Kenali Tabir Surya, Cintai Kulitmu

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Apa yang biasa kita kenakan ketika keluar rumah? Payung? Masker? Kacamata hitam? Semua benar. Tapi ada satu hal lagi yang penting. Yaitu tabir surya!

Dalam tabir surya dikenal istilah SPF. Apakah itu?

Menurut US FDA, SPF didefinisikan sebagai:

SPF is a measure of how much solar energy (UV radiation) is required to produce sunburn on protected skin (i.e., in the presence of sunscreen) relative to the amount of solar energy required to produce sunburn on unprotected skin. As the SPF value increases, sunburn protection increases.

Angka SPF menunjukkan seberapa kuat tabir surya yang kita pakai untuk memberikan perlindungan dari kulit terbakar akibat sinar matahari (sunburn) tanpa memberikan informasi apapun mengenai waktu lamanya perlindungan. Label SPF merupakan perlindungan dari radiasi UV B (UVB), dan tidak melindungi kulit dari radiasi UV A (UVA). 

Contohnya:

SPF 15 kemampuan proteksi 93,3% terhadap sinar UVB

SPF 30 kemampuan proteksi 96,7% terhadap sinar UVB
SPF 50 kemampuan proteksi 98% terhadap sinar UVB

UVA juga bisa menyebabkan sunburn, walaupun tidak sesakit sunburn yang diakibatkan oleh radiasi UVA. Tetapi, radiasi UVA dapat menyebabkan kerusakan pada DNA dan meningkatkan resiko kanker kulit. Oleh karena itu, banyak tabirsurya saat ini memberikan perlindungan sekaligus dari radiasi UVA, dengan label PA. Bila anda menemukan tabir surya dengan label SPF dan PA (baik PA+, PA++, atau PA+++), produk tersebut menawarkan perlindungan dari radiasi UVB dan UVA. Sama seperti SPF, semakin banyak tanda “+” pada PA, maka semakin tinggi tingkat perlindungan tabir surya tersebut terhadap radiasi UVA.

Oriflame sendiri menyertakan logo UVA dan UVB dalam kemasannya.

Cara menggunakan tabir surya yang benar

Gunakan 20- 30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruang. Aplikasikan kembali dengan berulang-ulang.

Misalnya anda berenang, maka selain memakai tabir surya 30 menit sebelum berenang, pakai lagi 1 jam kemudian lalu pakai lagi sesudah berenang. Tanpa pengulangan pemakaian bisa jadi efeknya sama dengan anda tidak memakai tabir surya sama sekali.

Informasi produk:

“Sun Zone menggabungkan UVA dan UVB filter dengan antioksidan Vitamin E untuk formula lembut yang melindungi kulit keluarga Anda. Menawarkan berbagai produk sun care termasuk tabir surya, self tanners dan after sun products yang menenangkan.”

SunZone tabir surya

Produk Sunzone Whitening Protector Face and Exposed Areas SPF 30 High memberikan perlindungan hampir 97% terhadap sinar UV.
Kemasan 50ml.

SunZone tabir surya

Produk Sunzone Protector Face and Exposed Areas SPF 50 High. Kemasan 50 ml.

Dian Farida Ismyama, Independent Senior Manager Oriflame. 

(Visited 45 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

2 Comments

  • Harga Sunblock July 14, 2017 Reply

    Artikel yang bagus gan, produk yang sangat bagus yach untuk rekomendasi…
    Harga Sunblock bisa dijangkau dan menghilangkan jerawat dengan pure skin oriflame yang diproduksi dengan standar yang bagus oleh perusahaan oriflame….
    Selain produk tersebut Oriflame juga memproduksi Lipstik Matte yang sangat bagus untuk digunakan mempercantik penampilan sahabat lho…
    Terima Kasih atas artikelnya…..

Leave a Reply

error: Content is protected !!