Pantai Goa Cemara, Kecantikan Terpancar dari Rindangnya Cemara

facebooktwittergoogle_plusredditmail
Pantai Goa Cemara
Aku berdiri di antara pohon-pohon cemara. Hembusan angin dan deru ombak begitu merdu di telinga. Sinar mentari menyelinap bersemburat kuning hijau. Suara air semakin kencang, pertanda gelombang pasang. Kaki ini, tetap melangkah menyusuri pasir pantai, menuju laut.

Bantul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan Laut Pantai Selatan. Pantai-pantai di sana memang berpasir hitam, tapi bukan berarti tidak cantik. Salah satu kecantikannya terpancar dari Pantai Goa Cemara. Sebuah pantai yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu keberadaan pohon cemaranya.

Pantai Goa Cemara terletak di Dusun Patihan, Desa Gadangsari, Kecamatan Sanden, Bantul. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Samas dan Pantai Pandansari. Bila ditarik garis lurus sejauh 6 kmv, Pantai Goa Cemara berada di barat Pantai Parangtritis. Sesuai dengan namanya, Pantai Goa Cemara memang ditumbuhi oleh ribuan pohon cemara.

Jalanan Pantai Goa Cemara

Saat menginjakkan kaki di sini, keindahan yang pertama saya lihat adalah cemara-cemara yang anggun berdiri di samping kanan-kiri jalan menuju pantai. Letaknya yang saling berhadapan, seolah membentuk semacam goa yang panjang. Oleh karena itu, pantai ini disebut sebagai Pantai Goa Cemara.

Pohon cemara yang terdapat di pantai ini adalah cemara laut. Cemara laut memiliki nama latin Casuarina equisetifolia, yaitu cemara yang sering ditemui di pesisir laut. Batang pohon cemara tidak terlalu besar, rantingnya bahkan terlihat seperti jarum. Daun-daunnya pun berbentuk seperti lidi beruas-ruas, dengan jumlah tujuh hingga delapan daun pada setiap ruas. Batangnya yang kecil, dan daunnya yang pipih laiknya jarum, membuat cemara laut tahan terhadap tiupan angin laut yang kencang.

Usut punya usut, awal mula penanaman pohon cemara ini dikarenakan hasil pertanian di pesisir pantai yang tak kunjung meningkat, padahal tanahnya cukup luas. Setelah diteliti lebih jauh, hal tersebut disebabkan oleh air pertanian yang payau, yang diduga akibat dari hembusan angin laut yang membawa embun dengan kadar garam yang tinggi. Oleh karena itu, para petani pun akhirnya menanam pohon cemara laut, yang diketahui dapat menyaring rintik air asin tadi. Pohon cemara yang ditanam pun tak tanggung-tanggung, yaitu sepanjang 7 km di bibir pantai. Siapa sangka, justru pohon cemara lah yang menjadi daya tarik pantai ini dikemudian hari.

Menara pandang di pantai

Menara pandang di pantai

 

Anak pantai jogja

Anak pantai, Najla dan Sara

Lihatlah, pasir hitam yang lembut, berpadu dengan tumbuhan yang hijau sepanjang tahun. Siluet pohon cemara pun tampak indah bila diabadikan lewat lensa kamera. Kaki-kaki kecil berlari riang menyusuri pasir. Langkah mereka bagai tarian berirama deburan ombak. Matahari terbenam menambah syahdu suasana Pantai Goa Cemara.

Apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Goa Cemara?

outbond di Pantai Goa Cemara

Ban-ban yang berjejer rapi

Selain dapat bermain pasir dan ombak, di pantai ini terdapat Konservasi Taman Penyu Laut yang dikelola langsung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan. Sayang saat kesana, saya tidak jadi mengunjungi taman penyunya, karena hari sudah terlampau sore. Para pelancong juga dapat menikmati berbagai kuliner, mulai dari olahan makanan laut seperti ikan dan udang, hingga makanan tradisional misalnya gudeg dan tempe bacem. Ada juga lho masyarakat sekitar yang menjual hasil pertaniannya. Saya menemukan semangka merah dan ubi ungu digelar di kios sekitar Pantai Goa Cemara. Selain itu juga nampak ban-ban yang tersusun rapi, sepertinya pantai ini dapat digunakan untuk outbond, atau justru untuk menghalangi sesuatu? Ada yang tahu?

