nugget ayam

Kreasi Nugget Ayam yang Patut Bunda Coba untuk si Kecil

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Nugget ayam. Hai Bunda, ada banyak sekali makanan olahan ayam yang sangat mudah kita jumpai kan? Ayam seringkali digunakan sebagai lauk utama pendamping nasi buat buah hati. Tapi ada salah satu menu olahan ayam yang bisa jadi sebagai cemilan sembari duduk santai sambil minum teh atau kopi. Makanan ini juga cocok dijadikan bekal untuk anak karena praktis dan lezat.

sarapan anak

Saya sendiri sering menyiapkan bekal anak ke sekolah dengan menambah makanan ini. Apalagi kalau bukan nugget ayam nih Bunda. Anak saya termasuk anak yang susah makan kalau nggak didampingin bundanya. Jadi saya harus pintar-pintar nih berkreasi agar makanan yang saya buat menambah selera makan anak.

Baca juga Resep Makanan Booster Berat Badan Anak

Memang, nugget ayam sangat mudah kita jumpai di freezer-freezer yang ada di supermarket. Makanan ini sering dikategorikan sebagai frozen food karena dapat bertahan lama dalam keadaan beku. Jika ingin mengonsumsinya, tinggal digoreng saja. Namun, saya punya trik andalan berupa cara membuat nugget ayam.

Cara ini tidak serepot yang kita bayangkan kok Bun. Dengan membuat nugget ayam sendiri, kita akan lebih dapat mengontrol kualitas bahan dan bumbu. Dan yang pasti, kebersihan dalam pembuatan menjadi salah satu hal yang penting. Dengan membuat sendiri, kita tidak akan khawatir apa makanan itu higienis atau tidak kan?

Bahan-bahan untuk membuat nugget ayam sangat mudah didapatkan. Bunda cukup ke supermarket atau pasar tradisional. Berikut bahan-bahan yang saya gunakan dalam membuat nugget ayam.

Bahan:

  • Daging ayam kemudian pisahkan tulangnya, cincang halus atau blender. Agar lebih praktis, Bunda bisa kok beli daging ayam yang sudah di-fillet, jadi tidak perlu pisahkan tulangnya.
  • 6 buah roti tawar tanpa kulit
  • 50 gram keju
  • 1 buah telur ayam kocok lepas
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 100 ml susu cair
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam dan gula
  • 250 gram tepung roti
  • 100 gram wortel parut
  • Alumunium foil secukupnya
  • Margarin secukupnya

Nah, kalau langkah-langkahnya begini:

  1. Daging yang sudah digiling atau dicincang halus ditambahkan dengan campuran bawang putih halus, telur ayam, dan keju yang sudah diparut. Aduk hingga merata ya Bunda.
  2. Masukkan susu cair ke dalam roti tawar dan biarkan hingga tercampur dan menghancur.
  3. Campurkan bahan roti tawar dengan daging ayam. Aduk hingga merata.
  4. Siapkan alumunium foil yang sudah diolesi dengan margarin kemudian tuangkan adonan dan gulung. Setelah itu, kukus selama 30 menit. Angkat dan dinginkan.
  5. Buka alumunium foil, kemudian potong-potong bahan nugget sesuai selera. Bisa juga Bunda bentuk menjadi alfabet agar semakin menarik. Jadi anak akan terangsang untuk makan kan karena makanannya lucu.
  6. Gulingkan potongan tadi ke dalam putih telur yang sudah dikocok kemudian gulingkan ke dalam tepung roti. Balur hingga merata ya.
  7. Simpan kedalam freezer hingga beku atau bisa langsung digoreng hingga kecoklatan.

Oiya Bunda, setiap saya membuat nugget, hal yang paling saya perhatikan adalah ketika pemilihan daging ayam. Saya memilih daging ayam segar dan memiliki kandungan air yang sedikit. Bunda bisa cari tahu dengan menekan daging dengan jari. Bisa dirasakan tekstur dagingnya juga.

nugget ayam

Nugget ini bisa bertahan lama lho Bun, jadi bunda dapat langsung menggorengnya jika sudah punya stok.

Bagaimana Bunda, mudah bukan cara membuat nugget ayam sendiri? Anak-anak pasti suka, selamat mencoba dan berkreasi ya Bunda!

(Visited 25 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

2 Comments

  • Ety Abdoel September 7, 2018 Reply

    Save ah, anakku suka juga sama nugget.
    Bikin sendiri biar puas.

  • Juliastri Sn September 7, 2018 Reply

    Wah, cucok nih. Sangat menginspirasi untuk segera membuat nugget sendiri. Thanks for sharing mak Di.. :)

Leave a Reply

error: Content is protected !!