Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Awal ngeblog dulu saya langsung menggunakan domain .com. Alasannya sederhana, biar alamat blognya nggak kepanjangan, hehe. Nah, makin ke sini, dengan semakin berkembangnya dunia blogging, ternyata TDL atau Top Level Domain itu memiliki keuntungan yang banyak sekali. Jadi saya benar-benar senang karena nggak salah pilih domain dot.com untuk blog saya.

Keunggulan menggunakan Top Level Domain .net/.com antara lain:

1. Branding sebagai blogger





Terus terang, awal ngeblog sama sekali nggak berpikiran untuk menjadi blogger. Yang ada hanyalah keinginan untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang saya miliki. Blogger itu apa saja saya nggak ngeh. Namun, ternyata sekian lama terseret ke dunia ngeblog dan bergaul dengan para blogger kece, membuat saya semakin mendalami ngeblog. Branding sebagai blogger pun pelan-pelan saya bangun, dengan cara konsisten ngeblog, dan memperbaiki konten.

Kartu nama bagian belakang. Branding dengan domain .com

Rasanya bahagia dan bangga, saat di kartu nama saya, tertulis nama blog yang lebih mudah diingat.

Tentu saja sejak saya menggunakan DotComForMe, maka semakin mudahlah branding saya sebagai blogger. Dengan mengetik ismyama.com , teman-teman saya tahu bahwa itu adalah blog saya, karena nama ismyama.com diambil dari nama belakang saya Dian Farida Ismyama. Inilah yang saya maksud sebagai  personal branding yang memudahkan sebagai blogger.

2. Blog terlihat lebih professional

Ilustrasi by ismyama.com. Foto by pexels.com

Siapa sih yang nggak mau blognya terlihat lebih profesional? Dengan TDL seperti DotCom dan DotNet, ngeblog pun terlihat lebih berkelas. Mau punya alamat blog khusus kesehatan atau khusus parenting? Bila menggunakan domain .com atau .net, maka akan menjadi lebih dipercaya oleh pembaca. Tentunya dibarengi dengan konten yang berkualitas dan nggak hoax ya.

3. Banyak dicari oleh brand atau perusahaan

Tak dipungkiri bahwa saat ini blogger bekerjasama dengan banyak brand atau perusahaan. Uniknya, beberapa patner kerja tadi, hanya mencari blog dengan TDL untuk negosiasi job. Ada sih brand yang mau dengan blog gratisan, tetapi jelas kompensasi yang diberikan berbeda. Alasannya apa? Bisa jadi blog dengan domain .com atau .net memberikan feedback yang lebih bagus bagi brand atau perusahaan.

4. Banyak event atau lomba yang mensyaratkan TDL

Sama halnya dengan job dari luar, maka undangan untuk blogger dan beberapa lomba blog pun mensyaratkan blog dengan TDL lah yang dapat ikut. Nah nggak mau dong dengan kualitas tulisan kita yang bagus misalnya, tapi nggak bisa berpartisipasi dalam kesempatan oke hanya gara-gara belum TDL.



Oleh karena itu, ngeblog dengan domain .com dan .net jelas memiliki banyak keunggulan. Bahkan sering lho, ada yang menemukan blog saya dari browsing di internet. Dengan kata kunci tertentu, para pembaca atau patner kerja menemukan blog saya. Selanjutnya, ketika mereka memang tertarik dengan isi blog saya, maka kedatangan berikutnya adalah langsung mengetik nama blog saya. Bayangkan kalau alamat blog saya panjang kayak kereta, wah keburu lupa mau ngetik apa, ‘kan? Beda dengan blog TDL lebih mudah diingat, karena biasanya alamat blognya pendek-pendek.

Saya sendiri merasakan banyak manfaat dan keunggulan menggunakan Top Level Domain .net/.com, yaitu mendapat berbagai tawaran menarik untuk menambah penghasilan. Jelas bahwa menggunakan TDL merupakan investasi dalam ngeblog, yang akan balik modal dengan berbagai cara tak diduga, seperti salah satunya adalah menang beberapa lomba blog. Sedangkan yang paling membekas di hati adalah saat pembaca saya mengatakan, “Aku suka baca blog Mbak Dian lho. Aku suka yang tentang kesehatan dan obat, jadi nambah wawasan.” Atau ketika teman-teman saya berkata, “Aku jadi kepingin ngeblog juga kayak kamu, kayaknya asyik bisa review kuliner.” Priceless buat saya!

Ada lagi keunggulan menggunakan Top Level Domain .net/.com untuk para pelaku usaha, yaitu investasi dalam mengembangkan bisnisnya.

Ilustrasi by ismyama.com. Foto by pexels.com

Dengan menggunakan blog TDL, jelas bahwa website bisnisnya terlihat lebih profesional dan dipercaya oleh konsumen, sehingga nantinya kebanjiran orderan, dan omzet naik dong:)

Wuih banyak juga ya keunggulan menggunakan Top Level Domain .net/.com. Sampai saya rangkum di vlog nih, tonton yuk.

Jadi gimana? Sudahkah teman-teman tertarik ngeblog dengan Top Level Domain .com atau .net?

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog #DotComForBlogging yang diselenggarakan oleh DotComForMe.
Kalau teman-teman mau ikutan juga, klik banner di bawah ini ya.

(Visited 105 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

13 Comments

  • Ardiba December 23, 2016 Reply

    Semenjak pake .com jadi sering dikontak agency. Alhamdulillah.

  • Grace Melia December 23, 2016 Reply

    Iya ih menurutku keren kalo dot com hahahaha aku remeh -___-

  • Vety Fakhrudin December 23, 2016 Reply

    Iya banyak event dan job2 an yang lebih melirik blog dengan top domain

  • sejarah filsafat December 23, 2016 Reply

    aku juga mau segera ganti domain .com 😀

    salam
    nia

  • Ihwan December 23, 2016 Reply

    Untuk saat ini aku baru pakai .com, belum tertarik pakai .net
    Aku juga merasakan banyak manfaat positif setelah migrasi dari blog gratisan ke TLD, membuka banyak sekali peluang untuk berkembang dan bekerjasama. Sukses buat lombanya ya Mbak Dian.

  • Sandi Iswahyudi December 24, 2016 Reply

    saya juga merasakan manfaat besar sejak punya blog TLD. gak sia-sia. sukses untuk lombanya mbak

  • Inda Chakim December 24, 2016 Reply

    tos dulu kita mbk, iya bnyak manfaat yg aku rasakan juga setelah pakek top level domain

  • Radit December 28, 2016 Reply

    Banyak yang saya dapatkan ketika migrasi ke domain DotCom ..

    Nice Artikel :)

  • Ulfah January 2, 2017 Reply

    mbak, kapan-kapan aku tanya-tanya ya :)

Leave a Reply

error: Content is protected !!