rasanya. Tapi begitu rambut kena air laut yang kadar garamnya tinggi, atau kena air sungai yang kotor, ya siap-siap rambut akan menjadi kasar.

way-kambas

Teriknya matahari nggak menghalangi buat mengeksplorasi sekitar

Sama halnya ketika traveling ke daerah yang mataharinya cuma sejengkal dari kepala. Otomatis kulit kepala jadi panas, dan rambut kehilangan kelembapannya. Rambut juga terpapar radikal bebas, yaitu dari sinar ultraviolet dan polusi udara. Kalau enggak cepat-cepat dirawat, bisa keterusan jadi rusak.

Saat jalan-jalan bareng rombongan, karena kami harus mengejar rangkaian acara yang sudah dijadwalkan, rambut saya yang masih basah terpaksa ditutup kerudung. Otomatis rambut jadi berbau apek.




Banyak, kan, permasalahan yang harus dihadapi kulit kepala dan rambut saat traveling. Ini belum termasuk kalau naik gunung berhari-hari dan enggak sempat keramas. Atau harus melakukan perjalanan panjang ke daerah terpencil sehingga nggak bisa mandi dan keramas. Jika rambut enggak benar-benar dirawat sejak di rumah, maka jangan heran rambut menjadi kasar, nggak lembut lagi.

Solusi Permasalahan Rambut Untuk Traveler

emeron-sun-flower

Dari berbagai pengalaman enggak mengenakkan di atas, saya punya solusinya. Saya membutuhkan perawatan rambut alami yang lengkap. Pilihan saya jatuh pada Emeron Complete Hair Care Soft & Smooth – Sun Flower. Rangkaian perawatan rambut menggunakan Emeron membuat rambut enggak kasar lagi, dan menjadi mudah diatur. Produk ini disempurnakan oleh teknologi Jepang, yaitu Active Provit Amino, dan diperkaya dengan Sun Flower. Hasilnya adalah rambut yang ternutrisi mulai dari akar hingga ujung rambut. Selain itu, rambut juga menjadi lembap di setiap helainya.

Penggunaan Ekstrak Biji Bunga Matahari Untuk Perawatan Rambut

emeron-complete-hair-care

Biji bunga matahari diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, karena mengandung seng dan vitamin E. Kedua komponen ini mampu meningkatkan sirkulasi darah di seluruh kulit kepala, sehingga merangsang folikel rambut untuk tumbuh.

Biji bunga matahari diperkaya dengan vitamin B6 atau piridoksin, yang meningkatkan penyerapan seng dalam tubuh dan memasok lebih banyak oksigen ke kulit kepala. Hal ini mengurangi kerontokan rambut.

Asam lemak esensial, terutama asam lemak omega-6, menjadikan biji bunga matahari menjadi pelembap rambut alami yang baik. Ekstrak biji bunga matahari mengembalikan kelembapan yang hilang dari helai rambut, mencegah rambut kering dan mengurangi ujung bercabang, sehingga meningkatkan kesehatan rambut.

Pengalaman Menggunakan Emeron Complete Hair Care Soft & Smooth – Sun Flower

Biasanya saya merawat rambut hanya dengan sampo saja. Tetapi semenjak rambut menjadi kasar, kaku, tidak berkilau karena kehilangan kelembapan, jadilah saya menggunakan rangkaian perawatan rambut lengkap. Daripada ke salon buat hair spa dan creambath. Lebih baik saya mencoba perawatan di rumah terlebih dahulu.

3 Langkah Merawat Rambut dengan Emeron Sun Flower

emeron-conditioner

  1. Sampoan dengan Emeron

Setelah membaca beberapa tips merawat rambut, saya menemukan bahwa cara sampoan saya ada yang kurang tepat. Misalnya saja, saat keramas seharusnya tidak boleh mengucek-ucek rambut. Cukup tuang sampo ke telapak tangan lalu beri sedikit air hingga berbusa. Lalu aplikasikan sampo mulai dari atas rambut hingga ke ujung sambil dipijat-pijat menggunakan jari dengan gerakan memutar (kayak creambath itu lho).

Menurut Erica Douglas, pakar Teknik kimia dan Kecantikan dari Standford University Amerika Serikat, cara keramas yang paling baik adalah membasahi rambut kering dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Setelah sampoan, sebaiknya bilas dengan air dingin agar rambut benar-benar bersih dari minyak dan kotoran, serta kulit kepala tetap ternutrisi. Jadi membilas samponya dengan air dingin saja ya.

