Media Bimbingan Belajar Online, Quipper dan Ruangguru

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Setelah kenal dengan sistem belajar online yang lagi banyak dikembangkan sekarang ini, aku pengen review tentang brand bimbingan belajar (bimbel) online -nya nih, smart parents. Di Indonesia sendiri ada dua platform bimbel online yang bagus dan paling banyak digunakan oleh siswa jaman now, yaitu Quipper dan Ruangguru.

Keduanya sama-sama bimbel online yang tergolong baru di Indonesia. Meskipun masih seumur jagung, layanan pendidikan berbasis teknologi ini kualitasnya enggak kalah lho dengan lembaga bimbel yang sudah ada. Yuk kita lihat kayak apa sih kedua jenis bimbel online ini.

Quipper

Pasti smart parents udah enggak asing lagi dengan media belajar online yang satu ini. Secara iklannya ada dimana-mana dan gencar banget melakukan promosi ke sekolah-sekolah terutama di Jakarta. Yang gak kalah menarik, brand asal Jepang ini juga menggandeng Maudy Ayunda sebagai Brand Ambassador -nya.

Fitur yang paling diunggulkan oleh Quipper adalah Quipper Video. Dengan fitur ini materi pelajaran disajikan dalam bentuk video tutorial oleh guru-guru terbaik menggunakan media papan tulis. Cara ini membuat anak-anak merasa seperti diajar sungguhan karena video yang durasinya cukup panjang itu dibuat seinteraktif mungkin.

Selain video, Quipper juga menyediakan catatan materi belajar berbentuk file (.pdf) dan latihan soal-soal ujian yang dapat diunduh untuk dipelajari dan mengasah kemampuan anak lebih lanjut. Seluruh fasilitas tersebut bisa langsung diakses di quipper.com atau dengan mengunduh aplikasinya di playstore segera setelah siswa mendaftarkan diri di Quipper dan membayar biaya langganan.

Quipper

sumber gambar video.quipper.com

Ruangguru

Ruangguru memang belum seterkenal Quipper nih, smart parents. Tapi sistem belajar online yang digagas oleh inovator muda anak bangsa ini jadi aplikasi belajar pertama yang terintegrasi dengan pemerintah, hebat ya!

Ruangguru 1

sumber gambar ruangguru.com

Fasilitas yang dimiliki Ruangguru kurang lebih sama dengan Quipper namun dikemas secara lebih simpel dan menarik melalui aplikasi mobile – nya. Bedanya dengan Quipper, video tutorial materi di Ruangguru menggunakan animasi yang lebih variatif sehingga siswa tidak cepat bosan dan akan cepat memahami materi yang diberikan.

Kelebihan lain yang dimiliki Ruangguru, yaitu siswa bisa selalu terhubung dengan tim pengajar yang selalu standby. Enggak berhenti sampai di situ, Ruangguru juga menyediakan lebih banyak pilihan belajar untuk siswanya. Mau belajar dari video, bisa. Mau diskusi dengan teman-teman sesama pengguna Ruangguru dari seluruh Indonesia lewat chat room, bisa. Mau belajar seperti les privat, juga bisa. Selain itu, materi yang disediakan

Ruangguru juga telah disesuaikan dengan kurikulum yang ditetapkan pemerintah. Enggak heran kalau dalam waktu singkat Ruangguru sudah digunakan oleh hampir 5 juta siswa dan guru dari seluruh daerah di Indonesia.

ruang belajar 2

sumber gambar ruangguru.com/belajar

Secara keseluruhan, saya lebih merekomendasikan Ruangguru. Jika dilihat melalui rating di playstore pun Ruangguru mendapat lebih banyak bintang (4.4 dari 5) dibandingkan Quipper (3.5 dari 5). Istimewanya lagi, karena Ruangguru buatan dalam negeri, sehingga sistem belajar online yang dibangun, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pendidikan siswa di negeri kita sendiri. Dari segi biaya berlangganan, Ruangguru lebih terjangkau. Bahkan Ruangguru juga menyediakan fitur belajar tanpa bayar sehingga materi yang disediakan tidak hanya dapat diakses oleh pelanggannya saja, tapi juga oleh seluruh penggunanya.

Gimana nih smart parents, jadi makin tertarik untuk memilihkan bimbel online untuk anak? Sekian dulu ya review saya tentang dua bimbel online kece ini. Semoga menambah wawasan dan bisa jadi referensi yang baik buat para smart parents dalam memilih bimbel online yang cocok bagi putra-putrinya. Terima kasih!

(Visited 30 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

4 Comments

  • Hastira October 27, 2017 Reply

    jaman sekarang segala dipermydah ya, semoga jd media belajar yg baik

  • TRH October 27, 2017 Reply

    Quipper yang gak nahan itu model iklannya mbak, Ayuuu tenaan hehehe. Karena aku kemaren udah ngerasain produk Ruangguru, jadi untuk anakku nantinya pake produk Ruangguru juga deh.

Leave a Reply

error: Content is protected !!