pohon cemara laut

Pantai dengan pohon cemara

Pantai di Bantul

Pantai Goa Cemara Bantul

Pantai Goa Cemara ini sering digunakan sebagai lokasi foto prewedding lho. Tentu saja karena keindahan pantai dan pohon cemaranya. Kesan romantis, misterius, atau elegan dapat diciptakan untuk membuat foto pranikah menjadi tak terlupakan. Ingin tema kasual? Tinggal tambahkan tikar piknik dan gitar sebagai properti foto di antara rindangnya cemara. Dijamin hasilnya menarik mata dan hati.

anak pantaianak pantai

Dilarang berenang, jadi di pinggir pantainya pun harus hati-hati

Oh ya, sebagai tambahan, pantai ini cukup curam sehingga wisatawan harus berhati-hati. Gelombangnya juga besar, sehingga larangan keras untuk tidak berenang di laut pun dipasang di Pantai Goa Cemara.

Fasilitas

Untuk fasilitas sendiri sudah lengkap. Ada tempat untuk berwudu, musala, dan kamar mandi. Pendopo yang cukup besar dapat ditemui di pantai ini lho. Area Pantai Goa Cemara yang luas juga bisa digunakan untuk membangun panggung terbuka yang dapat dibongkar pasang.

Kecantikan Pantai Goa Cemara memang berbeda, maka tak ada lagi alasan, untuk tak menjejakkan kaki disana.

Artikel ini diterbitkan di Sriwijaya In-flight Magazine edisi Januari 2018. Artikel di atas adalah artikel aslinya. Cetakan onlinenya bisa teman-teman lihat di sini.

Cover-Januari-2018-Sriwijaya MagazineBantul Sriwijaya In flight Magazine

(Visited 192 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

39 Comments

  • Hastira February 6, 2018 Reply

    bantul sekarang banyak wisatanya ya, oh ay itu pohon yang di foto keren, unik dan bikin bagus

    • dian.ismyama February 6, 2018 Reply

      ini udah lumayan lama, banyak sih pantai di Bantul benernya..ayo ke sana

  • deddyhuang.com February 6, 2018 Reply

    cihuy masuk lagi ke majalah sriwijaya 😀

    • dian.ismyama February 6, 2018 Reply

      hehe mengikuti jejakmu Koh, next pingin euy masuk Kerala:)

  • ruziana ina February 6, 2018 Reply

    wah bagus ya pantainya
    cemara mmg memberikan kesan tersendiri
    btw..keren banget nih bisa dimuat di sriwijaya
    mau nyoba juga ngirim tulisan ke sana nih

  • nita rahma February 6, 2018 Reply

    wih indah banget.. jadi pengen liburan kesana

  • zefy February 7, 2018 Reply

    Keren nih pantainya untuk ajak anak jalan-jalan ya mbak, senang lihat adek-adek imut itu lari-lari di antara pohon cemara

    • dian.ismyama February 8, 2018 Reply

      Adek-adek imuts, hehe. Iya mereka happy karena luas bisa lari-lari

  • Peri Hardiansyah February 7, 2018 Reply

    cakep ya mbak pantainya, bersih, jalan nya lebar pula. mau relax bener-bener pas kalo disini.

    • dian.ismyama February 8, 2018 Reply

      Hihi makasih Mas, ciptaan Tuhan emang cakep. Iya, bisa ke sini menyendiri juga

  • Tarry Kitty February 7, 2018 Reply

    Ada pohon cemaranya jadi ga panas ya mbak. Kalau ga mau main2 di pantai bisa berteduh di bawah pohon cemara. Sejuk pastinya ya… :)

  • Jiah February 7, 2018 Reply

    Pohonnya kok kurus2 ya Mbak? Apa Jenisnya emang gitu?
    Kalau di Jepara ada namanya Tinesan, pohon cemaranya besar2 dan diambil karetnya. Biasanya pd buat piknik santai atau kemah. Tempatnya dataran tinggi sih, enggak dekat pantai kaya Goa Cemara

    • dian.ismyama February 8, 2018 Reply

      Iya jenisnya ini, cemara laut, emang dia ramping-ramping beda sama jenis cemara lainnya

  • siti mudrikah February 7, 2018 Reply

    wah di tepi pantai cemara bisa tumbuh juga ya, kirain cuma di pegunungan aja . pantainya sepi cocok buat menyepi. jadi kangen jogja, dlu sempat ke pantai indrayanti sm pantai drini.

