Malang, Kota Wisata Ramah Anak yang Bersahaja

facebooktwittergoogle_plusredditmail
Malang, kota yang dingin, tetapi penuh cinta dan memesona.

Quote siapakah itu? Quote saya=). Hawa dingin Malang memang pantas membuatnya masuk ke dalam kota romantis.

Bulan September kemarin, saya sekeluarga liburan ke Malang. Kami memilih Malang karena banyak objek wisata untuk anak-anak.

kereta Api Indonesia

Mengisi waktu di kereta agar tenang  dan senang

Kami berangkat dari Yogyakarta menggunakan kereta api Malioboro Ekspress pukul 7.45 wib. Kereta dijadwalkan sampai di Malang pukul 15.43 wib. Selama di perjalanan, anak-anak jelas enggak mau diam. Saya dan suami sudah menyiapkan berbagai permainan yang dapat digunakan untuk membuat mereka tetap kooperatif, antara lain buku cerita, masak-masakan, hingga kertas gambar dan krayon.

ocean garden Malang

Sesampainya di Malang, kami memutuskan untuk mencari tempat makan, karena hari sudah beranjak sore. Kami pikir, bila makan malam di Batu, kasian anak-anak jadi telat makan. Kami mampir ke Ocean Garden Restaurant, berdasarkan rekomendasi salah satu teman blogger.

ocean garden Malang

Ada tempat mainnya

Alhamdulillah menunya banyak pilihan, dan fasilitasnya juga lengkap. Ada playground, musala, kamar mandi dengan kloset duduk, kolam ikan, dan sebagainya. Restoran ini cocok untuk keluarga yang ingin sejenak melepas lelah sehabis perjalanan panjang dengan kereta. Setelah makan dan salat asar, kami memesan mobil online untuk menuju kota Batu.

Perjalanan ke Batu memakan waktu sekitar satu jam, sehingga kami baru sampai di hotel jam 7 malam. Percaya enggak percaya, kami hanya membayar 50 ribu rupiah lho. Kami menginap di Pohon Inn, karena lokasinya yang dekat dengan Jatim Park 2. Review menginap di Pohon Inn akan saya ulas di tulisan lain ya.

Hotel Pohon Inn

Sesampainya di kamar, anak-anak dengan rajinnya meminta untuk mandi. Setelah itu mereka tidur-tiduran di kasur sembari menunggu Ayah dan Bundanya siap.

batu night spectaculer

Kakak beradik yang entah lagi ngobrolin apa=D

Kalau saya sih sebenernya lebih memilih untuk langsung tidur sampai pagi saja, tetapi tidak dengan anak-anak, mereka maunya ya jalan-jalan. Akan kemana kah kami malam-malam?

Batu Night Spectaculer, Warna-Warni Wahana dalam Kemeriahan

BNS Malang

Batu Night Spectaculer atau lebih dikenal dengan BNS adalah objek wisata yang kami masukkan lis dikarenakan tempat ini buka di malam hari. Beruntung, letak BNS dekat dengan hotel, sehingga naik mobil online pun tarifnya enggak sampai 15 ribu rupiah.

Dari luar, kami disambut dengan lampu warna-warni yang meriah. Suami membeli tiket masuk 40 ribu rupiah/ orang, dan anak dengan tinggi di bawah 80 cm gratis. Ada juga tiket terusan yaitu seharga 99 ribu rupiah, tetapi kami tidak memilih tiket tersebut, karena khawatir banyak wahana yang enggak sesuai untuk anak-anak. Ternyata benar, sesampainya di dalam, ada banyak permainan yang hanya boleh dimainkan oleh orang dewasa saja.

BNS Malang

Batu night

Anak-anak pun memilih untuk naik komidi putar. Harga tiketnya murah lho, 7 ribu rupiah saja untuk satu kali naik. Mereka senang sekali bisa menunggang kuda, berputar-putar sembari mendengarkan lagu yang semarak.