  1. Pakai Conditioner supaya Rambut Lebih Halus

Sebenarnya saya jarang memakai conditioner, tapi begitu mengenal rangkaian perawatan rambut lengkap dari Emeron, tentu saja saya mempraktikkan semua langkahnya. Nah, pemakaian conditioner ini enggak sembarangan. Setelah keramas, peras rambut dengan tangan. Sisir rambut, lalu usapkan conditioner dari tengah hingga ke ujung rambut. Menyisir rambut saat mengoleskan conditioner, dapat membantu rambut kering lebih cepat.

Agar conditioner merata dan terserap, tunggu 2-3 menit, baru bilas. Jangan lupa bilasnya memakai air dingin.

Oh ya, ada catatan penting yaitu hindari penggunaan conditioner di area kulit kepala. Padahal dulu saya kalau pakai conditioner malah di kulit kepala, hmm. Ternyata salah, yang benar cukup di tengah sampai ujung rambut. Mengapa? Karena mengoles conditioner di area kulit kepala dapat mengakibatkan rambut mudah lepek dan ketombean.

  1. Gunakan Vitamin agar Rambut Lebih Ternutrisi

vitamin rambut emeron

Setelah membilas conditioner, kamu dapat mengeringkan rambut menggunakan handuk. Ingat, jangan diucek-ucek lagi rambutnya. Cukup bungkus rambut dengan handuk.

Inilah saat yang tepat untuk memakai vitamin rambut. Buka vitamin dengan cara memelintir ujungnya. Tuangkan vitamin rambut ke telapak tangan, lalu usapkan ke ujung rambut yang setengah basah secara merata. Gunakan di bagian tengah hingga ujung rambut. Terakhir, tata rambut seperti biasa dengan memakai jari tangan.

Vitamin rambut berfungsi untuk menutrisi, mencegah kerusakan rambut, dan menjaga kelembapannya agar rambut senantiasa lembut dan halus. Vitamin juga melindungi rambut dari kerusakan akibat terlalu sering di hair dyer atau dipanaskan menggunakan alat pelurus/pengeriting rambut.

Keringkan rambut dengan diangin-anginkan, atau diamkan saja hingga mengering. Kalau pas buru-buru mau pergi, saya biasanya menggunakan hair dyer agar cepat kering. Its okey asal enggak keseringan.



Awalnya saya enggak percaya jika rambut menjadi mudah diatur bahkan tanpa disisir bila memakai Emeron Complete Hair Care. Ternyata benar, setelah menggunakan tiga rangkaian perawatan rambut lengkap di atas, saat kering rambutku langsung rapi, lembap, dan halus.

Review Emeron Complete Hair Care Varian Sun Flower

Saya akan memberikan ulasan mengenai sampo, conditioner dan vitamin rambut Emeron yang saya pakai. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk para traveler yang bingung merawat rambut.

  1. Kemasan

emeron-shampoo

Kemasannya cantik, berwarna merah muda. Botolnya travel friendly. Bentuk botolnya cukup ramping, sehingga nyaman saya bawa untuk traveling. Tutupnya flip top dan kuat sehingga saya enggak khawatir akan tumpah saat dimasukkan ke dalam tas toiletries, atau dibawa perjalanan jauh.

kemasan emeron

Di bagian belakang botol tertera keterangan, aturan pakai, dan komposisi produk. Nomor BPOM juga terdapat di bagian belakang kemasan. Selain itu, ada informasi mengenai hotline layanan konsumen. Bebas pulsa pula. Expired date juga tertulis sehingga kamu dapat mengetahui kapan masa kadaluwarsa Emeronmu.

Ukuran sampo dan conditioner yang saya gunakan adalah 170 ml. Tapi sewaktu membeli Emeron di supermarket, ada kemasan yang lebih kecil dan lebih besar (340 ml). Ketika traveling, kamu bisa memilih kemasan yang lebih kecil atau sachet.

Kemasan vitamin rambutnya juga travel friendly. Satu setrip isi enam. Setripnya mudah dibuka. Sama halnya dengan setiap butir vitamin rambutnya. Tinggal dipelintir ujungnya, dan langsung keluar isinya.

  1. Tekstur

tekstur emeron

Tekstur sampo dan conditioner -nya pas keencerannya sehingga mudah dituang, dan mudah diaplikasikan ke rambut. Sampo dan conditioner Emeron Soft & Smooth berwarna putih. Yang bikin saya kaget adalah aromanya yang sangat enak. Harum kayak susu stroberi gitu. Aromanya lembut tapi tahan lama. Sampai dua hari pun rambut saya masih wangi:)

Tekstur vitamin rambutnya encer seperti minyak vitamin rambut pada umumnya. Warnanya bening. Aromanya juga lembut, enggak menyengat.