    • dian.ismyama February 8, 2018 Reply

      Menyepi sambil menggalau atau sambil nulis Mbak? Heheh, Wah itu Indrayanti pasir putih, bagus

  • Rindang February 7, 2018 Reply

    Pemandangannya indah sekali ya. Cemaranya juga mantap jadi poin of view pantai ini. Fasilitas pantainya ini yang bikin lokasinya tambah oke jadi membuat pengunjung nyaman.

    • dian.ismyama February 8, 2018 Reply

      Benar Rindang. ANyway aku masih penasaran dengan pantai di Lampung lho

  • Rani Yulianty February 7, 2018 Reply

    Saya belum menemukan jejeran pohon cemara di pantai-pantai Jawa Barat, entah mungkin ada yang terlewat oleh saya, keindahan pohon cemara menambah kemegahan pantai

  • Dikki Cantona Putra February 7, 2018 Reply

    wahh pantainya sangat indah ya apalagi banyak banget pohon cemaranya disana yang bikin adem suasana semilir angin laut yang dingin. terus buat aja anak kecil pun sangat bagus nambah wawasan tentang hewan laut yaitu, penyu

    • dian.ismyama February 8, 2018 Reply

      Iya sayang kami belum jadi lihat penangkaran penyunya

  • Tukang Jalan Jajan February 7, 2018 Reply

    Wisata alam makin asoy sekarang. Makin banyak yang meminatinya. Pasti seru banget ama keluarga jalan dipasirnya yang lembut dengan pepohonan yang cantik sebagai latar belakang foto. Pasti sunsetnya bagus banget disini

  • Ajen February 7, 2018 Reply

    Keren Mbak dian nukis buat sriwijayyaa yah.
    Banyak pante bagus di Bantul yahhh.
    Keren ihh buat foto2

  • lendyagasshi February 7, 2018 Reply

    Aga takut masuk gua.
    Wkkwk…suka kebayang-bayang ada “sesuatu” yang sudah menanti di dalam dan membuat saya ga akan kluar lagi.

    Huuhuu…
    Keseringan nonton monster inc siih…

  • Susindra February 7, 2018 Reply

    Pantainya sangat bagus Mbak. Senang melihat pantai yang bersih dan alami gitu.
    Saya juga paling suka foto2 tanaman dan pohon di pantai. Mereka unik dengan caranya sendiri.

    • dian.ismyama February 8, 2018 Reply

      hihi iya Mbak, masih alami dan toko2 pun tertata rapi

  • Yesi Intasari February 7, 2018 Reply

    wah aku belum pernah ke Bantul nih mba, pemandangan pantai dan pohon cemaranya indah banget.. semoga nanti bisa dapat kesempatan travelling ke sana..

  • Masirwin February 9, 2018 Reply

    Wah pasti menyenangkan sekali kalo main ke pantai Goa Cemara,,,, yang penting g sama mantan ehhhh

  • Putu sukartini February 9, 2018 Reply

    Suka banget liat foto yang pertama itu. Serasa dimana gitu. Syahdu dan romantis

    Keren ya ide awal nanam cemara ini, siapa sangka saat tumbuh dan berkembang malah jadi cantik begini

  • April Hamsa February 10, 2018 Reply

    Ooo artikel ttg ini yg diterbitkan majalah. Bantul kuwi biyen dienyek2, tapi skrng makin banyak lokasi wisata yg bisa didatangi ya mbk TFS

  • Heni Puspita February 12, 2018 Reply

    Oh begitu tho ceritanya kenapa bisa sampai banyak cemara #manggutmanggut Soalnya biasa kebanyakan di pantai pohon kelapa/pohon lainnya he he. Buat prewedding memang cocok banget ya. Klo buat berenang, nekat namanya hu hu

Leave a Reply

error: Content is protected !!