Menantang diri dengan sepeda udara

Batu night

Berfoto di atas sepeda udara

Setelah dari komidi putar, kami menuju ke lokasi Lampion Garden, tetapi tepat di depan Lampion Garden ternyata Kakak melihat pertunjukan seru yaitu Sepeda Udara. Jadi ceritanya, sepedanya berada di ketinggian beberapa meter dari permukaan tanah, kemudian harus dikayuh agar sepeda tersebut mengelilingi BNS sesuai jalur yang terpasang. Kakak yang menyukai tantangan dan ketinggian, penasaran meminta naik wahana ini. Akhirnya Ayahnya mau menemani, seingat saya tiketnya sendiri sebesar 10 ribu rupiah. Setelah turun dari Sepeda Udara, si Ayah merinding disko, karena aslinya beliau takut ketinggian, sedangkan Kakak malah tertawa bahagia=)

Lampion Garden, Indahnya Lampu dalam Temaram Malam

BNS Malang

Meski hari sudah semakin malam, tetapi BNS justru tambah ramai, dan banyak yang tertarik untuk memasuki Lampion Garden. Enggak heran sih, karena tempat memang menawarkan spot-spot menarik untuk berfoto.

BNS Malang

Lampionnya berbentuk yang disukai anak-anak, seperti hewan-hewan, atau cerita di kartun kayak kereta kencana Cinderella.

batu night spectaculer

BNS Malang

Ada juga istana megah penuh lampu, dan yang paling membuat saya terpesona adalah lampion di atas air. Ada danau buatannya gitu, kemudian di atas airnya ada lampion angsa yang sungguh indah.

BNS Malang

Kakak yang masih on senang sekali bisa berfoto di depan lampion yang unik. Saya juga gembira ketika menemukan miniatur keajaiban dunia seperti Menara Eifel berada di Lampion Garden. Langsung deh cari pose terbaik buat foto=)

batu night spectaculer

Setelah puas berfoto, kami istirahat sebentar untuk memakan bekal berupa roti, camilan, dan air. Adik Sara sudah tampak mengantuk dan lelah, sehingga kami memutuskan untuk pulang saja sehabis ini. Jadi lah saya menimang-nimang si Adik, sementara Kakak digandeng oleh ayahnya. Kami memesan mobil online untuk kembali ke hotel. Malam itu, anak-anak terlihat bahagia dan tertidur cukup nyenyak.

Ada yang mau tahu di hari kedua dan ketiga kami kemana saja? Ceritanya akan saya lanjutkan di tulisan lainnya ya, soalnya masih ada lima tempat lagi yang kami kunjungi di hari berikutnya.

kereta Api

Anyway, saya ingin cerita sedikit nih tentang kendaraan darat yang kami pakai dari Jogja ke Malang. Kami memilih kereta api, karena moda transportasi ini paling enak rutenya dan paling nyaman ketika membawa anak-anak. Tadinya kami mau naik pesawat, tapi kalau dipikir-pikir, harus transit ke Jakarta dulu, sehingga lama perjalanan sama saja, dengan harga tiket yang lebih mahal. Kalau teman-teman berangkat dari Jakarta sih lebih langsung naik pesawat. Naik bis atau mobil pribadi juga tidak masuk ke dalam pilihan kami, dikarenakan khawatir anak-anak terlampau capai.

Saat memilih kereta api, setidaknya kami melakukan beberapa hal persiapan, antara lain:

1. Beli tiket kereta jauh-jauh hari

Memesan tiket jauh-jauh hari, selain untuk mencegah kehabisan tiket, juga bermanfaat dalam pemilihan jadwal kereta api dan kursi yang tersedia. Bayangkan saja jika memesannya mepet, wah bisa-bisa jadwal kereta api yang kami pilih sudah habis. Atau ketika kursi kosong yang berdekatan enggak sampai empat buah, kasian anak-anak terpisah duduknya.

kereta Api Indonesia

Anak duduk dengan nyaman di kereta

2. Beli tiket kereta secara online

Pembelian tiket di loket stasiun hanya dilayani antara pukul 9.00- 16.00 wib. Bagi orangtua yang bekerja fulltime, pembelian tiket yang dibatasi jam memang menjadi kendala. Oleh karena itu, memesan tiket kereta api secara online memiliki banyak keuntungan, yaitu lebih cepat, mudah, aman, akurat, terjamin, dan banyak promo diskon.

