Liburan ke Labuan Bajo Lebih Mudah dengan Traveloka

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Belakangan ini saya kembali bersentuhan dengan Labuan Bajo. Padahal tempat tersebut nyaris saya lupakan karena memang rasa-rasanya kurang memungkinkan bila membawa anak-anak berwisata ke sana. Namun takdir berkata lain sepertinya Labuan Bajo masih menjadi tempat yang harus saya singgahi. Tak hanya menjadi tempat yang akan dilewati jika temen-temen ingin menjelajahi Pulau Komodo, Labuan Bajo punya sejuta pesona yang tak kalah dengan Pulau Komodo. Setidaknya ada beberapa tempat di Labuan Bajo yang, yaitu:

  1. Pulau Padar yang menggoda untuk diabadikan lewat foto

pulau padar

Nama Pulau Padar memang beberapa kali saya dengar, terutama fotonya sih yang berseliweran dimana-mana. Nggak kalau sama gugus kepulauan di Raja Empat lah. Apalagi Pulau Padar menawarkan keindahan sunrise dan sunset. Wuih, jadi makin banyak alasan buat mengunjungi Pulau Padar.

  1. Tracking ke Puncak Bukit Kanawa

Ada satu pulau lagi yang patut disinggahi, yaitu Pulau Kanawa. Tak hanya menikmati keindahan laut dengan snorkling, teman-teman juga bisa naik ke Puncak Bukit Kanawa untuk melihat sunset yang menghipnotis.

  1. Berenang di Grand Canyonnya Flores, Cunca Wulang

Saat pertama kali mendengar tentang Grand Canyon di Pangandaran, hati saya sudah terpanggil. Meski sampai saat ini belum kesampaian, namun tempat tersebut masih masuk dalam daftar travelling saya. Tapi begitu tahu di Labuan Bajo ada air terjun yang tipografinya sama dengan Grand Canyon Pangandaran, boleh jugalah melipir ke Cunca Wulung saja. Untuk sampai ke air terjun berkolam tersebut, teman-teman memang harus tracking dahulu, tapi hasilnya sepadan dong dengan keindahan yang akan dilihat.


  1. Mengenal budaya Flores di Wae Rebo

Kalau travelling keliling Indonesia, saya tak ingin melewatkan budaya lokal yang sarat dengan tradisi unik. Sama halnya dengan Labuan Bajo, ada sebuah desa bernama Wae Rebo yang kearifan lokalnya pantas untuk diapresiasi. Tracking sekitar 3 jam tentu tidak masalah, bila pada akhirnya teman-teman dapat menikmati pesona Wae Rebo yang dikenal dengan semboyan desa di atas langit.

  1. Snorkling bersama Manta ray akan menjadi pengalaman tak terlupakan

Manta ray

Menurut Wikipedia, Manta ray adalah hewan yang masuk ke dalam genus Manta. Spesies yang lebih besar, yaitu Manta birostris, mencapai ukuran lebar 7 meter (23 kaki 0 ​​in) sementara yang lebih kecil, Manta alfredi, mencapai 5,5 m (18 kaki 1 inci). Keduanya memiliki sirip dada segitiga, sirip sefalik berbentuk tanduk dan mulut besar yang menghadap ke depan. Mereka dilindungi di perairan internasional oleh Konvensi Migratory Species of Wild Animals, dan keberadaannya sangat popular di kalangan para traveler.

Nah, di Labuan Bajo, terdapat Manta Point, yaitu spot di tengah laut, dimana teman-teman dapat bertemu dengan Manta ray. Pengalaman snorkling menjadi berbesa saat teman-teman tak hanya melihat karang laut, tapi juga menjadi saksi hidup hewan langka Manta ray.

Cara menuju Labuan Bajo?

Kalau dari Yogyakarta, tempat saya tinggal, untuk menuju Labuan Bajo, teman-teman dapat menggunakan pesawat langsung menuju Labuan Bajo. Saya mulai hunting tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari, agar tenang menyiapkan keberangkatan. Apakah teman-teman pernah merasa ribet karena harus mengecek satu per satu tempat booking tiket dan booking hotel? Kalau iya, sama dong, saya juga sering ngerasa waktu jadi habis karena harus pesan dua hal, yaitu transportasi dan penginapan. Hingga akhirnya saya di Traveloka ada yang namanya paket wisata, yaitu paket mencari dan memesan psawat dan hotel dengan harga lebih murah. Saya langsung coba dong!