  1. Hasil Penggunaan Selama Seminggu

Seminggu ini, saya menggunakan Emeron Complete Hair Care Sun Flower mulai dari sampo, conditioner dan vitamin rambut. Hasil coba Emeron, rambut saya yang tadinya kasar, kaku, menjadi lebih lembut dan berkilau. Rambut kasarpun berganti menjadi rambut yang lembut dan halus. Bila tadinya sulit ditata, sekarang jadi lebih mudah diatur. Selain itu juga wangi sepanjang hari.

perawatan rambut alami

Saya jadi enggak khawatir lagi meski harus bepergian berhari-hari. Traveling kemana saja ayo! Asal rambut dirawat dengan Emeron Complete Hair Care. Selain mudah digunakan, ekstrak biji bunga mataharinya terbukti ampuh untuk menutrisi rambut.

Perawatan lengkap untuk rambut cantik, bisa digunakan dimana saja, dan oleh siapa saja. Traveler akan terbantu dengan perawatan lengkap dari Emeron Soft and Smooth ini. Rambut indah dan lembut dambaan semua orang, kini bukan mimpi untuk para traveler.

#DengarkanRambutmu #CobaEmeron

Referensi:

  1. www.emeronhaircare.com
  2. www.beautyglimpse.com, 18 Incredible Benefits Of Sunflower Seeds For Skin, Hair And Health

Note:

Semua foto oleh ismyama.com

(Visited 155 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

45 Comments

  • Dila June 4, 2018 Reply

    Kemasan emeronnya lucuu abiss hihihi kebayang wanginya jg lucuuu

    • dian.ismyama June 4, 2018 Reply

      Iya imut ya dan warnanya perempuan banget. Sumpah wanginya enak

  • Leyla Imtichanah June 5, 2018 Reply

    Foto travelingnya bagus2. Emang kalo traveling harus sering keramas ya karena bau matahari.

  • Uli Hartati June 5, 2018 Reply

    wah ada yang pinky ya…kisahnya keren shampoonya mendukung ya

    • dian.ismyama June 6, 2018 Reply

      Iya pink imut ya. Perawatan rambut lengkap buat traveler nih

  • Serba pink mba Cantik.
    Kamu ini traveler tapi tetap merhatiin perawatan rambut.
    Keren. Kak.

    • dian.ismyama June 9, 2018 Reply

      Haha karena traveler juga bersuami Mbak. Ucapan terima kasih buat rambutku sendiri ya dengan merawatnya

  • ulya June 8, 2018 Reply

    Warnanya menarik, kebetulan stok sampo mau habis. Boleh dicoba nih, siapa tau cocok.

  • retno June 9, 2018 Reply

    memang, kalau kita telaten melakukan perawatan rambut secara lengkap, hasilnya pun akan nampak secara nyata. Aku juga pakai emeron, tapi yang hitam. Sayangnya di minmarket dekat rumah, conditioner dan vitaminnya belum ada…

    • dian.ismyama June 9, 2018 Reply

      Iya beda ya hasilnya. Wah pakai Emeron juga ya Mbak

  • intanrawits June 9, 2018 Reply

    Oemjiii kenapa itu warnanya pink unyu2 sekali, my fav colour banget mbaa…xixi

  • April Hamsa June 9, 2018 Reply

    Ciyeeeeeeeeee yang traveler hehe…
    Iya traveling itu menghadirkan suasana baru, kdng juga bikin merenung ya.
    Traveler yang pakai hijab apalagi kalau sering jalan tanpa jeda udah pasti butuh perawatan rambut yg oke. Emeron yang pink lumayan bagu ya mbak? Kapan2 mau cobain jg ah paket perawatan rambutnya TFS

  • Milda Ini June 9, 2018 Reply

    Kukira traveler cukup mandi di alam. Memanfaatkan yang ada, hihihi

  • Marfa June 9, 2018 Reply

    Untuk total harganya berapa kak segitu? Lucu deh warnanya hihi, terakhir pake emeron cuma pake samponya doang, ternyata ada vitamin sama condinya juga ya

    • dian.ismyama June 9, 2018 Reply

      Murmer banget Mbak, total segitu aq beli 31.400 rupiah. Dapat tiga rangkaian

  • Jiah June 9, 2018 Reply

    Aku salah satu yg cuek sama rambut saat bepergian. Suka asal dr gak sisiran bahkan nunggu pulang baru sampoan, hahaha. Butuh bgt nutrisi biar tetap sehat dan kuat. Udah lama blm nyoba Emeron lagi

    • dian.ismyama June 9, 2018 Reply

      Nah ini awalnya nggak berasa, lama-lama bisa beneran rusak rambutnya.mending dirawat dari sekarang. Semangat Mbak

  • Mahadewi June 9, 2018 Reply

    Aku pribadi pas traveling enggak ada masalah sama rambut. Cuma rasanya pengen keramas terus karena terus keringetan. Jadinya aku kayanya bakalan cobain vitamin rambutnya deh

    • dian.ismyama June 9, 2018 Reply

      Padahal keramas terus nggak baik lho. Mending coba conditioner sama vitamin rambutnya

  • Farhandika Mursyid June 9, 2018 Reply

    Selama ini, aku cuma taunya merek Emeron itu hanya shampoo saja. Ya, emang seger sih kalo dipake di rambut. Taunya ada juga ya versi vitamin rambut. Lumayan nih pelengkap buat perjalanan kelak. Atau ya kalau ada aktivitas outdoor gitu.