3. Mencari tiket promo di Traveloka

Seperti teman-teman ketahui, banyak aplikasi pemesanan tiket kereta api. Saya pribadi menggunakan Traveloka karena merupakan partner resmi PT KAI.

Setidaknya ada 7 kemudahan yang bisa didapat jika memesan melalui Traveloka, yaitu:

Traveloka

1. Sistem booking terpercaya

Sistem Traveloka dirancang khusus agar terhubung langsung dengan PT KAI, sehingga dapat dipastikan bahwa e-tiket akan dikirim melalui email dan kursinya jelas tersedia, tidak dobel dengan penumpang lain.

2. Kemudahan Check-in

Teman-teman cukup scan barcode pada e-tiket menggunakan mesin cetak mandiri yang ada di stasiun untuk check in dan mendapatkan boarding pass resmi dari PT KAI.

3. Harga Terbaik

Harga tiket di Traveloka memang bersaing, dan ada promo khusus untuk pelanggan newsletter dan member Traveloka. Semakin banyak bertransaksi via Traveloka, maka promo pun akan semakin banyak di dapat.

4. Berbagai Pilihan Pembayaran

Pemilihan pembayaran tiket kereta api online dengan Traveloka sangat beragam, mulai dari transfer ATM, menggunakan kartu kredit, hingga internet banking. Saya pernah nih diharuskan membayar tiket yang dipesan menggunakan kartu kredit (saat menggunakan aplikasi lain), padahal saya enggak punya. Dengan Traveloka, enggak perlu bingung lagi ketika satu metode pembayaran tidak dapat teman-teman lakukan, karena masih ada metode lainnya.

5. Hasil Pencarian Terlengkap

Di Traveloka, teman-teman dapat melihat semua jadwal kereta api hingga 90 hari ke depan, mulai dari kelas ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. Seperti saat ke Malang, kami bisa memilih mau jadwal dan kelas kereta api yang mana yang paling cocok dengan rencana traveling kami.

6. Jaminan Aman Transaksi Online

Adanya teknologi SSL dari Rapid SSL dengan sertifikat yang terotentikasi menjamin privasi dan keamanan transaksi online teman-teman. Keunggulan dari teknologi ini adalah konfirmasinya otomatis dan cepat, serta e-tiket dikirim langsung ke email. Senang deh ketika respon aplikasinya cepat, saya sebagai orangtua tidak perlu harap-harap cemas menunggu kepastian e-tiket.

7. Partner Kereta Api

Rekan kerja sama Traveloka untuk pemesanan tiket kereta api ada banyak, antara lain PT. KAI, Railink. Untuk partner Pembayaran yaitu BCA, Mandiri, BNI, BRI, VISA, Mastercard, ATM Bersama, Alto, Prima, Alfamart, Alfa Midi, BCA Klik Pay, CIMB clicks, Mandiri Debit, Mandiri click pay.

Selain alasan di atas, keunggulan Traveloka yang lain adalah teman-teman dapat menggunakan Passenger QuickPick, yaitu cukup satu kali mengisi detail penumpang. Dengan Passenger Quick Pick, teman-teman tidak perlu mengisi detail penumpang yang sama setiap kali memesan. Proses booking online pun lebih cepat karena teman-teman dapat menghemat waktu pengisian data penumpang. Yang lebih keren lagi, teman-teman dapat memesan di last minute, yaitu sampai dengan tiga jam sebelum waktu keberangkatan. Buat yang suka backpaker atau mau piknik mendadak cocok banget nih pakai Traveloka.

Berikut saya berikan contoh cara memesan tiket kereta api via Traveloka

tiket kereta api traveloka

Teman-teman tinggal instal aplikasi Traveloka, lalu pilih kolom tiket kereta api. Selanjutnya, ikuti urutan pemesanan mulai dari memilih tanggal keberangkatan dan atau kepulangan, mengisi jumlah penumpang. Oh ya, teman-teman juga dapat menggunakan menu filter.

tiket kereta api traveloka

Ada juga menu urutkan dan tanggal lain yang memudahkan pemesanan tiket kereta api.

tiket kereta api traveloka

Selanjutnya gunakanlah Passenger QuickPick agar detail penumpang tersimpan, lalu isi data penumpang lainnya.

traveloka

Setelah itu teman-teman dapat melanjutkan ke pembayaran. Akan ada konfirmasi harga sehingga dapat dipastikan kembali apakah pesanan tiket sudah benar.

traveloka

Selesai deh proses pemesanan tiket kereta apinya, tinggal pilih mau membayar menggunakan metode apa.