booking Traveloka

Teman- teman tinggal memasukkan tanggal dan jumlah orang yang akan menaiki pesawat dan menginap di hotel, lalu akan muncul paket wisatanya. Karena saya berencana ke Labuan Bajo sendirian, maka saya memasukkan 1 orang dewasa saja. Nanti ada pilihan dari rentang harga terendah, tertinggi, atau dengan popularitas tertinggi. Saya memilih yang dari harga terendah, hehe. Setelah itu akan muncul pilihan fasilitas akomodasi, mulai dari ada tidaknya wifi, kolam renangnya, parkir, dan fasilitas lainnya. Tipe akomodasi juga dapat dipilih, mulai dari guest house, apartemen, home stay atau hotel. Sama halnya dengan penerbangan yang dipilih, bisa maskapai apa saja sesuai keinginan kita.

list harga terendah Traveloka

Akhirnya saya memilih Sunrise Hotel Labuan Bajo untuk tempat saya menginap. Kenapa? Dari namanya saja sudah membuat saya ingin melihat sunrise, foto-foto kamar hotel dan view nya juga keren. Oh ya, teman-teman jangan lupa mengisi jumlah kamar yang dipesan ya.

Sunrise Hotel Labuan Bajo

Setelah memilih hotel, klik lanjut dan akan muncul ringkasan pesanan beserta total harga. Ternyata harga paket hotel + pesawat lebih murah lho! Dari total 5.307.232 jadi 5.080.990 saja, hemat 226.242! Lumayan banget kan? 226 ribunya bisa buat tambah-tambah budget kulineran di Labuan Bajo, atau buat budget membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kalau sudah oke dengan total harganya, teman-teman tinggal mengisi detail penerbangan untuk pemesanan tiket pesawat, sehingga bisa melanjutkan ke pembayaran. Nah, untuk pembayaran ternyata ada banyak sekali pilihan pembayarannya, mulai dari transfer bank, klikpay, debit, kartu kredit, ATM, hingga melalui alfamart, dan indomaret.

Kalau boleh saya simpulkan, setidaknya ada 3 kelebihan booking hotel dan tiket pesawat melalui paket wisata traveloka, yaitu:

Kelebihan paket tiket hotel Traveloka

  1. Pemesanannya tidak ribet dan hemat waktu

Dibanding harus memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah, paket wisata ini lebih hemat waktu lho. Hal positif lainnya, kolom yang harus diisi sangat detail dan jelas, mudah banget ngisinya.

  1. Harga lebih murah daripada pesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah.

Namanya juga harga paket, biasanya memang lebih murah. Harganya memang lebih murah beneran ya, bukan karena dinaikkan harganya. Buat emak-emak irit kayak saya, sisa uangnya bisa untuk keperluan lain di Labuan Bajo nanti:D

  1. Cara pembayaran mudah dan banyak pilihan.

Ada beberapa tempat booking tiket dan hotel yang hanya menyediakan satu-dua pilihan cara pembayaran, dan buat saya hal tersebut agak menyusahkan. Saya yang nggak punya kartu kredit misalnya, jadi nggak bisa pesan tiket deh. Sebaliknya, untuk pemesanan paket tiket hotel traveloka ini disediakan pilihan metode pembayaran.

Sebentar lagi ada tanggal merah, biasanya kalau mau travelling, teman-teman bakal pesan tiket transport dan akomodasi jauh-jauh hari kan ya? Atau ada yang mau sekalian ambil perpanjangan cuti? Nah, cobain deh pesan paket wisata kayak yang saya lakukan di atas, dijamin saving time and budget!

Sumber foto:

Pulau Padar by catperku.com

Foto Manta ray by Wikipedia

Foto lain dari website Traveloka

(Visited 58 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

8 Comments

  • Kartika Nugmalia August 14, 2017 Reply

    Waahh…aku juga pengen Travelling niih. Mau pake Traveloka kaya biasanya. Enak, gak ribet

  • Andiyani Achmad August 14, 2017 Reply

    Wishlist aku nih Labuan na

  • Maliha August 14, 2017 Reply

    Bener2 membantu banget ya liburan pake Traveloka semuanya ada

  • Nunu Hallimi August 16, 2017 Reply

    Yaa ampun my wishlist travel ini mba…traveloka pasti jadi referensi kalau suatu saat kesini…

  • Sandi Iswahyudi August 22, 2017 Reply

    impian buat main ke sini nih. pernah lihat video orang yang lagi di labuan bajo. hem… keren sekali

Leave a Reply

error: Content is protected !!