    • dian.ismyama June 9, 2018 Reply

      Iya sekarang udah lengkap sepaket biar merawat rambut beneran dari semua sisi.

  • Dwi Ananta June 9, 2018 Reply

    Foto-fotonya kece 😍. Setelah liburan itu emang bikin sebel ya kalau badan jadi dekil hahaha

  • Diah Kusumastuti June 9, 2018 Reply

    Iya ya kalau traveling rambut kadang kepanasan kadang juga basah karena main air. Hehe. Untung ya ada Emeron yang bantu merawat rambut.
    Lucu tuh botolnya, warnanya pink :)

    • dian.ismyama June 9, 2018 Reply

      Pokoknya kena segala macam pemicu rambut jadi kasar atau kering ya. Makanya kudu dibantu sama sampo, bahkan conditioner dan vitamin rambut

  • lendyagasshi June 9, 2018 Reply

    Biarpun travelling, tapi hak untuk merawat diri gak boleh terlupakan yaa…
    Suka banget sama kemasan Emeron yang pink iniih…
    Girly…

  • Timo June 9, 2018 Reply

    Aku plg suka kl traveling bawa yg kemasan kecil, biar ga menuh2in tas haha, tp biasanya bawa shampoo doang sih. Tp kdg kl males bawa, ya pake shampoo hotel aja 😀

    • dian.ismyama June 9, 2018 Reply

      Hehe iya dimasukin kemasan khusus traveling gitu ya? Aku juga sih tergantung tempat jalan-jalannya kemana. Ini perawatan lengkap bisa dilakukan di rumah juga kalau pas traveling nggak sempat

  • Susindra June 9, 2018 Reply

    Kalau traveling dan rambut lepek itu sesuatu banget. Hiks.. apalagi ditambah rambut berketombe. Huhuhu… geregetn.
    Ini pernah terjadi. Rasanya pengen garuk-garuk terus.
    Btw, Emeron ini harganya sangat bersahabat, ya. Aku percaya harga murah tetap berkualitas, dan setiap produk punya jodohnya sendiri. Terima kasih sudah membuat jutaan perempuan Indonesia memiliki rambut bagus, Emeron!

    • dian.ismyama June 9, 2018 Reply

      Tuh kan bener, masalah rambut lepek memang bikin kesel ya. Lama-lama kalau rambut nggak keurus bisa berketombe dan rusak, hiks jangan sampai

  • Rindang June 9, 2018 Reply

    Rangkaian perawatan rambut (sampo, conditioner, dan vitamin) ini seharusnya memang rutin digunakan ya. Tobat deh selama ini aku yg ngakunya traveler tp abai dg kesehatan rambut. Mau nyoba emeron ini ah nanti, kali cocok.

  • Meskipun senang travelling. kesehatan dan kecantikan rambut harus tetap di jaga ya..
    Untung sekarang ada Emeron yang mengerti kebutuhan perempuan Indonesia, ya …

    • dian.ismyama June 10, 2018 Reply

      Iya benar Mbak.aq cewek banget ya, seneng jalan-jalan tapi nggak mau rambut jadi kena imbasnya:)

  • Windah June 9, 2018 Reply

    Baca tulisan ini aku jadi kepikiran, gimana kalau emeron bikin kemasan yang enak biat di bawa travelling. Kita para wanita suka sulit nemu shampo yang sesuai kalo traveling terutama ke negri orang.

    • dian.ismyama June 10, 2018 Reply

      Ada kemasan yang lebih kecil lagi Mbak di bawah ini. Kalau travelingnya lama pas lah

  • Ruli retno June 10, 2018 Reply

    Kata-katanya dalam. Jadi menyentil saya yang juga suka jalan2 untuk lebih memaknai traveling sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah, sarana bersyukur. Semoga di perjalanan berikutnya, saya bisa lebih mendekat pada penduduk lokal

    • dian.ismyama June 10, 2018 Reply

      Hoho ini self reminder juga Mbak, biar diri sendiri nggak lupa

  • Ali June 10, 2018 Reply

    Rambut sebagai mahkota memang wajib dijaga dengan baik ya Mbak. Supaya tetap terawat dan terlihat indah

Leave a Reply

error: Content is protected !!