Proses pemesanan tiket kereta api yang terpercaya, mudah, aman dan nyaman menggunakan Traveloka, membuat perjalanan kami ke Malang menjadi lebih indah. Kalau begini, jadi semangat merencanakan piknik selanjutnya deh bersama anak-anak. Teman-teman mau juga enggak refreshing kayak kami? Kalau iya, jangan lupa nabung dari sekarang=)

(Visited 67 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

23 Comments

  • Kurnia amelia December 5, 2017 Reply

    Wahhhh kota Malang indah banget ya..anak-anak pasti suka nih..Jadi pengen kesana.

    • dian.ismyama December 6, 2017 Reply

      banyak objek wisatanya Mbak.. Jatim Park aja sekarang udah sampai 3 lho..

  • Uli Hartati December 5, 2017 Reply

    wahhhh destinasi yg ada dalam list nih, langsung bookmark ahh, btw potonya pakai kamera apa mbk?cakep ihh apalagi yg dilampion bagus2

    • dian.ismyama December 6, 2017 Reply

      Ayo ke Batu, Malang. Thanks Mbak, ini pakai kamera gawai Huawei nya suamiku =)

  • arifah wulansari December 5, 2017 Reply

    Aku juga pengen piknik ke malang tp nanti klo tifa agak gedean. Masih males rempongnya klo pergi jauh2..kmrn ke bandung aja jd gempor rasanya klo ngajaj tifa hehe

    • dian.ismyama December 6, 2017 Reply

      iya memang rempong sih, tapi gapapa sesekali. Nanti kalo Tifa gedean ada adeknya gimana? =D

  • Fauziah December 5, 2017 Reply

    Wiiih.. saya yang Malang aja belum pernah k BNS 😂

  • April Hamsa December 6, 2017 Reply

    Senengnyaaaaa. Semoga tahun depan bisa bawa anak2 ke Malang juga aamiin 😀

  • Lina December 6, 2017 Reply

    Seru bgt ya jalan bareng anak2..

  • rani yulianty December 6, 2017 Reply

    Hotelnya keren banget bangunannya, unik

  • Cerita Bunda December 6, 2017 Reply

    Waaah, seru banget liburan ke Malang, saya pun kalau bisa ingin mengajak anak-anak ke sana

  • Eni rahayu December 6, 2017 Reply

    jdi makin kpingin jalan2 ke malang, semoga tahun depan terwujud, harus nabung dulu kayaknya soalnya tiketnya agak mahal.

  • Dian Radiata December 7, 2017 Reply

    Sejak jaman masih tinggal di Surabaya, sampe sekarang udah tinggal di Batam, Malang selalu jadi tempat favoritku dan keluarga untuk liburan. Kayaknya tiap ke Malang, adaaaa aja yang baru ya 😁😁😁 Anak-anak seneng banget pokoknya kalo diajak liburan ke Malang..

  • adi pradana December 7, 2017 Reply

    Pernah ke Malang, tapi waktu itu sendiri, saat ikut piknik kantor. Smg bisa ngajakin family main ke malang… :)

  • Roli Supiawan December 7, 2017 Reply

    Bagus banget, bisa dijadikan refrensi untuk kunjungan bersama keluarga….
    thanks, salam sukses…salam blogger

  • Hastira December 9, 2017 Reply

    malang memang banayk sekali wisatanya , gak bakal sempet ngunjungi semuanya kalau hanay sebentar di sana

  • Witri Prasetyo December 9, 2017 Reply

    Asekkkj… Jln2… Tfs yah mbk…. Bisa jd referensiii…

  • Nunung Yuni A December 10, 2017 Reply

    Kalau pulang ke Blitar saya juga lebih suka naij kereta jurusan Jakarta Malang daripada naik pesawat. Lebih hemat soalnya Mbak. Apalagi sekarang beli tiket kereta lebih mudah dengan Traveloka.

Leave a Reply

error: Content is protected !!