Moon Sand, Pasir Coklat buatan sendiri

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Moon Sand Hemat dan Mudah Dibuat

Najla senang karena boleh main pasir

Najla senang karena boleh main pasir

Pertama kali dengar tentang pasir ini, ketika DIY nya mondar-mandir di news feed saya. Bagaimana cara membuat pasir mainan anak yang berbahan mudah dicari, harga murah meriah, tetapi hasilnya memuaskan. Karena, konon katanya harga pasir aslinya terbilang mahal. Wah emak-emak hemat kayak saya tentu saja langsung melebarkan telinga dan membelalakkan mata buat memantau perkembangan how to make moon sand and kinestetik sand.

Ternyata oh ternyata mudah banget lho cara buatnya, untuk moon sand hanya 4 cup terigu dicampur 1/2 cup baby oil. Karena saya mau percobaan dulu, jadilah setengah resep 2 cup terigu dengan 1/4 cup baby oil. Aduk sebentar, kalau dirasa kurang bergerombol pasirnya, tinggal tambah baby oil. Dan taraaa..jadilah pasir mainan yang bisa di cetak-cetak, diangkut-angkut, disendok-sendok sama Najla. Wajahnya sumringah banget waktu dapat pasir mainan ini. Karena pakai baby oil, pasir tidak lengket dan harum.

Nah ada 2 jenis pasir lainnya lagi yang secara tekstur agak berbeda, yaitu moon sand 2.0 dan pasir kinestetik. Gimana cara buatnya? Kita intip yuk.

Moon sand 2.0

Bahan:

2 cup pasir buatan

1 cup maizena

1/2 cup air

Minyak tea tree secukupnya

Tekstur:

Bergerombol, lembut, basah

Kinestetik sand resepnya bisa dilihat di pic ya:)

Resep berbagai jenis pasir

Resep berbagai jenis pasir

Saya sempat lihat juga akhirnya ada yang jual online pasir mainan warna-warni 4 warna masing-masing sekantong plastik kecil 75 ribu+8 cetakan kecil-kecil. Lumayan juga ya harga aslinya. Kalau bisa buat sendiri tentunya jumlah pasir bisa lebih banyak dengan harga lebih terjangkau.

Manfaat moon sand?

Setelah jadi, pasir buatannya bisa dipakai untuk masak-masakan, pura-pura bikin cookies misalnya. Bisa juga digunakan untuk mencetak rumah atau istana. Intinya dengan tekstur yang pas, pasir buatan ini bisa dibentuk menjadi bermacam-macam kreasi. Sekalinya main moon sand, anak dijamin sibuk kayak lagi main busy book, hehe.

Yuk di coba Bunda semua:)

(Visited 10,872 times, 5 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

10 Comments

  • Dwi Puspita November 11, 2015 Reply

    cocok nih buat mainan anak2 mak….

  • Rika July 11, 2016 Reply

    Waah Bunda rajin bangett yaah..
    Hebat bisa bikin sendiri trus sempet nulis2 blog juga. Kereen..

    *buat bunda pembaca blog ismyama.con yang ngga sempet dan punya waktu banyak Kalo mau mainan pasir yang murah bisa langsung beli di tempat kami aja. Atau boleh jadi reseller kok. Hehe

    • dian.ismyama July 12, 2016 Reply

      Demi si Najla ga bosen nih=)

      • dian.ismyama October 17, 2017 Reply

        ini pakai terigu biasa Bu, terus ditambah baby oil. sudah gitu saja. Tapi kalau pasir kinestetik yang sudah jadi sih ada banyak yang jual, coba digoogling pasir mainan anak. Semoga membantu ya

  • rafik April 25, 2017 Reply

    Pasir buatannya itu dari apa yaa???

    • dian.ismyama April 27, 2017 Reply

      Itu ada tulisannya di bahan Bu. Dari terigu sama baby oil saja

  • Fitria Siska April 26, 2017 Reply

    Wah, bagus nih untuk mainan anak-anak, kalau bunda ismyama.com mau, cara lain buat pasir kinetik juga bisa dilihat di tempat kami juga

  • Devi isw June 14, 2017 Reply

    Bunda,, cup nya itu cup yang kayak gimana bun… Pengen buat juga nih, tapi liat di semua blog pakek cup tapi gk di jelasin cup nya seberapa gitu….

    • dian.ismyama June 14, 2017 Reply

      Sebenarnya saya buatnya dikira-kira saja Mbak, yang penting perbandingannya 4 :0,5 atau 2:0,25. Itupun kalau dirasa masih kurang oke teksturnya, bisa ditambah baby oilnya. Cup nya bisa pakai cup puding yang kecil itu, atau kalau mau agak besar pakai seukuran air mineral kemasan gelas. Semoga terjawab ya:)

Leave a Reply

error: Content is protected !!